Tips Memulai dan Mengembangkan Bisnis Martabak tanpa Rugi

Bisnis martabak memang sedang populer di berbagai kalangan pebisnis, mulai dari warga biasa hingga publik figur. Luna Maya salah satunya.

Setelah sukses membuka bisnis kue khas Korea, Kastera, kini artis berusia 34 tahun ini mulai milirik bisnis martabak yang ia usung bersama Uya Kuya bernama Martabucks, sebagai lahan baru bisnis yang cukup menguntungkan.

Baca Juga: Ingin Buka Usaha Kuliner? Lirik Daftar Referensi Resep Makanan untuk Bisnis Disini

Ketertarikan para artis Tanah Air untuk menggeluti bisnis martabak bukanlah tanpa sebab. Mereka pasti melihat peluang yang sangat menjanjikan di dunia bisnis kuliner yang satu ini. Sebagai camilan legendaris masyarakat Indonesia, bisnis martabak memang tidak pernah sepi pembeli.

Nah bagi Anda yang masih bingung dan belum mempunyai ide, bisnis martabak bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan bagi pebisnis pemula. Jika Anda tertarik, berikut tips memulai dan mengembangkan bisnis martabak.

Tips Memulai dan Mengembangkan Bisnis Martabak

Bingung, itulah yang banyak dirasakan para pelaku bisnis terutama pemula ketika akan memulai suatu bisnis. Tidak tahu apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara memulainya.

Untuk itu dibutuhkan strategi dan langkah yang tepat, agar usaha martabak yang akan dijalankan bisa berkembang dan menghasilkan profit yang menguntungkan. Berikut langkah mudah untuk memulai dan mengembangkan usaha martabak.

Siapkan Modal

Langkah awal dalam memulai usaha martabak adalah menyiapkan modal yang cukup. Kekurangan modal di tengah menjalankan bisnis bisa menghambat ketika Anda ingin mengembangkan usaha martabak seperti menambah kapasitas produksi, menambah alat produksi dan biaya operasional lainnya.

Jika modal bisnis dirasa tidak cukup, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan pinjaman modal ke lembaga keuangan seperti Bank, Koperasi, atau mencari investor bisnis. Anda juga bisa memilih bisnis kemitraan atau waralaba martabak yang kini menjamur diberbagai pelosok Tanah Air.

Bisnis waralaba biasanya banyak menawarkan paket yang cukup terjangkau untuk pengusaha pemula. Anda bisa memilih paket sesuai dengan modal yang dimiliki.

Memiliki Ciri Khas

Di dalam bisnis kuliner, ciri khas itu sangat penting dimiliki oleh setiap pelaku bisnis. Buatlah alasan mengapa orang harus membeli martabak Anda. Apa keunikan dan keunggulan martabak Anda dengan bisnis martabak lainnya.

Ciri khas inilah yang akan menjadi identitas dan alasan konsumen untuk membeli produk martabak yang Anda tawarkan.

Beri Sentuhan Modern

Kreasi dan inovasi itu sangat penting dalam dunia bisnis kuliner. Lihatlah bagaimana bisnis martabak masa kini behasil sukses dan dikenal masyarakat luas. Salah satu kunci kesuksesan mereka adalah berani berinovasi dan berkreasi dengan menghadirkan konsep yang lebih kekinian.

Jadi cobalah berikan sentuhan modern pada bisnis martabak yang akan Anda jalankan. Misalnya membuat kemasan dengan gaya kekinian, memberikan rasa atau taburan topping yang digemari, dan lain sebagainya.

Lokasi dan Pelayanan yang Baik

Pemilihan lokasi menjadi salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan saat akan memulai bisnis martabak. Pilihlah lokasi yang strategis yang mudah dijangkau oleh calon konsumen Anda.

Selain lokasi, Anda juga harus memperhatikan pelayanan. Cobalah sapa calon konsumen yang datang dengan senyuman dan layani mereka dengan senang hati. Anda juga bisa menanyakan apa yang mereka butuhkan dan berilah informasi mengenai bisnis martabak Anda secara detail.

Baca Juga: Tips Buka Bisnis Makanan Ringan dengan Modal Minim tapi Menguntungkan

Itulah beberapa tips yang harus Anda lakukan sebelum dan saat menjalankan bisnis oleh-oleh. Dengan mengikuti tips di atas, bisnis Anda akan berjalan dengan baik dan lebih mudah untuk berkembang.

Hal lain yang tidak kalah penting yaitu mengetahui bagaimana cara menarik calon konsumen untuk membeli produk bisnis martabak yang Anda jual. Yuk simak penjelasannya.

Tips Menarik Calon Kosumen Bisnis Martabak

Bisnis martabak merupakan salah satu bisnis kuliner dengan target pasar yang cukup luas, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Untuk itu, diperlukan strategi efektif sehingga membuat mereka tertarik dengan bisnis martabak yang Anda tawakan. Cobalah ikuti beberapa tips berikut ini

Buat Calon Konsumen Bisnis Martabak Anda Percaya

Salah satu alasan seseorang membeli makanan martabak adalah citarasa yang lezat. Penggunaan bahan baku yang berkualitas menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam pembuatan martabak. Jika Anda berhasil membuat martabak dengan rasa yang enak dan lezat, konsumen akan datang dengan sendirinya.

Apabila konsumen telah mengakui kelezatan martabak, bukan hal yang tidak mungkin bagi mereka memberikan rekomendasi kepada teman, kerabat dan keluarganya untuk membeli camilan tersebut di kedai Anda. Dengan begitu, konsumen Anda pun bertambah.

Cobalah hindari penggunaan zat-zat berbahaya, guna menjaga kepercayaan konsumen. Karena kepercayaan konsumen adalah hal yang sulit untuk didapatkan. Jangan sampai konsumen Anda pergi satu per satu hanya karena mereka sudah tidak percaya dengan kualitas martabak yang Anda jual.

Tawarkan Produk Martabak yang Inovatif

Sebagai salah satu peluang bisnis potensial, bisnis martabak memiliki banyak kompetitor. Terbukti dengan banyaknya gerai martabak kekinian dan bisnis martabak dengan sistem waralaba yang kini menjamur di berbagai daerah.

Jika Anda tidak bisa mengahadirkan inovasi terbaru, bisa jadi konsumen yang telah Anda miliki akan dengan mudah berpaling ke kedai martabak lainnya. Untuk menarik konsumen baru dan mempetahankan konsumen yang ada, Anda harus siap menjadi orang kreatif yang selalu berpikir inovatif.

Jalin Hubungan Baik dengan Konsumen

Kualitas pelayanan yang baik adalah salah satu aspek penting dan etika yang harus dipunyai oleh setiap pelaku bisnis. Jika pelayanan yang diberikan buruk, konsumen akan dengan mudah pergi meninggalkan bisnis martabak Anda.

Baca Juga: Peluang Bisnis Restoran atau Rumah Makan Unik sebagai Usaha Kuliner Utama

Jadi mulai sekarang mulailah tanamkan mindset bahwa konsumen adalah raja yang harus diperlakukan dengan baik. Dengan begitu, bukan hanya konsumen yang akan bertahan, calon konsumen baru pun akan dengan mudah tertarik pada bisnis martabak yang Anda jual.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjalin hubungan baik dengan konsumen yaitu memberikan reward kepada mereka yang ulang tahun. Hal ini tentu akan membuat hubungan baik antara Anda dan konsumen, serta mereka juga akan merasa senang dengan perlakuan istimewa tersebut.

Sudah Anda catat hal-hal apa saja yang harus dilakukan saat akan memulai bisnis martabak? Semoga rangkaian tips diatas bisa membantu mengembangkan bisnis martabak yang akan Anda jalankan. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here