Momentum yang Akan Melipatgandakan Profit. Inilah 9 Usaha Musiman!!

Memanfaatkan moment yang tepat menjadi salah satu kunci keberhasilan dari suatu bisnis. Tak sedikit orang yang memanfaatkan moment tersebut. Sehingga dia secara mendadak membuka usaha musiman.  Dan jangan salah meski hanya pengusaha dadakan di kala musim yang tepat biasanya akan laku total.

Bagi orang yang sibuk. Sepertinya usaha musiman menjadi bisnis yang cocok untuk Anda. Karena tak harus setiap hari mengerjakannya. Hanya ketika musimnya datang saja. Ibarat ojek payung pastinya hanya dicari ketika hujan turun alias musim hujan. Tapi ketika tak lagi musimnya usaha tersebut tentunya jarang laku. Makanya Anda harus pintar melihat moment tersebut. Selain itu bisnis musiman juga tak tahan lama sehingga sebelum moment habis barang dagangan Anda harus segera habis.

Berikut 9 Usaha Musiman yang Menguntungkan

  1. Usaha di Bulan Puasa

Usaha Musiman

Meski bulan puasa tak selalu 30 hari, namun moment ini sangat ditunggu oleh umat muslim di dunia tak terkecuali Indonesia. Karena bulan ini memang bulan penuh ampunan. Selain itu bulan ramadhan juga dijadikan peluang bisnis oleh sebagian orang. Tak sedikit orang yang tadinya tak pernah membuka usaha di bulan ini justru membuka sebuah usaha dadakan.

Bulan puasa memang bulan yang sangat menguntungkan bagi para pebisnis. Karena meski harga-harga produk naik namun tetap laku terjual. Karena bulan ini dianggap sebagai bulan spesial sehingga orang akan berusaha membeli meski harganya menjulang tinggi.

Peluang usaha ketika bulan puasa beragam paling banyak tentunya kuliner karena seharian menahan lapar sehingga ketika tiba waktu berbuka kulinerlah yang paling dicari. Makanan yang paling dicari ketika bulan ramadhan biasanya yang manis-manis seperti kurma, kolak, cendol. es campur dan lain-lain.

Anda bisa membuka catering untuk hidangan buka puasa atau sahur.  Apalagi akan banyak buka puasa bersama. Selain kuliner, produk fashion juga laris di bulan ini seperti mukena, sarung, sajadah, baju koko, gamis, kerudung.  Anda bisa berbisnis busana muslim. Tak hanya itu di hari-hari terakhir bulan puasa biasanya kue-kue lebaran akan sangat laris manis. Nah Anda bisa berbisnis ini apalagi jika Anda jago bikin kue lebaran.

  1. Momen Menjelang Lebaran

Usaha Musiman

Lebaran memang satu hari namun persiapannya bisa berhari-hari. Tak salah memang begitu lama persiapannya karena momen ini memang momen yang paling ditunggu. Hampir semua serba baru karena di saat Idul Fitri memang kaum muslim dijadikan seperti bayi yang baru lahir. Sehingga tak sedikit orang yang ingin mengenakan yang serba baru.

Di  momen ini juga ada tunjangan hari raya (THR) sehingga tak sedikit dari mereka yang memutuskan untuk membeli barang-barang yang baru meski harga menjelang lebaran sangat tinggi. Baik itu sembako hingga pakaian.

Peluang bisnis menjelang lebaran ini sayang jika tidak dimanfaatkan karena momennya hanya setahun sekali. Biasanya produk yang diburu seperti peralatan sholat yakni mukena, sajadah, sarung dan peci. Baju baru juga menjadi sesuatu yang paling diburu karena tanpa baju baru lebaran sepertinya ada yang kurang. Biasanya baju yang laku terjual seperti gamis, baju koko, kerudung.

Jika Anda jago memasak makanan khas lebaran karena tak semua orang mampu membuat makanan tersebut. Seperti ketupat, rendang, opor ayam dan lain-lain. Selain itu ada juga kue-kue khas lebaran seperti nastar, castangel, ring keju, chocochip, putri salu, kue kacang dan lain-lain.

Bagi Anda yang bisnis dadakan menjelang lebaran di awal tentunya agak gengsi untuk menawarkan barang.  Jika itu terjadi ada baiknya Anda berjualan secara online saja lewat media sosial atau marketplace.

  1. Usaha Tahun Ajaran Baru Sekolah

Usaha Musiman

Kenaikan kelas merupakan moment yang terjadi setahun sekali sehingga sayang jika dilewatkan. Karena di saat inilah biasanya para orang tua membelikan perlengkapan anak-anaknya. Bagi Anda yang ingin mencoba peruntukan bisnis Anda bisa memulai bisnis ini.

Biasanya perlengkapan yang dibutuhkan untuk sekolah meliputi seragam, sepatu, alat tulis, tas dan lain-lain. Selain itu dibutuhkan juga buku tulis dan buku-buku pelajaran. Kenaikan kelas biasanya terjadi di bulan Juni dan Juli sehingga jika Anda ingin berbisnis ini beberapa bulan sebelum ini sebaiknya mengumpulkan modal.

Dan bagi Anda yang memang memiliki keahlian menjahit tak ada salahnya membuka pesanan jahitan untuk seragam. Karena biasanya sekolah-sekolah bekerja sama dengan tukang jahit untuk seragam sekolah yang dipesan oleh murid baru baik itu seragam upacara, seragam batik, baju pramuka, hingga baju olah raga. Bagi Anda yang memiliki kenalan penerbit juga Anda bisa mencoba menjadi distributornya dan ditawarkan kepada sekolah-sekolah.

  1. Usaha 17 Agustusan

Usaha Musiman

Hari kemerdekaan Indonesia sepertinya menjadi hari raya bagi seluruh warga Indonesia. Saat itu biasanya akan diadakan upacara bendera. Pemerintah juga mewajibkan bagi para warga negaranya untuk mengibarkan bendera. Nah, Anda bisa mencoba usaha jual beli bendera baik ukuran besar maupun kecil. Baik bendera yang berasal dari kain maupun yang berasal dari plastik.

Bendera yang ukurannya kecil biasanya untuk dipajang di sekitar perkampungan atau perumahan. Bisa juga buat pawai kemerdekaan atau dipajang di mobil-mobil. Selain itu Anda juga bisa menjual sepatu pantofel, dasi merah putih, pin merah putih, topi hingga semua aksesoris yang berwarna serba hitam dan putih karena akan laris manis di hari tersebut.

Bisa juga Anda menjual buku lagu nasional, lukisan atau foto pahlawan-pahlawan Indonesia dan juga makanan khas Indonesia yang biasanya akan dicari setelah upacara bendera,

Selain itu biasanya sekolah, perkantoran, kelurahan dan lain-lain akan menyelenggarakan perlombaan. Anda bisa menjual alat-alat untuk perlombaan tersebut seperti tarik tambak, karung goni, kerupuk dan lain-lain.

  1. Momen Lebaran Haji

Usaha Musiman

Selain puasa dan Idul Fitri, Idul Adha atau lebih dikenal lebaran haji merupakan salah satu peluang usaha di hari raya. Sedikit berbeda dengan lebaran Idul Fitri yang identik dengan baju baru. Lebaran satu ini lebih ke hari raya kurban. Sehingga peluang usaha yakni menjual hewan ternak seperti kambing, sapi, kerbau, domba dan unta.

Karena sekarang sudah zaman modern banyak orang yang berkurban langsung via online dengan daging yang sudah diolah namun tetap mentah seperti kornet karena mereka ingin menyumbangkan ke daerah yang sulit diakses seperti Papua. Sehingga jika ingin berkurban lebih baik dengan daging mentah namun awet untuk dikirim beberapa hari.

Sebelum lebaran ini biasanya umat Islam yang mampu akan berangkat haji. Di sini Anda juga bisa memanfaatkan peluang dengan menjadi biro perjalanan haji, menjual perlengkapan haji seperti kain ihrom, peci, kerudung, buku-buku doa, dan travel bag.

Biasanya jamaah haji juga membutuhkan oleh-oleh. Meskipun berangkat hajinya ke Arab Saudi namun biasanya mereka telah membeli oleh-oleh di dekat tempat tinggal mereka. Karena mereka ingin konsentrasi beribadah. Sehingga ini peluang usaha, Anda bisa membuka toko oleh-oleh khusus haji seperti tasbih biji, tasbih digital, sajadah, kurma, kacang arab, kismis, air zam-zam hingga coklat arab.

6.  Usaha di Kala Musim Hujan

Jika bagi sebagian orang hujan adalah sebuah musibah namun tidak bagi sebagian orang. Mereka justru menganggap itu adalah berkah. Di saat hujan tiba mereka bisa meraup keuntungan. Sehingga ketika hujan bukan saat untuk bersedih atau bermalas-malasan.

Ketika hujan tiba mereka justru semangat untuk bekerja. Bagi mereka itu adalah peluang usaha seperti menjadi ojek payung, penjual payung, penjual jas hujan, jaket dan selimut. Menjadi pedagang minuman dan makanan hangat pun akan laris manis ketika hujan datang. Seperti pedagang wedang jahe, bakso, soto, mi dan makanan hangat lainnya.

Selain itu penjual jasa laundry dan renovasi rumah pun akan kebanjiran order. Karena musim hujan menyebabkan baju susah kering. Sehingga laundry adalah solusinya. Selain itu saat hujan lebat biasanya atap rumah akan bocor makanya tukang renovasi rumah akan dicari dikala itu.

Ketika banjir tiba pun demikian mereka membuat rakit atau memodifikasi kendaraan yang hanya bisa digunakan di darat menjadi bisa digunakan di perairan. Tentunya di kala banjir tiba mereka akan mendapatkan uang.

7. Peluang Usaha saat Musim Bola

Usaha Musiman

Sehingga mulai dari ujung kepala hingga kaki biasanya penampilannya berubah dengan menggunakan seragam bola yang digunakan oleh tim kesukaannya. Tak jarang juga mereka mengoleksi barang-barang yang berbau bola. Mulai dari baju bola, sepatu, kaos kaki, jaket dan lain-lain.

Mereka tak segan-segan mengeluarkan banyak uang untuk koleksinya tersebut. Hal tersebut bisa Anda jadikan peluang usaha. Anda bisa menjualnya via online, kepada teman-teman, atau di sekitar lapangan olahraga.

Selain barang-barang tersebut, seseorang yang fanatik bola biasanya menginginkan barang-barang fansnya. Baik itu baju bekasnya, handuk, sepatu dan lain-lain. Nah meski Anda menjual barang bekas keuntungannya tetap besar. Karena mereka akan rela mengeluarkan berapa saja untuk mendapatkan barang fansnya.

Tak hanya itu Anda juga bisa berbisnis aksesoris bola seperti gantungan kunci, bola, tempat pensil dengan logo bola, syal dengan logo bola, tas ransel, poster,bantal bola, sarung bantal, boneka dan bendera bola.

 8. Usaha di Musim Pemilu

Usaha Musiman

Pesta demokrasi bisa dikatakan sebagai salah satu moment yang paling besar bagi seluruh rakyat Indonesia. Pernak-pernik kampanye berada di setiap sudut untuk mendukung tim pilihannya.

Bagi Anda yang ingin turut juga pesta demokrasi Anda tak mesti menjadi tim sukses atau sebagai calon pilkada. Anda bisa mendapat keuntungan dalam pesta demokrasi dengan cara membuka usaha.

Banyak usaha yang bisa dibuka ketika musim pemilu tibs seperti usaha konvensi, karena pastinya banyak pesanan baju dan kaos, spanduk, bendera, topi, dan lain-lain. Selain itu Anda juga bisa melakukan bisnis sablon yang biasanya digunakan untuk kampanye.

Selain itu Anda juga berbisnis makanan, karena saat musim kampanye biasanya mereka akan menggelar makan-makan dan membutuhkan catering makanan. Bisa juga mencoba untuk membuat kue tart atau roti yang gambarnya calon pasangan sehingga bisa dimakan. Makanan ini menarik ketika para calon sedang menggelar kampanye atau pertemuan lainnya. Jika Anda memiliki kendaraan juga bisa dibisniskan misalnya truck, pickup, angkot, bis atau mobil untuk mereka kampanye.

9. Usaha Musim Wisudaan

Usaha Musiman

Wisuda merupakan moment yang sakral karena tak sedikit waktu untuk mendapatkan gelar yang disematkan dalam ketika wisuda. Tak hanya itu moment tersebut bukan hanya membahagiakan bagi para wisudawan namun juga bagi para pengusaha di hari tersebut.

Tak sedikit yang membuka usaha dadakan di hari tersebut. Bagi Anda yang ingin membuka usaha sepertinya akan menguntungkan. Anda bisa mencoba menjual bunga di hari tersebut baik bunga hidup maupun plastik. Karena biasanya mahasiswa yang lulus akan diapresiasi dengan bunga.

Selain itu Anda juga bisa membuat boneka wisuda bisa terbuat dari Danbo, boneka dari kain flanel maupun boneka barbie yang disematkan toga. Biasanya hadiah ini akan diberikan kepada para wisudawan.

Baca Juga : Kursus Kerajinan Flanel

Bagi Anda yang bisa memotret pun bisa menjadi fotografer wisuda yang hasil fotonya bisa diambil kemudian. Ada juga berbisnis makanan atau catering karena biasanya para wisudawan akan mengadakan syukuran sehingga sebelum hari H Anda bisa menawarkan hasil masakan Anda apakah cocok untuk syukuran.

SHARE