Apa Manfaat dan Kelebihan Mewaralabakan Usaha

Anda mempunyai bisnis sendiri dan beraharap profitable? Tentunya membuka peluang franchise sendiri bisa memberikan manfaat lebih untuk Anda. Mengapa ? Selain membawa keuntungan, bisnis franchise terutama franchise makanan atau minuman ternyata bisa memperluas pasar bisnis yang Anda punya. Menarik bukan?

Apalagi franchisor atau pemiliki franchise akan memberikan panduan lengkap terhadap pembeli franchise atau franchisee. Ini akan memudahkan franchisor untuk menggerakan niat yang sama terhadap usahanya. Lalu, apa lagi manfaat lain yang bisa didapatkan seorang franchisor? Berikut beberapa keuntungan sistem waralaba untuk seorang pemilik franchise?

Kelebihan Membuka Usaha Waralaba untuk Franchisor

Dapat Memperluas Usaha dengan Mudah dan Cepat dibandingkan menumbuhkan usaha sendirian.

Sebagai seorang pengusaha, pastinya kita ingin memperluas usaha kita dengan cepat tuk mempromosikan produk kita secara meluas. Bagaimana cara memperluasnya? Ya, membuat franchise adalah salah satu jawabannya. Daripada berusaha membuka cabang sendiri, dengan mode kerjasama ini pastinya usaha Anda akan lebih cepat dan mudah berkembang ke daerah lainnya.

Menggunakan Modal Orang Kedua sebagai Cara Mengembangkan Bisnis

Ingin memperluas bisnis usaha tapi belum punya modal? Memang masih ada peminjaman kredit pada layanan keuangan, tetapi dengan membuka bisnis waralaba ini Anda tidak perlu lagi berhutang. Karena Anda menggunakan modal kerjasama dengan pihak pembeli franchisee. Anda akan sama-sama untung dan tidak ada yang rugi.

Dapat Memberikan Keuntungan Baru

Selain mendapatkan modal dari franchisee, Anda juga bisa mendapat keuntungan lain dengan menggunakan sistem pembayaran fee, royalty, atau biaya pelatihan. Walaupun memang terbilang menguntungkan, banyak franchisor yang tidak menggunakan pembayaran ini sebagai salah satu keuntungan dan penarik perhatian franchisee.

Kemungkinan Kerugian akan Lebih Kecil

Jika Anda menggunakan sistem kerjasama usaha atau waralaba ini, Anda akan memiliki potensi kerugian yang lebih sedikit daripada membuka usaha sendiri. Karena bisnis franchise membawa franchisor dan franchisee untuk bekerjasama pada suatu tujuan yang sama yang sama-sama menguntungkan bagi masing-masing pihak.

Keuntungan Membuka Peluang Waralaba untuk Franchisee

Langsung Mendapatkan Bisnis yang Sudah Teroganisir dengan Baik tanpa Harus Membangun Bisnis dari Awal

Anda ingin mempunyai bisnis tapi belum tahu bagaimana caranya? Tentunya dengan berkerjasama dengan franchisor ini Anda tidak perlu khawatir lagi. Karena semua manejemen hingga pembuatan bahan akan disediakan oleh pihak franchisor. Outlet pun akan disediakan juga. Anda hanya perlu memberikan sedikit modal serta tempat yang strategis, dan Anda langsung bisa membuka bisnis sendiri.

Tidak Perlu Repot Memikirkan Pasar

Pasar memang hal penting untuk sebuah usaha apalagi jika usahanya masih baru dibuat. Pastinya Anda harus menggunakan strategi promosi yang optimal untuk memasarkan produk Anda. Hal ini tidak perlu Anda khawatirkan jika Anda bekerjasama dengan sebuah franchise. Mengapa demikian?

Karena sebuah franchise adalah sebuah badan usaha yang memiliki sistem bisnis dengan ciri usaha dalam rangka memasarkan barang atau jasa yang telah terbukti dan berhasil serta dapat dimanfaatkan oleh pihak lain sesuai perjanjian waralaba menurut PP 42/2007 yang dilansir dalam finansialku.com. Jadi, Anda tidak perlu repot memikirkan pasar. Cukup pikirkan modal serta penjualannya agar sama-sama untung dari pihak franchisor ataupun franchisee.

Mendapatkan Kemudahan Akses Pendanaan dari Perbankan yang dibantu Franchisor

Seorang franchisor juga akan memberikan akses peminjaman modal yang mudah karena sudah mempunyai izin dari pemerintah. Ini adalah solusi untuk Anda yang kesulitan mendapatkan modal tetapi tidak mempunyai jaminan. Anda bisa mendapatkan kerjasama dengan pihak perbankan dengan nama bisnis dari pemilik franchise atau franchisor.

Mengurangi Potensi Kerugian

Kerugian memang akan selalu ada karena untuk mencapai kesuksesan perlu adanya siklus naik dan turun sebagai penguat usaha kita. Tetapi membeli sebuah franchise akan memperkecil kerugian Anda karena Anda bekerjasama dengan franchisor yang memiliki tujuan yang sama. Pastinya Anda akan diberikan masukkan ataupun pelatihan yang terorganisir untuk membuat bisnis yang Anda inginkan.

Bagaimana jika Anda tidak menyukai tujuan yang dimiliki oleh franchisor? Nah itulah mengapa sebelum Anda memilih sebuah franchise, pastikan Anda mengetahui minat atau passion yang Anda miliki. Karena untuk berusaha terhadap sesuatu, Anda memerlukan rasa atau minat yang penuh untuk mencapai kesuksesan yang sama.

Tentunya masih banyak manfaat membuka peluang franchise atau waralaba bagi franchisor dan franchisee. Keduanya sama-sama menggunakan simbiosis mutualisme yang berarti sangat menguntungkan. Pastikan niat yang Anda miliki sama dengan passion yang Anda punya agar bisnis Anda akan lancar sesuai dengan yang ditujukan.

SHARE

LEAVE A REPLY