Peluang Usaha Gelato, Celah Bisnis Khususnya Buat Pengusaha Zaman Now yang Menguntungkan

Peluang usaha gelato ini ternyata masih jarang ditemukan. Beberapa diantaranya sudah menemukan tetapi ternyata tidak bertahan lama karena pelbagai faktor. Padahal, jika kita lihat pasar Indonesia yang berada di iklim tropis seharusnya es krim gelato banyak diminati oleh konsumen masyarakat Indonesia lho.

Seorang pengusaha bernama Joshua dengan usahanya liverogelateria mulai menjalankan bisnis gelato sejak 2015 dilansir dari kontan, Ia memperdalam ilmu membuat es krim italia ini sampai ke negara asalnya.

Baca Juga: Membuat Usaha Es Krim, Bahan dan Pelengkap Untuk Membuat Es Krim

Joshua juga sampai memilih jurusan food technology di salah satu universitas swasta di Indonesia. Kini, Joshua telah mendapatkan omzet 40 juta sampai 50 juta perbulannya dengan mayoritas pelanggan anak-anak muda.

Apa itu Gelato?

Gelato adalah salah satu bentuk es krim yang berkembang sesuai tradisi orang Italia menurut travel.kompas.com. Gelato atau es krim Italia ini mempunyai tekstur yang berbeda dari pada es krim biasanya. Gelato memiliki tekstur es krim yang padat dan halus karena memiliki kandungan susu yang lebih banyak dari pada es krim. Es krim Italia ini biasanya memiliki banyak manfaat dari pada es krim biasa.

Setelah menjadi tren, kini gelato semakin naik pawangnya. Pengusaha es krim gelato pun mulai bermunculan dengan tema yang berbeda-beda. Ada yang mempertahankan keaslian ala Italia-nya dan ada juga yang mulai mencoba membuatnya menjadi es krim yang berbeda. Apakah Anda sudah mempunyai tema usaha Gelato sendiri?

Memulai Usaha Gelato

Anda ingin membuka usaha gelato tetapi belum tahu caranya? Tidak perlu ke negaranya kok! Anda bisa belajar sendiri dengan mengikuti kursus atau bahkan bisa mencari di internet resep yang pas untuk pembuatan gelato ini. Nah, setelah itu Anda bisa menggunakan strategi membuka usaha gelato sebagai berikut ini.

Mempunyai Modal Usaha Gelato

Kata siapa modal usaha susah dicari? Anda bisa mulai dengan menabung terlebih dahulu dan sisihkan sedikit untuk memulai sedikit demi sedikit membangun usaha Anda sendiri. Jika memang dirasa terlalu lama, Anda bisa meminjam uang kepada kerabat Anda atau bisa melalui lembaga keuangan yang terpercaya.

Tidak perlu takut meminjam uang ke orang atau ke sebuah lembaga. Maka dari itu sebelumnya Anda harus mempunyai niat yang kuat bahwa Anda ingin menjalani sebuah bisnis es krim ala italia ini. Jangan lupa untuk membuat analisa keuangan Anda terlebih dahulu untuk memastikan berapa modal yang harus Anda punya.

Menentukan Lokasi Strategis Bisnis Es Krim Italia

Lokasi usaha merupakan salah satu hal penting terutama usaha gelato ini. Mengapa demikian? Karena Anda harus memikirkan tujuan pasar Anda. Jika tujuan pasar Anda adalah anak-anak muda, pastikan Anda berlokasi di dekat sekolah atau kampus terdekat.

Selain itu, Anda juga bisa memasarkannya di mall besar jika mempunyai modal yang cukup banyak. Pastikan toko Anda mudah terlihat dan sesuai dengan tujuan pasar Anda.

Rencanakan Promosi Pemasaran Gelato sesuai Tujuan Pasar

Jika tujuan pasar Anda adalah anak muda, Anda harus mempunyai strategi mengikuti tren yang ada. Misalnya promosi pemasaran lewat media sosial seperti Facebook, Instagram, dan portal lainnya. Mengapa harus media internet? Anda bisa melihat sekitarnya, siapa yang tidak menggunakan internet di era teknologi mutakhir ini, bukan?

Selain secara online, Anda juga bisa memasarkan secara offline dengan menggunakan booth di dalam sekolah atau kampus.

Baca Juga: Kursus Es Krim Rumahan GTC, Pelatihan Lengkap Sebelum Mulai Usaha Es Krim

 EMulai Investasi Mesin Es Krim Gelato

Biasanya untuk membuat usaha es krim pastinya membutuhkan mesin es krim. Memang hampir semua mesin es krim memiliki harga yang “lumayan” murah, tetapi jika dipikirkan lagi ternyata memang benar-benar murah lho.

Pikirkan, coba analisa keuangan Anda dari modal sampai target penghasilan. Katakanlah harga mesin 1 juta rupiah. Sedangkan target penghasilan Anda setiap bulannya 500 ribu rupiah. Maka, Anda akan mendapatkan balik modal dalam waktu 2 bulan saja. Mudah bukan?

Tentunya, peluang usaha gelato ini tidak akan berjalan jika Anda rencana dan usaha tidak sesuai dengan ekspektasi. Mengapa? Karena selain rencana dan usaha, Anda memerlukan doa. Kembali lagi kepada tujuan kita berusaha itu apa. Selalu sisipkan doa ketika rencana dan usaha tengah berjalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here