Ikut Kursus Coklat Dulu Sebelum Rasain Manisnya Untung Bisnis Cokelat Rumahan

Kursus cokelat atau pengolahan cokelat jadi salah satu pelatihan yang semakin banyak dicari orang. Tidak hanya untuk menyalurkan hobi, keikutsertaan mereka dalam kursus ini juga sebagai modal awal untuk memulai bisnis cokelat rumahan. Memang saat ini kalau dilihat banyak wirausaha yang menjajal bisnis ini, baik segmen industri kecil maupun besar. Tetapi meskipun banyak pesaing, nyatanya peluang pelaku usaha untuk menicip kesuksesan di bisnis ini tidak pernah tertutup. Hal ini bisa dibuktikan dari banyaknya bisnis cokelat rumahan yang dapat berkembang, salah satunya Dapur Cokelat.

Bisnis yang dijalankan oleh Ermey awalnya adalah bisnis kue dan permen cokelat dengan menerima pesanan di rumah. Berkat tangan dinginnya, usaha kecil-kecilan yang ia rintis melesat hingga kini memiliki beberapa cabang di Jakarta, Surabaya, Malang, Makassar, dan Pekanbaru. Kemajuan ini bisa ia peroleh karena ia menawarkan sebuah konsep berbeda dan unik untuk para penggemar cokelat. Nah, kalau Ermey saja bisa, Anda pun juga dapat merajut cerita sukses di bisnis ini pula.

Bila Anda berniat menjalankan bisnis ini dan punya keahlian dalam mengolah cokelat , cobalah dari sekarang. Namun bagi Anda yang tidak punya pengalaman atau tidak tau cara membuatnya lebih baik pelajari dahulu caranya, bisa dengan bereksperimen sendiri maupun belajar di tempat kursus cokelat. Di mana kita bisa temukan tempat kursus cokelat? Tenang, di artikel kali ini kami akan berikan Anda rekomendasi tempat belajar membuat cemilan manis ini. Namun sebelum itu, mari mengenal macam-macam cokelat terlebih dahulu.

– Couverture Chocolate

Pada umumnya bahan dasar pembuat cokelat adalah biji kakao. Dari 100 gram biji kako bisa diperoleh 80 gram cocoa mass atau cocoa liquor yang berbentuk pasta. Cocoa liquor setalah itu diproses menjadi 40 gram cocoa butter dan 40 gram cocoa powder. Nah, untuk jenis cokelat satu ini menggunakan campuran cocoa mass dan cocoa butter. Untuk dapat disebut couverture, presentase cocoa butter harus di antara 32-39% dan persentase cocoa solidpun harus minimal 54%.

Cokelat yang satu ini lebih mahal dibandingkan dengan jenis coklat lainnya. Selain itu, pengolahannya pun lebih sulit. Salah satu proses yang harus dilewati adalah tempering agar warna cokelat lebih mengkilap dan rsanya lebih enak. Cokelat couverture juga lebih cepat meleleh, sehingga tidak mudah dibawa-bawa dan harus disimpan di suhu 23 derajat celcius.

– Compound Chocolate

Jenis cokelat kedua adalah compound chocolate adalah kombinasi cocoa powder dan lemak nabati. Cokelat ini dibuat sebagai alternatif dari couverture. Mengapa begitu karena lebih murah. Cokelat ini tidak mudah meleleh dan bisa disimpan di suhu 28-30 derajat celcius dan lebih mudah diolah dengan cara ditim tanpa mesin khusus. Karena lebih praktis, cokelat ini banyak digunakan untuk pemakaian sendiri maupun industri rumahan. Komposisi cokelat compound terdiri dari 50% gula serta 50% campuran lemak dan bubuk kakao. Coumpound juga dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

  1. Dark Chocolate Compound

Adalah cokelat batangan yang berwana hitam pekat dengan komposisi coklat yang lebih pekat dan tidak mengandung susu. Cokelat ini bisa digunakan untuk membuat kue dan makanan ringan dengan cara dilelehkan.

  1. Milk Chocolate Compound

Sesuai dengan namanya, cokelat batangan ini campuran compound chocolate dengan susu. Komposisi pada coklat ini adalah gula, kakao, cokelat cair, vanilla, dan susu. Jenis ini juga menjadi favorit karena lebih enak dan mudah diolah untuk berbagai macam kebutuhan kue maupun permen cokelat.

  1. White Chocolate Compound

Coklat batangan ini berwarna putih dan mengandung cokelat dan cocoa butter. cokelat ini biasa digunakan untuk membuat dekorasi cokelat dengan berbagai warna.

– Cocoa Powder

Kakao lebih dikenal dengan bubuk cokelat atau cocoa powder. Coklat ini digunakan untuk menjadi bahan tambahan kue dan mengandung unsur cocoa butter tanpa adanya tambahan gula. Kompoisisi ini membuatnya memiliki aroma yang kuat.

Bila Anda sudah mengenal berbagai macam cokelat, ini lah tempat kursus cokelat yang bisa Anda pilih.

BT Chocolate Academy

Pusat pelatihan yang berlokasi di Tanggerang dapat meningkatkan keterampilan terkait pengolahan cokelat menjadi makanan dan minuman yang lezat. Pengetahuan mengenai proses pengolahan biji kakao melalui kunjungan ke pabrik BT Cocoa, Plant Tour selama 1 hari yang dimulai dari taman Kako, kunjungan pabrik yang memperlihatkan proses awal pengolahan kako hingga menjadi produk cocoa powder, cocoa liquor dan cocoa butter, serta melihat demo pembuatan makanan dan minuman dari bahan produksi BT Cocoa.

Selain itu di tempat pelatihan ini terdapat Chocolate Workshop, yang diselenggarakan selama 2 hari pelatihan yang dimentori dnegan trainer dan chef yang berpengalaman dibidangnya serta dilengkapi dengan peralatan dan bahan baku berkualitas. Materi pelatihan meliputi seluruh dasar penggunaan cokelat seperti pembuatan kue, cookies, chocolate praline, serta minuman cokelat, baik untuk professional maupun pemula. Perkiraan biaya untuk mengikuti pelatihan ini sekitar Rp 500 ribu. Biaya ini sudah termasuk bahan baku, perlengkapan pelatihan, modul traning, sertifikat dan hasil jadi yang bisa dibawa pulang.

Chocolate School by Tulip

Di tempat kursus ini Anda akan diajari berbagai pengetahuan dasar tentang aplikasi dari cokelat yang dibutuhkan oleh peserta yang ingin terjun ke bidang pengolahan cokelat. Berlokasi di Bellezza Shopping Arcade, Permata Hijau, Jakarta Selatan ini Anda dapat memilih dua macam pelatihan, yaitu pelatihan praktis dan pelatihan professional. Platihan praktis ditujukan bagi pemula untuk belajar cara mengukur temperature cokelat yang benar hingga berbagai macam aplikasi cokelat dasar.

Sementara untuk pelatihan professional, ditujukan bagi Anda yang ingin berbisnis cokelat. Di kelas ini Anda dapat mempelajari tentang cokelat mulai dari hal-hal dasar seperti tekstur dari warna cokelat, hingga mencoba berabagai macam metode tempering. Tidak hanya itu, juga memiliki spesialisasi dalam mengembangkan keahlian seseorang professional dalam menggunakan coklat couverture. Di mana sebelumnya sudah dijelaskan, cokelat ini sulit untuk diolah. Biaya kursus mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 3.8 juta.

Kursus Coklat Mentari

Bagi Anda yang berlokasi di wilayah Bekasi, kelas pembuatan cokelat ini bisa Anda sambangi. bertempat di jalan Pemuda, Ruko No.1B RT.02/14 KRANJI pelatihan ini awalnya adalah bisnis coklat rumahan yang dijalankan oleh Ismed Ismail. Bila yang lain menawarkan sajian olahan cokelat, berbeda dengan Ismed. Ia menawarkan cokelat praline bergambar yang bisa dimakan. Selain unik dan rasanya yang enak, harga cokelat yang dijual juga dibrandrol dengan harga murah. Maka tidak mengherankan banyak anak-anak yang menjadi konsumen setia yang melakukan repeat order dan bahkan corong promosi baru bagi Ismed.

Tidak puas dengan konsumen anak-anak, Ismed mencoba untuk melebarkan segmen pasarnya dengan belajar membuat cokelat. Sehingga terciptalah rasa yang bermacam-macam sesuai dengan target pasar orang dewasa. Kini Ismed juga membuka kesempatan bagi siapapun yang ingin belajar membuat cokelat bergambar yang bisa dimakan. Dirinya tidak membatasi peserta yang boleh mengikuti kelas tersebut, mau itu orang dewasa, remaja hingga anak-anak bisa mengikutinya. Mengenai biaya kursus ini dipatok sebesar Rp 550 ribu per orang. Dengan besar biaya tersebut peserta bisa belajar membuat cokelat praline, cokelat lollipop, dan cokelat edible. Bahan-bahan dan peralatan pembuatan cokelat juga sudah disediakan. Jadi Anda tinggal datang, belajar dan membawa hasil coklatnya.

Workshop Pipiltin Cocoa

Pipiltin Cocoa adalah sebuah bakery khusus yang menyediakan olahan coklat asli Indonesia. Mulai dari biji cokelat mentah, proses roasting, grinding hingga menjadi cokelat balok dilakukan sendir. Di tempat ini kita bisa melihat bagaimana proses pengolahan cokelat persis seperti di pabrik namun bedanya di sini produksinya hanya dalam skala kecil. Kadang toko bakery ini juga mengadakan event cooking class yang bisa diikuti siapapun. Seperti ditahun kemarin, mereka mengadakan semacam workshop Indonesian Chocolate Xperince yang bertempat di Pipiltin Cocoa, Jalan Barito II No.5, Jakarta Selatan.

Susunan acara pada event tersebut sangat menarik untuk diikuti, seperti melihat langusng proses pembuatan coklat dari biji hingga menjadi bar siap santap, demo membuat olahan coklat Tabanan Choco & Pear dan Cocoa Nibs Sandwich Cookies bersama chef Grace by Salzzucker, serta ada sesi testing sajian cokelat. Untuk mengetahui informasi selangkapnya kunjungi website Pipiltin Cocoa di http://www.pipiltincocoa.com/mainsite.

Kursus My Beauty Chocolate

Selain Kursus Coklat Mentari, Anda bisa belajar membuat cokelat praline di My Beauty Chocolate. Kursus ini sama-sama berlokasi di Bekasi, tepatnya di Komplek Jati Agung 1 Blok B3/16, Jatibeningbaru. Di sini Anda bisa belajar langsung dengan Ibu Ayu pemilik My Beauty Chocolate. Bisnisnya ini sudah dijalankannya sejak tahun 2004, di mana ia sendiri yang memproduksi coklatnya dan mendistribusikannya ke berbagai supermarket. harga cokelat yang ditawarkan My Beauty Chocolate mulai dari Rp 3.000 hingga Rp 150 ribu. Juga tersedia paket khsusu bagi pelanggan yang ingin memesannya dalam jumlah yang banyak. Paket ini dibandrol mulai harga Rp 60 ribu hingga Rp 200 ribu.

Ditengah berkembangnya bisnis, Ibu Ayu pun bertekad untuk membagikan ilmunya untuk masyarakat yang ingin belajar membuat cokelat. Kursus ini ditujukan bagi pemula maupun mahir dengan biaya sekitar Rp 500 ribu dengan waktu pertemuan selama 4 jam. Namun jika berkelompok, biaya belajarnya bisa lebih murah, yaitu sebesar Rp 200 ribu perorang dengan lama pertemuan 3 jam.  Bagaimana bila ada peserta dari Bekasi yang ingin ikut belajar namun terkendala trasportasi ke tempat kursus? Di My Beauty Chocolate juga menerima pelatihan dengan mengirimkan peserta peralatan beserta DVD tutorial membuat cokelat.

Kursus Yongki Gunawan

Untuk yang satu ini memang bukan kursus yang dikhususkan untuk membuat coklat, namun pelatihan yang dimentori langsung oleh chef professional Yongki Gunawan ini sering jadi rekomendasi untuk belajar memasak. Dengan tujuan utama untuk membangkitkan semangat para chef lokal, Chef Yongki Gunawan membuka berbagai macam kursus memasak dan membuat serta menghias kue.

Di bulan oktober 2014 lalu di kota Medan, Yongki Gunawan pernah membuat kursus mengolah cokelat menjadi beberpa macam filling ganace dan bentuk-bentuk hiasan untuk kue. Bila Anda berniat mengikuti kursus ini bisa hubungi 087-77 1666-064 atau kunjungi websitenya di http://yongkigunawan.com/ untuk mengetahui jadwal kursus yang akan diadakan.

LEAVE A REPLY