Manajemen SDM untuk UKM Sukses

manajemen sdm untuk ukm

Selain produk yang baik, SDM (Sumber Daya Manusia) yang mumpuni juga menjadi hal penentu kesuksesan usaha. Untuk itu dibutuhkan Manajemen SDM untuk UKM yang baik sehingga masing-masing individu yang dipilih dapat berkontribusi yang berarti bagi UKM.

Manajemen SDM merupakan sekumpulan rencana pengembangan, perbaikan dan evaluasi karyawan agar menjadi lebih baik. Dengan kinerja karyawan yang lebih baik, bisnis yang kecil pun bisa memberikan hasil yang besar. Namun untuk mencapai tujuan itu, diperlukan Manajemen SDM untuk UKM yang baik dan terarah.

Umumnya, Manajemen SDM untuk UKM menggunakan pola langkah berikut:

  1. Seleksi
  2. Rekrutmen
  3. Pelatihan
  4. Pemberian upah

Tidak ada yang salah dengan pola manajemen di atas. Namun, saat usaha sudah mulai berkembang, tentu pola di atas tidak dapat digunakan lagi. Penambahan jumlah karyawan membuat Anda harus berpikir untuk mempekerjakan yang terbaik. Masalahnya, bagaimana harus memulai perbaikan manajemen SDM?

Tidak perlu bingung, kami sudah menyiapkan beberapa langkah yang dapat Anda aplikasikan pada Manajemen SDM untuk UKM Anda.

Langkah pertama: Susun struktur organisasi UKM

Saat usaha mulai berkembang, Anda harus mulai membenahi struktur organisasi Anda. Mulailah dari penunjukkan posisi-posisi penting seperti koornidator produksi, staff produksi, bendahara dan lainnya. Pilihlah karyawan yang memang cakap dalam mengisi posisi koordinator. Berikan kepercayaan secara lisan agar mereka merasa bertanggung jawab dan meningkatkan loyalitas mereka kepada Anda.

Langkah kedua: Mulailah proses seleksi dan rekrutmen anggota baru

Ketika karyawan-karyawan lama sudah menduduki posisi-posisi yang lebih tinggi, Anda memerlukan anggota baru. Lakukan seleksi, jangan sampai Anda merekrut karyawan asal-asalan jika ingin usaha tetap berjalan dengan sukses. Perhatikan karakter setiap calon karyawan, pilihlah karyawan yang memiliki komitmen dan keinginan belajar hal baru.

Langkah ketiga: Buatlah sesi pelatihan dan pengembangan untuk semua karyawan

Jangan menganggap remeh sesi pelatihan dan pengembangan. Sesi ini dapat memberikan pengetahuan yang lebih matang kepada para karyawan. Dengan hal ini, mereka memiliki modal pengetahuan yang memadai untuk membantu Anda menjalankan bisnis Anda. Selain itu, mereka juga dapat meningkatkan kekompakan mereka sebagai sebuah tim yang berujung pada peningkatan performa mereka.

Langkah keempat: Buatlah aturan, prosedur dan kebijakan perusahaan

Untuk memperbesar kerajaan bisnis Anda, mulailah bertindak sebagai sebuah perusahaan besar. Buatlah aturan-aturan yang jelas seperti jam operasional dan tata tertib yang harus ditaati. Jangan lupa untuk membuat kebijakan perusahaan yang bermanfaat bagi karyawan. Contohnya, fasilitas berupa asuransi, bonus dan insentif berdasarkan performa.

Langkah kelima: Berikan upah yang masuk akal

Tidak dapat dipungkiri upah adalah hal krusial dalam menjaga loyalitas karyawan. Sesuaikan upah dengan tanggung jawab pekerjaan mereka masing-masing. Usahakan agar pemberian upah dapat memuaskan kedua belah pihak. Upah yang diterima haruslah cukup untuk memenuhi kebutuhan karyawan, dan tidak memberatkan Anda sebagai pihak yang mengupah.

Langkah keenam: Lakukan evaluasi Manajemen SDM untuk UKM setiap beberapa bulan sekali

Evaluasi kinerja setiap karyawan untuk mengetahui efektifitas mereka dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. Tugas Andalah sebagai pemimpin untuk mempelajari hasil kerja masing-masing karyawan. Berikan apresiasi terhadap karyawan yang berprestasi, sebaliknya, bimbing kembali karyawan yang kurang berprestasi.

Dengan manajemen SDM yang baik, loyalitas dan komitmen karyawan akan tetap terjaga. Hal ini akan membantu bisnis UKM agar tidak terlalu sering mengganti karyawannya. Kualitas SDM mencerminkan bisnis yang Anda geluti, jadi ayo fokus memperbaiki SDM Anda!

LEAVE A REPLY