Wednesday, June 12, 2024
spot_img
HomeTips UKMBegini Caranya Memilih Tempat Kursus Murah dan Berkualitas

Begini Caranya Memilih Tempat Kursus Murah dan Berkualitas

Maraknya tempat kursus murah saat ini berdampak positif bagi sebagian orang khususnya mereka yang ingin memiliki keahlian namun terkendala dengan biaya. Munculnya lembaga pelatihan dan kursus yang dianggap berkualitas terkadang kurang bersahabat dari segi biaya. Akibatnya peserta mau tidak mau harus mengelurkan biaya yang cukup besar.

Mereka yang tidak memiliki keahlian karena tidak ada kesempatan belajar yang disebabkan keterbatasan biaya, akan semakin sulit untuk mendapatkan ilmu bahkan pekerjaan. Padahal penyumbang angka pengangguran tertinggi di Indonesia mayoritas disebabkan oleh sumber daya manusia yang kurang kompeten.

Baca Juga: Tips Memilih Paket Internet Murah dan Cepat untuk UMKM dan Startup

Pemerintah dalam hal mengatasi angka pengangguran memang sudah cukup sigap. Terbukti dari banyaknya program yang dirancang pemerintah dalam mengatasi masalah pengangguran seperti peningkatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), pengembangan sumberdaya manusia dalam bentuk pembekalan keahlian serta program-program lainnya yang bisa diikuti siapa saja.

Meskipun sudah banyak program yang dirancang pemerintah, tidak semua program sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta bisa diikuti. Kendalanya banyak disebabkan karena ketidamerataan dalam pembuatan program. Akibatnya, masih banyak orang yang lebih tertarik belajar di tempat kursus murah yang tidak jauh dari sekitar tempat tinggal mereka.

Stigma pada Masyarakat Indonesia “Yang Murah Pasti Kurang Bagus”

Budaya yang satu ini sudah melekat dalam setiap individu di Indonesia. Anggapan bahwa sesuatu dengan harga yang mahal pasti berkualitas dan memuaskan. Stigma yang murah pasti kurang bagus sudah mendarah daging pada diri sebagian besar masyarakat. Oleh karena itu apapun yang memiliki nilai tinggi akan dianggap berkualitas. Hal inilah yang menyebabkan semua harga bisa melambung tinggi sampai tidak masuk akal.

Tidak terkecuali dengan lembaga pelatihan dan kursus. Banyak lembaga yang mematok harga selangit dengan embel-embel mahir. Padahal pada kenyataannya, lembaga hanya menunjang untuk kegiatan belajar, menjadi mahir atau tidaknya kembali lagi ke individu dengan kesiapan dan niat yang besar.

Banyak tempat kursus murah yang memberikan pelayanan dan pengajaran berkualitas namun kurang dilirik banyak orang karena belum “punya nama” yang bisa dibangga-banggakan. Prilaku yang salah kerap terjadi bahwa kebanggan pada seseorang ketika berhasil belajar di tempat prestisius. Sekali lagi, keahlian seseorang dapat diukur dari seberapa serius ia belajar.

Cara Memilih Tempat Kursus Murah dan Berkualitas

Memilih tempat kursus murah bisa menjadi pilihan karena tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar sehingga hanya dengan mengeluarkan sedikit uang Anda sudah bisa beajar untuk memperdalam keahlian. Jika sudah mendapatkan keahlian, Anda diharpakan mendapatkan pekerjaan atau berwirausaha. Lalu bagaimana cara memilih tempat pelatihan dan kursus yang murah dan berkualitas?

  1. Memiliki Izin Operasional dari Dinas Pendidikan

Hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih tempat kursus murah dan berkualitas adalah lembaga tersebut harus terdaftar di Dinas Pendidikan. Jika belum terdaftar, tempat tersebut dinilai ilegal. Tentu Anda tidak ingin belajar di tempat ilegal bukan? meskipun mencari yang murah, Anda tetap harus mempertimbangkan kualitas. Saat ini sudah banyak LPK yang sudah memiliki izin operasional.

2. Pertimbangkan Biaya Kursus

Tempat kursus murah dan berkualitas mungkin dirasa sulit untuk ditemukan. Pasalnya, kita terbiasa hidup dengan istilah “ada uang ada kualitas”. Padahal jika Anda banyak melakukan riset, banyak sekali lembaga pelatihan yang bagus dan berkualitas tapi tidak mahal. Mempertimbangkan biaya sebelum mengikuti kursus adalah poin penting yang harus Anda lakukan sebelum memilih tempat kursus.

3. Fasilitas yang ditawarkan Harus Menyesuaikan

Fasilitas yang ditawarkan minimal memenuhi standar untuk menunjang kegiatan belajar. Meskipun terkadang harga yang mahal ditunjang dengan fasilitas yang lengkap. Jika Anda mencari tempat kursus dengan harga terjangkau, sebaiknya Anda tidak perlu mementingkan fasilitas.

4. Letak Tempat Kursus

Meskipun tidak terlalu penting, pemilihan lokasi harus Anda pertimbangkan pasalnya lokasi yang  strategis memengaruhi harga pelatihan. Misalnya, tempat pelatihannya berada di pusat kota, tentu harganya akan berbeda dengan tempat kursus murah yang berada di daerah pinggiran.

Baca Juga: Peduli Kelompok Tani, Pusat Penyuluhan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jalani Pelatihan Kewirausahaan

Memilih tempat kursus murah memang menjadi pilihan terutama bagi Anda yang terbentur dengan biaya. Meskipun fasilitas yang ditawarkan tidak sebaik tempat kursus mahal, yang terpenting adalah bagaimana Anda bisa menguasai bidang yang dipelajari serta mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, baik dunia kerja maupun wirausaha.

RELATED ARTICLES