Spirit Entrepreneurship UKM Indonesia yang Sukses di Negeri Paman Sam

Menjadi UKM di Indonesia tidaklah mudah apalagi di negara orang. Namun berkat kegigihan dan ketekunan, banyak pengusaha UKM Indonesia di Amerika Serikat yang sukses.

Hermawan Kertajaya, staf ahli Menkop dan UKM mengungkapkan hal itu saat ia berkunjung ke Philadelphia, salah satu negara bagian AS, pekan lalu.

Kedatangan Hermawan yg juga President ACSB (Asia Council for Small Business) untuk. Mengikuti pertemuan awal tahun ICSB (International Council for Small Business) pada 18/1 di Philadelphia.

“Saya bertemu dengan dengan banyak sekali UKM Indonesia yang ulet luar biasa,” kata Hermawan. Menurut Hermawan, rata rata mereka memang merantau ke Amerika Serikat karena ingin memperbaiki kualitas hidup.

Baca Juga : Jualan makanan paling laris

Ia memberi contoh Adit , yang sudah di Philadelphia sejak 2001 punya usaha catering “Pecel Ndeso”.

Bersama isterinya yang juga berasal dari Surabaya, dia membangun usahanya berdasarkan pengalaman pernah bekerja salah satu hotel di Indonesia maupun perusahaan catering di US.

Hermawan memaparkan, saat ini, ada sekitar dua puluh menu makanan Indonesia bisa dipesan melalui internet. Lantas makanan makanan itu dibekukan untuk dikirimkan melalu jasa Pos keseluruh Amerika termasuk Hawai dan Alaska.

Contoh kedua, Agnes yang perempuan asal Sumatera membuat kue kering dengan resep Indonesia dan menerima pesanan dari mana mana.

Suaminya yang orang Amerika yaitu Mitch sekarang malah yang bikin kue nenas.Dulu di tawar tawarin kemana mana, sekarang permintaan datang sendiri. Contoh pengusaha rantau sukses lainnya adalah Hanny Desiyanti, juga sudah lama di Amerika dan memanage toko suvenir untuk para wisatawan.

Tokonya didekorasi sendiri dan dipenuhi dengan berbagai souvenir Philadelphia yang dibeli dari berbagai sumber.

Pemilik toko yang orang Korea sudah percaya penuh pada Hany untuk menjalankan tokonya secara penuh.

“Ketika berkumpul pada suatu Potluck Dinner-Talk tgl 22 Januari 2017, saya benar benar mengagumi semangat mereka setelah tau masing-masing usaha mereka,” kata Hermawan.

Lebih lanjut ia mengatakan,  yang disebutkan diatas hanya tiga contoh saja dari banyak sekali UKM Indonesia yang cukup sukses di Philadelphia.

“Waktu itu saya men sharekan tentang perlunya Konsep Marketing yang baik dan benar untuk melengkapi Semangat Kewirausahaan yang sudah demikian hebat,” ujarnya.

Hermawan yakin cerita mereka bisa menginspirasi para UKM di Indonesia.