15 Usaha Sampingan Untuk PNS

Bisnis Sampingan Untuk PNS

Menjadi PNS bukan berarti tak bisa berbisnis.  Tak ada larangan juga untuk seorang pegawai negeri sipil untuk membuka usaha. Meski banyak yang beranggapan bahwa PNS gajinya sudah cukup besar sehingga tak perlu lagi berbisnis. Padahal tak melulu demikian terkadang karena kebutuhan meningkat membuat para PNS membuat banyak PNS menggadaikan  SK PNSnya untuk menutupi kekurangannya.

Namun cara tersebut tentunya bukan solusi untuk memenuhi kebutuhan Anda. Sebaiknya membuka usaha untuk PNS untuk memenuhi kebutuhan merupakan solusi. Untuk membuka usaha Anda harus teliti terlebih dahulu bisnis sampingan untuk PNS yang bagaimana yang cocok untuk Anda. Karena PNS beragam jenisnya sehingga tak semua bisnis sampingan cocok untuk Anda.

Berikut 15 Bisnis Sampingan Untuk PNS

  1. Privat

bisnis sampingan untuk PNS

Dengan menjadi pengajar privat tentunya tak akan mengganggu aktivitas Anda sebagai pegawai negeri sipil. Apalagi jam kerja Pegawai Negeri Sipil hanya 8 jam mulai dari jam 7 hingga jam 2 siang. Anda bisa mencoba mengajar les sepulang kerja.

Meski privat termasuk freelance namun privat penghasilannya cukup besar. Per jamnya bisa Rp 35.000-50.000 untuk satu murid. Apalagi jika muridnya banyak misalnya 4 orang dalam sekali pertemuan dalam waktu satu jam Anda bisa mendapatkan Rp200.000.

Bagaimana jika Anda mengajar privat seminggu tiga kali. Dalam 3 kali pertemuan Anda bisa mendapatkan uang Rp600.000. Cukup bukan untuk menambah penghasilan Anda?

  1. Online Shop

bisnis sampingan untuk PNS

Bisnis yang satu ini memang sedang trend zaman sekarang.  Karena pola hidup masyarakat yang lebih suka untuk belanja online dibandingkan dengan belanja konvensional. Selain itu faktor fleksibilitas bisa lakukan di mana pun membuat online shop menjadi salah satu bisnis yang cocok bagi para PNS.  Bisnis ini pun cukup mudah dilakukan karena tak mesti menstok barang dalam jumlah banyak karena kini sudah ada sistem online.

Dengan sistem tersebut memudahkan Anda dalam berjualan apalagi jika Anda suah memiliki handphone berkamera sehingga memudahkan Anda dalam mempromoslkan barang dagangan Anda.  Apalagi bagi PNS bukan hal sulit menawarkan barang ke sesama teman kantor karena teman satu kantornya biasanya dari kalangan menengah ke atas sehingga tidak mungkin jika tak laku.

Sebagai pembelajaran di awal Anda bisa menjadi reseller terlebih dahulu atau bisa juga menjadi agen jual beli online. Namun lebih baik Anda membeli produk sendiri kemudian dijual secara online karena jika Anda menawarkan barang yang bukan milik Anda. Bisa-bisa saat barang yang dijual tak sesuai Anda tak bisa memberikan garansi. Dan pelanggan Anda akan hilang begitu saja padalah rekan sendiri.

  1. Sembako

bisnis sampingan untuk PNS

Sembako tentunya menjadi kebutuhan yang tak bisa jika tak dipenuhi. Jika ternyata sembako yang Anda jual lebih murah atau sama dengan yang ada di pasaran. Dengan kualitas yang bagus maka teman sekantor Anda pasti tak ragu untuk membeli.

Dibandingkan jika mereka harus membeli di pasar akan membuang waktu dan uang untuk transportasi. Lebih baik para PNS tersebut memesan saja di Anda.  Jadi simbiosis mutualisme bukan dengan teman sekerja.

Namun sayangnya para PNS terkadang suka mengambil terlebih dahulu baru membayar ketika gaji keluar. Jika hal seperti itu terjadi maka Anda sebaiknya memberikan ketegasan atau bisa juga Anda memberikan dispensasi asal ketika gaji keluar mereka langsung membayar. Dengan begitu Anda bisa balik modal mendapatkan keuntungan untuk biaya operasional.

  1. Penulis Buku

bisnis sampingan untuk PNS

Profesi sampingan yang tak akan mengganggu Anda yang bekerja sebagai pegawai negeri salah satunya adalah penulis buku. Karena usaha sampingan ini bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja. Meski terkadang membutuhkan inspirasi. Namun jika Anda menulis buku hanya mengandalkan inspirasi maka Anda tak akan menulis-nulis buku. Anda bisa menulis buku tentang kehidupan para PNS, sulitnya menjadi PNS atau tips-tips untuk lolos tes CPNS.

Bahkan saat ini sudah ada orang yang melakoni dirinya sebagai writerpreneurship atau pengusaha dari menulis. Biasanya yang melakoni sebagai writerpreneurship bukan hanya sebagai penulis saja namun juga menggeluti profesi lainnya seperti dosen, guru, pedagang dan lain-lain.

Sepertinya para PNS bisa mencoba apalagi jika bukunya diterbitkan bisa mendapatkan royalti yang lumayan besar untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga yang tak bisa dipenuhi dengan gaji pokok saja.

  1. Jualan Pulsa atau Paket Data

bisnis sampingan untuk PNS

Handphone menjadi kebutuhan primer beberapa tahun belakangan ini.  Tentunya hal ini sangat berkaitan dengan pulsa dan paket datanya. Tanpa pulsa atau paket data biasanya handphone menjadi tidak berguna apalagi di era digital seperti ini.

Sehingga profesi penjual pulsa sangat menguntungkan tentunya.  Teman sekerja Anda yang juga anggota PNS tentunya membutuhkan pulsa ini. Namun hati-hati karena menjual pulsa secara elektrik sehingga membuat orang dengan mudahnya meminta kiriman pulsa dengan jarak yang jauh membuat sulitnya menagih setelah pulsa dikirimkan.

Namun jangan khawatir jika Anda menjualnya kepada teman Anda sesama anggota PNS pastinya akan bertemu setiap hari sehingga mereka tak bisa membayar terlalu lam.

  1. Frozen Food

bisnis sampingan untuk PNS

Frozen food merupakan makanan praktis yang bukan hanya membantu cepat memasak namun juga mencari penghasilan. Bagi para PNS usaha ini tentu cocok sebagai bisnis sampingan Anda.  Bahkan ada juga seorang PNS yang bernama Yudhi Dwinanto yang meninggalkan profesi PNS untuk menekuni bisnis Frozen ini.

Omzetnya bisa mencapai Rp30-60 juta per bulannya. Padahal modalnya hanya Rp150.000. Menggiurkan bukan bisnis ini. Apalagi Frozen termasuk makanan yang tahan lama jadi Anda tak perlu khawatir produk yang Anda jual  harus cepat lakunya.

Produk frozen sendiri bermacam bisa bakso, money bag,  shrimp roll dan lain-lain. Anda bisa menjual produk frozen food dari merek yang sudah ternama kemudian Anda franchise kan.  Selain menawarkan ke teman Anda bisa menjualnya lewat online  dengan begitu pangsa pasar Anda akan semakin banyak bukan?

  1. Menyediakan Jasa Rental

bisnis sampingan untuk PNS

Bagi Anda yang memiliki alat elektronik atau kendaraan di rumah Anda bisa membuka jasa rental. Misalnya mobil, kamera atau LCD. Alat-alat tersebut bisa dijadikan investasi Anda. Apalagi jika alat-alat tersebut jarang Anda gunakan.

Misalnya saja mobil yang tak Anda gunakan saat kerja. Dalam per harinya jika Anda rentalkan bisa menghasilkan uang Rp250-350 ribu per harinya. Lumayan bukan? Apalagi jika itu disewakan dalam jangan lama. Bisa lebih banyak uang yang bisa Anda hasilkan bukan? Bisa-bisa mengalahkan penghasilan Anda sebagai pegawai negeri sipil.

Usaha jasa rental jenis ini tentunya memiliki risiko tersendiri. Misalnya saja dibawa kabur atau hilang, lecet atau rusak, jika kendaraan bisa ditabrak atau menabrak orang dan sepi penyewa. Untuk mengantisipasi kendaraan dibawa kabur Anda bisa dengan menahan tanda pengenalnya. Bisa juga dengan memasang perangkat keamanan pada mobil misalnya alarm, kunci setir dan GPS Tracker.

  1. Sopir Online

bisnis sampingan untuk PNS

Bagi Anda yang miliki kendaraan menjadi pengusaha transportasi merupakan salah profesi sampingan yang menggiurkan. Apalagi jika di kota-kota besar sopir online pasti sangat dibutuhkan di tengah-tengah kemacetan.

Usaha ini juga jam kerjanya fleksibel sehingga cocok untuk Anda yang bekerja menjadi pegawai negeri.  Anda bisa menjalankannya setelah pulang kerja. Meski hanya sebagai sopir pekerjaan ini bukanlah pekerjaan yang memalukan karena gaji menjadi sopir online cukup tinggi. Makanya tak sedikit karyawan dan mahasiswa yang berebut menjadi sopir online baik untuk kendaraan roda dua maupun empat.

Dengan menjalankan usaha sampingan menjadi sopir online pun Anda bisa menemukan tempat-tempat baru yang belum pernah Anda kunjungi.  Anda bisa refreshing gratis bukan? Sekalian menambah penghasilan. Bagi Anda yang perempuan tak ada salahnya menjadi sopir online karena ternyata banyak juga sopir online yang perempuan.

  1. Jualan Makanan di Kantin Kantor

bisnis sampingan untuk PNS

Bagi Anda yang hobi masak tak ada salahnya Anda menjual makanan di kantin atau koperasi kantor.  Kedua lokasi tersebut sangat potensial karena setiap harinya pasti akan ada pengunjungnya untuk membeli makanan.

Anda tak perlu menjaganya bisa Anda tinggal begitu saja atau dititipkan kepada penjaga kantin. Anda bisa menitipkannya di pagi hari dan mengambilnya ketika Anda pulang dari kerja.  Makanan yang dititipkan beragam bisa makanan ringan berupa keripik, gorengan, kacang, kue basah atau donat. Makanan camilan biasanya banyak diserbu pengunjung sambil menunggu pesanan. Tergantung dari makanan yang bisa Anda masak sendiri tanpa banyak menyita waktu Anda di rumah.

10. Usaha Desain Grafis

bisnis sampingan untuk PNS

Ternyata tak sedikit pegawai negeri yang memang memiliki keahlian lainnya. Mengusai ilmu desain grafis. Sehingga sayang jika ilmunya tersebut tak dimanfaatkan. Jika Anda memang mengusai ilmu tersebut Anda bisa membuka usahanya sebagai bisnis sampingan.

Anda bisa membukanya dengan menawarkan ke teman satu kantor kita. Misalnya jika ada acara event kantor dengan cara menawarkan jasa desain kaos, baliho, spanduk dan lain-lain. Mendesain sama dengan menulis buku waktunya fleksibel begitu juga waktunya. Sehingga cocok untuk pegawai negeri yang biasanya pulang kerja pada pukul empat sore.

11. Menjahit di Rumah

bisnis sampingan untuk PNS

Bagi Anda yang bisa menjahit juga bisa mengasah keahlian Anda. Dengan keahlian Anda menjahit sepulang dari bekerja Anda bisa membuka usaha Anda. Di awal-awal Anda bisa menawarkan keahlian Anda dengan teman sekantor Anda.

Bisa menawarkannya untuk menjahitkan seragam kerja atau seragam olahraga. Jika ternyata hasil jahitan Anda bagus pasti dari mulut ke mulut mereka akan mempromosikannya. Anda pun bisa menawarkan seragam hasil jahitan Anda di koperasi di kantor Anda.

Dengan begitu setiap ada orang yang ingin membeli seragam sudah tersedia disana. Setelah baju seragam berhasil Anda bisa menawarkan berbagai model pakaian yang berhasil Anda jahit sendiri.

12.Usaha Kontrakan atau Kos-Kosan

bisnis sampingan untuk PNS

Usaha yang satu ini tentunya tak akan banyak menguras waktu Anda. Karena usaha kos-kosan tinggal mencari siapa yang ingin menyewanya. Tentunya bisnis yang satu ini modalnya lumayan besar. Apalagi bagi PNS pemula. Namun jika kamu memiliki beberapa kamar kosong di rumah bisa untuk dikontrakan dibandingkan jika tidak dipakai.

Meski di awal modal untuk membuka usaha ini terbilang tinggi. Namun jangan takut untuk tidak balik modal karena usaha kos-kosan atau rumah kontrak terbilang tinggi. Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk Indonesia namun tidak diimbangi dengan kemampuan daya beli rumah yang cukup tinggi. Membuat menyewa rumah menjadi sebuah pilihan apalagi bagi masyarakat yang sudah berumah tangga.

Harga sewa rumah juga setiap tahunnya meningkat sehingga bisa membuat Anda cepat balik modal. Agar cepat balik modal Anda bisa menerapkan sistem sewa per tahun. Sehingga si penyewa bisa langsung membayar dalam jumlah besar dan uangnya bisa dijadikan untuk membangun sebuah kontrakan lagi.

12. Penerjemah Bahasa Asing

bisnis sampingan untuk PNS

Meski hanya PNS bukan berati bahasa asing tidak diperlukan. Justru sangat diperlukan ketika ada kunjungan dari luar negeri. Anda bisa memanfaatkan kemampuan Anda sebagai translator. Selain itu keahlian Anda dalam berbahasa asing pun bisa dimanfaatkan sebagai  freelance translator. Biasanya translator freelance dibutuhkan untuk menerjemahkan artikel, novel, buku, journal, dan perjalanan wisata.

Namun sebagai penerjemah bahasa asing bukan hanya bahasa asing saja yang harus dikuasai namun juga bahasa Indonesia yang baik dan benar juga perlu. Tanpa itu meskipun Anda mahir berbahasa asing namun tak bisa menerjemahkan dengan baik dengan menggunakan bahasa Indonesia.

13. Blogger

bisnis sampingan untuk PNS

Lagi-lagi menjadi penulis bisa menghasilkan uang. Namun saat ini bukan menulis di buku melainkan di blog. Tak sedikit orang memilih menjadi blogger untuk menuangkan pemikirannya dengan menulis di dunia maya. Menjadi blogger ternyata bukan hanya bisa menuangkan ide-ide kita namun juga bisa mendapatkan uang.

Namun dengan syarat harus konsisten dalam menulis. Terkadang blogger hanya semangat menulis di awal sementara jika dirinya sudah bosan tak lagi menulis bahkan menyentuh blognya. Karena untuk mendapatkan uang dari blog tentunya tulisannya harus berkualitas. Dan tulisan berkualitas hanya bisa didapatkan dari seringnya menulis.

Menjadi blogger tak harus blog pribadi. Anda bisa juga menjadi blogger atau content writer websitenya orang lain. Biasanya itu website tersebut adalah websitenya para pebisnis. Anda bisa menjadi freelancernya.

14. Jadi Agen Tiket

bisnis sampingan untuk PNS

Menjadi agen tiket sepertinya cocok bagi Anda yang pegawai negeri. Cukup dengan memiliki peralatan laptop atau handphone Anda bisa menjadi agen tiket maupun distributor tiket. Bisnis sampingan yang satu ini tak memakan waktu banyak dan Anda bisa mengerjakannya di rumah.

Selain itu Anda bisa menawarkan kepada teman-teman sekerja Anda yang ingin mudik atau liburan. Menjadi agen pesawat kini juga tak perlu memiliki modal mahal. Bahkan ada yang dengan mendaftar Rp300.000 Anda bisa menjadi agennya.

Cara menjadi agen pesawat selain Anda bisa mendapatkan uang. Anda pun bisa mendapatkan tiket-tiket promo. Lumayan untuk refreshing dengan biaya murah karena selama ini tiket ke luar daerah ataupun luar negeri memang terbilang mahal.

15. Fotografer

bisnis sampingan untuk PNS

Bagi yang  memiliki keahlian memotret menjadi fotografer bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan.  Anda bisa menjadi fotografer untuk pernikahan. Apalagi biasanya acara pernikahan diadakan pada weekend ketika para PNS libur.

Untuk permulaan Anda bisa memberikan jasa gratis kepada teman-teman sekantor Anda. Biasanya jika hasil jepretan Anda ternyata bagus maka dengan sendirinya teman-teman Anda akan merekomendasikan Anda menjadi fotografer ketika ada acara baik pernikahan maupun event resmi di kantor. Untuk menjadi fotografer tentunya Anda membutuhkan kamera dan keahlian dalam mengedit foto dengan menggunakan software tertentu.

Anda juga bisa menjadi fotografer freelance untuk website atau majalah tertentu. Biasanya jika foto bagus maka Anda bisa mendapatkan fee. Biasanya seorang fotografer bisa juga menjadi kameramen. Namun, jika ternyata Anda belum bisa Anda bisa belajar terlebih dahulu atau untuk memudahkannya Anda bisa menggunakan tripod agar mendapatkan video yang goyang.

 

 

 

LEAVE A REPLY