Meraih Gelembung Untung dari Usaha Cuci Motor

Usaha cuci motor saat ini tidak bisa lagi dianggap remeh. Banyaknya pengguna motor di Indonesia, menjadikan usaha cuci motor memiliki peluang yang sangat besar. Apalagi, jika usaha cuci motor tersebut berada di perkotaan.

Seperti biasa, kesibukan adalah salah satu faktor penyebab adanya usaha cuci motor. Masyarakat yang sibuk dan enggan mencuci motor sendiri akhirnya memasrahkan motornya untuk dicuci di tempat steam motor. Hal tersebut tentu menjadi peluang besar bagi Anda yang tertarik membuka usaha cuci motor.

Baca Juga: Buka Bisnis Kecil-Kecilan Serta Cara Membuatnya dengan Untung Besar

Peluang Usaha Cuci Motor

Seperti yang dikatakan sebelumnya, usaha cuci motor bisa menjadi usaha yang sangat menjanjikan. Apalagi jika dijalankan saat musim hujan. Saat musim hujan, biasanya pemilik motor akan lebih sering mencuci motornya. Meski hanya mencuci, usaha ini tidak bisa dianggap remeh.

Ditambah lagi, usaha dibidang jasa cenderung memiliki banyak peminat karena sangat dibutuhkan masyarakat dan dianggap mampu memudahkan berbagai aktivitas mereka.

Cara Memulai Usaha Cuci Motor

Setiap membuka usaha apapun, Anda harus memperhatikan beberapa cara agar tidak terjadi kesalahan. Penting sekali bagi Anda untuk mengetahui caranya. Berikut hal yang harus Anda lakukan jika ingin menjalankan usaha cuci motor.

Modal

Modal usaha cuci motor tidaklah mahal karena hanya membutuhkan alat-alat sederhana. Dengan hanya berbekal satu set mesin dan alat pencuci motor, Anda bisa menjalankan usaha cuci motor.

Dilansir dari economu.okezone.com, dengan berbekal kurang dari tiga juta rupiah, Anda sudah bisa menjalankan usaha cuci motor sederhana.

Cari Lokasi Strategis

Dalam membuka usaha, lokasi yang strategis dapat dijadikan sebagai penentu keberhasilan sebuah bisnis. Bisnis yang berada dilokasi strategis akan memiliki banyak pelanggan dibandingkan dengan bisnis yang tempatnya tidak strategis.

Hal tersebut dikarenakan, lokasi yang strategis membuat sebuah bisnis menjadi lebih mudah dikenali, dan akhirnya membuat banyak pelanggan berdatangan.

Promosi

Selain untuk medapatkan lebih banyak keuntungan, promosi juga bisa dilakukan agar usaha cuci motor Anda dapat dikenal. Perkenalkan terlebih dahulu usaha Anda dan beri tahu di mana lokasi usaha cuci motor tersebut. Anda bisa melakukannya dengan cara menyebarkan brosur ditempat-tempat ramai yang tak jauh dari lokasi usaha cuci motor Anda.

Harga

Setiap usaha cuci motor tidak bisa menentukan harga yang sama. Penentuan harga bisa Anda buat berdasarkan modal dan lokasi usaha Anda. Biasanya, lokasi yang strategis akan membuat harga cuci motor menjadi mahal karena pelaku usaha harus membayar biaya sewa.

Tips Usaha Cuci Motor

Berikut beberapa tips usaha cuci motor yang bisa Anda tiru agar usaha Anda semakin berkembang

Suasana Tempat dan Ruang Tunggu yang Nyaman

Selagi motor pelanggan dicuci, mereka butuh tempat dan ruang tunggu yang nyaman. Setidaknya ruang tunggu yang Anda miliki harus bersih. Jika Anda memiliki modal lebih, Anda bisa menambahkan televisi atau menjual minuman agar pelanggan Anda tidak merasa bosan.

Kualitas Cucian Motor

Mencuci motor tidak bisa dilakukan asal-asalan. Apalagi jika yang Anda cuci adalah motor pelanggan. Kualitas hasil cucian sangat berpengaruh pada kepuasan pelanggan Anda.

Pelayanan yang Memuaskan

Pelayanan bukan hanya didapatkan dari hasil cucian motor. Sikap yang baik merupakan salah satu bentuk dari pelayanan yang baik.

Sebuah pelayanan sangat diperhitungkan dalam usaha yang bergerak dibidang jasa. Memberikan pelayanan yang baik juga merupakan salah satu bentuk promosi secara tidak langsung. Pelanggan akan tertarik untuk datang lagi jika Anda memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan.

Memilihi Karyawan yang Baik

Jika Anda memiliki beberapa karyawan, ada baiknya jika melakukan pelatihan terlebih dahulu agar bisa memahami tentang teknik pelayanan yang baik. Bukan hanya sekadar senyaman namun juga standar keramahan seperti melakukan penyambutan hingga mengucapkan terima kasih atas kedatangan pelanggan.

Hindari Persaingan Harga

Persaingan harga yang tidak diperhitungkan secara maksimal hanya akan membuat bisnis Anda merugi. Banyak usaha cuci steam motor yang akhirnya harus tutup karena mematok harga yang terlalu rendah sehingga tidak mendapatkan keuntungan apapun.

Waralaba Usaha Cuci Motor

Jika Anda menginkan usaha cuci motor yang jauh lebih besar dan sudah punya nama, Anda bisa membuka usaha dengan sistem waralaba. Sudah banyak pengusaha yang menawarkan kemitraan usaha. Jika Anda tertarik, berikut adalah beberapa waralaba usaha cuci motor

Bikermart

Pemilik bikermart ini telah membuka peluang untuk bermitra sejak tahun 2009. Kemitraan yang ditawarkan tidak hanya berada di pulau Jawa saja, namun menjangkau hingga pulau Sumatera dan Bali.

Motoclean

Menawarkan kemitraan sejak tahun 2010, motoclean kini telah memiliki lebih dari 37 mitra yang tersebar di Jawa, Medan, Denpasar, Lombok, dan Banjarmasin.

Baca Juga: 10 Tips Cara Menjadi Pemilik Usaha Milliarder di Era Millineal

Autofresh

Sama halnya dengan waralaba cuci motor lain, autofresh juga menawarkan harga sesuai dengan paket franchise yang Anda pilih

Membuka usaha cuci motor dengan sistem waralaba memang harus mengeluarkan modal yang lebih besar dibandingkan usaha cuci motor yang dimiliki sendiri. Namun, Anda tidak perlu repot berpromosi dari awal karena usaha cuci motor waralaba sudah memiliki nama dan banyak dikenal oleh masyarakat.

Usaha cuci motor akan terus berkembang karena adanya pertumbuhan masyarakat di Indonesia, yang akhirnya mempengaruhi jumlah kendaraan yang ada. Kebersihan kendaraan sudah dikatakan sebagai kebutuhan karena dianggap dapat menunjang penampilan.

SHARE

LEAVE A REPLY