Mesin Kemasan Minuman, Permudah Produksi Minuman Ringan

Minuman ringan merupakan minuman yang paling sering dicari setelah minuman mineral. Karena minuman ini memang cocok untuk melepas dahaga. Apalagi sehabis olahraga biasanya minuman ini paling dicari. Bisa dibilang peluang usaha minuman ringan cukup besar. Untuk mempercepat proses penjualan minuman ringan dibutuhkan mesin kemasan minuman.

Mesin kemasan minuman ringan ini bentuknya bisa penutup gelas, botol maupun plastik. Biasanya mesin kemasan ini digunakan untuk meminimalisir tingkat tumpah  atau kebocoran pada minuman. Dan mempermudah mengkonsumsi minuman, karena jika menggunakan plastik biasanya akan sulit untuk mengkonsumsi minuman ringan.

Resep Minuman Ringan                                 

  1. Es batu
  2. Minuman sachet
  3. Soda
  4. Topping seperti mesis, biskuit, coklat dan lain lain

Cara Membuat Minuman Ringan

  1. Blender es batu dan minuman sachet kemudian tambahkan soda. Setelah itu tambahkan topping seperti mesis, biskuit coklat dan lain-lain.
  2. Masukkan minuman ringan ke dalam gelas plastik lalu tutup dengan plastik menggunakan mesin cup sealer.
  3. Kemudian buat tanggal kadaluarsa menggunakan mesin coding.
  4. Setelah itu masukkan minuman ke dalam kardus yang telah tersusun rapi kemas dengan Mesin Carton Sealer

Cara Memasarkan Minuman Ringan

Minuman ringan merupakan minuman yang pas dikonsumsi di setiap suasana. Baik suasana santai maupun formal. Anda bisa memasarkan minuman ringan ke warung, kantin sekolah atau kampus, pasar, tempat olahraga, tempat wisata bahkan di terminal bus. Biasanya harga jual beragam tergantung kualitas isi minuman ringan dan biasanya dijual mulai harga tiga ribu rupiah.

Berikut beberapa jenis mesin kemasan minuman yang diperlukan untuk mengemas minuman ringan

Mesin Cup Sealer

Mesin Kemasan Minuman

Merupakan mesin yang digunakan untuk menutup gelas plastik, sehingga bagian atas tertutup gelas plastik. Biasanya bisa kita temukan di pedagang minuman teh, jus, es dan lain-lain. Para pedagang lebih memilih mengemas dengan cup sealer dibandingkan dengan tutup cup biasa karena tutup cup biasanya mengalami kebocoran ketika dibawa atau dijinjing oleh pembelinya.

Selain itu mesin ini memiliki keunggulan dalam memudahkan dalam menghitung jumlah produksi cup, efektif untuk kalkulasi penjualan. Pemanasnya tahan lama sehingga bisa meningkatkan kapasitas produksi, proses otomasinya lebih cepat dan dirancang dan telah diuji prosesnya lebih cepat dan lebih banyak.

Mesin Cup Sealer sendiri memiliki beberapa tipe seperti

Manual, merupakan mesin cup sealer yang digunakan secara manual sehingga operator harus menggulung rol plastik, mencocokkan agar tepat di atas gelas dan untuk melakukan penyegelan sang operator harus menarik tuas untuk menurunkan pemanas. Kemudian setelah proses penyegelan operator harus menarik keluar dudukan gelas dan mengambil gelasnya secara manual.

Semi-Auto, mesin cup sealer ini dilengkapi dengan sensor yang bisa membaca kode plastik sehingga secara otomatis akan mengatur sehingga plastik bisa dengan presisi di atas cup. Untuk melakukan proses pengeselan operator harus menarik tuas untuk menurunkan pemanas. Meski semi otomatis, operator masih harus meletakan dan mengeluarkan cup secara manual.

Mesin cup sealer juga ditambahkan dengan digital counter sehingga bisa menghitung berapa jumlah cup yang telah diseal, dan memudahkan proses perekapan penjualan. Mesin ini lebih laris dibandingkan dengan mesin yang lain karena lebih murah dan menguntungkan secara signifikan.

Full-Otomatis, merupakan mesin minuman yang semua prosesnya bisa dilakukan secara otomatis karena operator hanya bisa melakukan kegiatan lainnya selama proses pengesealan dan cocok untuk kafe-kafe yang sibuk.

Mesin Capping

mesin kemasan minuman

Salah satu mesin yang bisa digunakan untuk mengemas minuman adalah mesin capping. Berbeda dengan mesin cup sealer yang digunakan untuk menutup gelas plastik. Mesin capping digunakan untuk mengemas minuman yang ditutup botol. Dengan mesin ini biasanya bisa mengemas secara cepat bersih dan efektif. Mesin bisa digunakan untuk menutup botol berbagai jenis baik botol beling maupun plastik.

Berbeda dengan cup sealer yang jika sudah dibuka tidak bisa disimpan kembali dengan mesin penutup botol ini meski minuman telah diminum namun masih bisa dikonsumsi kembali dan kualitasnya tetap terjamin. Jadi jika Anda ingin memulai bisnis dalam skala lebih besar lebih baik Anda menggunakan mesin kemasan minuman seperti capping dibandingkan dengan mesin cup sealer.

Mesin Coding

mesin kemasan minuman

Merupakan mesin kemasan minuman yang digunakan untuk mencetak tanggal atau kode kadaluarsa sesuai penyetelan.  Dengan mencantumkan tanggal kadaluarsa makan produk minuman Anda akan terjamin kualitasnya dibandingkan jika tidak menggunakan mesin coding. Mesin ini sangat cocok untuk minuman yang tidak tahan lama.

Model mesin coding ada beberapa seperti:

Mesin kode manual DY-6 atau DY 8, mesin yang biasanya digunakan untuk pengusaha UKM pemula karena selain harganya yang terjangkau juga mudah dalam pengoperasiannya. Mesin ini juga sudah dilengkapi dengan asesoris untuk mencetak kata-kata seperti EXP. MFG. Date dan juga kode angka 0-9 yang menggunakan tinta ribbon yang ekonomis.

Mesin Cetak Kode Semi Otomatis atau HP-280 , mesin kemasan minuman ini bisa digunakan secara otomatis dan manual. Jika diletakan di area pencetakan maka akan secara otomatis mencetak kode di plastik namun bisa juga dengan cara manual yang dilengkapi dengan pedal kaki.

Mesin Cetak Kode Otomatis atau MY-380, merupakan mesin cetak yang seperti mesin fotokopi yang akan mencetak kode secara otomatis dengan cepat. Caranya dengan meletakan tumpukan plastik yang akan dicetak di atas meja mesin.

Mesin ini cocok digunakan untuk semua permukaan jadi Anda bisa mencetak coding di berbagai jenis kemasan seperti plastik, kertas, almunium foil, metalized dan lain-lain. Selain itu mesin ini suhu pemanasnya yang terjaga berbeda dengan mesin pencetak kode lain. Mesin ini memiliki pemanas yang konstan dan tahan lama.

Mesin Carton Sealer

mesin kemasan minuman

Mesin ini salah satu mesin kemasan minuman yang digunakan untuk mengemas minuman yang akan disimpan dalam sebuah dus. Biasanya mesin ini digunakan untuk mengemas carton dengan cara melipat, membentuk carton atau kardus hingga penyegelan. Sehingga minuman yang sudah dikemas dan akan didistribusikan ke tempat yang selain lebih rapi tidak akan mengalami kerusakan seperti bocor atau dirusak oleh hewan pengerat sepertt tikus.

Keunggulan dari mesin ini lebih tahan lama dan kualitasnya lebih teruji, tidak makan tempat, lebih mudah dipindahkan dan dioperasikan. Dan didesain melebihi mesin sejenis dikelasnya sehingga memiliki hasil pengemasan yang lebih presisi dan rapi. Selain itu keunggulan lain dari mesin pengemas karton adalah memiliki 4 kaki yang memiliki roda sehingga bisa portable, bisa menggeser dan memindahkan mesin ke tempat yang diinginkan.

 

SHARE
20 tahun menjadi suplier mesin-mesin makanan dan kemasan berkualitas dengan harga terjangkau untuk segment UKM. Dapatkan mesin dan kemasan untuk Usaha Makanan Anda. Pemesanan dan konsultasi : Hunting: 021 623 20 700 Email: jakarta@wiratech.co.id

LEAVE A REPLY