Situs Pinjaman Online Aman dan Terpercaya Untuk dapatkan Modal usaha

Pinjaman online adalah alternatif sering kali dipilih untuk mendapatkan pendanaan dengan cara cepat. Baru-baru ini banyak produk pinjaman jangka pendek yang ditawarkan oleh perusahaan financial teknologi atau fintech peer-to-peer lending.

Hadirnya perusahaan-perusahaan ini tentyata mendapatkan perhatian dari masyarakat. Yang tadinya mengandalkan produk perbankan, kini teralih ke startup fintech yang menawarkan produk pinjaman langsung cair online. Alasannya karena lebih mudah, ditambah kini perusahaan-perusahaan fintech tersebut sudah memiliki payung hukum yang jelas sehingga risikonya lebih kecil.

Namun meskipun begitu Anda juga harus tetap wasapada. Karena pasalnya ada saja situs pinjaman uang tunai online yang “bodong” alias palsu. Oleh karena itu, yang perlu Anda lakukan adalah cari tahu terlebih dahulu lembaganya, jenis produk pinjamannya dan juga sistem pinjaman yang diterapkan. Nah, jika Anda tengah memilah-milih mana perusahaan fintech yang terbaik untuk mengajukan pinjaman online pribadi, berikut ini beberapa rekomendasi situs pinjaman modal usaha yang terpercaya dan dijamin keamanannya.

KoinWorks

pinjaman uang online

Anda tentu sudah mengetahui situs pinjaman online ini, Koinworks adalah sebuah layanan online yang menawarkan program pendanaan dan pembiayaan kepada masyarakat yang memerlukan dana untuk modal usaha, kesehatan, pendidikan dan kebutuhan lainnya. Layanan P2P lending yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK ini merupakan salah satu situs yang aman untuk mendapatkan pinjaman online maupun investasi online. Ada 3 jenis pinjaman yang ditawarkan koin Works, yaitu Koin Bisnis, Koin Pintar, dan Koin Sehat.

Baca juga : Startup Fintech Pinjaman Modal UKM yang Telah Terdaftar dan Diawasi Oleh OJK

Koin Bisnis adalah, pinjaman tanpa agunan online yang ditujukan untuk pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnisnya. Dalam produk ini, KoinWorks menawarkan pinjaman secara online yang hemat waktu. Ketentuan dalam pinjaman sudah tetap, sehingga angsuran bulanan Anda tidak akan berubah apalagi bertambah. Untuk besar pinjamannya KoinWorks menyediakan mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 250 juta. Selain itu, juga diterapkan nilai/skor mulai dari A1 hingga E5, dari yang tertinggi sampai yang terendah. Skor ini menjelasakan kemampuan peminjam untuk membayar cicilannya. Berikut tingkat skor pinjaman.

pinjaman online terpercaya

Berdasarkan data skor pinjaman di atas, Koinworks menyertakan bunga per bulan mulai dari 0.75% hingga 1.67%, tergantung grade apa yang dipilih. Selain itu, nantinya debitur akan dikenakan biaya persetujuan kredit sebesar 2% – 4%, Asuransi Jiwa Allianz sebesar 0.24%, Biaya Administrasi sebesar  Rp 100,000. Biaya akan dikenakan hanya bila pinjaman  uang yang diajukan telah disetujui.

Persyaratan melakukan pinjaman dana tunai

Untuk mengajukan pinjaman berikut persyaratan yang perlu Anda penuhi.

  1. Usaha sudah berjalanan minimal selama 2 tahun,
  2. Usaha berdomisili di area Jabodetabek,
  3. Rincian usaha, seperti informasi dasar dan informasi keuangan selama setahun terakhir.
  4. Tujuan pinjaman jelas, berikan alasan dan tujuan peminjaman, dan
  5. Rincian pemilik, seperti informasi data diri, informasi keuangan pemilik usaha,
  6. Peminjam berusia 21 tahun ke atas dan Warga Negara Indonesia
  7. Memiliki rekening bank di Indonesia
  8. Pengaju memiliki sumber pendapatan tetap, dan
  9. Tidak memiliki hutang yang belum terlunasi.

Cara mengajukan pinjaman online di KoinWorks

Bagaimana proses pendaftarannya? terlebih pengaju diminta mengisi form pengajuan pinjaman di situs KoinWorks.com dan diminta melengkapi data-data yang dibutuhkan. Jika data sudah lengkap sebagai proses verifikasi tim KoinWorks akan menghubungi Anda untuk melakukan kecocokan data. Perlu diketahui saat Anda melakukan pengisian data, sebaiknya lengkapi semuanya agar proses persetujuannya bisa semakin cepat.

Setelah selesai melewati tahap verifikasi atau Pre-Approval, tim KoinWorks akan meminta Anda untuk melakukan call interview bersama dengan pihak dari KoinWorks untuk mensurvei layak tidaknya usaha Anda didanai.

Jika disetujui, aplikasi pinjaman Anda akan diklasifikasikan berdasarkan credit scoring, di mana credit scoring tersebut menentukan bunga yang terdapat di pinjaman Anda, mulai dari 0,75% hingga 1,67%. Kemudian, bila Anda setuju dengan ketentuan bunga yang ditetapkan untuk pinjaman Anda, maka pinjaman Anda akan diterbitkan ke dalam platform KoinWorks dan siap untuk didanai oleh ribuan investor yang tergabung di KoinWorks. Setelah dana pinjaman Anda terpenuhi, pinjaman akan diproses dan kemudian dicairkan ke rekening bank yang Anda daftarkan di awal.

UangTeman

pinjaman online tanpa kartu kredit

Situs pinjaman uang online selanjutnya adalah UangTeman yang menawarkan pinjaman jangka pendek untuk keperluan bisnis atau kebutuhan konsumtif lainnya secara online. Layanan ini dapat diakses melalui situsnya uangteman.com ataupun aplikasi UangTeman. Melalui platform ini debitur dapat melakukan pinjaman mulai dari Rp 1 juta hingga 3 juta dalam waktu maksimal 30 hari. Namun bila peminjam merupakan nasabah yang sudah memiliki record pinjaman yang bersih, mereka bisa mengajukan pinjaman sampai dengan RP 6 juta.

Lain dengan KoinWorks yang baru beroperasi di daerah Jabodetabek, UangTeman sudah memiliki pengalaman melayani masyarakat di lima belas kota, mulai dari Jakarta, Bali, Bandung, Jambi, Surabaya, hingga Makassar. Mereka pun juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keaungan (OJK).

Besar biaya layanan yang diberlakukan oleh UangTeman adalah 1% per hari yang dihitung setiap akhir hari sejak hari pertama pencairan kredit sampai dengan tanggal jatuh tempo. Cara perhitungan biaya layanan pinjaman dirumuskan sebagai berikut.

Total Biaya Layanan: Pokok x ((1+1%) jumlah hari)

Simulasi biaya layanan:

Pak Asa pinjam Rp 2 juta dalam tempo waktu 10 hari, maka perhitungan biaya layanannya adalah:

Hari pertama: Rp 2 juta x 1% = Rp 20.000 maka total pinjaman hari pertama sebesar Rp 2.020.000

Hari kedua: Rp 2.020.000 x 1% = Rp 20.200 maka total pinjaman hari kedua sebesar Rp 2.040.200

Begitu seterusnya sampai dengan hari ke 10. Sehingga total biaya layanan yang akan dikenakan Bapak Asa sebesar Rp 2.000.000 x ((1+1%)10) = Rp 209.244.

Cara mengajukan pinjaman di UangTeman

Sebelum Anda melakukan pinjaman, pastikan bahwa Anda sudah terdaftar pada situs UangTeman. Jika sudah masuk ke Beranda situs Uang Teman Klik tombol Ajukan Pinjaman untuk mulai mengajukan pinjaman di UangTeman atau melalui aplikasi mobile UangTeman yang bisa Anda Unduh di Google Playstore atau App Store. Setelah masuk, isi aplikasi pinjaman online dan jangan lupa siapkan dokumen pendukung seperti KTP, Foto Diri/ Selfie Slip Gaji / Surat Keterangan Usaha. Semakin lengkap dokumennya, semakin cepat proses pencairan pinjamannya.

Bila dokumen sudah diverifikasi, nantinya Anda akan mendapatkan notifikasi pengajuan yang akan memberitahu status pinjaman disetujui atau ditolak oleh uang teman. Untuk mengetahuinnya Anda bisa mengeceknya dnegan memasukan nomor ponsel Anda ke kolom Status Pinajaman. Bagi pinjaman yang disetujui akan dihubungi oleh tim UangTeman dalam waktu 3×24 jam.

Setelah itu dana pinjaman akan dicairkan ke rekening yang Anda daftarkan saat pengajuan pinjaman di UangTeman. Sementara untuk informasi pembayaran Anda akan dikirimkan notifikasi tanggal pembayaran pinjaman melalui email dalam 3 hari menjelang tanggal jatuh tempo pembayaran.

Sebelum melakukan pembayaran Anda harus masuk ke Dashboard nasabah uyntuk mengetahui nomor Viritual Account yang dapat digunakan untuk melunasi pinjaman Anda melalui bank transfer.

Tunaiku

Tunaiku penyedia KTA online yang merupakan produk unggulan dari Amar Bank, sebuah bank asal Surabaya yang mulai diluncurkan pada 2014. Melalui Tunaiku, nasabah dapat melakukan pinjaman mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 15 juta dengan masa tempo pinjaman 6 sampai 15 bulan.  Besar suku bunga yang ditawarkan oleh Tunaiku biasanya digunakan bunga harian berkisar antara 1% hingga 2% per hari, atau 35%-60% per bulan.

Biaya KTA Tunaiku yang akan ditagihkan peminjam

Nantinya nasabah tidak hanya akan dikenakan bunga saja, tapi juga ada biaya tambahan lain yang harus dibayarkan oleh nasabah. Biaya yang akan dikenakan untuk setup awal satu kali saja di antaranya.

– Biaya proses sebesar Rp 540.000 dicicil selama periode pinjaman

– Pembayaran bulanan KTA berdasarkan dari jumlah angsuran pinjaman pokok ditambah bunga pinjaman

– Pinalti: Denda jika terjadi keterlambatan cicilan atau pembayaran pinjaman sebesar Rp 100 ribu perbulan sebesar 0.16% per hari.

Proses mengajukan Permohonan KTA Online Tunaiku

Kredit Tanpa Agunan Tunaiku sama seperti layanan KTA online lain yang ditawarkan oleh perusahaan fintech. Di mana prosesnya melalui online, di peminjam terlebih dahulu harus daftar menjadi melalui website Tunaiku.com dan mengisi formulir aplikasi. Selanjutnya nasabah diminta untuk menunggu selama 24 jam untuk mengetauhi status pengajuan pinajaman. Bila diterma Tunaiku akan datang untuk proses verifikasi dan memberikan kontrak asli untuk ditandatangani nasabah. Barulah setelah itu, nasabah bisa menerima uang pinjaman yang akan dikirimkan ke rekening yang telah didaftarkan.

Taralite

Taralite juga merupakan lembaga non perbankan yang juga menawarkan layanan pinjaman sesuai dengan spesifikasi kebutuhan, misalnya untuk pendidikan, persaslinan, umroh maupun kredit usaha. Taralite mengklaim bahwa proses peminjaman yang mereka tawarkan sangat cepat, dan hanya membutuhkan kurang lebih 5-10 menit dan proses verifikasinya hanya membutuhkan waktu 2 hari.

Tidak hanya itu saja, nilai tambah yang juga diusung oleh Taralite adalah suku bungannya yang rendah mulai dari 0.99-1.59% per bulan. Dengan begitu, ini akan lebih memudahkan peminjam saat mencicil kredit perbulannya. Sementara untuk tenor cicilan kredit bisa disesuaikan mulai dari 3-12 bulan. Bila nasabah ingin tempo cicilan lebih dari setahun, Taralite menganjurkan untuk menggunakan jaminan berupa BPKB sementara.

Baca juga: 10 Situs Online Modal Usaha Online. Sumber Modal Usaha UKM Berbasis Digital

Untuk mengajukan pinjaman ini, nasabah tidak hanya bisa mengajukannya melalui situs Taralite tapi juga bisa melalui marketplace online C2C seperti, Tokopedia, Lazada, Matahari Mall, Airyrooms, dan Doku. Kolaborasi ini dilakukan agar para penjual/seller/merchant bisa mendapatkan akses permodalan yang lebih mudah.

KTA Online Standard Chartered

Standard Chartered Bank menghadirkan produk unggulan Kredit tanpa agunan (KTA) atau pinjaman dana tunai cepat cair dengan keistimewaan bunga ringan dan persyaratan yang mudah. Dana tunai tanpa jaminan ini dihadirkan untuk memudahkan para calon debitur untuk mendapatkan dana pembiayaan kebutuhan finansial seperti biaya pendidikan, renovasi rumah, biaya pernikahan, tambahan modal usaha hingga membeli kendaraan.

Dari Kredit tanpa agunan (KTA) ini, calon debitur juga dapat mengalokasikan dana pinjaman untuk kebutuhan modal usaha. Produk Kredit tanpa agunan (KTA) ini memiliki keistimewaan bunga yang rendah yaitu mulai dari 0.99% hingga 1.59% dengan metode pembayaran cicilan tetap. Sehingga, debitur tidak diberatkan dengan suku bunga berjalan.

Jumlah pinjaman yang bisa diajukan mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 100 juta. Selain itu, ada beberapa biaya tambahan yang akan dikenakan oleh nasabah, yaitu Biaya prvosi dengan besar 3.5% dari jumlah pinjaman yang disetujui dan biaya tahunan (dari tahun ke-2 sampai dengan 5) dengan besar Rp 50.000 per tahun.

Kredit tanpa agunan (KTA) dari Standard Chartered memberikan waktu yang fleksibel untuk jangka waktu pelunasan. Nasabah diberikan jangka waktu pelunasan pinjaman Standard Chartered KTA hingga 5 tahun.

Pinjam

Pinjam adalah startup yang menawarakan layanan finansial yang baru diluncurkan pada Oktober 2015 lalu. Awalnya model bisnis yang diusungnya adalah layanan gadai dan kemudian memutuskan untuk masuk ke bisnis pinjaman online dengan sebuah layanan baru bernama Pinjam pada 2016.

Untuk besaran pinjaman yang bisa diajukan Pinjam menyebutkan nilai maksimal pinjaman sebesar Rp 100 juta untuk pinjaman buka usaha, dan nominal maksimal untuk pinjaman talangan sebesar Rp 500 juta. Selain itu, Pinjam pun membuka kesempatan bagi karyawan yang ingin mengajukan pinjaman secara kolektif. Apabila telah ada minimal sepuluh orang karyawan dari sebuah perusahaan yang ingin mendapat pinjaman, maka Pinjam akan langusng menghubungi perusahaan tersebut dan bisa meminjamkan uang dengan nominal maksimal Rp 25 juta per orang.

Besar biaya tarif pinjaman untuk masing-masing jenis Pinjaman bergantung pada kesapatan antara Pinjam Indonesia dengan pengguna. Pinjaman Usaha pada umumnya sebesar 1.75% per bulan, Pinjaman Talangan 1% per minggu atau 3% perbulan dan pinjaman karyawan 1.9% per minggu.

KlikAcc

KlikAcc merupakan sebuah situs yang menawarkan layanan pinjam dan investasi yang dipayungi oleh perusahan Aman Cermat Cepat. Dengan model peer to peer lending, KlikAcc menghubungkan antara peminjam dan pemberi pinjaman dengan menggutamakan transparansi. Berdasarkan dari situsnya, KlikAcc memberikan pernawaran pinjaman online  mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 50 juta dengan waktu pengembalian yang cukup lama, 3 bulan hingga 3 tahun. Besarnya total bunga yang ditawarkan mulai dari 1% flat per bulan sesuai dengan jenis produk pinjaman atau berdasarkan analisa kredit calon peminjam.

Selain 6 situs pinjaman online yang sudah kami sebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi platrom untuk mendapatkan modal usaha secara online, misalnya CekAja, Investree, Crowdo, dan lain sebagainya. Hal yang paling penting dalam memilih situs pinjaman tunai online adalah pertimbangkan kembali besaran biaya yang dikenakan, seperti suku bunga, biaya adminnya, biaya provisi, dan dendanya. Prosedur mengajukan pinjaman KTA online ini memang mudah namun bila Anda tidak cermat memilih produk pinjamannya, tidak mustahil suatu saat cicilan kredit ini nantinya akan menyusahkan Anda.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY