Tuesday, July 23, 2024
spot_img
HomeInspirasi BisnisTrend usaha 2021 untuk yang Mau Mulai Usaha Baru

Trend usaha 2021 untuk yang Mau Mulai Usaha Baru

Trend bisnis pada tahun 20201 patut di coba. Beberapa jenis usaha dengan modal kecil bisa coba untuk menambah penghasilan. Bukan hanya sebagai usaha sampingan, anda juga bisa menjadikan bisnis tersebut sebagai usaha utama.

Setiap orang pasti menginginkan usaha yang menjanjikan dengan modal awal yang kecil tanpa takut rugi ataupun bangkrut. Selain sulit untuk menemukan ide usaha yang dijalankan, modal yang minim dan kurang nya pengalaman yang menjadi penghambat.

Bisnis Kuliner adalah salah satu jenis usaha yang dilakukan seseorang yang bergerak di bidang makanan. Bisnis ini tergolong bisnis yang mudah dan hampir semua golongan bisa mencoba bisnis kuliner ini.

Berbicara masalah kuliner ini adalah bisnis yang tidak pernah surut konsumenya, karena makanan sendiri merupakan hal pokok sebagai penunjang kehidupan manusia. Walaupun banyak tantangan yang menghambat, bisnis yang tidak akan mati ini adalah peluang usaha yang baik untuk ditekuni.

Bisnis ini juga tidak memelurkan modal yang cukup besar, dapat menyesuaikan dengan kemampuan. Misalnya membuka usaha makanan kering atau minuman kekinian. Bisnis ini sendiri sangat mejanjikan karena pangsa pasarnya adalah semua kalangan.

Anda bisa membuka bisnis kuliner dengan membuat kafe, warung makan, atau jika memiliki modal yang besar bisa membuat rumah makan (restaurant). Beberapa bisnis lain dalam bidang kuliner juga anda bisa lakukan, dan patut anda coba. Berikut beberapa bisnis kuliner lainnya :

Usaha Katering

Membuka usaha katering menjadi salah satu opsi bisnis yang bisa Anda coba, karena berkembang dengan begitu pesat. Tidak memerlukan modal yang cukup besar, bisnis katering ini bisa dimulai dalam skala yang kecil dahulu. Cukup memakai alat masak yang biasa digunakan sehari – hari jadi tidak perlu mengeluarkan banyak modal.

Katering ini biasanya dibutuhkan oleh kalangan yang sering memiliki acara yang membutuhkan adanya katering untuk mempermudah persiapan acara. Konsumen dari usaha katering ini terdiri dari berbagai jenis kalangan terutama yang sedang ada acara khusus.

Jika kalian memiliki modal yang besar, kalian bisa melayani katering dalam skala besar seperti contoh resepsi pernikahan, hajatan, katering kantor harian dan sebagainya. Jika memiliki kesulitan dalam hal memasak sekarang sudah banyak tempat yang membuka kursus masak online maupun offline.

Usaha Pembuatan Keripik

Peluang Usaha Pembuatan Keripik untuk dijadikanya bisnis juga cukup menarik, karena pastinya banyak orang yang menyukai keripik ini. Permintaan pasar akan jenis makanan ringan ini juga banyak peminatnya. Mulai dari konsumen individual ataupun beberapa tempat usaha sendiri, bahkan para artis juga minat berbisnis keripik ini.

Usaha keripik ini bisa lebih berkembang jika kalian mempunyai tempat untuk memasarkannya dilokasi yang ramai seperti tempat wisata atau pusat oleh – oleh. Biasanya ada keripik yang dijadikan oleh-oleh dari daerah tertentu.

Modal yang digunakan juga tidaklah begitu besar. Bahan pokoknya bisa dibilang murah seperti Pisang, Singkong, Kentang, Tempe dan lainnya. Jika tidak mengetahui teknik pembuatan dengan benar pelaku usaha juga bisa mengikuti kursus online pembuatan keripik.

Usaha Minuman Kekinian

Berbisnis miniman kekinian sangat mudah dilakukan dan menjanjikan, modal awal yang diperlukan juga tidak terlalu besar. Seperti dimana banyak cafe – cafe yang baru buka, hanya bermodal dengan tempat yang mini dan aesthetic. Tempatnya sendiri bisa memanfaatkan dari halaman rumah atau mendirikan tenda – tenda dipinggir jalan yang dihias sedemikian rupa. Jika bermodal lebih bisa menyewa sebuah ruko.

Tidak mengetahui cara pembuatan minuman kekinian juga bukan menjadi penghalang untuk kalian tidak memulai bisnis ini. Karena sekarang sudah banyak sekali kursus online minuman kekinian yang ditawarkan oleh perusahaan pelatihan kewirausahaan. Pasti nya harga kursus tidak begitu mahal.

Dengan modal kecil bisnis ini bisa menghasilkan keuntungan yang sangat besar, dari range jual harga Rp 10.000 – Rp 30.000. Bisa meraup keuntungan hingga Rp 20 jt perbulannya loh, dengan rincian penjualan minimun  50 cups sehari. Hmm tentunya cukup menggiurkan, bukan?

Usaha Frozen Food

Usaha  frozen food atau makanan beku juga tidak ada matinya, usaha ini tentunya sangat membantu para ibu – ibu milenial dalam hal perdapuran. Makanan cepat saji, praktis dan tahan lama. Pasalnya ibu milenial zaman sekarang difokuskan dalam pada pekerjaan dan dapur, jadi tidak mempunyai banyak waktu untuk memasak.

Baca juga : Usaha Kecil kecilan untung Besar 

Usaha ini sendiri bisa dimulai dalam skala yang kecil dahulu seperti layaknya usaha katering. Menu makanan yang sederhana bisa dibuat dengan tangan tanpa bantuan mesin lalu dibekukan dalam freezer kulkas milik sendiri dirumah.

Memang keuntungan yang didapat dari frozen food ini tidaklah besar, hanya sekitar 10% hingga 20%  dari total modal yang dikeluarkan. Karena jika mengambil keuntungan yang besar bisa mempengaruhi harga jual yang tinggi, ini dapat mengakibatkan persaingan yang ketat pada pasaran.

Meskipun bentuknya yang simpel dan terlihat mudah dibuat, banyak dari pelaku usaha baru yang tidak mengetahui bagaimana cara membuat frozen food. Tidak perlu khawatir karena banyak pusat pelatihan yang mengadakan kursus online frozen food , jadi kalian bisa mengikuti kursus tersebut.

Baca juga : Workshop Barista di Jakarta, Peltihan dan Kursus Teknis Menyeduh dan Bisnis Kopi

Nah, itu adalah berbagai usaha yang sedang trend pada 2020 yang tentu nya banyak peminatnya dan cukup menjanjikan. Sekarang juga banyak perusahaan kursus online yang menawarkan kursus dari pembuatan makanan atau minuman diatas. GOUKM Training Center sendiri hadir menawarkan berbagai macam kursus yang bisa kalian ikutin. Mulai dari kursus makanan ringan hingga masakan makanan nusantara dan berbagai jenis minuman

RELATED ARTICLES