Peluang Usaha Frozen Food Rumahan

Kini banyak orang yang tak memiliki waktu untuk memasak. Sehingga frozen food menjadi menu pilihan. Anda bisa mencoba peluang usaha frozen food rumahan ini. Apalagi saat ini peluang usaha frozen food sudah banyak jenisnya mulai dari usaha frozen food bakar, usaha frozen food goreng hingga usaha frozen food rebus.

Ide usaha frozen food bisa Anda kerjakan di mana saja termasuk di rumah. Jadi Anda bisa membuka peluang usaha frozen food rumahan. Untuk membuka usaha frozen food makanan beku ini sebenarnya sama saja dengan membuka usaha kuliner lainnya hanya saja usaha makanan beku ini masih tergolong baru. Jadi tak semua orang mengetahuinya.

Berikut Cara Membuka Usaha Frozen Food

Tentukan Produk yang Akan Anda Jual

Untuk membuka usaha frozen food Anda harus menentukan produk apa dulu yang Anda ingin jual. Karena produk frozen food memang banyak jenisnya ada seafood, daging-dagingan, olahan daging  dan olahan sayur.

Baca Juga: Belajar di Tempat Kursus Nugget dan Siomay Frozen

Siapkan Modal Sesuai dengan Budget

Memang saat ini banyak usaha frozen food tanpa modal dengan Anda menjadi reseller atau distributor online. Namun ada baiknya Anda mengumpulkan stok produk-produk frozen food di rumah agar konsumen Anda meningkat  kepercayaannya pada Anda. Misalnya saja tetangga atau rekan kerja yang ingin langsung membeli secara offline. Sehingga untuk memulai usaha ini Anda harus juga memikirkan modal. Apalagi Anda membutuhkan lemari pendingin untuk menyimpan produk-produk frozen food.

Siapkan Peralatan untuk Penyimpanan

Meskipun usaha frozen food ini simple, sederhana, tapi jangan menyepelekan. Bisnis frozen food membutuhkan fasilitas berupa lemari pendingin untuk mengawetkan. Selain itu membutuhkan juga kemasan dan alat pengemas.

Tentukan Metode Pemasaran

Di era digital kini, metode pemasaran menjadi lebih mudah. Anda tak perlu menghabiskan uang untuk mempromosikan usaha Anda. Karena sekarang sudah bisa mempromosikan usaha frozen food secara online. Anda pun tak terlalu banyak mengeluarkan uang untuk brosur dan pameran.

Dapatkan Lisensi Makanan

Saat ini konsumen sudah pintar dalam membeli, makanya untuk usaha frozen food ini Anda harus melakukan juga izin lisensi. Baik itu kehalalan, nilai gizi hingga atau izin keluar. Untuk mendapatkan izin usaha ini Anda harus mengurusnya ke beberapa lembaga seperti BPOM, Dinas Perindustrian hingga MUI namun sekarang untuk mendaftarkan kehalalan bisa mengajukan ke Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Distributor atau Reseller

Jika Anda belum memiliki banyak modal atau keahlian dalam membuat frozen food Anda bisa coba menjadi distributor atau reseller produk frozen food dulu. Saat ini sudah banyak merek frozen food yang terkenal. Nah jika usaha Anda sudah lancar Anda bisa membuka agen reseller untuk mengembangkan usaha Anda.

Jenis-Jenis Frozen Food (Makanan Beku) yang Bisa Anda Kembangkan Menjadi Usaha

  1. Sosis

Makanan olahan dari daging sapi atau ayam ini kini banyak peminatnya. Biasanya yang menyukainya adalah anak-anak. Untuk membuka usaha ini Anda membutuhkan mesin sosis. Mesin sosis sendiri ada yang bervariasi ada yang mesin giling digiling langsung cetak sosis namun ada juga yang satuan jadi mesin daging dan mesin cetak dijual terpisah. Sosis juga ada dua jenis, ada sosis yang kemasannya bisa langsung dimakan ada sosis yang kemasannya plastik. Dan biasanya sosis yang langsung bisa dimakan harganya lebih mahal.

  1. Bakso

Meski bakso banyak dijual di mana saja, namun bukan berarti  jenis frozen food yang satu ini tidak laku di pasaran. Justru kaum ibu banyak mencari jenis bakso yang siap saji yang dicampur pada masakan seperti sup. Nah untuk membuat bakso Anda bisa dibantu dengan mesin giling daging dan mesin cetak bakso. Ada juga mesin bakso yang bisa untuk mencetak sosis. Jadi Anda bisa membuka usaha frozen food dua macam sekaligus. Namun jika Anda belum memiliki modal untuk membeli mesin Anda bisa mencetaknya dengan menggunakan sendok yang dibentuk bulatan.

  1. Siomay

Makanan yang terbuat dari olahan ikan tenggiri ini juga termasuk jenis frozen food yang banyak dicari pembeli. Biasanya siomay bukan untuk lauk namun dijadikan camilan. Nah untuk membuka usaha ini Anda membutuhkan mesin giling ikan dan alat pencetak siomay. Namun jika Anda belum memiliki banyak modal Anda bisa mengolahnya dengan tangan.

Baca Juga: Kursus Frozen Food di GoUKM Training Center untuk Calon Pengusaha Makanan Beku

  1. Nugget

Makanan olahan dari daging ayam, ikan, dan sapi yang diberi tepung panir ini ternyata berkembang pesat setelah merek frozen food ternama meluncurkannya. Bahkan makanan ini menjadi rajanya frozen food. Cara membuatnya dengan menggiling halus daging kemudian dicampur dengan tepung, bumbu dan air sehingga mengemulsi. Setelah itu, baru digoreng hingga matang. Setelah itu, produk ini dikemas dan dibekukan. Untuk mengkonsumsinya nugget bisa juga digoreng kembali.

  1. Fish Stick

frozen food

Salah produk dari frozen food yang terbaru bernama fish stick yang merupakan potongan daging ikan tanpa tulang. Biasanya terbuat dari ikan kakap dan tenggiri karena dagingnya yang tebal dan mudah difilet lalu dagingnya yang  dipotong-potong menjadi balok-balok kecil dengan ukuran 5 x 1,5 x 1 cm.

  1. Risol

Makanan yang terbuat dari tepung terigu, telur, daging cincang, sayuran kentang, wortel  dan seledri ini berbentuk lonjong. Dan biasanya disajikan dalam bentuk digoreng. Meski banyak dijual di pasaran namun ternyata produk frozen ini banyak juga yang memesan.

  1. Pempek

Makanan khas Sumatera selatan ini ternyata masuk ke dalam jenis usaha frozen food. Karena pempek merupakan makanan yang awet ketika dibekukan. Namun, pempek agak berbeda dengan jenis frozen food lainnya. Makanan ini juga harus ditaburi dengan terigu untuk meningkatkan keawetannya.

  1. Tekwan Instan

Tak banyak yang kenal dengan makanan yang satu ini, padahal ini juga makanan khas Palembang seperti halnya pempek. Baru-baru ini, tekwan juga dijadikan sebagai salah satu usaha frozen food rebus. Karena setelah dibekukan tekwan harus direbus agar kenyal dan bisa langsung dimakan dengan kuah yang sudah diberi bumbu bawang putih, garam, rebon dan lain.

  1. Tempura Ikan

Tempura ikan juga menjadi salah satu jenis frozen food. Bahkan usaha frozen food goreng ini menjadi jenis yang paling diminati setelah nugget. Banyak yang berpikir membuat tempura sama dengan membuat nugget padahal berbeda. Tempura dicelup dalam adonan kemudian digoreng sementara nugget dibungkus secara berurutan ke dalam tepung sebelum digoreng.

Adonan tempura juga berbeda dengan nugget, terbuat dari campuran terigu protein rendah dengan telur ayam yang dikocok lepas kemudian ditambahkan dengan air es. Setelah itu adonan dicampur dengan menggunakan sumpit. Umumnya tempura tidak merata dan berisi gumpalan tepung gal inilah yang membuat hasil akhir tempura yang krispi dan tidak keras.

  1. Salmon Roll

Tak banyak yang tahu bahwa salmon juga bisa dijadikan sebagai produk usaha frozen food. Sesuai dengan namanya makanan ini memang terbuat dari ikan salmon yang ditambahkan dengan tapioka, gula, garam, minyak sayur dan sedikit pewarna makanan. Usaha frozen food rebus dan goreng  ini  akan enak jika ditambahkan dengan saus sambal atau mayonaise.  Selain bisa dijadikan sebagai lauk makan, salmon rol juga bisa dijadikan campuran atau masakan berkuah lainnya.

  1. Kaki Naga

Meski produknya tak sesuai namanya namun usaha frozen food goreng ini banyak peminatnya. Apalagi untuk pesta biasanya dijadikan sebagai menu utama. Jenis frozen food berbahan dasar ikan dan tepung bumbu ini berbentuk dan ada lidinya ini memiliki kejutan rasa. Karena di dalam kaki naga udang bertabur tepung yang renyah untuk disajikan. Biasanya kaki naga terbuat dari ikan kakap atau ikan jenis apa saja yang bisa di-fillet.

Hal Yang Patut Diperhatikan Sebelum Membuka Usaha Frozen Food

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuka frozen food rumahan yaitu

  1. Karena ini makanan yang masih baru maka pelajari dengan saksama bagaimana cara membuat produk frozen food. Jika Anda tak memiliki pengalaman untuk membuat produk ini maka lebih baik ikut kursus saja. Karena makanan ini memiliki tahapan yang sanga penting mulai dari pemilihan bahan, proses pengolahan, pengepakan dan juga penyimpanan.
  2. Sebelum memutuskan untuk berbisnis ini maka tentukanlah jenis frozen food yang ingin Anda jual, apakah usaha frozen food bakar, usaha frozen food rebus/ kukus atau usaha frozen food goreng.
  3. Gunakanlah bahan baku yang berkualitas baik. Meskipun harga jual menjadi lebih tinggi lebih baik untuk menjamin kualitas dan kepuasan pelanggan.
  4. Saat ini sudah bertaburan merek-merek frozen food maka buatlah merek yang unik dan mudah diingat dan jangan sampai mirip dengan merek frozen food lainnya.
  5. Selalu mengikuti tren terbaru dan melakukan inovasi agar produk yang Anda jual tidak monoton. Selain itu, Anda harus bisa menerima masukan dari pelanggan mengenai rasa dan kualitas produk Anda. Sehingga Anda bisa memperbaikinya dan kualitas produk Anda menjadi lebih baik lagi.

Jenis-Jenis Waralaba Frozen Food

Bagi Anda yang ingin membuka peluang usaha frozen food namun belum memiliki pengalaman Anda bisa mencoba waralaba atau franchise frozen food. Saat ini banyak merek-merek terkenal yang mau bermitra dengan Anda. Tentunya jangan sampai salah pilih karena menjadi mitra waralaba juga butuh modal jangan sampai Anda menderita kerugian

  • Krauk Frozen Food

Krauk salah satu waralaba frozen food yang sudah eksis sejak tahun 2009. Harga jual Krauk juga tidak terlalu mahal sekitar Rp 14.000,00 – Rp 33.000,00 per bungkusnya. Produk Krauk diolah dari bahan baku seafood seperti ikan, udang, cumi, dan kepiting. Selain itu ada juga olahan ayam, kentang, pancake, durian dan berbagai varian sosis. Untuk bergabung menjadi franchise frozen food krauk Anda juga mendepositokan Rp 300.000,00. Dengan modal tersebut, bisa digunakan untuk memesan produk dan otomatis bisa mendapatkan fasilitas berupa potongan harga sebesar 10% dari harga normal produk.

  • Fantastic Frozen Food

Bergabung menjadi mitra Fantastic Frozen Food juga bisa dijadikan peluang usaha frozen food Anda. Jenis dari frozen food yang diproduksi juga banyak mulai dari frozen food camilan seperti pempek frozen, donat kentang, lumpia sayur, siomay frozen, singkong stik, kebab dan samosa. Sementara frozen food untuk lauk, jenisnya sama pada umumnya yakni nugget, sosis, bakso, siomay dan lain-lain. Waralaba frozen food ini juga mendapatkan penghargaan dari Kementerian perdagangan RI, Asosiasi Franchise Indonesia dan Anugerah Wirausaha Indonesia.

  • Frozen Food Pelangi

Waralaba Frozen Food Pelangi ini memiliki keunggulan tanpa bahan pengawet sehingga 100% dari bahan baku alami. Tanpa MSG, perisa, penyedap rasa atau MSG dan pengenyal kimia. Waralaba yang satu ini juga sudah terjamin kehalalannya. Karena sudah mendapatkan sertifikat resmi halal dari LPPOM MUI.

Baca Juga: Menilik Usaha Olahan Yoghurt yang Bisa Anda Dicoba di Rumah

Tempat Kursus Frozen Food

Lezat Academy

Merupakan tempat kurus yang resmi dibuka pada bulan Juli 2015 di Surabaya. Selain mengadakan acara cooking show atau Demo Lezat Akademi juga membuka kelas kursus baik untuk pemula, mahir, profesional hingga kelas wirausaha. Lezat academy membuka kursus kelas wirausaha untuk frozen food. Alamatnya di Mediantara Infopersada Jalan Veteran 9B Surabaya Telp 031-3538710.

Galaxy Training Center

Tempat kursus frozen food yang cukup terkenal di Kota Tanggerang adalah Galaxy Training Center. Tempat kursus frozen food ini berdiri sejak 2011, peserta cukup banyak baik dari lokal maupun mancanegara yang ingin mengikuti kursus makanan beku ini. Hampir setiap hari ada yang mengikuti kursus yang dipandu oleh Ir Lilies Prihantini yang berlokasi di Mall WTC Matahari Serpong dan Kompleks Ruko BSD Sektor 7 Serpong ini.

Tristar Culinary Institute

Tempat kursus yang satu ini memang sudah terkenal bagi yang serius menekuni dunia kuliner di Surabaya. Tristar Culinary Institut memang bukan sekedar tempat kursus fozen food biasa, namun semacam sekolah bisnis kuliner yang akan meluluskan para pengusaha di bidang kuliner. Jadi bukan sekedar hanya bisa memasak. Selain di Surabaya Tristar kini hadir juga di kota Bogor.

  • Alamatnya TISTAR BATU & BOGORJalan Bukit Berbunga No 10 Kota Wisata Batu – Malang.Telp. 0341-3061525, 0812-3253-9310
  • TISTAR BATU & BOGOR, Kampus Bogor, Jalan Raya Tajur No 33 Bogor Telpon 082127929008
SHARE

LEAVE A REPLY