Peluang Bisnis Sabun Unik untuk Souvenir Raup Untung Puluhan Juta

Pelung bisnis sabun unik bukan hanya memperjualbelikan berbagai sabun yang berbentuk lucu atau menarik. Tetapi Anda juga dapat memperjualkannya sebagai souvenir pernikahan, wisuda, dan acara-acara besar lainnya. Bahkan menjadi oleh-oleh pun bisa jika dibentuk seperti mainan atau bangunan replika kecil terkenal dari suatu daerah.

Dilansir dari lifestyle.liputan6.com seorang ibu rumah tangga lulusan akademi sekretaris bernama Jane Ho menggeluti usaha sabun sebagai mata pencahariannya. Ia tidak hanya membuat sabun biasa tetapi membuat sabun yang berbentuk unik seperti makanan, karakter tokoh kartun, bahkan sampai boneka. Ia pun bukan seorang yang ahli di bidang farmasi. Semua bisnis ini ia pelajari hanya dalam waktu tiga bulan dan sekarang telah menghasilkan modal hingga puluhan juta rupiah.

Tentang Sabun beserta Jenisnya

Sabun identik dengan menjaga kebersihan. Maka dari itu, sebuah sabun bukan hanya sekedar berbentuk unik tetapi juga harus mempunyai racikan kimia yang benar-benar membuat sesuatu menjadi bersih. Pastikan sabun Anda memiliki kandungan yang bisa membuat bersih, aman dan dapat dipakai sesuai kegunaan yang Anda inginkan.

Sabun juga identik dengan kebutuhan mandi. Nyatanya, tidak hanya itu saja. Ada beberapa jenis sabun seperti sabun badan, sabun kendaraan, sabun laundry, dan sabun-sabun lainnya. Maka dari itu, sebelum Anda membuat sebuah usaha kecil atau pabrik sabun, pastikan Anda mengetahui sabun apakah yang akan Anda buat. Karena tidak semua kandungan atau racikan kimia dalam setiap sabun itu sama.

Teruntuk bisnis sabun unik ini, biasanya Anda memperjualbelikan jenis sabun untuk tubuh seperti sabun wajah ataupun sabun mandi biasa. Pastikan Anda memiliki racikan sabun untuk segala jenis kulit agar dapat digunakan untuk semua orang.

Strategi Membuka Usaha Sabun Unik

Anda sudah mulai ingin membuka bisnis sabun unik? Saatnya ada merencanakannya terlebih dahulu. Tidak ada usaha yang langsung melejit dan untung besar kecuali ada strategi serta rencananya.

Mengetahui Racikan Sabun yang Anda Inginkan

Jika Anda ingin membuat sebuah usaha sabun, pastikan Anda sudah mengetahui racikan kimia yang akan Anda buat. Jika Anda bukan dari lulusan sarjana kimia atau sejenisnya, Anda bisa mempelajari racikan sabun dengan mengikuti kursus atau pelatihan khusus pembuatan sabun yang Anda inginkan.

Ikuti juga : Kursus olahan kimia membuat olahan sabun  

Untuk mengetahui racikan sabun unik untuk souvenir, Anda bisa mengikuti pelatihan tentang membuat sabun mandi karena souvenir berhubungan sabun apa yang dipakai untuk tubuh. Selain cara membuatnya, pastikan Anda juga mempelajari cara mencetak atau membuat sabun yang kreatif. Contoh seperti membuat sabun dengan bentuk bunga, karakter, atau lainnya. Caranya pun bukan hanya mencetak. Anda bisa menggunakan cara mengukir seperti membuat pahatan kayu. Gunakan kreativitas Anda sebanyak mungkin untuk membuat souvenir sabun yang berbeda dari yang lainnya.

Mengetahui Tempat Mencari Bahan Kimia yang Terjangkau dan Juga Sesuai dengan Usaha Sabun Anda

Untuk mencari tempat membeli kimia sabun yang akan Anda racik, Anda bisa mencarinya lewat mesin pencari di internet. Cara lainnya untuk mengetahui tempat bahan kimia yang terjangkau adalah dengan menanyakan kepada kompetitor atau saingan yang Anda ketahui dan percaya. Tidak ada yang salah ketika Anda mempunyai niat yang sama-sama untuk mencari sebongkah emas dengan hanya menanyakan tempat membeli bahan.

Menentukan Tujuan Pasar Usaha Sabun

Bisnis sabun seperti sabun untuk oleh-oleh ini tentunya mempunyai pasar tertentu. Biasanya Anda memperjualbelikan sabun ini untuk acara-acara besar seperti pernikahan, wisuda sampai untuk hadiah orang terdekat. Pastikan Anda mempunyai katalog sendiri dari bentuk hingga harganya agar mempermudah pembeli untuk memilih berbagai jenis sabun yang Anda miliki.

Membuat Rencana Keuangan yang Rinci Serta Menentukan Modal Bisnis Sabun Anda

Jika Anda ingin membuat sebuah rencana keuangan bisnis sabun unik maupun usaha lainnya, tentunya hal ini adalah sebuah langkah penting yang harus dirincikan secara detail. Dilansir dari finance.detik.com, kebanyakan pengusaha pemula yang cepat gagal karena terlalu fokus pada idenya saja bukan pada sisi keuangan.

Bagaimana cara membuat rencana keuangan yang baik? Pastikan diri Anda merinci setiap detail pengeluaran serta pemasukkan yang akan nanti terjadi ketika bisnis Anda berjalan. Anda juga harus disiplin dengan pengeluaran kecil walaupun itu hanya sekedar seribu rupiah karena semakin banyak pengeluaran kecil, semakin besar juga kemungkinan kerugian besar usaha Anda jika Anda tidak memerhatikannya secara benar.

Setelah merencanakan keuangan, Anda bisa menentukan modal bisnis yang Anda perlukan. Bagaimana cara mendapatkan modalnya? Sudah banyak cara mendapatkan modal usaha salah satunya yaitu melewati lembaga keuangan seperti perbankan yang dinilai lebih terpercaya karena resmi dari pemerintah. Jangan takut untuk meminjam karena kita memerlukan keyakinan dengan usaha yang akan kita jalankan. Percayakan usaha Anda bisa berkembang sesuai dengan proposal bisnis sabun Anda.

Gunakan Promosi Usaha Sabun Anda secara Online maupun Offline

Promosi merupakan hal penting dalam menjalani sebuah usaha yang biasa dibagi menjadi dua bagian yaitu promosi secara langsung atau tidak langsung. Untuk promosi langsung, Anda bisa menawarkan barang Anda dengan teman-teman atau keluarga Anda supaya bisa disebarluaskan dari mulut ke mulut. Anda juga bisa membuat sebuah tempat usaha sabun sendiri khusus untuk memperlihatkan sabun Anda agar pembeli tertarik melihat etalase sabun unik Anda.

Selain itu, promosi yang bisa Anda gunakan pada bisnis sabun unik ini adalah dengan cara tidak langsung. Salah satunya adalah promosi secara online atau melewati dunia maya. Cara ini dinilai lebih efektif mengingat perkembangan teknologi yang berkembang pesat dan banyaknya orang-orang yang sering menjadikan gadget sebagai barang sehari-harinya.

Bagaimana? Anda ingin langsung membuka bisnis sabun unik ini? Pastikan diri Anda telah siap karena berbisnis bukan hanya modal uang dan ide, tetapi juga modal mental. Karena pastinya ada berbagai proses di dalam sebuah usaha. Jangan lupa diiringi oleh doa agar usaha Anda semakin lancar dan berkah untuk kedepannya.

SHARE

LEAVE A REPLY