Tips Sukses Jualan Online: Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Produk Tidak Laku di Pasaran

Tips Sukses Jualan Online – Pemilihan produk merupakan salah satu komponen penting yang akan turut menentukan kesuksesan sebuah bisnis online. Anda bisa memilih produk usaha yang sudah populer di kalangan masyarakat atau menciptakan produk sendiri.

Sebelum menetukan produk usaha, ada baiknya melakukan riset pasar terlebih dulu. Amati apa yang mereka butuhkan dan bagaimana demand (permintaan) pasarnya. Baru setelah itu, Anda tentukan produk yang tepat untuk menjawab kebutuhan mereka.

Baca Juga : Tips Jitu nan Sukses Jualan Online di Instagram

Bagi pengusaha pemula, tentunya memilih produk yang sudah populer bisa menjadi pilihan tepat saat akan memulai bisnis. Anda tidak perlu melakukan edukasi atau memberikan penjelasan panjang dan rumit kepada calon konsumen, karena sudah dikenal.

Namun begitu, bukan hal yang tidak mungkin bagi Anda untuk menciptakan produk baru. Meski terbilang sulit, apabila disertai dengan perencanaan yang matang dengan strategi marketing yang terkonsep, bukan hal tidak mungkin untuk produk tersebut dikenal dan laku di pasaran.

Tips Sukses Jualan Online ; Memilih Produk Usaha yang  Tepat

Tidak hanya menawarkan kemudahan dalam bertransaksi, kini keberadaan online shop juga menjanjikan keuntungan lebih bagi pelakunya. Melihat peluang tersebut, banyak pengusaha yang mulai beralih profesi menjadi pebisnis online.

Berbagai jenis produk bisa dengan mudah ditemukan, mulai dari kebutuhan pokok hingga keperluan yang bersifat konsumtif seperti handphone, kamera, laptop dan berbagai jenis gawai lainnya.

Hal inilah yang membuat persaingan pasar online semakin ketat. Untuk itu Anda harus selektif memilih produk yang akan dijual secara online sehingga dapat diterima pasar. Berikut tips dan cara memilih produk untuk memulai usaha online.

Pilih Produk yang Tidak Mudah ditemukan Secara Offline

Tips yang pertama, yaitu dengan memilih produk yang jarang dijual di pasar offline. Hal ini tentu akan lebih menarik pelanggan karena mereka bisa dengan mudah mendapatkan produk yang susah didapatkan di pasar offline, tanpa harus mengunjungi setiap toko atau pasar swalayan untuk melihat ketersedian produk tersebut.

Pilih Produk yang Tidak Mudah Rusak atau Kadaluwarsa

Berbeda dengan pasar offline, dimana produk yang dipesan membutuhkan jeda waktu paling cepat 2 hari setelah pesanan diproses hingga sampai ke tangan konsumen. Untuk itu, hindari pemilihan barang yang bersifat pecah belah atau mudah kadaluwarsa.

Hal ini tentunya akan sangat membantu dan memudahkan Anda pada saat melakukan pengiriman barang. Karena sifatnya yang mudah pecah dan kadaluarsa membuat peluang penjual mengalami kerugian juga cukup besar.

Pilih Produk dengan Beban Ringan

Hal ini juga tidak kalah penting untuk dipertimbangkan. Selain memudahkan Anda pada saat proses pengiriman barang, juga meringankan konsumen sehingga tidak terbebani dengan biaya pengiriman yang cukup besar.

Itulah salah satu tips sukses jualan online dengan memilih produk usaha yang tepat. Tak sedikit pengusaha yang mengalami kegagalan karena memilih produk yang salah. Untuk itu penting bagi Anda mengetahui kriteria dari produk yang tepat untuk dijual di pasar online.

Namun juga tidak dapat dipungkiri, ada keadaan dimana produk bagus pun bisa kurang diminati di pasar. Ada berbagai alasan kenapa produk tersebut tidak laku atau tidak terjual. Tugas Anda adalah menganalisis dan mencari tahu apa penyebabnya dan segera mencari solusi tepat untuk mengatasinya.

Mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi Produk Tidak Laku di Pasaran

Berikut adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan produk tidak laku di pasaran, lengkap dengan solusi untuk memecahkan masalah tersebut.

Konsep Pemasaran yang Kurang Matang

Faktor pertama adalah konsep perencanaan pemasaran yang kurang matang. Pemasaran erat hubungannya dengan bagaimana cara produk tersebut dikenal oleh calon pelanggan potensial. Apabila strategi pemasarannya tidak terkonsep dengan baik, bisa jadi produk tersebut tidak dikenal oleh calon pelanggan sehingga tidak laku di pasaran.

Target Market yang Terlalu Luas

Selain menyiapkan strategi pemasaran, Anda juga harus merencanakan siapa target market dari bisnis Anda.  Tentukan target pasar yang spesifik, sehingga memudahkan Anda dalam menentukan strategi pemasarannya.

Jangan sampai karena menginginkan keuntungan yang lebih, Anda menarget semua kalangan sebagai target pasarnya. Hal ini akan membuat Anda tidak fokus, sehingga marketing yang dilakukan tidak efektif. Dan berdampak pada penjualan produk.

Meski produk Anda bisa diterima oleh semua kalangan, bukan berarti Anda tidak membuat target pasar prioritas.

Tidak Konsisten dengan Kualitas Produk yang ditawarkan

Faktor lain penyebab produk tidak laku di pasaran adalah menurunnya kualitas produk yang ditawarkan. Karena bahan baku yang digunakan tidak sama seperti pas awal produksi. Untuk itu penting bagi Anda untuk membuat list jumlah pemasok bahan baku produk yang mencakupi.

Hal ini penting untuk dilakukan untuk menghindari kekurangan bahan baku produk disaat terjadi lonjakan permintaan pasar. Jangan sampai penjualan menurun hanya karena Anda mengganti pemasok bahan baku dengan kualitas rendah.

Harga yang Terlalu Mahal

Penyebab lain dari produk tidak laku dijual adalah harga yang ditawarkan tidak sesuai dengan target market, alias terlalu mahal. Kecanggihan teknologi saat ini, memudahkan pelanggan untuk membandingkan harga dari setiap merchant.

Apabila terjadi selisih harga sedikit saja pada produk dengan kualitas hampir sama, akan membuat konsumen mudah berpaling. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk melakukan riset pasar, dengan melihat harga yang ditawarkan oleh kompetitor.

Persingan yang Ketat antar Kompetitor

Hal ini juga bisa menjadi penyebab produk Anda tidak laku di pasaran. Di dalam dunia bisnis, kompetitor akan selalu ada. Untuk bisa bersaing, Anda harus menyuguhkan produk yang inovatif dan menciptakan citra unik. Jadikan keunikan tersebut menjadi keuggulan produk Anda dari produk jenis lainnya.

Baca Juga : Tips Jualan Online : Foto Produk yang Bisa menarik Perhatian Pembeli

Sumber Daya Manusia Tidak Mumpuni

Pilih tim terbaik untuk memasarkan produk Anda. Karena akan percuma jika Anda hanya mengandalkan produk dengan kualitas bagus dan unggul dari produk sejenis lain, tanpa adanya dukungan sumber daya manusia yang mempuni.

Tanpa ada  tim produksi, tim pengemasan, tim distribusi, dan tim pemasaran yang baik produk Anda tidak akan laku dijual. Itulah sejumlah faktor yang dapat menyebabkan produk usaha tidak laku di pasaran. Semoga bermanfaat.

SHARE

LEAVE A REPLY