Membaca Peluang Usaha Kaktus di Indonesia

peluang usaha kaktus hias

Anda penyuka tanaman hias? Jika iya tentunya Anda tahu kaktus bukan? Tanaman sukulen yang berduri ini ternyata cukup banyak penggemarnya. Ternyata Peluang Usaha Kaktus di Indonesia besar. Karena lebih mudah perawatannya dibandingkan dengan tanaman hias lainnya. Tak perlu khawatir jika Anda lupa menyiram. Tak perlu juga dipupuk terus menerus. Tak repot bukan merawatnya. Makanya tanaman yang tahan tinggal di daerah gurun ini banyak penggemarnya.

Baca artikel terkait Hidrogel, Membuat Tanaman Lebih Mewah dan Menawan

Mengapa peluang usaha kaktus di Indonesia besar di Indonesia? Karena bisa dibilang tanaman ini tanaman yanga digemari sepanjang zaman. Melihat banyaknya yang menyukai kaktus sepertinya peluang bisnis cukup menjanjikan. Lalu bagaimana kita membaca peluang kaktus di Indonesia?Kita bisa membuat kaktus bukan sekedar tanaman hias namun juga bisa dijadikan sovenir untuk acara pernikahan, ulang tahun atau event-event lainnya.

Berbeda dengan kaktus umumnya kaktus untuk sovenir biasanya merupakan kaktus sambungan. Jadi lebih terlihat indah karena lebih berwarna dan beragam. Lalu bagaimana cara membuatnya?

Kaktus Sambung

  1. Pertama potonglah kaktus secara horizontal kaktus pada bagian batang bawah dengan pisau yang tajam dan bersih.
  2. Pada bagian pucuk batang bawah di sayat miring dengan sudut kemiringan 45 derjat agar permukaan bidang sayatan lebih sempit.

3.Kemudian potong batang atas secara horizontal. Lalu tempelkan batang atas secara horizontal. Setelah itu tempelkan kedua batang hingga melekat rapat.

  1. Kemudian Ikat kaktus dengan tali rafia hingga kuat. Setelah itu tempatkan di tempat yang teduh dengan sirkulasi udara yang baik. Setelah 5-7 hari, lepaskan ikatannya.
  2. Masukkan ke dalam kecil yang sudah berisi tanah.
  3. Setelah itu Anda bisa mengemasnya dengan plastik mika transfaran kemudian diberi pita. Jangan lupa beri lubang agar kaktus tidak membusuk.

Miniatur Garden Kaktus

  1. Siapkan pot yang lebarnya seperti mangkok, kemudian tanam kaktus kecil di bagian tengah.
  2. Di sekeliling kaktus letakan tanaman kaktus yang lebih kecil atau tanaman jenis sansivera, eceveria, hawertia, gasteria.
  3. Setelah itu Anda bisa mengemasnya dengan plastik mika transfaran kemudian diberi pita. Jangan lupa beri lubang agar kaktus tidak membusuk.

Biasanya kaktus soevenir dijual mulai dengan harga Rp 7500 hingga Rp 25.000 per pcs. Sedangkan miniatur garden kaktus bisa dijual mulai harga Rp 35.000. Jika Anda ingin mempromosikannya bisa lewat media sosial, atau Anda bisa menjualnya langsung ketika pameran tanaman hias.

 

LEAVE A REPLY