Mau Terjun ke Bisnis Kerajinan Tangan, Tapi Kurang Ahli? Ini Solusinya

Kerajinan tangan adalah menciptakan suatu produk atau barang yang dilakukan oleh tangan dan memiliki fungsi pakai atau keindahan sehingga memiliki nilai jual. Untuk memenuhi fungsi pakai biasanya kerajinan tangan yang dibuat berupa barang-barang yang bisa digunakan oleh pemakainya, seperti tas, aksesoris, goody bag dan lainnya. Sedangkan kerajinan yang memiliki fungsi keindahan itu berupa barang-barang yang digunakan untuk menghias suatu ruangan atau benda, seperti halnya figura, bunga plastik buatan, vas dan lain sebagainya.

Biasanya semua kerajinan ini dipengaruhi oleh berbegai unsur seperti budaya, geografis dan sumber daya alamnya. Oleh karena itu jelas saja jika setiap kerajinan tangan di masing-masing daerah itu berbeda-beda. Contohnya kabupaten Jepara, Jawa Tengah yang terkenal dengan kerajinan ukirnya. Hal ini karena kesenian ukir di daerah tersebut sudah menjadi budaya sehingga secara ilmu-ilmu kerjainannya di berikan secara turun-temurun. Meskipun di berbagai daerah sudah banyak yang mengenal jenis kerajinan ini namun kebanyakan menanggap kerajinan ukir yang berkualitas adalah di Jepara. Ini membuat peluang usaha kerajinan tersebut pun berkembang di kota asalnya.

Manfaat Kerajinan Tangan

Bicara tentang kerajinan, siapa yang tidak mau memiliki keterampilan membuat kerajinan tangan. Bagi sebagian orang selain jadi sumber penghasilan, kerajinan tangan juga bertujuan untuk mengembangkan sikap, kreatifitas, dan kepekaan citra rasa yang akan membentuk diri kita lebih baik. Hal ini pun menjadi alasan mengapa banyak orang yang mengikuti berbagai kursus kerajinan tangan.

– Mengembangkan sikap diri

Membuat suatu kerajinan pastinya menutut kesabaran dan menuntut kita lebih aktif, ini lah mengapa kursus dapat mengembangkan sikap diri Anda. Di mana kita akan lebih sabar memecahkan segala sesuatu masalah. Mengapa begitu? Kami beri gambaran begini, anggap saja Anda sedang membuat suatu kerajinan ayaman bambu. Anda tentu tidak bisa membuatnya secepat kilat bukan? Perlu proses yang kadang kala Anda akan menemukan masalah entah itu dipertengahan Anda salah pola atau potongan bambunya tidak sama. Nah di sini menuntut kesabaran yang lebih bukan? dan tentunya menuntutnya untuk mencari jalan keluarnya. Begitu pula saat Anda menghadapi masalah di kehidupan. Anda akan lebih sabar dan bisa mencari jalan keluar dengan kreatif.

– Meningkatkan kreatifitas

Seperti yang kita ketahui kerajinan adalah kegiatan membuat sesuatu sehingga memiliki nilai jual. Bagaimana agar kerajinan itu memiliki nilai jual? Dengan menciptakan produk yang kreatif dan orginal sehingga orang lain ingin memilikinya. Maka dari itu dengan memiliki keterampilan membuat kerajinan tangan juga akan meningkatkan kreatifitas karena Anda akan selalu ingin memberikan inovasi-inovasi lain untuk pembeli pada karya Anda.

– Kepekaan cita rasa

Selanjutnya adalah akan meningkan kepekaan cita rasa Anda akan karya seni. Namanya sudah terjun di dunia ini pasti Anda akan memiliki cita rasa dalam menilai sebuah karya seni. Sehingga produk atau karya yang Anda buat pun akan lebih berkualitas karena kepakaan cita rasa Anda bertamabah.

Macam-macam Kerajinan Tangan

Semakin banyaknya kerajinan tangan yang memiliki nilai jual maka mulai banyak yang menjadikannya sebagai peluang usaha. Awalnya dari hobi lalu berubah menjadi sumber penghasilan. Berikut ini adalah macam-macam kerajinan tangan yang cukup menguntungkan untuk dijadikan usaha.

Kerajinan botol bekas

Ragam kerajinan tangan botol bekas membutuhkan kratifitas yang cukup tinggi. Pasalnya kita harus bisa mengolah barang yang sudah tidak dipakai yang secara nilai barang-barang tersebut sudah tidak laku lagi, jadi memiliki nilai jual. Botol-botol yang ada dipinggir jalan sejatinya bisa diolah seperti misalnya pot bunga dari botol bekas. Ini merupakan salah satu kerajinan yang paling mudah dibuat namun menuntut kreatifitas yang tinggi. Karena membentuk botol jadi seperti pot tanaman mini saja memang gampang, yang sulit adalah menghias botol pot itu. Nah, bila Anda punya keterampilan menggambar silahkan coba membuatnya.

Kerajinan tangan kain perca atau flanel

Untuk membuat kerajinan tangan ini selain harus kreatif juga dibutuhkan keahlian menjahit atau menyulam. Kain perca adalah bahan-bahan sisa yang sudah tidak terpakai, nayatanya ini bisa disulap menjadi barang-barang yang lucu dan unik, contohnya seperti kerajinan tangan bantal dari kain perca.

Kerajinan membuat aksesoris wanita

Aksesoris sudah menjadi hal penting bagi wanita sebab dapat meningkatkan kepercayadirian mereka, misalnya gelang dan kalung. Melihat moment ini maka banyak pelaku usaha yang mulai berbisnis si dunia aksesoris wanita, namun tidak semuanya memproduksi sendiri. Maka mereka membutuhkan orang yang bisa memproduksi aksesoris-aksesoris tersebut. Maka ini lah mengapa kerajinan mambuat aksesoris sangat banyak dilakoni.

Kerajinan bambu

Kerajinan ini tidak hanya anyaman saja tapi masih banyak lainnya contohnya furnitur dari bambu salah satunya adalah bingkai kaca dari bahan ini. Cara pembuatannya memerlukan keterampilan mengolah kayu. Di mana batang-batang bamboo terlebih dahulu dipotong dan dibentuk untuk dijadikan berbagai macam furniture rumah.

Tempat Kursus Kerajinan Tangan

Melihat cukup banyak peluang usaha dari kerajinan tangan ini banyak orang yang mulai menghadiri berbagai pelatihan kerajinan baik gratis maupun yang sampai merogoh kocek yang besar. Hal ini demi meningkatkan keterampilan yang mereka miliki. Ketertarikan untuk mengikuti pelatihan ini pun didasari tidak hanya karena ingin menjajal dunia usaha di bidang kerajinan tangan saja. Namun banyak juga yang beralasan karena tertarik dengan kerajinan yang ditawarkan yang hasilnya tidak untuk dijual namun malah jadi koleksi pribadi. Bahkan tujuannya ada yang cuma untuk hiburan diri. Jadi tidak selalu setelah mengikuti kursus ini harus memulai usaha. Berikut adalah tempat kursus kerajinan tangan yang bisa Anda ikuti.

W. S. Art Studio

Studia kerajinan tangan ini diperuntukan bagi wisatawan yang penasaran ingin mengetahui cara membuat kerajinan topeng batu dan kayu secara tradisonal di Bali. Dengan pengajar yang tentunya seniman dari bali para wisatawan dituntun cara memahat kayu yang benar sehingga membentuk seperti topeng. Untuk biaya yang dikeluarkan adalah Rp 380.000.

Crayons Craft

Yoyong pendiri kursus ini memberikan pelatihan kerajinan tangan untuk masyarakat Bandung. Untuk program kursusnya sendiri Crayonscraft payet, merajut, maupun membuat haisan dari clay. Materi pelatihan akan disampaikan oleh tenaga-tenaga pelatih yang professional.

Piet’s Art

Merupakan kursus yang didirikan oleh pengusaha kerajinan clay (adonan tepung) Petra Dewi Handayani asal Surabaya. Peserta pelatihan akan diajarkan bagaimana cara membuat miniature-minatur lucu dengan adonan tepung dan diharapkan setelah mengikuti kursus peserta bisa memulai usaha kerajinan clay sendiri. Untuk biayanya peserta harus merogoh kocek sebesar Rp 400 ribu.

Rumah Tanah Liat Citra

Merupakan kursus membuat keramik yang berlokasi di Taman Makam Bahagia ABRI, Pondok Aren, Bintaro, Tanggerang Selatan, Banten. Selain orang dewasa, anak-anak juga bisa mengikuti pelatihan ini dan dibimbing menggunakan meja putar, cetakan, serta membentuk langsung dengan tangan. Untuk satu orang peserta dikenakan biaya Rp 80.000 per orang sudah termasuk bahan-bahan. Kursus akan didampingi oleh instruktur mulai dari proses pembentukan sampai pembakarannya.

Micky Mocko

Toko rajut Micky Mocko yang bertempat di bilangan Tebet Barat Dalam, Jakarta Selatan menyedikan kursus merajut untuk semua kalangan yang ingin belajar. Kursus tersebut dijadwalkan pada hari Senin hingga Jumat mulai dari jam 11 siang hingga 3 sore. Untuk materinya sendiri, peserta akan mendapatkan ilmu tentang bagaimana membuat syal, boneka atau hiasan-hiasan rajutan lainnya. Biaya yang harus dikeluarkan oleh peserta sebesar Rp 550 ribu untuk empat kali pertemuan. Micky Mocko juga hadir di daerah Blok M dan kursus merajut di sini tersedia pada Selasa, Kamis, Jumat, dan Sabtu.

The Hand Crafter

Adalah kursus kerajinan tangan rajut yang bisa Anda temukan di Lippo Mall Puri St. Mortiz, Jakarta Barat. Di sana Anda akan mendapatkan pelatihan membuat boneka-boneka lucu yang berbahan dasar benang wool. Semakin populernya kerajinan tangan asal Jepang ini di Indonesia maka menarik Linawati Santoso Pemilik sekaligus pengrajin felt wool ini mendirikan toko sekaligus pelatihan bagi pelanggan yang penasaran ingin mencoba membuatnya. Biaya yang harus dikeluarkan mulai dari Rp 300 ribu per 3 kali pertemuan sampai Rp 550 ribu untuk 6 kali pertemuan. Namun biaya ini diluar dari biaya benang dan jarum rajutnya.

Koleksi Kikie

Di sini Anda bisa belajar membuat aksesoris bertempat di Rungkut Asri Barat 14, Surabaya. Workshop ini menyediakan berbagai jenis pelatihan membuat aksesoris, yaitu paket kursus dasar membuat kalung, gelang dan anting-anting untuk pemula dan ada paket khusus untuk kategori mahir. Di mana untuk pemula akan diajarkan teknik-tenik dasar membuat aksesoris-aksesoris tersebut. Biaya yang dikenakan mulai dari Rp 150 ribu sampai Rp 200 ribu untuk satu kali pertemuan.

Plaza D’art

Selain Piet’s Art, PlazaD’art juga menyediakan worksop clay membuat adonan terigu berbentuk karakter, buah-buhan bahkan barang-barang lainnya. Kursus ini berlokasi di Pakuwon Trade Center, Surabaya. Tersedia 2 paket pelatihan dengan biaya yang berbeda. Paket 1 dikenakan biaya sebesar Rp 275 ribu untuk 15 jam pertemuan dan paket 2 dengan biaya Rp 450 ribu untuk 25 jam pertemuan. Keduanya belum termasuk biaya pembelian bahan.

Tips bisnis kerajinan tangan

Jika kemampuan kerajinan Anda sudah mumpuni untuk membuka usaha handicraft cobalah mulai dengan skala yang lebih kecil terlebih dahulu. Namun bila Anda berani untuk menaruh investasi yang lebih silahkan asal Anda sudah mempertimbangkan berbagai macam resikonya. Nah, untuk pemasarannya paling mudah dengan menggunakan media sosial, misalnya Facebook dan Instagram.

Meskipun banyak media sosial namun kedua platform ini lebih banyak dipilih untuk memasarkan produk. Selain lebih bayak penggunannya, kedua media sosial ini bisa lebih meonjolkan produk dengan cara mengupload gambar produk-produk kita. Jadi konsumen bisa melihat gambar produknya terlebih dahulu sebelum memesan. Maka dari itu, jangan lupa foto produk Anda semenarik mungkin agar konsumen lebih tertarik. Selain itu, selalu berikan deskripsi produk, dan juga contact person agar konsumen bisa menghubungi Anda untuk melakukan pemesanan.

LEAVE A REPLY