Membuat Usaha Es Krim : Ini bahan dan Pelengkap Untuk Membuatnya

Anda pasti ingin kan membuat usaha es krim dengan bahan es krim rumahan. Bahan es krim yang kini sedang populer adalah es krim green tea. Karena es krim rasa green tea rasanya tidak terlalu manis dan tidak mengandung lemak yang tinggi. Sehingga bagi Anda yang sedang diet gula atau lemak tak perlu khawatir mengkonsumsi es krim green tea ini.

Bahan es krim green tea memang agak sulit ditemui di toko-toko yang menjual bahan es krim. Karena toko yang menjual bahan es krim biasanya hanya menjual rasa coklat, vanila dan buah-buahan saja. Jika Anda ingin membeli bahan es krim green tea, Anda bisa mencarinya di Toko Mesin Wiratech yang bukan hanya menjual bahan es krim namun juga mesin es krim dan aksesoris es krim lainnya seperti cone, topping, dan lain-lain.

Bubuk Es Krim Soft Green Tea Wiratech

Bahan es krim

Jika bubuk es krim rasa vanila atau buah lainnya banyak ditemui di pasaran. Namun rasa green tea sangat jarang sehingga Toko Mesin Wiratech pun menyediakannya. Untuk bubuk es krim soft green tea per kilogramnya dijual dengan harga Rp150.000. Selain bubuk es krim Wiratech juga menyediakan mesin es krim yang juga bisa digunakan sebagai mesin pembuat yoghurt.

Cone

Bukan merupakan bubuk es krim namun termasuk dalam bahan pelengkap es krim. Bentuknya yang kerucut dan teksturnya yang mirip wafel dijadikan sebagai mangkuk untuk menghidangkan es krim. Meskipun mangkuk namun bisa dimakan.

Wippy Cream Whippy

Meskipun hanya sebagai bahan pelengkap es krim. Namun Wippy Cream Whippy bisa menjadi nilai tambah bagi es krim. Ini merupakan krim kocok yang menjadi penghias es krim sebelum ditaburi oleh buah cery, starwberry, blueberry dan lainnya. Cara membuat whippy cram adalah mengocoknya menggunakan garpu atau mesin pengocok hingga warnanya cerah dan menggumpal.

Topping es krim

Bahan es krim

Beraneka macam ada yang rainbow sprinkle yang sering disebut juga dengan meses ceres. Biasanya jika untuk topping es krim akan berwarna-warni seperti pelangi. Namun ada juga yang berwarna coklat. Ada juga toffe yang merupakan karamel yang terbuat dari gula-gula atau permen yang secara tradisional bisa dibuat dengan cara merebus gula dan atau karamel sampai campurannya cukup mengental.

Baca juga : Mesin Es Krim, Cara Mudah Buat Es Krim Cone dan Yogurt Enak dan Lembut

Ada juga topping seperti candy atau permen-permen kecil yang berwarna warni. Biasa disebut dengan telur cicak. Rasanya manis dan seri disebut dengan ners. Jika Anda menyukai kacang-kacangan Anda bisa juga menggunakan nut topping yang biasanya terbuat dari kacang biasanya kacang mede. Atau choco chips kecil dan coconut yang merupakan topping yang terbuat dari  parutan kelapa yang telah dikeringkan.

Cara Membuat Es Krim Rumahan

Cara membuat es krim dari bahan es krim green tea sangatlah mudah. Apalagi es krim sudah dalam bentuk bubuk berikut langkah-langkahnya

  • 1 bungkus bubuk es krim green tea
  • 1 sachet susu kental manis
  • 1 sachet chocochip
  • 3 sendok makan susu bubuk full cream
  • 300 ml air es

Cara Membuatnya

  1. Susu bubuk full cream dilarutkan dengan 330 air dingin
  2. Kemudian mixer bubuk es krim green dengan choco chips, susu buku full cream yang sudah dilarutkan dengan air es, dan susu kental manis.
  3. Mixer hingga 5-10 menit. Kemudian taruh ke dalam wadah atau mangkok plastik. Setelah itu tambahkan chochips, aduk dan masukkan ke dalam freezer. Maka es krim green tea siap disajikan.
  4. Saat akan disajikan tambahkan topping.

Bagaimana Cara Membedakan Bahan Es Krim yang Hard dan Soft?

Es krim, siapa yang tak menyukainya? Baik tua, muda, maupun balita. Namun tak semua es krim enak di santap tergantung dari bahan es krimnya. Jika salah memilih bahan es krim tentunya akan berpengaruh ke rasa hingga teksturnya. Sehingga Go UKM di sini akan mengajak Anda untuk trik mendapatkan bahan es krim yang enak di pasaran.

Tentunya bahan es krim beragam ada yang soft es krim dan ada yang hard es krim.  Jadi jangan sampai salah dalam membeli es krim. Hard es krim merupakan es krim yang berbentuk padat namun tidak keras seperti batu es atau es lilin. Karena teksturnya padat maka penyajiannya bisa cukup mudah dan umumnya menggunakan skop es krim. Sementara soft es krim merupakan es krim yang lembut dan penyajiannya harus menggunakan mesin cone karena tidak bisa digunakan jika dengan skop es krim.

Jika Anda ingin membeli bahan es krim yang enak jangan melupakan perbedaan yang satu ini antara es krim gelato dan sorbet. Karena ketiga sekilas sama namun ketika di lidah ternyata jauh berbeda. Jika Anda salah membeli bahan es krim bisa-bisa Anda kecewa.

Berikut  Perbedaanya

Es Krim, sesuai dengan namanya es krim memiliki rasa krim yang kuat karena bahan dasarnya  selain krim adalah kepala susu (bukan susu) yang merupakan lemak kental yang berada pada permukaan air susu dan kuning telur. Proses pembuatannya biasanya menggunakan mesin. Tekstur dari es krim lebih lembut dan mudah lumer karena kandungan gelembung udaranya tinggi. Tak hanya itu es krim juga mengandung lemak yang kisarannya bisa mencapai 12-14%.

Gelato sendiri merupakan es krim yang beku namun bukan seperti es lilin atau es batu. Hanya saja tekstur gelator sangat padat dan kandungan susunya sangat terasa namun kandungan lemaknya sangat rendah di bawah 10 persen. Tekstur Gelato berbeda dengan es krim karena Gelato bukan terbuat dari kepala susu melainkan susu yang dicampurkan dengan bahan-bahan seperti susu, gula, kuning telur, dan air. Dan terkadang kuning telur dan susunya dihilangkan. Cara membuat gelato dengan cara

Sorbet lebih dikenal dengan es buah yang teksturnya miliki salju. Jadi teksturnya seperti serbuk es. Bahan sorbet sendiri tak seribet es krim dan gelato karena Sorbet terbuat dari buah yang asli, air dan gula. Dan tidak menggunakan susu, krim dan kuning telur.

Cara Membuka Usaha Es Krim Tanpa Menggunakan Mesin Es Krim

Banyak pengusaha es krim rumahan mengatakan bahwa untuk membuat usaha es krim tanpa sebuah mesin es krim adalah hal yang mustahil. Sehingga banyak yang mengurungkan niat untuk berbisnis ini karena mesin es krim sulit terjangkau bagai pengusaha pemula.

Namun semua itu bisa dipatahkan karena kini Anda bisa membuat mesin es krim tanpa menggunakan mesin namun teksturnya tetap menyerupai mesinnya. Caranya hanya dengan menempatkan adonan es krim ke dalam kontainer yang kemudian dibekukan di dalam freezer dan setiap dua jam sekali dikeluarkan dan diaduk dengan menggunakan mixer atau aduk manual. Biasanya proses pengadukan tak terlalu lama hanya 4 hingga 5 kali adukan sudah cukup. Cara membuat es krim seperti ini tentunya lebih lama dibandingkan dengan menggunakan mesin ice cream. Nanti hasilnya akan sama seperti bila menggunakan mesin es krim teksturnya lembut seperti es krim umumnya.

Jangan Membuat Es Krim Berbahan Dasar Anggur

Tanpa disadari ternyata di Indonesia sulit menemukan es krim yang berbahan dasar anggur. Padahal di makanan, permen dan obat-obatan ternyata mudah menemukan dengan rasa tersebut. Mengapa demikian karena menurut pelaku usaha es krim, kandungan air yang tinggi hingga 84%. Sehingga ketika dicoba untuk menjadi bahan baku es krim justru semakin mudah mencair sehingga menimbulkan kerugian apabila diproduksi dalam jumlah tinggi.

Cara Membuat Es Krim dengan Mesin Es Krim

Jika Anda ingin berbisnis es krim tak ada salahnya Anda menginvestasikan mesin es krim. Karena mesin es krim bisa membantu usaha es krim Anda. Apalagi jika Anda memproduksi es krim green tea yang memang masih jarang ditemukan.  Dengan mesin es krim Anda bisa mengolah bahan es krim green menjadi es krim lebih cepat. Bisa mencapai 15-25 liter per jamnya.

Membuat es krim dengan mesin es krim tentunya akan menghasilkan tekstur es krim yang lembut dibandingkan jika membuatnya dengan menggunakan mixer.  Tinggal menambahkan bahan es krim dengan air es kemudian dimasukkan ke dalam mesin es krim. Maka mesin es krim akan  bisa langsung dikonsumsi.

SHARE

LEAVE A REPLY