Inilah Pameran UKM Tahunan Terbesar yang UKM Patut Ikuti

Bagi pengusaha pemula, pameran merupakan sarana yang tepat untuk mempromosikan produknya. Selain untuk ajang promosi, pameran juga berguna untuk mengedukasi masyarakat tentang manfaat produknya. Sehingga bukan hanya membeli produk namun juga setia menggunakannya. Sehingga ajang pameran sangat sayang jika tidak dimanfaatkan. Apalagi jika itu pameran UKM tahunan.

Biasanya setiap tahunnya di Indonesia diselenggarakan pameran tahunan yang besar yang bukan event lokal namun juga nasional bahkan internasional. Sehingga sayang jika dilewatkan. Berikut beberapa pameran UKM tahunan yang rekomended untuk Anda.

INACRAFT

Pameran UKM Tahunan

Bagi Anda yang bergerak dalam bidang kerajinan tangan sebaiknya ikutan pameran kerajinan terbesar yang diselenggarakan oleh ASEPHI (Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia). Pameran tangan yang biasa diselenggarakan setiap tahun tersebut setiap tahunnya mengangkat tema yang berbeda-beda.

Event yang sudah 19 kali diselenggarakan di Indonesia ini merupakan pameran produk terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tengara. Tahun ini INACRAFT dihadiri oleh 1334 peserta yang merupakan kumpulan dari pengusaha, produsen, pengrajin dari berbagai daerah di Indonesia. Dalam event INACRAFT bukan hanya memamerkan kerajinan tangan namun juga bisa melakukan penjualan produk dari masing-masing UKM karena pengunjung yang datang bisa mencapai 200 ribuan orang selama lima hari serta 1000 buyer dari 60 negara.

INACRAFT juga akan mengadakan seminar, forum bisnis hingga konsultasi bisnis untuk para peserta INACRAFT juga akan mengadakan INACRAFT award dengan menghadirkan 10 juri yang menilai dan memilih produk terbaik setiap tahunnya.

Cara Ikut INACRAFT untuk Anggota ASEPHI

  1. Menyerahkan company profil lengkap dengan foto produk dan kegiatan usaha dan lainnya via email bpp@asephi.id atau bisa dikirim via pos ditujukan kepada : Ketua Umum ASEPHI cq. Tim Kurasi jalan Wijaya I / 3 A Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12170.
  2. Melaporkan diri ke kantor ASEPHI yang ada di daerah domisili usaha berada. Silakan cek di website www.asephi.com untuk mendapatkan surat rekomendasi bahwa kuota STAND telah penuh.
  3. Menjadi catatan bahwa penerimaan peserta diprioritaskan kepada anggota Asephi terlebih dulu, Kemudian dilanjut kepada yang bukan anggota dan akan ditempatkan bila masih ada ketersediaan stand sesuai dengan zoning produk dan mengikuti ketentuan peserta yang berlaku.
  4. Untuk calon peserta yang baru pertama kali akan ikut bersedia membawa contoh produk usahanya jika diperlukan pada tahap kursi.
  5. Kepastian penerimaan calon peserta adalah hak mutlak dari Tim Kurasi dan tidak dapat diganggu gugat oleh pihak mana pun dengan mekanisme akumulasi standard penilaian yang telah ditetapkan.

Pesta Wirausaha

Pameran UKM Tahunan

Event tahunan ini bukan saja untuk UKM yang bergerak dalam bidang kerajinan tangan tapi untuk semua bidang. Event ini biasanya diselenggarakan pada bulan April-Mei oleh komunitas pengusaha Tangan Di Atas (TDA). Peserta yang hadir merupakan pengusaha baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Para usahawan di komunitas TDA digembleng serta dididik untuk selalu tumbuh dan berkembang serta bermetamorfosi menjadi lebih baik lagi baik dalam segala lini usaha yang digeluti. Bagi para peserta pesta wirausaha yang didapat dari ajang ini yaitu inspirational stage, digital class, tutorial class, business clinic, TDA Award, Business Trip, TDA gathering, TDA Community Meet Up. Meet The Investor, dan Enterpreneur Submit.

Untuk membuka stand di event ini ada dua pilihan yakni stand premium hanya ada 30 stand terbatas untuk 30 peserta dengan harga Rp3.500.000 atau stand regular dengan kapasitas 165 stand dengan harga Rp3.000.000. Untuk info lebih lanjut bisa buka link https://pestawirausaha.com/

Wirausaha Muda Mandiri Expo

Pameran UKM Tahunan

Event wirausaha ini diselenggarakan oleh Bank Mandiri setiap tahunnya.  Program WWM ini diharapkan bisa berkontribusi dalam penciptaan ekosistem yang baik untuk tumbuh kembang wirausaha Indonesia. Program yang sejak tahun2007 diselenggarakan ini memang bertujuan untuk mengajak generasi muda Indonesia menjadi generasi yang mandiri yaitu generasi pencipta lapangan kerja yang tangguh dan mampu bersaing di era global.

Ada 54 bidang usaha yang bisa diikuti oleh para UKM. Dengan kriteria

  1. Usaha yang sifatnya profesional seperti dokter (pribadi bukan rumah sakit), notaris, pengacara, dll tidak dapat diikutsertakan dalam program WMM.
  2. Usaha jasa yang melibatkan cita rasa seni tinggi videografi, fotografi, production house, arsitektur dan lain-lain merupakan bagian dari bidang usaha kreatif.
  3. Usaha jasa penyediaan layanan terkait telekomunikasi, internet, pemrograman dan lain yang bersinggungan langsung dengan komputer (kecuali sewa hardware dan internet cafe/warnet) merupakan bagian dari bidang usaha teknologi kategori digital atau digital fintech.
  4. Industri boga dan pengolahan bahan pangan kecuali obat herbal merupakan bagian dari bidang usaha boga.
  5. Untuk mendaftarnya bisa klik https://wirausahamandiri.co.id/

Pameran Jakarta IKM Expo

Pameran Jakarta IKM Expo

Event tahunan ini diselenggarakan oleh Kamar Dagang Indonesia di bidang industri yang bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Energi Provinsi DKI Jakarta dan Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian RI. Event ini terdiri dari beberapa rangkaian yaitu pameran produk industri kecil dan menengah, Workshop dan Dialog, dan Business Matching-One on One.

Pameran tersebut merupakan ajang untuk mempromosikan berbagai produk unggulan yang ada di Indonesia. Peserta pameran tersebut adalah perwakilan dari seluruh Indonesia dan akan dihadiri oleh ratusan bahkan ribuan buyers (pembeli) baik dalam negeri maupun luar negeri.

Dengan pameran tersebut masing-masing peserta bisa mengenalkan produk unggulannya dari daerahnya. Sehingga masyarakat dunia bisa lebih mengenal keunikan dan kualitas hasil karya perajin di luar daerah mereka. Untuk informasi lebih lengkap bisa menghubungi  Telp: 021-3808091, Fax: 021-3844565 atau  kadinjakarta.or.id.

Invesda Expo

Pameran Jakarta IKM Expo

Merupakan sebuah penyelenggaraan pameran peluang investasi dan produk-produk unggulan Indonesia. Pameran ini akan menghadirkan lebih dari 140 peserta dari pemerintah provinsi, kabupaten kota serta perusahaan swasta dan BUMN yang terkemuka dari seluruh Indonesia.

Dalam pameran tersebut juga terdapat beragam peluang investasi dan produk unggulannya dari sektor pertanian, kelautan, perikanan, koperasi dan UMKM dan sebagainya. Bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis sebaiknya Anda mengikuti Expo ini saja karena selain bisa mengembangkan usaha juga bisa memperluas wawasan Anda tentang produk-produk unggulan nusantara.

AGRINEX Expo

Pameran UKM Tahunan

Event pameran ini memang diperuntukkan untuk pameran pertanian. Namun bukan berarti para UKM tidak bisa mengikutinya. Karena para UKM yang bergerak dalam bidang pertanian bisa mengikutinya. Acara ini dipelopori oleh seorang dosen IPB Rifda Ammarina dan didukung oleh kementerian pertanian.

Event ini tiap tahunnya di selenggarakan dan kini sudah memasuki ke sebelas kalinya. Tujuan awal dibentuknya AGRINEX adalah memperjuangkan produk agribisnis Indonesia agar bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Karena melihat produk agribisnis yang tergerus karena produk impor luar negeri. Bagi Anda yang berminat bisa daftar ke link agrinex.com.

Indonesia Fashion Week

Pameran UKM Tahunan

Pameran tahunan ini dijadikan sebagai ajang mode dan budaya tahunan dengan setiap tahunnya mengusung tema yang berbeda-beda. Biasanya peserta dari IFW terdiri dari ratusan pelaku bisnis fashion dan perancang mode dari berbagai penjuru nusantara. Dengan memamerkan ratusan merek lokal.

Pengunjung IFW tentunya bukan hanya dari Indonesia saja namun juga mancanegara. Jadi peluang untuk mengembangkan bisnis pada acara ini tentunya besar. Apalagi didukung penuh oleh berbagai kementerian seperti  Acara yang diusung oleh Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) ini memang berkomitmen untuk terus mengembangkan dan mempromosikan kekayaan budaya Indonesia sebagai salah satu benteng ekonomi nasional.

Pameran UKM Tahunan

Merupakan event pameran tahunan yang memamerkan produk-produk halal baik berupa makanan, busana dan aksesoris. Karena saat ini bahkan  busana muslim dan aksesoris pun ada yang tidak halal karena menggunakan bahan yang haram.

Berbagai produk halal tersebut bisa termasuk kopi, cokelat, rempah-rempah, mie instan, busana muslim dan aksesoris. Produk tersebut berasal dari perusaahan Industri kecil dan menengah. Baik yang berada di dalam negeri maupun luar negeri.

Expo ini bukan sekedar pameran namun event yang mengembangkan potensi bisnis Indonesia. Apalagi Indonesia ingin dijadikan sebagai Indonesia ingin menjadi pusat produk halal dunia dan pemasok utama pasar produk halal dunia.

SHARE

LEAVE A REPLY