Friday, June 21, 2024
spot_img
HomeTips UKMBegini Cara Efektif Melakukan Branding Produk UKM Di Media Sosial

Begini Cara Efektif Melakukan Branding Produk UKM Di Media Sosial

Branding Produk. Bisnis di zaman teknologi yang canggih seperti saat ini sangatlah mudah. Sebagi pebisnis UKM, Anda bisa memafaatkan internet untuk berjualan misalnya melalui media sosial. Banyak sekali keuntung yang Anda dapatkan, salah satunya produk yang Anda jual dapat dengan mudah dikenal. Mulai dari lingkungan sekitar sampai seantero negeri.

Namun, seberapa efektifkah berjualan melalui media sosial? apakah semua produk membutuhkan branding? jawabanya ya sangat efektif. Anda bisa maksimal berjualan hanya dengan media sosial. Branding di media sosial juga sangat penting dilakukan sebagai pemikat produk yang ingin Anda jual.

Mengapa Harus Branding Produk Melalui Media Sosial?

Siapa yang tidak ingin produknya laku di pasaran dan dikenal banyak orang? Tentu semua pengusaha pasti memiliki tujuan yang sama yaitu produknya dapat terjual dan disukai. Agar produk Anda dapat dikenal, tentu harus dilakukan branding.

Baca Juga: Cara Jitu Promosikan Produk Melalui Marketplace | Workshop bersama Shopee

Di zaman yang serba internet ini, tentu media sosial sebagai sarana yang tepat untuk melakukan brending. Banyak keuntungan untuk pengusaha ketika memaksimalkan media sosial sebagai lapak berbisnis.

Media yang cocok sebagai lahan untuk branding produk yaitu Facebook, Instagram, dan whatsapp. Sejauh ini ketiga media sosial tersebut yang menjadi incaran para pengusaha termasuk pelaku UKM dalam memasalkan produk di dunia maya.

Keuntungan Memaksimalkan Sosial Media Sebagai Sarana Untuk Branding Produk

Ketika Anda hendak menjual produk atau jasa melalui media sosial. Branding sangat penting karena sangat mempengaruhi usaha Anda. Selama ini banyak para pelaku UKM yang menyepelekan pengenalan produk melalui media sosial. Padahal banyak sekali keuntungan yang akan Anda dapatkan. Berikut ini keuntungannya:

Produk yang Anda Jual Mudah Diingat

Sebuah keuntungan yang besar jika produk Anda diingat dan digemari. Karena tujuan usaha Anda adalah mengenalkan produk atau jasa lalu produk tersebut diterima. Jika Produk yang dijual mudah diingat maka peluang Anda untuk sukses sangat besar.

Membangun Kepercayan Konsumen

Jika produk yang Anda jual dikenalkan dengan maksimal, misalnya gaya komunikasi yang tepat, maka konsumen akan mudah percaya dengan produk yang Anda jual. Kepercayaan sangat penting dalam bisnis. Hal ini jangan disepelekan.

Segmentasi Pasar yang Tepat Sasaran

Dengan melakukan branding di media sosial Anda dapat dengan mudah menentukan target pasar. Anda bisa menyesuaikan target pasar hanya dengan menggunakan gaya bahasa yang tepat.

Cara Efektif Melakukan Branding Di Media Sosial

Banyak Pengusaha yang melakukan branding di media sosial kurang maksimal sehingga produk yang dijual tidak menghasilkan keuntungan yang sesuai harapan. Setidaknya Ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan.

Memiliki Desain Produk dan Gaya Bahasa yang Memikat Sehingga Mudah Diingat

Hal yang sangat penting Anda lakukan adalah membuat produk yang memiliki karakter. Misalnya pemilihan bahasa dan desain yang unik. Pemilihan desain dan bahasa mampu mempermudah konsumen dalam mengingat produk Anda.

Produk yang akan Anda branding harus memiliki karakter yang jelas. Hal ini dapat mempermudah Anda dalam pemasaran di media sosial. Misalnya desain yang berkarakter, tidak norak dan gaya bahasa yang memiliki ciri khas serta konsisten dalam membuat karakter branding produk.

Menentukan Logo Produk Agar Dikenal Banyak Orang

Pasti Anda sudah tahu beberapa produk hanya dengan mgris elihat logonya saja. Seperti produk sepatu dengan logo garis tiga atau sepatu dengan logo centang. Tanpa ada tulisan, Orang-orang sudah mengetahui nama produk tersebut. Hal ini merupakan kekuatan dari branding. 

Selain itu, logo menjadi ciri khas produk. Usahakan membuat logo yang simpel agar mudah diingat. Menambahkan logo produk dapat memperkuat merek karena orang bisa merekomdasikan dan menjelaskan produk yang Anda buat.

Membuat Konten Harus Fokus Pada Produk yang Ingin Dijual

Banyak pelaku usaha yang melakuan branding di media sosial dengan memperbanyak konten pendukung. Memperbanyak konten memang sangat membantu tapi kebanyakan konten terkadang menjadi tidak fokus.

Baca Juga: Peluang Usaha Baru : Tambah Penghasilan Hanya dengan Modal Internet!

Usahakan dalam memmbuat konten tidak keluar dari produk yang dijual dan harus relevan dengan produk yang ingin Anda branding. Misalnya produk yang Anda jual adalah ice cream, Anda bisa membuat konten seputar manfaat susu, sampai dengan peternakan sapi.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda aplikasikan dalam mengenalkan produk di media sosial secara efektif. Dengan melakukan branding melalui fasilitas internet, Anda memiliki peluang besar untuk menjadikan produk dikenal banyak orang.

RELATED ARTICLES