Tips Raup Untung Menggemaskan dengan Usaha Martabak Mini

Usaha martabak mini merupakan inovasi terbaru dari camilan legendaris Indonesia. Pada umumnya martabak memiliki ukuran besar dan berbentuk bulat, yang kemudian dipotong kecil-kecil untuk memudahkan saat dimakan.

Berbeda dengan martabak mini yang memiliki ukuran lebih kecil, harga lebih murah dengan aneka topping yang sangat  cocok untuk camilan dan jajanan anak-anak.

Sebagai salah satu makanan yang sudah lama dikenal dan banyak digemari oleh berbagai kalangan, bisnis martabak mini menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Daftar juga : Kursus Usaha Martabak Manis di Goukm Training Center 

Usaha ini juga terbilang simpel dan sederhana untuk Anda jalankan. Selain bahan-bahannya yang mudah ditemukan, modal yang digunakan untuk membangun usaha ini juga cukup terjangkau.

Bagaimana Cara memulai Usaha Martabak Mini?

Hal-hal apa saja yang harus dipersiapan saat akan memulai usaha martabak mini. Semuanya akan dibahas secara detail dalam penjelasan berikut ini:

Modal Usaha Martabak Mini

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat akan membuka usaha martabak mini ini adalah menyiapkan modal. Usaha ini cukup mudah dan murah. Siapapun dapat membuka usaha martabak mini.

Baca Juga: Inspirasi Usaha, Inilah Beberapa Usaha Anak Presiden Jokowi

Menyiapkan Peralatan dan Perlengkapan

Peralatan yang digunakan dalam menjalankan usaha martabak mini cukup mudah ditemukan di pasar tradisional atau took.

Peralatan dan perlengkapan usaha ini juga sangat sederhana, yang terpenting adalah kompor dan loyang. Jika Anda sudah mendapatkan kedua barang tersebut maka akan memudahkan dan mempercepat membuka usaha.

Menyiapkan Bahan Baku

Salah satu keuntungan untuk membuka usaha martabak mini adalah bahan baku makanan martabak mini yang sangat sederhana dan mudah didapatkan. Anda bisa membelinya langsung di toko bahan makanan atau pasar tradisional.

Berikut adalah beberapa bahan yang digunakan saat membuat martabak mini:

  • 250 gr tepung terigu
  • 200 gr susu bubuk
  • 1 sendok makan ragi instant
  • 1/2 sendok teh soda kue
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • 2 butir telur ayam
  • 100 gr gula pasir halus
  • 500 ml air matang

Bahan topping yang harus disiapkan:

  • Susu kental manis
  • 100 gram margarine
  • Keju parut
  • Meses (coklat atau warna terserah selera)
  • Toping-toping pilihan lain sesuai selera anda

Baca Juga: Inovasi Makanan Online yang Menguntungkan dan Bisa Digeluti Pebisnis Pemula

Apabila bahan-bahan yang dibutuhkan telah terkumpul. Langkah selanjutnya adalah memulai pembuatan martabak mini. Berikut cara membuat martabak mini manis.

  1. Siapkan wadah untuk membuat adonan martabak
  2. Masukkan tepung terigu, gula pasir, garam, ragi instant dan susu bubuk kemudian aduk sampai semuanya kalis
  3. Masukkan telur yang sudah disiapkan kedalam campuran tepung
  4. Kocok dengan mixer sampai semuanya tercampur rata dan bertekstur lembut dan tidak menggumpal.
  5. Tuang air sedikit demi sedikit kedalam adonan sambil diaduk-aduk
  6. Panaskan cetakan martabak mini lalu tuang adonan kedalamnya
  7. Tunggu sampai adonan benar-benar matang
  8. Angkat adonan dan oleskan dengan margarin secukupnya. Setelah itu tambahkan diatasnya selai-selai atau topping sesuai selera
  9. Jangan lupa untuk mengoleskan susu di atasnya dan kreasikan keahlihanmu dalam menambahkan topping untuk memberikan keindahan topping.

Tips Sukses Usaha Martabak Mini

Banyak pengusaha serta menjamurnya bisnis franchise martabak mini di berbagai daerah di Indonesia, mengharuskan Anda sebagai pengusaha baru (startup) memiliki strategi efektif sehingga mampu bersaing dengan pengusaha lainnya.

Berikut beberapa tips yang akan membantu mengembangkan usaha martabak mini Anda:

Mutu Makanan Itu Penting

Di dunia bisnis kuliner, menjaga mutu makanan itu sangat penting karena erat kaitannya dengan rasa. Rasa yang tidak konsisten akan beresiko pada usaha Anda. Salah satunya kehilangan loyal customer atau yang biasa disebut pelanggan setia.

Apabila konsumen sudah mulai cocok dengan rasa makanan yang disajikan, maka Anda harus konsisten. Jangan mengurangi atau mengganti resep yang sudah ditentukan.

Menciptakan Inovasi dan Kreasi Baru

Kreativitas pengusaha dalam mengolah produk makanan menjadi lebih kekinian menjadi salah satu kunci sukses dalam usaha martabak mini. Usahakan untuk membuat inovasi dan kreasi baru baik itu dari segi rasa, ragam pilihan topping, atau packaging.

Ada banyak rasa yang bisa dikembangkan. Jika Anda terbiasa membuat martabak keju, buatlah variasan rasa terbaru seperti rasa mocca atau rasa durian. Pilihlah berbagai macam varian rasa yang familiar dengan lidah orang Indonesia.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan packaging yang lebih menarik. Kini banyak jajanan tradisional yang dikemas dengan konsep modern sehingga mampu menambah nilai jual produk.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Menjual Mesin Makanan dan Kemasan untuk UMKM

Cari Tempat yang Potensial

Martabak merupakan salah satu camilan favorit masyarakat Indonesia yang mudah ditemukan. Kita dapat dengan mudah menemukan penjual martabak di berbagai pusat keramaian dan ruas jalan. Hampir semua tempat bisa dijadikan lokasi untuk jualan martabak mini.

Biasanya usaha kuliner ini laris dijual di pasar, sekitar perumahan, kawasan perkantoran, tempat wisata, di mall atau pusat perbelanjaan.

Itulah peluang usaha martabak mini dan strategi yang bisa Anda terapkan saat akan memulai usaha tersebut. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here