21 Jenis Peluang Usaha Olahan Cokelat yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

Cokelat siapa yang tak menyukainya, makanan yang terbuat dari buah kakao ini memang menjadi makanan favorit semua usia. Kini cokelat bukan hanya disajikan begitu saja namun juga diolah sedemikian rupa. Dan telah banyak orang yang membuka peluang usaha olah cokelat karena memang banyak peminatnya. Berikut beberapa peluang usaha olahan cokelat yang bisa Anda coba

Cokelat Tempe

Memakan cokelat tentunya tak aneh bagi masyarakat. Lalu bagaimana dengan cokelat tempe? Tentu anehnya bukan? Namun di beberapa daerah seperti Bandung dan Malang telah membuat olahan cokelat tersebut, yakni tempe cokelat.

Tempe yang digunakan adalah tempe yang gurih dan garing yang dilumuri dengan cokelat cair dan ditaburi cokelat bubuk. Meski sudah tak murni lagi tempe namun cokelat tempe tetap mengandung gizi yang tinggi yaitu kaya akan protein.

Chocodot (Cokelat Dodol)

Chocodot merupakan kombinasi dari dodol dan cokelat. Dodol yang digunakan bervariasi rasanya mulai dari dodol buah-buahan hingga dodol keju. Proses membuat chocodot yakni dengan dimasukkan ke dalam cokelat adalah mendinginkan cetakan dengan suhu di bawah 40 derajat Celsius. Hingga adonan cokelat dan dodol benar-benar menyatu.

Cokelat dodol ternyata bukan hanya rasanya saja yang unik namun juga kemasannya yang unik. Sebagai contoh cokelat dikemas dengan bungkus yang memiliki kata-kata yang unik seperti Cokelat enteng jodoh, cokelat cegah baper, cokelat cegah alay, cokelat rasa mint dan lain-lain.

Cokelat Durian

Cokelat tersebut berisi isian fla durian yang jika dimakan maka akan lumer di mulut dan rasa duriannya akan terasa. Fla yang digunakan tentunya fla yang berasal dari buah durian yang asli. Cara membuatnya dengan cokelat batangan dilumerkan terlebih dahulu kemudian dimasukkan ke dalam cetakan namun jangan hingga sepenuhnya karena akan ditambahkan dengan fla durian. Setelahnya fla dimasukan baru ditutup kembali dengan cokelat lalu didinginkan hingga membeku.

Cokelat Kurma

Kurma, makanan yang banyak ditemui di bulan ramadhan ini terkadang bosan jika dimakan begitu saja. Sehingga kini telah banyak variasinya seperti cokelat kurma. Cara membuatnya dengan mengupas kurma dan buang bijinya kemudian masukkan kacang mede yang sudah matang untuk menggantikan biji kurma yang dibuang tadi. Kemudian rapatkan kurma sehingga kurma seperti bentuk semula. Setelah itu celup kurma ke dalam cokelat yang telah dicarikan. Setelah itu bekukan cokelat ke dalam freezer hingga membeku.

Rujak Cokelat

Peluang Usaha Olahan Coklat

Jika rasa cokelat biasanya pedas, namun beda dengan rujak cokelat. Rasanya punya tiga sensasi seperti rasa pedas, manis, dan segar. Rujak cokelat ini merupakan perpaduan dari dodol rujak dan cokelat. Cokelat ini biasa dijual dengan harga Rp 15.000,00.

Kopi Cokelat

Terkadang orang bosan hanya menyeduh kopi. Ingin ada variasi yang lain misalnya saja kopi cokelat. Minuman satu ini merupakan kombinasi antara kopi dan cokelat yang kemudian ditambahkan dengan air panas, susu cair dan whipped cream.

Permen Cokelat

Peluang Usaha Olahan Coklat

Bagi pencinta permen pastinya menyukai permen cokelat. Cara membuatnya sangat sederhana dan cepat, yakni dengan menambahkan bahan ½ kg mentega ditambahkan dengan ½ kg bubuk cokelat, ½ kg susu kental manis, 3 kg tepung gula pasir dan ditambahkan dengan ½ liter air.

Cake Cokelat Meleleh

Dari namanya saja kita bisa menebak bahwa cake cokelat meleleh merupakan cake yang di dalamnya terdapat cokelat yang jika dimakan maka akan melumer dimulut. Cake ini sebenarnya sama saja dengan cake biasanya namun diberi isian cokelat yang dilelehkan.

Onde-Onde Cokelat

Peluang Usaha Olahan Coklat

Jika biasanya onde-onde isinya adalah kacang hijau namun kali ini berbeda. Onde-onde ini justru berisikan lumeran cokelat. Begitu digigit maka cokelatnya akan meleleh di mulut. Cara membuatnya dengan cara tepung ketan putih, ditambahkan dengan kentang kemudian gula pasir halus wijen, air hangat, garam dan minyak goreng.

Buat olahan onde-onde kemudian jika sudah jadi sebelum ditaburi dengan wijen maka ditambahkan cokelat. Kemudian setelah tertutup rapi maka ditaburi dengan wijen dan digoreng ke dalam minyak panas.

Camu

Camu merupakan kepanjangan dari Cokelat Aren Mbah Uti (CAMU). Minuman ini terbuat dari kombinasi dark chocolate dan gula aren. Cokelat ini sangat aman untuk penderita diabetes dan bisa diminum dengan air hangat atau dingin.

Cokelat ini mengandung antioksidan dan flavanoid sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu cokelat mengandung gula aren alami ini memiliki rasa yang enak dan tidak mengandung pengawet, pemanis dan pewarna buatan. Sehingga cokelat ini sangat cocok bagi penderita diabetes dan kolesterol. Selain itu, cokelat ini juga bisa menjaga berat.

Mie Cokelat Kacang

Peluang Usaha Olahan Cokelat

Jika biasanya mi dijadikan sebagai makanan berat sementara kacang dan cokelat merupakan makanan ringan. Namun kali ini berbeda. Mie cokelat kacang justru dicampur dijadikan sebagai makanan ringan.

Cara membuatnya dengan merebus mi telur kemudian ditiriskan dan digoreng hingga garing. Setelah garing maka ditambahkan dengan dark chocolate yang telah dilelehkan. Kemudian aduk rata dan tambahkan kacang. Sendokkan mi cokelat kacang ke dalam cup, kemudian didiamkan kurang lebih satu jam. Bisa juga dimasukkan ke dalam freezer.

Cokelat Buah

Jika biasanya buah hanya dicampurkan dengan susu namun kali ini berbeda. Cokelat juga dapat dicampurkan dengan manisan buah. Variasi buahnya beragam ada mangga, pisang, jeruk. Cokelat buah yang disajikan beragam ada yang hanya dicampurkan dengan manisan buah dengan isi cokelat. Ada juga yang dimasak bersamaan dengan cokelat sebelum akhirnya dicetak.

Cokelat Edamame

Peluang Usaha Olahan Cokelat

Nama cokelatnya terkesan berasal dari negara Eropa namun siapa sangka jika cokelat ini justru berasal dari Jember. Cokelat ini memang berasal asli dari Jember namun isinya merupakan Edemame yang merupakan kedelai khas Jepang.

Cokelat edamame biasanya dipasarkan dengan merek Fondre yang dalam bahasa Perancis berarti meleleh. Cokelat ini tidak disajikan dalam bentuk batangan saja namun juga dalam cup dan in jar. Sehingga lebih menarik pembeli. Proses pembuatan cokelat ini dengan cara mengeringkan edemame di oven bisa juga dengan digoreng. Kemudian cokelat dibekukan dalam kulkas selama 10 menit.

Cokelat Bekatul

Cokelat yang satu ini terkesan aneh dan menjijikkan karena terbuat dari bekatul yang biasanya merupakan makanan ayam. Namun setelah diolah bersamaan dengan cokelat, maka cokelat bekatul sangatlah enak. Bekatul yang merupakan kulit ari beras ini bahkan sudah diolah menjadi biskuit cokelat yang rasanya sangat renyah. Cokelat bekatul selain enak juga bergizi karena mengandung Vitamin B1 yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol, bisa melawan penyakit jantung dan kanker.

Cokelat Praline

Peluang Usaha Olahan Cokelat

Cokelat ini bisa diolah menjadi beragam bentuk makanan, minuman, produk kesehatan dan kecantikan. Cokelat ini sebenarnya berasal dari cokelat batangan yang dilelehkan kemudian dicetak. Biasanya cetakannya adalah cetakan yang lucu dan cantik. Biasanya bergambar kartun animasi atau bentuk buah-buahan.

Untuk membuat cokelat praline harus dipilih coklat yang rendah lemak, pastanya khusus untuk pewarna makanan dan cetakannya merupakan cetakan silikon atau mika. Sehingga tidak cepat meleleh dan mudah untuk dicetak. Selain itu, dengan menggunakan pasta pewarna selain warnanya menjadi lebih menarik juga membuat aman untuk dikonsumsi.

Cokelat Tahu (Coktau)

Merupakan oleh-oleh khas kediri yang merupakan perpaduan antara tahu dan cokelat. Kediri memang dijuluki sebagai kota tahu karena di sepanjang daerah kediri akan ditemukan tahu. Dan yang paling terkenal adalah tahu poo atau tahu kuning.

Nah, tahu poo inilah yang dijadikan sebagai campuran cokelat sehingga jadilah produk yang bernama Coktau. Berbeda dengan cokelat tempe yang dihaluskan kemudian dicampur dengan cokelat. Cokelat tahu tidak dihaluskan melainkan menggunakan tahu yang tebal dan saat digigit tahunya akan terasa sangat gurih, renyah dan crispy.

Cokelat Jahe (Cohe)

Jika biasanya jahe dicampur dengan gula aren untuk menghangatkan tubuh. Ini justru berbeda, jahe dicampurkan dengan cokelat sehingga jadilah minuman hangat yang bernama cokelat jahe. Cokelat jahe memang sedikit berbeda dengan wedang jahe namun tetap bisa untuk menghangatkan tubuh ketika masuk angin atau cuaca dingin. Cara membuat Cohe dengan cara menambahkan cokelat bubuk, jahe, kayu manis, daun pandan, serai, merica, susu dan air. Caranya dengan memarkan jahe, kemudian daun pandan dipotong-potong. Kemudian serai dimemarkan

Cokelat Ginseng

Merupakan minuman serbuk cokelat instan yang dibuat dari kombinasi antara cokelat bubuk dark cokelat dengan gula, krimer nabati, susu, skim dan ekstrak ginseng. Ekstrak ginseng yang ditambahkan dengan cokelat akan meningkatkan stamina sehingga tubuh akan selalu fit

Calsi (Cokelat Pelancar ASI)

Peluang Usaha Olahan Cokelat

Merupakan campuran dari cokelat, gula aren, susu bubuk, krimer nabati, ekstrak fenugrek, dan krimer nabati. Calsi bisa dijadikan sebagai pelancar ASI.

Karena dengan Calsi maka akan membuat ASI lebih kental dan pekat. Dan karena menggunakan bahan alami maka tidak membahayakan bayi dan tidak menimbulkan ketergantungan.

Cokelat Opak (Cokelat Crispy)

Jika kalian pernah memakan cokelat namun dia sangat crispy kemungkinan berasal dari campuran antara opak dan cokelat. Karena cokelat teksturnya memang sangat crispy. Untuk membuat cokelat opak ternyata tak boleh sembarangan. Karena harus dari bahan-bahan yang asli misalnya singkongnya memang singkong pilihan.

Cara membuatnya Opak yang berasal dari singkong yang telah digiling dan dijemur di bawah sinar matahari. Setelah itu digoreng dalam minyak panas dan ditaburkan dengan bubuk cokelat atau cokelat lumer, lalu kemudian dibekukan.

Pisang Cokelat

Peluang Usaha Olahan Cokelat

Saat ini sudah banyak ditemui  peluang usaha pisang cokelat. Beragam bentuknya ada yang berupa gorengan ada yang berbentuk es yang dibekukan dan ada pula yang bentuknya keripik pisang cokelat. Jika berbentuk gorengan biasanya pisang dimasukkan ke dalam kulit lumpia kemudian diberikan cokelat. Kulit lumpia digulung dan digoreng dalam minyak panas. Biasanya cokelat akan meleleh saat dimakan.

Jika es pisang cokelat. Pisang yang sudah dibuka kulitnya dimasukkan ke dalam cokelat lumer dan diberi topping kemudian dimasukkan ke dalam freezer hingga membeku. Sementara keripik pisang cokelat, pisang yang sudah diiris tipis digoreng hingga garing setelah itu ditambahkan dengan bubuk pisang cokelat.

Bagi Anda yang ingin membuka peluang usaha olahan cokelat ada baiknya Anda ikut kursus dulu sehingga Anda benar-benar mahir dalam membuatnya. Selain itu di tempat kursus membuat cokelat selain diajarkan cara membuat olahan cokelat Anda juga akan diajarkan cara mengemas produk dan memasarkannya.

SHARE

LEAVE A REPLY