Peluang Usaha Jeruk Baby, Walaupun Masih Baru NgeTrend Tapi Potensial

Peluang usaha jeruk baby mulai jadi trend. Apa manfaat jeruk baby dan bagaimana strategi membuka usaha jualan jeruk baby. Juga seberapa besar potensi cuan yang bisa di petik dari usaha jeruk baby ini.

Selama ini banyak orang yang salah kaprah. Diberi nama jeruk baby karena bentuknya yang mungil padahal jeruk baby sama sekali tidak mungil. Jeruk yang selama ini dikira baby adalah jeruk sangtan, yang memang bentuknya yang sangat kecil dibandingkan dengan jeruk pada umumnya.

Sedangkan jeruk baby ukurannya normal sama dengan jeruk biasanya. Diameter jeruk baby sekitar 8 cm. Sementara beratnya antar 150 hingga 200 gram perbuahnya. Ketebalan kulitnya sekitar 2mm sedangkan tekstur kulitnya terlihat mulus.

Mengapa diberi nama jeruk baby? Karena jeruk ini biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat jus bayi. Biasanya untuk mengenal rasa manis, para ibu memberikannya jus yang terbuat dari jeruk baby ini.

Jus ini bukan sembarangan tentunya karena untuk anak bayi, berarti memang berasal dari buah yang memiliki kandungan yang tidak berbahaya bagi bayi. Kandungan asam pada jeruk ini kurang dari 50% lebih rendah dibandingkan dengan jeruk lainnya. Sehingga aman jika dikonsumsi oleh bayi.

Jeruk ini mengandung kandungan vitamin C hingga 116,2 % dari nilai asupan harian. Selain itu jeruk ini juga sangat kaya akan kandungan serat pangan, beta cryptoxhantin, karotenoid, vitamin B6 dan kandungan nutrisi lainnya yang tidak berbahaya jika dikonsumsi oleh bayi.

Sebuah jeruk baby mengandung protein sebanyak 2,9 gram, energi sebanyak 15,2 kalori, lemak sebanyak 6,1 gram dan karbohidrat sebanyak 22,5 gram. Jeruk baby juga mengandung kandungan air yang tinggi. Selain itu buah ini juga mengandung fitonutrien yaitu inositol dan flavonoid.Inositol merupakan zat yang bisa menenangkan otot dan saraf Anda.

Jeruk yang memiliki warna hijau atau orage cerah ini warna dagingnya putih kekuningan dan rasanya sangat manis. Biasanya jeruk ini disajikan dengan diperas atau diekstrak airnya yang akan dijadikan minuman.

Jeruk baby termasuk dalam family jeruk manis atau Citrus Sweet Orange ini memiliki banyak manfaat, diantaranya

Meningkatkan kekebalan tubuh

Karena kandungannya vitamin C yang lebih besar dari 100%Jeruk ini biasanya juga digunakan untuk menjenguk orang yang sakit. Karena jeruk ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi yang sakit. Sehingga tubuh orang yang sedang menderita sakit seperti flu, infeksi teling, filek maka bisa melindunginya.

Menurunkan Resiko Kanker

Selain itu jeruk juga memiliki kandungan beta Criptoxhantin dan karetonoid yang juga bisa membantu  untuk mencegah timbulnya sakit paru-paru. Kandungan lain dari jeruk ini adalah menurunkan resiko timbulnya kanker, terutama kenker usus yang terjadi dampak dari rusaknya DNA akibat dari radikal bebas.

Membantu dalam menjaga kesehatan  kulit

Hampir setiap hari kita terkenda paparan radikal bebas sehingga  kesehatan kulit kita menjadi terganggu. Sel-sel kulit mengalami kerusakan sehingga menimbulkan tanda-tanda penuaan dini.

Namun jika jeruk baby jika sering dikonsumsi maka akan membantu menjaga kesehatan kulit kita. Karena jeruk baby memiliki kandungan antioksidan alami beruppa vitamin C yang bisa menangkal radikal bebas yang bisa menimbulkan berbagai permasalahan pada kulit kita seperti kerusakan DNA ataupun kerusakan pada sel-sel kulit lainnya.  Tak hanya itu jika jeruk ini dikonsumsi setiap hari maka akan mengembalikan keremajaan kulit kita sehingga kulit terlihat awet muda dan terhindar dari tanda-tanda penuaan.

Mencegah Diabetes

Karena jeruk baby mengandung serat yang tinggi makanya jeruk baby sangat dianjurkan dikonsumsi bagi yang memiliki keturunan diabetes. Karena serat jeruk ini bisa menjaga kadar gula supaya tetap stabil. Selain ini jeruk ini aman dijadikan sebagai makanan selingan.

Khasiat Lain Jeruk Baby

Manfaat lain jika memakan jeruk baby yakni bisa menyembuhkan demam yang biasanya disertai dengan hausnya tenggorokan dan lidah yang kering. Selain itu jeruk baby juga bisa meningkatkan sistem imun, mengobati dan mencegah sariawan, serta bisa juga mencegah infeksi pada telinga.

LALU BAGAIMANA CARA MEMBUAT JUS JERUK BABY

Hal pertama kali yang dilakukan adalah mengupas jeruk kemudian diperas dan disaring ambil air perasannya. Setalah itu tambahkan air atau susu formula. Lalu bisa langsung disuapkan kepada bayi.

BAGAIMANA CARA MEMBUKA USAHA JUS JERUK BABY ?

Carilah Pemasok Jeruk Baby Terdekat

Bagi Anda yang ingin membuka usaha jus jeruk baby, lebih baik Anda mencari pemasok jeruk baby dulu. Karena tak semua pedagang buah menjual jeruk ini apalagi  jika musim jeruk belum tiba. Sehingga lebih baik Anda bermitra dengan perkebunan atau penjual buah di dekat Anda agar biaya transportasi tidak terlalu mahal.

Tentukan Tempat yang Startegis Untuk Berjualan

Sebelum Anda berjualan lebih baik Anda mensurvei tempat untuk berjualan. Pilihlah lokasi yang dekat dengan keramaian seperti sekolahan, perkantoran, pasar, tempat olah raga, lokasi car free day atau kantin sehingga banyak yang akan membelinya.

Menjalin kerjasama dengan rumah makan atau tukang jualan makanan

Biasanya tukang jualan makanan belum tentu menjual minuman dan sebaliknya. Namun ketika orang makan butuh minum bukan? Sehingga ada baiknya Anda berkerjasama dengan penjual makanan. Anda bisa ikut berjualan disebelahnya, sehingga ketika ada yang membeli makanan Anda bisa menawarkan minuman juga.

Tentukan Harga yang Sesuai

Dibandingkan dengan jeruk lainnya, jeruk baby bisa dibilang tidak terlalu mahal. Dan mudah ditemukan di pasar tradisional. Namun bukan berarti Anda menjual dengan harga yang terlalu murah karena jika terlalu murah orang justru tidak percaya jika itu jus asli. Mereka akan berppikir bahwa itu hanya ekstrak jeruk atau bubuk jeruk yang dijual kemasan.

Namun juga jangan dijual terlalu mahal karena orang akan berpikir dua kali untuk membelinya. Karena jika dibandingkan dengan buah untuk jus lainnya jeruk tergolong murah. Jadi Anda harus menentukan harga yang sesuai. Biasanya harga jus jeruk dijual dari Rp5000-Rp8000.

Buat Jus Secara Real Time Pernah membeli tahu bulat? Mengapa laris manis, karena dijual dadakan bukan. Ketika pembeli datang sehingga masih hangat dan enak. Dibandingkan dengan gorengan yang kita temui di jalanan yang biasanya sudah digoreng ketika kita akan membelinya tentunya tahu bulat lebih menggiurkan.

Begitu juga dengan jus jeruk, lebih segar ketika diperas secara dadakan sehingga lebih nikmat dibandingkan dengan jus yang sudah dibuat lebih awal. Apalagi jika es di dalam jus sudah mencair tentu rasanya agak tawar bukan?

PELUANG USAHA JERUK BABY DI AREA CAR FREE DAY

Selain untuk jeruk bayi biasanya jeruk ini digunakan sebagai minuman pelepas dahaga setelah olahraga. Tak sedikit orang yang menjual minuman di dekat tempat olahraga. Karena saat dahaga biasanya orang akan mencari minuman yang segar dan rasanya manis seperti jus buah baby ini. Apalagi jeruk ini kaya akan vitamin yang bisa menambah stamina.

Ketika car free day, mayoritas orang berjalan kaki atau naik sepeda. Kondisi tersebut membuat mereka jauh lebih haus dibandingkan jika berkendaraan bermotor. Apalagi jika mereka melakukan lari, pastinya mereka merasa dehidrasi. Sehingga minuman segar seperti jus baby sangat dibutuhkan untuk menghilangkan dahaga dan menambah stamina mereka.

Peluang usaha minuman baby ini pastinya sangat menguntungkan  di tengah keramaian. Namun Anda jangan sembarangan meletakan dagangan Anda, biasanya ada lokasi-lokasi khusus yang telah disiapkan oleh pemerintah untuk berjualan. Agar tidak mengganggu para peserta car free day.

Biasanya pembeli akan membludak diluar prediksi biasanya di jam-jam agak siangan, ketika matahari mulai terik makananya Anda harus mempersiapkan stok buah yang banayak untuk berjualan. Selain itu Anda juga harus mempunya tenaga kerja minimal satu orang untuk membantu Anda berjualan.

Bisa juga Anda memeras jeruk sebelum pembeli datang dan ditambahkan air namun jangan dulu diberi es batu agar ketika pembeli datang masih segar dikonsumsi. Jangan lupa juga sediakan tong sampah di dekat Anda karena di saat Car Free Day, dilarang membuang sampah sembarang. Jika itu terjadi bisa-bisa minggu depan Anda dilarang untuk berjualan.

Selain itu di tempat berjualan ada baiknya di atasnya Anda berikan payung atau tenda. Selain untuk menghindari debu pada jus jualan Anda, bisa juga melindungi Anda dari kepanasan. Karena biasanya pada pukul 10 pagi matahari telah menyengat hingga kepala.

Selain itu pilihlah kemasan anti tumpah untuk jus yang Anda jual. Karena biasanya pembeli tak langsung habis mengkonsumsi  jus jeruk, mereka akan meneruskan perjalanan kembali kemudian minum lagi ketika rasa haus datang. Sehingga Anda harus menyiapkan kemasan anti tumpah.

Misalnya saja, dikemasan dengan cup sealer. Kemasan ini bisa difungsikan untuk menutupi kemasan gelas plastik sehingga atasnya bisa tertutupi dengan plastik. Sehingga minuman yang Anda jual terhindar dari kebocoran ketika dijinjing dibandingkan jika ditutup dengan cup biasa. Agar bisa mengemas dengan cup sealer Anda bisa membeli mesin cup sealer yang biasanya dijual oleh toko-toko mesin UKM. Biasanya harga jualnya mencapai kisaran 900-2 juta rupiah.

Tak hanya itu untuk menjaga kesegaran buah Anda, sebaiknya Anda menyiapkan juice dispenser atau tempat jus buah. Karena tidak mungkin Anda cepat memeras jeruk ketika pelanggan banyak berdatangan. Namun jika dengan juice dispenser meski jeruk diperas beberapa jam yang lalu namun masih segar. Sehingga ketika pembeli datang Anda bisa langsung menjual.

PELUANG USAHA JERUK BABY FURISKA

Salah satu pebisnis yang sukses menjalan bisnis Jeruk Baby adalah Pengusaha Jeruk Furisuka Malang, Adit Furisuka.  Dia memulai bisnisnya sejak tahun 2002 dan kini telah memiliki 40 gerai yang tersebar diberbagai daerah di Indonesia.

Dibawah naungan perusahaan Furisuka Group. sejak pertama kali membuka usaha Aziz mengambil pasokan buah jeruknya dari daerah Malang dan sekitarnya. Pengambilannya langsung dari perkebunan. Kemudian jeruk tersebut diperas langsung dan dijual dengan harga pergelas Rp6000 hingga Rp 8000. Hal itu dilakukan agar kualitas kesegaran jus bikinannya terjaga hingga ke tangan konsumen. Selain itu jeruk dari perkebunan yang dia ambil tidak menganudng pestisida sehingga aman jika dikonsumsi.

Bagi Anda yang ingin membuka usaha jus jeruk Baby seperti Aziz, Anda bisa bermitra dengan Furisuka Group dengan modal awal 3,5juta Rupiah.  Anda akan mendapatkan fasilitas booth (meja lipat yang terbuat dari besi), alat peras, jeruk 50 kg, alat peras, X banner, cup yang berlogo, sedotan, pisau, bangku, termos, serbet dan kaos untuk berjualan.

Perdiksi Adit jika bermitra dengan dirinya, kira-kira bisa menjual 80 hingga 100 gelas perharinya dengan omsetnya Rp 550 ribu. Dan dalam sebulan kira kira omzet yang bisa didapat adalah Rp 15 juta.

Kepada Kontan, Adit mengatakan jika membeli bahan,baku, sewa tempat dan biaya operasional maka mitranya bisa mendapatkan modal usaha hingga mencapai 35% dari omset perbulannya atau 5,25 juta perbulannya. Sehingga dalam satu diperkirakan sudah bisa balik modal. Bagaimana Apakah Anda tertarik untuk membuka usaha jus jeruk baby? Selamat mencoba!

SHARE
Mengawali karir dari lembaga Pers Mahasiswa. Bergabung denga tim riset untuk menulis berbagai buku. Hobi Photography punya Moto Hidup “Berbagi itu Kesenangan”

LEAVE A REPLY