Hidrogel, Membuat Tanaman Hias Mahal dan Menawan

GoUKM.id – Hidrogel atau kristal warna warni yang sering digunakan sebagai media tanam bagi tanaman hidroponik. Peluang usaha hidrogel memang jarang terdengar di Indonesia. Padahal media ini sudah banyak digunakan di beberapa negara maju di Asia misalnya saja Jepang. Maklum karena Indonesia masih banyak ditemukan tanah dibandingkan dengan Jepang.

Media ini dinilai sangat efisien karena kita tak perlu repot menyiram dan memupuk. Selain itu warnanya yang menarik membuat daya tarik sendiri bagi pecinta tanamann. Jadi bukan hanya bunganya saja yang bisa dinikmati namun juga media tanamnya. Selain itu media tanam hidrogel akan tetap cantik meskipun bersanding dengan media lain

Hidrogel bisa ditanami untuk semua jenis tanaman hias yang akarnya tidak keras seperti jenis philodendron dan anthurium. Untuk jenis tanaman hias berakar keras, tidak bisa menggunakan media tanam ini karena  gel tak mampu untuk memasok kebutuhan air. Sehingga jika tetap digunakan pertumbuhan akar tanaman yang mengeras dan membuat vas pecah.

Peluang usaha Hidrogel, Tak Perlu Banyak Air dan Cahaya

Dengan menggunakan media tanam hidrogel kita tak perlu banyak menyiramnya bahkan disarankan tidak menyiramnya. Karena media ini karakteristiknya bisa menyerap air hingga  100 kali berat tubuhnya. Dengan begitu, hidrogel  mampu menyimpan cadangan air di tubuhnya. Apabila sewaktu-waktu dibutuhkan, hidrogel mampu dilepas perlahan.

Sebaliknya jika  lingkungan di dekat hidrogel cukup kering, maka hidrogel akan cepat melepas cadangan airnya dan menyusut dengan cepat. Dan akan kembali kebentuk semula jika diiberi air yang cukup. Tanaman hias menggunakan media tanaman hidrogel tak perlu pencahayaan yang banyak. Karena memang media tanam ini khusus untuk tanaman indoor. Jadi tak mesti banyak pencahayaan.

Harga tanaman hias dengan media tanam hidrogel memang lebih mahal dibandingkan menggunakan media tanam tanah atau pasir. Karena harga hidrogel sendiri memang lebih mahal per lima gramnya mencapai Rp 7000 rupiah. Sehingga untuk satu jenis bunga yang biasanya per pot nya bisa beda dua hingga tiga kali lipat. Misalnya saja tanaman hias Sansievera atau lidah mertua yang biasanya perpot tanah hanya Rp 20 ribu bisa menjadi Rp 35 ribu per pot hidrogel. Itulah ulasan peluang usaha hidrogel di Indonesia, semoga bisa membantu.

SHARE
Mengawali karir dari lembaga Pers Mahasiswa. Bergabung denga tim riset untuk menulis berbagai buku. Hobi Photography punya Moto Hidup “Berbagi itu Kesenangan”

LEAVE A REPLY