7 Online Payment Gateway di Indonesia yang Cocok untuk Bisnis Online

Online payment gateway di Indonesia berkembang seiring tren belanja online, melalui marketplace atau online store yang menawarkan kemudahan. Pasalnya, kini pembeli dapat berbelanja dengan tidak harus mengunjungi tempat atau toko, tapi dengan satu jari saja Anda sudah bisa mencari produk yang ingin dibeli lewat marketplace atau media sosial.

Namun ada pula kekurangan dari sistem berbelanja ini yaitu kemanan dan sulitnya melakukan transaksi pembayaran. Meskipun sudah ada sistem pembayaran melalui transfer m-banking namun tidak sedikit pembeli yang masih melakukan transaksi tunai dan transfer melalui bank atau atm. Untuk itu, pemilik toko online atau yang disebut juga e-commerce harus memiliki beberapa rekening agar transasksi bisa berlangsung.

Hal ini mungkin cukup menyulitkan, belum lagi penjual perlu menunggu bukti transfer dari pembeli, setelah itu pengiriman barang baru bisa diproses. Tentu akan memakan banyak waktu lagi. Maka seiring dengan perkembangan e-commerce di Indonesia yang semakin meningkat, terciptalah pembayaran digital atau biasa disebut dengan e-payment gateway untuk mengatasi persolan tersebut. Apa itu e-payment gateway? Merupakan sistem pembayaran yang mengguanakan fasilitas internet sebagai sarana prantara.

Kini sudah banyak start-up yang menawarkan layanan pembayaran online ini. Tapi banyak konsumen yang meragukan keamanannnya, nah untuk menjamin keamanan transasksi, start-up bekerja sama dengan beberapa lembaga perbankan sehingga selain aman transaksi akan berlangsung lebih cepat dan sangat mudah.

Cara Kerja e-payment gateway

Sesudah kostemer memutuskan untuk membeli produk atau jasa yang ada di website e-commerce dan sudah melewati sesi pembayaran informasi mengenai transaksi disampaikan ke koneksi sumber payment getway. Selanjutnya payment gateway akan meneruskan informasi tersebut ke prosesor pembayaran bank penjual. Selanjutnya prosesor pembayaran meneruskan informasi transaksi ke asosiasi dengan menjelaskan kartu yang digunakan adalah jenis Mastercard atau Visa. Seterusnya bank terkait akan menerima permintaan ini dan mengirimkan balasan ke prosesor dengan kode khusus, yang akan memperlihatkan apakah transasksi tersebut berhasil atau tidak. terakhir prosesor pembayaran akan mengirimkan pesan itu ke payment gateway, kemudian akan diteruskan ke website penjual serta pemegang kartu.

Bila Anda masih bingung dengan sistem kerja e-payment gateway ini, secara sederhananya, bila pembeli sudah melakukan pembelian di website, selanjutnya pemesanan dan metode pembayaran akan diteruskan untuk verifikasi ke bank penjual. Prosesnya tidak memakan banyak waktu, cukup 5 detik setelah itu, pembeli bisa melakukan proses pembayaran, setelah itu penjual dan pembeli akan menerima notifikasi pembayaran sukses.

Lalu apa saja online payment gateway di Indonesia yang bisa dipilih oleh penjual maupun pembeli? Berikut adalah 7 online payment gateway di Indonesia yang sering digunakan oleh e-commerce.

DOKU

E-payment selanjutnya adalah Doku, merupakan online payment dari Indonesia pertama yang dapat menjadi solusi untuk kebutuhan pembayaran merchant online. DOKU sudah melayani lebih dari 17.000 merchant dalam berbagai skala usaha berbeda bahkan berguna untuk kebutuhan Facebook Ads. Jadi bila Anda ingin melakukan promosi melalui Facebook Ads ini, pembayaran bisa dilakukan dengan e-payment ini. Doku sudah terhubung langsung ke sepuluh bank besar di Indonesia jadi kemananannya pun terjamin. Selain itu, juga dilengkapi dengan fitur Multi Currency Settlement, yaitu sebuah sistem forex yang dapat memfasilitasi proses pencarian dana dari transasksi binsis online Anda dalam mata uang apapun.

Sistem kerjanya yang multi platform dapat memungkinkan Anda melakukan pembayaran dan penerimaan transasksi tanpa harus di depan komputer. Pengguna dapat melakukannya melalui ponsel dengan mengunduh aplikasi Doku untuk iOS atau Android. Apa pemakaiannya dikenakan biaya? Anda tidak akan dikenakan biaya bulanan dan set up, tetapi akan dikenakan biaya setiap transaksi yang dilakukan.

iPaymu

layanan ini memudahkan costumer untuk dapat malakukan transaski dengan mudah aman dan nyaman.  Selain bisa melakukan pembayaran, dengan iPaymu penggunannya juga bisa menerima uang dan melakukan penarikan uang dari bank.

iPaymu menyediakan produk yang merupakan integrasi tiga bisnis terpisah menjadi satu perusahaan yaitu bisnis e-commerce solusi, gateway pembayaran/pembayaran jaringan bisnis dan usaha pedagang jasa. iPaymu adalah layanan penuh Merchant Service Provider di Indonesia.

Untuk melakukan topup Anda bisa melakukannya melalui ATM manapun dari 137 Bank di Indionesia. Tidak hanya itu Anda juga bisa memanfaatkan mobile banking, Internet banking maupunsetoran tunai.

Midtrans (Veritrans)

Midtrans adalah online payment gateway di Indonesia yang diluncurkan pada tahun 2012 bertujuan untuk memfasilitasi bisnis online di Indonesia dengan sistem pembayaran yang terpercaya mudah dan aman. Sebelum berganti nama menjadi Midtrans, layanan e-payment ini bernama Veritrans Indonesia. Kini Midtrans sudah bekerjasama dengan beberapa bank yang ada di Indonesia seperti, BCA, BNI Bank Mandiri, CIMB selain itu juga beberapa industri teknologi digital. Midtrans memberikan biaya yang murah per transasksi kartu kredit, yaitu charge sebesar 4% + Rp 2.200 ke merchant yang sudah termasuk biaya pajak.

TrueMoney

TrueMoney adalah layanan uang elektronik dan jasa remittance yang dapat digunakan bertransasksi melalui aplikasi smartphone website dan EDC merchant. Dengan layanan ini Anda bisa melakukan cash out, transfer uang, transasksi, pembayaran belanja di merchant baik offline/online, isi pulsa, bahkan bayar tagihan bulanan. TrueMoney memberikan sistem kemanan berupa pin dan sidik jarinasabah. Jadi tanpa pemilik rekening, tidak akan bisa melakukan transasksi.

Finpay

Merupakan pembayaran online untuk pebisnis online ataupun offline dan start-up. Sama seperti e-payment lainnya, finpay menawarkan kemudahan pembayaran online yang terpercaya dengan keamanan yang dapat dipastikan. Fitur yang akan pengguna dapatkan adalah dapat membayar  Credit Card VISA, MasterCard dan JCB, Debit Online, Finpay Wallet, KlikPay BCA, tcash,  dan kode bayar di jaringan Indomaret, Alfagroup, Pegadaian, Kantor Pos dan Channel Perbankan di menu pembayaran Telkom. Dengan menggunakan finpay invoce, pengguna dapat membuat invoice elektronik yang bisa langsung dikirimkan melalui email ke pembeli yang memesan produk atau jasa. Selain itu, Finpay juga memiliki website yang terinegrasi dengan API dan Plug-ins yang tersedia.

KasPay

Merupakan sebuah sistem pembayaran online e-wallet yang diproduksi Kaskus. Sistem kerja KasPay, pengguna terlebih dahulu melakukan topup atau transfer ke viritual account, seteleah itu baru bisa digunakan untuk keperluan transasksi baik di situs Kaskus atau situs merchant yang sudah bekerja sama dengan KasPay. KasPay menggunakan kemanan enskripsi yang terlah diverivikasi oleh verisign (Norton Secured), yang dapat menjaga kerahasian username dan password Anda. Ditambah, dengan pin 6 digit yang harus digunakan pada transaksi tertentu yang dikirimkan melalui SMS.

FirstPay

Menawarkan pembayaran elektronik dengan otorisasi yang dilakukan secara real-time sehingga dapat memudahkan merchant untuk menangani pembayaran yang juga akan memudahkan pembeli. FisrtPay Bekerjasama dengan berbagai bank di Indonesia yang dapat menangani pembayaran kartu kredit (master Card atau Visa) BCA, Mandiri, ATM Bersama, Prima, Alto dan E-money. Layanan ini juga dapat digunakan untuk vritual account, di mana Anda dapat mengidentifikasi pembayaran untuk order yang sudah dipesan oleh pelanggan secara real-time 24 jam.

Demikian online payment gateway di Indonesia  yang cocok digunakan untuk membantu pembayaran bisnis online Anda. Berminat untuk mencobanya?

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY