5 Software Akuntansi Online Rekomendasi untuk Usaha Kecil Menengah

software akuntansi online

Kita tentunya sering mendengar atau membaca kisah-kisah sukses seorang pengusaha. Dari cerita-cerita itu pasti di antara kita ingin juga mengikuti jejak sukses dari salah satu tokoh pengusaha tersebut. Dengan modal yang tidak cukup banyak, banyak seseorang yang kini sudah bisa meraup omzet sampai ratusan juta. Tentunya ini mengugah banyak orang untuk mulai menjajal dunia bisnis tersebut. Hal itu memang mudah kalau dibayangkan saja, namun nyatanya selalu ada cerita jatuh bangun yang dialami oleh para pengusaha sukses untuk dapat mencapai era kejayaan.

Mereka yang sudah sukses tidak luput dari masalah-masalah seperti modal, SDM, produksi dan yang paling krusial adalah masalah alur kas. Karena tidak ada strategi keuangan maka banyak di antara pengusaha yang terpaksa harus gulung tikar. Itu sebabnya kami bilang ini adalah masalah yang sangat krusial. Bagaimana pengusaha dapat mengatasi hal ini? Tentunya dengan strategi keuangan yang sudah tersusun dan pembukuan yang rapi.

Alasan mengapa laporan keuangan sangat penting

Pada dasarnya pembukuan tujuannya adalah untuk mengetahui cash flow usaha. Dengan pembukuan kita dapat mamantau perkembangan progress fisik dan keuangan usaha, mengetahui perbandingan antara rencana kegiatan dan pelaksanaannya dan menyusun pelaporan yang diperlukan sebagai pertanggung jawaban atas penggunaan anggaran yang disediakan untuk keperluan informasi management dalam proses pemantauan, evaluasi, pengendalian dan penyusunan anggaran yang akan datang. Selain itu, memabantu Anda untuk mengetahui untung dan rugi perbulannya bahkan pertahunnya.

Pembukuan akan lebih teratur didukung dengan pengetahuan pengusaha, namun tidak sedikit pengusaha yang tidak memiliki itu. Ditambah dengan pelaku usaha masih melakukannya secara manual, mulai dari menghitug sendiri, memerlukan berlembar-lembar kertas, membuat kolom-kolom transaksi dan lain-lain. Selain membutuhkan banyak waktu, dengan cara ini kita harus lebih teliti belum lagi bila ada kesalahan hitung. Tentunya ini akan mempersulit Anda nantinya. Untungnya kini sudah tersedia beberapa aplikasi untuk membantu kegiatan tersebut. Berikut kami rangkum 5 software akuntansi online untuk menejemen untuk usaha kecil menengah.

ZAHIR

Mungkin sebagian dari pengusaha sudah mengetahui software akunting yang satu ini. Semakin tingginya kebutuhan perusahaan pada software bisnis, Zahir sudah banyak mengembangkan aplikasi yang dimilikinya salah satunya adalah meluncurkan Zahir Online, di mana pengguna dapat mengelola keuangan secara oonline berbasis website. Dengan Zahir Small Business memudahkan pelaku usaha dalam membuat laporan pembelian dan penjualan barang, mengelola hutang piutang, mengelola persedian barang, membuat laporan pembukuan seperti kas dan tabungan. Semua kegitan tersebut bisa dilakukann secara real time melalui computer dengan koneksi internet. Biaya yang harus dikeluarkan jika ingin menggunakan aplikasi ini sebesar Rp 2.2 juta.

QuickBooks Online

Merupakan salah satu software accounting yang awalnya dirilis pada tahun 1996 oleh developer Intuit Inc, yang juga membuat program seperti Quicken, QuickBase, TurboTax dan banyak lagi. Dengan aplikasi ini pengguna dapat membuat laporan keuangan seperti Laporan penjualan detail / ringkas, laporan pembelian, laporan hutang dan piutang jatuh tempo, laporan inventory, laporan laba rugi dan neraca.

Kelebihan lainnya adalah Anda dapat mengelompokkan transaksi pendapatan atau biaya berdasarkan projek dan lokasi, sehingga bisa membuat Laporan Laba Rugi berdasarkan kelompok projek maupun lokasi yang bisa dilakukan melalui komputer, tablet android maupun smartphone asal terhubung dengan koneksi Internet. Ini tentunya sangat menguntungkan bagi pelaku usaha yang memiliki lebih dari 1 usaha dengan lokasi yang berbeda. Meskipun fitur online, kemananan datanya sangat aman karena fitur ini meenggunakan data enkripsi layaknya bank selain itu Anda juga bisa melakukan backup data keuangan yang akan tersimpan secara otomatis. Software berbayar ini dibandrol dengan harga mulai dari US$ 15.00 – US$ 31.00 atau sekitar Rp 200-400 ribu perbulannya.

Jurnal

Jurnal adalah sebuah software akuntansi online untuk mengatur sistem pembukuan yang lebih baik bagi pemilik Usaha Kecil & Menengah. Berbagai fiturnya adalah dapat membuat Invoce dan PO, seperti faktur penjualan, pesanan dan pembelian, dan surat jalan professional secara otomatis, pembuatan laporan finansial dan aktivitas bisnis secara real-time, dapat memonitor stok serata lakukan stok opname untuk laporan tepat, dapat menambah pengguna lainnya untuk performa kerja multi-tasking, bahkan adanya online live chat untuk pengguna yang ingin menanyakan informasi lebih lanjut.

Sama seperti QuickBook Online, software ini menggunakan sistem keamanan enskripsi dengan kunci yang dibuat khusus untuk setiap pengguna. Jadi semua data yang tersimpan sangat aman. Aplikasi ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp 149 ribu hingga Rp 399 ribu dengan sepesifikasi yang berbeda.

Omega

Omega merupakan software akuntansi online Indonesia yang menyediakan modul standar yang lengkap meskipun modul pelengkap dan inventory yang hanya terbatas. Baik digunakan untuk pelaku usaha dalam sektor kecil menengah hingga menengah atas. Di dalam omega accounting terdapat cloud computing 1.0, yang merupakan generasi terbaru dari cloud computing yang lebih personal.

Dengan menggunakan layanan privat cloud computing dari Omegasoft, dapat menghubungkan database setiap cabang usaha Anda diberbagai wilayah, kota, propinsi, hingga antar negara, dengan menggunakan koneksi internet, secara online, realtime, direct access, personal, privat dan tentunya sangat aman.Untuk menggunakan layanan ini, Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 165 ribu perbulannya atau menggunakan paket selama setahun sebesar Rp 1.650.000.

Kiper

Software akuntansi online selanjutnya adalah Kiper. Merupakan software akutansi yang ditujukan untuk usaha kecil menengah yang dapat mengakses, mengelola serta kolaborasi data usaha tentunya berbasis online. Anda dapat membuat invoice tagihan, retur hingga pembayaran. Selain itu, fitur lainnya adalah mampu menangani transaksi dengan mata uang berbeda yang akan di-convert otomoatis ke Rupiah.

Mungkin Anda selama ini kurang teleti menulis jurnal/pembukuan usaha. Nah, dengan software ini dilengkapi dengan fitur Jurnal, di mana Anda dapat mencatat Jurnal secara manual dalam format Debit-Kredit dan dilengkapi dengan fitur-fitur yang mempermudah proses jurnal. Software ini terdapat juga fitur kontak berguna agar Anda dapat dengan mudah mengakses kontak costumer, supplier, maupun pegawai.

Untuk biaya penggunaan software akuntansi online ini dikenakan biaya sebesar Rp 89 ribu sampai Rp 199 ribu perbulannya tergantung paket apa yang dipilih. Bila Anda yang ingin mencoba ditawarkan penawaran trial, maka Anda bisa menggunakan aplikasi ini gratis selama 14 hari dan bila Anda ingin berlangganan selama 1 tahun akan ada bonus 2 bulan pemakaian tanpa dikenakan biaya tambahan.

Demikian 5 software akunting online yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha kecil menengah. Pada masing-masing software tentunya memeliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda itu sebabnya, harga yang diberikan ada yang mahal dan ada yang lebih murah. Nah, jadi pemilihannya tergantung dengan kebutuhan usaha dan budget yang Anda miliki. Namun jika Anda ingin menggunakan aplikasi dengan performa yang baik tentu tidak ada salahnya untuk menginvestasikannya pada software akuntansi online yang menawarkan performa dan fitur yang lengkap pula. Semoga artikel ini dapat berguna sebagai rekomendasi Anda dalam mencari software akuntansi online untuk kebutuhan usaha kecil menengah.

LEAVE A REPLY