Kiat Sukses Jualan Laku Ketika Bazar

Salah satu cara promosi produk adalah melalui bazar. Tapi ternyata ketika sudah mengikuti bazar mempromosikan barang tak semudah yang kita pikirkan. Belum lagi harga sewa stand yang bisa dibilang mahal, belum lagi parkiran dan keamanan stand yang mesti di pertimbangkan. Makanya Go UKM memberikan tips bazar agar barang jualan laku ketika bazar. Berikut tipsnya

Tips Sukes Membuat Bazar dan Persiapan Mengikuti Bazar

  1. Telitilah siapa penyelenggaranya cocok tidak dengan produk yang ingin Anda jual.
  2. Perhatikan juga, apakah bazar ini besar atau hanya skala kecil dengan memperhatikan promosinya. Jika promosi hanya dengan spanduk bisa dibilang hanya skala kecil, namun jika sudah disiarkan lewat radio, televisi hingga press rilis di media kemungkinan event ini besar. Maka Anda juga harus menyesuaikan dengan produk yang ingin Anda jual di bazar.
  3. Sebelum terlanjur mendaftar menjadi peserta bazar lebih baik survei tempat terlebih dahulu, lihat lokasinya apakah terjangkau, perhatikan keamanannya apakah ada petugas keamanan, selain itu perhatikan juga harga sewa dengan budget Anda. Jangan sampai Anda mengikuti bazar justru mengalami kerugian. Jika kira-kira harga sewa stand lebih mahal dibandingkan dengan keuntungan dari produk yang akan dijual lebih baik jangan ikut bazar.
  4. Jangan lupa tanyakan fasilitas apa yang didapat. Jangan sampai kekurangan air bersih, ruangan pengap karena AC kurang, daya listrik kurang hingga meja atau kursi yang kurang.
  5. Buatlah penataan stand Anda semenarik mungkin jangan sampai ada kesan berantakan karena membuat pengunjung malas untuk datang.
  6. Jangan jadi orang yang pasif tapi jadilah orang yang agresif. Ajaklah pengunjung untuk mampir ke stand Anda, jika bisa Anda menarik pejabat penting untuk berkunjung ke stand Anda. Karena jika mereka berhasil berkunjung otomatis produk Anda akan terkenal karena biasanya media akan mengikuti dan meliput pejabat saat datang ke suatu stand.
  7. Buatlah promosi produk dengan video semenarik mungkin, yang akan Anda tampilkan ketika bazar. Selain itu jangan lupa sebarkan brosur dan kartu nama Anda. Sehingga jika bazar usai mereka masih bisa membeli produk Anda.
  8. Jika Anda berjualan makanan atau minumam, maka berikanlah tester agar pengunjung yang mencicip ketagihan bisa langsung membeli produk Anda.
  9. Anda harus mengusai detail produk yang akan Anda jual, karena biasanya pengunjug akan banyak pertanyaan.
  10. Buatlah harga promo namun jangan sampai Anda mengalami kerugian.

Kenali siapa yang paling banyak mengunjungi stand Anda, ini untuk menjadi survei produk Anda.

SHARE
Mengawali karir dari lembaga Pers Mahasiswa. Bergabung denga tim riset untuk menulis berbagai buku. Hobi Photography punya Moto Hidup “Berbagi itu Kesenangan”

LEAVE A REPLY