Daftar Kursus Kerajinan Flanel. Mampu Ubah Kain Flanel Jadi Kerajinan Seharga Ratusan Ribu

Bagi Anda yang tidak tahu, kain flannel adalah material kain yang biasa digunakan untuk membuat berbagai kerajinan unik yang saat ini sedang popular. Peluang usaha kain flanel mulai dilirik oleh pengusaha terutama ibu rumah tangga karena selain menguntungkan, juga sangat menyenangkan untuk dijalankan. Meskipun begitu banyak juga orang yang ingin buka usaha ini tapi tidak punya keahlian, maka dipilihlah kursus kerajinan tangan flanel.

Biasanya setelah mengikuti kursus ini para ibu bisa langsung mulai usaha sendiri, bahkan tidak jarang yang menggunakan ilmunya untuk dijadikan sebagai media belajar sang anak agar dapat meningkatkan kreativitas mereka.

Berbagai kerajinan tangan yang dibuat dari kain flannel bisanya berupa boneka, dompet, tas, sarung tangan, sepatu, tempat tisu dan masih banyak lainnya. Sebenarnya, dengan kain flannel ini bisa dibuat untuk apa pun, ini kembali lagi ke kreativitas Anda. Nah, kira-kira apa saja sih hasil kerajinan yang cukup potensial dijadikan usaha?

Berikut ini beberapa ide kerajinan dari bahan flannel yang sangat diminati oleh masyarakat.

Aneka Souvenir Flannel Nikahan

Pasangan yang ingin melangsungkan acara pernikahan pasti memikirkan dan mempersiapkan segala hal mulai dari gedung, catering, baju pengantin, hingga souvenir. Kerajinan flannel sering kali dijadikan pilihan souvenir untuk tamu usai menghadiri acara mereka. maka tidak mengherankan banyak pelaku usaha yang mengincar usaha ini. Bentuk kerajinannya pun macam-macam ada yang berupa gantungan kunci sepasang kekasih, boneka, hingga replika bunga dari kain flannel.

Baca Juga : Kursus Make up Artist

Pengusaha souvenir flannel? Anggap saja Anda membandrol satu kerajinan dengan tingkat kesulitan yang sedang dengan harga Rp 18.000. Lalu Anda menerima 1 orderan dengan kuantitas pesanan sebanyak 500 berarti keuntungan yang Anda dapatkan bisa mencapai Rp 9.000.000 untuk satu kali order. Sedangkan modalnya  sendiri Anda hanya cukup membeli 5 gulung kain flannel dan alat pembuatnya dengan total Rp 500.000. Nah bagaimana? Sangat menguntungkan, bukan?

Tas Lucu dari Bahan Flanel

Mungkin tidak sekuat tas yang diproduksi pabrik, tapi banyak juga yang mencari tas flannel karena desainnya yang lucu dan juga simple dibawa. Dengan begitu, tas dari bahan flannel juga bisa jadi pilihan usaha Anda. Untuk cara membuatnya cukup mudah kok, Anda cukup buat pola tas yang simple kemudian jahit kain untuk menyatukan pola yang sudah dibentuk. Agar jahitan lebih kuat dan rapi, sebaiknya gunakanlah mesin jahit. Setelah itu, tambah aksesoris berupa bros atau tempelan bunga di bagian depannya agar lebih menarik. Tas kain flannel ini bisa Anda bandrol dengan harga mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 100.000.

Tempat Tisu dari Kain Flanel

Membuat wadah tempat tisu juga merupakan peluang usaha yang menguntungkan. Berbagai macam karakter dibuat dari kain flanel seperti misalnya cover tisu dengan gambar binatang di atasnya. Cara membuatnya pun mudah, bahan yang diperlukan hanya kain flanel, tempat tisu, gunting dan lem. Pertama ukur tempat tisu dan buat pola sesuai dengan ukuran tempat. Setelah pola dibuat, lapisi dan tempel kotak tisu dengan kain flanel setelah itu Anda bisa menghiasnya. Kerajinan ini bisa Anda tawarkan dengan harga Rp 15 ribu sampai Rp 50 ribu per satuannya tergantung dengan tingkat kesulitannya.

Cover Buku Berbahan Flanel

Kalau buku dihias cantik siapa saja pasti tertarik untuk membacanya. Cover buku dengan hiasan kain flanel juga ide kerajinan yang bisa saja menghasilkan keuntungan berlipat ganda. Untuk target pasar yang bisa dituju bisa segala kalangan mulai dari anak-anak sampai dewasa. Sedangkan harga bisa Anda sesuaikan dengan tingkat kesulitan pembuatan, normalnya mulai dari Rp 35 ribu hingga Rp 100 ribu.

Sendal Lucu Berbahan Flanel

Menjual sandal jepit saja mungkin biasa, tapi bagaimana jika sandal jepit yang Anda jual dihiasi dengan  karakter lucu dan menggemaskan? Pasti akan banyak sekali orang yang tertarik. Bahkan ada saja orang yang membeli sandal dengan karakter ini bukan karena ingin digunakan, melainkan suka dengan karakter yang dibuat. Nah, maka dari itu membuat sandal jepit yang dilapisi dengan bahan flanel jadi ide yang sangat cemerlang untuk usaha. Anda bisa membandrolnya mulai dari Rp 50 ribu – 150 ribu.

Nah, jadi dari beberapa ide usaha kerajinan flanel di atas kira-kira mana yang membuat Anda tertarik dan berniat untuk belajar membuatnya? Kalau Anda ingin memperdalam kerajinan ini, inilah beberapa kursus kerajinan flanel yang bisa Anda ikuti.

Daftar tempat kursus kerajinan flannel

Maharani Craft

Alamat: Jababeka Cikarang, Jalan Kancil VII E/144 Cikarang Pusat BEKASI

Kontak:  (021) 22108335

Investasi: Rp 125.000

Kursus Maharani yang bertempat di Cikarang Pusat ini membatasi pesertanya sebanyak 20 orang. Di sana Anda bisa belajar bagaimana membuat kerajinan flanel, seperti kotak tisu, bantal, stoples dan masih banyak lagi.

Rumah Balqis

Alamat: Pondok Makmur (Kompleks Masjid Raya Al-Makmur) Kutabaru, Pasar Kemis, Kutabumi, Tangerang

Kontak: 0896 0809 2002

Investasi: Rp 250.000

Di kursus Rumah Balqis Anda bisa memilih salah satu bidang materi secara mendalam, seperti sepatu bayi flanel, home set flanel, bros flanel, car set flanel, atau mainan edukasi flanel. Metode pembelajarannya yang diterapkan di Rumah Balqis adalah 75%  praktik membuat kreasi dan 25% business sharing.

Zalfa Handmade

Alamat: JL. H. Amat, Kukusan, Kukusan, Beji, Kota Depok, Jawa Barat

Kontak: 0852 87888 444

Investasi: Rp 120.000

Kursus kerajinan flanel yang bertempat di Depok ini peserta akan diajarkan tentang teknik dasar menjahit, tusuk jahit dasar, membuat pola dan membuat kerajinan berupa gantungan kunci, gantungan hp, tempat pensil, tempat tisu, hiasan rumah dan lain sebagainya.

Nupi-Nupi

Alamat: www.nupinupi.com

Kontak: 0823 22800 111

Investasi: Rp 25.000 – Rp 150.000

Kursus online Nupi-Nupi ini terbuka bagi siapa saja yang ingin belajar kerajinan tangan flanel. Metode belajar mandiri atau online ini dibuat bertujuan agar tidak ada lagi batasan waktu maupun jarak. Siapa dan di mana saja bisa mempelajarinya. Selain itu, ada banyak pilihan paket yang bisa dipelajari dan setiap waktu materi pembelajaran terus bertambah variasinya disesuaikan dengan tren kreasi flanel terbaru.

Dindun Doll

Alamat: Plaza Semanggi Lantai 2 Toko Kreasiku No 97

Kontak: 0878 7839 8810

Investasi: Rp 175.000

Dindun Doll adalah kursus dan juga toko boneka berbahan dasar flanel. Selain mengajarkan secara langsung, Dindun juga memberikan alternatif pelatihan yang lebih murah dengan membuat tutorial dalam bentuk e-book yang bisa diunduh oleh peserta dengan membayar Rp 45 ribu saja.

Toko Flanel

Alamat: Jl. Kebagusan III RT. 02/05 No. 97, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Kontak: 081314658527

Investasi: Rp 1.400.000

Dengan investasi sebesar Rp 1.400.000 di workshop Toko Flanel peserta bisa mempelajari bagaimana membuat stoples flanel, boneka jari, pensil, gantungan kunci, dan juga boneka gigi flanel. Tidak hanya itu, peserta juga dilengkapi dengan alat-alat kerajinan yang diperlukan lengkap dan dibimbing dengan tutor yang sudah berpengalaman.

  1. Kursus Kriya

Alamat: Kompleks Kemhan/mabes TNI (HANKAM) Blok D No. 2 Cidodol Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

Kontak: 087781105276

Investasi: Rp 50.000 – Rp 450.000

Kursus kerajinan tangan Kriya tidak hanya diperuntukkan bagi peserta yang ingin belajar membuat kerajinan flanel, tapi juga bagi yang ingin mempelajari pembuatan aksesoris, bunga stocking, hantaran, lilin hias, melukis kaca, bunga kulit jagung, melukis sutra dan kerajinan kertas daur ulang.

  1. Lakeisha Souvenir

Alamat: Kasongan Bantul Yogyakarta

Kontak: 081 215 769 49

Investasi: Rp 30.000

Lakeisha Souvenir adalah salah satu toko souvenir yang terbesar di Yogyakarta. Selain menjual, mereka juga memberikan pelatihan baik untuk wisatawan atau orang lokal yang ingin mempelajari seni kerajinan tangan. Di sini para peserta akan diajari cara membuat souvenir dari kain flanel dengan berbagai macam bentuk seperti kue-kue kecil atau cake. Untuk biaya yang diperlukan sebesar 30.000/peserta minimal 40 peserta dan hasilnya bisa dibawa pulang.

LEAVE A REPLY