Mau Bisnis Untung Besar dan Tidak Rugi, Berikut Kumpulan Tips dan Inspirasi Pengusaha Sukses

Ketika bisnis sudah berjalan, yang selanjutnya dipikirkan adalah bagaimana agar menghasilkan untung yang besar dan tidak rugi. Karena keuntungan dan kerugian bagaikan dua mata uang yang tak terpisahkan. Ketika bisnis untung besar dan tidak rugi kemungkinan bisnis akan bertahan dan berkembang. Namun sebaliknya, jika itu tidak berhasil maka kemungkinan akan gulung tikar.

Berikut Kumpulan Nasehat dari Pengusaha Sukses Agar Bisnis Untung Besar dan Tidak Rugi

Jangan Pernah Kehilangan Fokus

Berbisnis harus fokus sehingga jangan pernah kehilangan fokus seperti yang diajarkan Mark Pincus, Co Founder dan CEO Zynga. Dia mencurahkan waktu untuk fokus pada pekerjaannya. Mark mengatakan bahwa, jika kamu ingin membuat satu produk maka curahkanlah 50% untuk menyelesaikannya. Dan jangan pernah menerima ajakan pertemuan jika belum selesai.

Manajemen yang baik

Setiap orang memiliki waktu yang sama yaitu satu hari. Tapi mengapa ada yang sukses dan ada yang tidak sukses. Ternyata para pengusaha yang sukses memiliki manajemen yang baik. Karena seberapa pun modal Anda untuk membuka usaha, seberapa pun besar usaha Anda maka akan bangkrut tanpa adanya manajemen yang baik.

Hal tersebut yang dipegang oleh Steve Jobs, salah satu pengusaha terkaya di dunia. Dia selalu menyusun jadwal untuk membuat harinya menjadi produktif. Richard Branson CEO The Virgin Group misalnya, yang selalu membawa notebook ke mana saja. Sehingga jika dia memiliki ide tidak menuliskannya di malam hari karena ide tersebut akan hilang namun langsung dituliskan.

Orang terkaya di dunia, Warren Buffet pun mengatakan bahwa bedanya orang sukses dan tidak sukses terletak pada manajemennya. Orang tidak sukses sering menumpuk pekerjaannya sehingga dia bingung mana yang harus dikerjakan dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Sementara orang sukses karena manajemen yang baik dia bisa menentukan prioritas dan sehingga tahu mana yang terlebih dahulu dilakukan.

Jadilah Pemimpin yang Menginspirasi

Menjadi pemimpin apalagi yang sudah banyak anak buahnya tentunya harus menginspirasi. Agar para karyawannya merasa pemimpinnya adalah teladan yang baik dan perlu dicontoh. Jika  menjadi pemimpin justru memberikan perilaku yang tidak baik, maka anak buah akan mencari sosok teladan lain.

Bahkan parahnya lagi, mungkin saja karyawan yang tidak suka dengan cara Anda memimpin akan menjatuhakan nama Anda di depan anak buah lainnya. Di mana ini bisa saja membawa pengaruh buruk untuk perusahaan Anda. Satu persatu karyawan berguguran seiring dengan semakin merebaknya kabar buruknya reputasi Anda.

Hal ini baru di lingkungan kantor, bagaimana bila kabar burung sampai ke telinga kompetitor Anda? Kekurangan diri dan perusahaan yang Anda rintis bisa saja memberikan peluang kompetitor untuk menemukan kelemahan bisnis Anda. Lain halnya jika Anda adalah pemimpin yang menginspirasi meski dia sudah pindah ke perusahaan lain, dia tak akan mengumbar kecacatan Anda.

Partner adalah Harta yang Berharga

Hal yang paling dipertimbangkan dalam sebuah bisnis adalah partner kerja. Tanpa partner bisnis yang tepat, maka bisnis Anda akan bingung menentukan arah bisnisnya. Namun untuk mencari partner bisnis tidak sesederhana itu. Anda harus melihat latar belakangnya apakah dia ada riwayat kriminal seperti mencuri atau korupsi. Ini dilakukan untuk mencegah kerugian yang tak diinginkan ketika Anda tak bisa mengontrolnya.

Karena peran partner bisnis sangat penting dalam bisnis, untuk itu temukanlah orang yang dapat dipercaya, memiliki loyalitas tinggi, dan cari yang networkingnya berbeda dengan Anda agar bisnis lebih berkembang.

Bergurulah Kepada Siapa Saja Termasuk Pesaing Kita

Kebanyakan orang sudah merasa puas dengan bisnisnya. Padahal jika ingin bisnis untung besar dan tidak rugi, bisa saja didapatkan dengan cara yang lebih. Namun karena kita tak tahu apa kekurangan kita cepat berpuas diri. Padahal tak selalu bisnis untung besar dan tidak rugi. Dengan berguru kepada mereka kita bisa diberitahu apa kekurangan kita dan memperbaikinya.

Jangan Gunakan Kartu Kredit dan Pinjaman Bank

Cara Memulai Usaha

Orang terkaya nomor dua di dunia mengatakan bahwa, jauhkanlah dirimu dari pinjaman bank atau kartu kredit. Dia pun mengajarkan untuk tidak berhutang hanya untuk membeli kebutuhan tersier. Begitu juga ketika berbisnis, tak perlu membesarkan bisnis Anda dengan meminjam dana tambahan ke bank. Gunakanlah keuntungan bisnis dalam upaya untuk melebarkan bisnis Anda.

Baca juga: http://peluang bisnis trend 2018

Selain itu untuk menambah fasilitas bisnis misalnya mesin atau teknologi lainnya, tak perlu menggunakan kartu kredit. Justru setiap bulannya penghasilan dari bisnis Anda akan terpotong untuk membayar bunganya.

Disiplin Dalam Berbisnis

Cara Memulai Usaha

Disiplinlah dalam berbisnis, dengan disiplin maka manajemen bisnis Anda akan baik. Dengan begitu perkembangan bisnismu semakin baik. Masalah disiplin memang tidak bisa dipaksakan. Tidak bisa diajarkan dan hanya lahir dari kesadaran diri sendiri. Itulah yang dipegang oleh Pandji Pragiwaksno, pemilik Indiepreneur.

Bertanyalah Pada Orang yang di Atas Rata-Rata

Cara Memulai UsahaJika Anda ingin sukses, maka bertanyalah kepada orang yang di atas rata-rata. Dengan begitu Anda akan mendapatkan ilmunya, itulah tips dari Tung Desem Waringin agar bisnis untung besar dan tidak rugi. Dengan bertanya pada orang yang lebih sukses dan mendengarkan nasehat mereka, maka Anda akan mendapatkan relasi baru.

Jika Profit Semakin Tipis Jangan Naikkan Harga Tapi Evaluasi Pengeluaran yang Tidak Pada Tempatnya

Jika ternyata keuntungan bisnis Anda mengalami penurunan. Jangan sampai menaikkan harga, justru akan membuat Anda kehilangan pelanggan. Coba evaluasi ulang pengeluaran apa yang tidak pada tempatnya. Jika setelah dievaluasi memang benar ada pengeluaran yang mesti dikurangi, maka kurangilah. Itu bisa membuat bisnis untung dan tidak rugi.

Bangkit dari Kegagalan

Cara Memulai Usaha

Meski terkesan klise, namun hal itu banyak diterapkan oleh pengusaha-pengusaha sukses baik di Indonesia maupun di dunia. Harus bangkit meski bangkit dari kegagalan. Tak boleh trauma meski mengalami kegagalan yang berulang-ulang. Chairul Tanjung, pemilik CT Corps mengatakan “Gagal itu makanan sehari-hari. Itu biasa, yang penting bagaimana menyikapinya. Evaluasi, Bangkit. Gagal lagi? Bangkit lagi.

Baca juga : Daftar Lengkap 20 Orang Terkaya di Indonesia 2017 versi Forbes, Bakrie Tidak Termasuk

Jika sudah memilih untuk menjadi pengusaha, maka harus tahan banting dan tak boleh menyerah pada kegagalan. Mencoba berulang-ulang hingga kamu bisa mendapatkan kesuksesan seperti yang diinginkan.

Jangan Hanya Menjadi Pengusaha yang Mencari Uang. Setiap pengusaha pasti ingin bisnisnya untung besar dan tidak rugi. Namun bukan berarti fokus utama kita adalah keuntungan. Sehingga yang di otak kita adalah untung, untung, dan untung. Bahkan setelah gagal, kita bisa memulai kesempatan lagi dengan lebih cerdik. Itulah yang dikatakan oleh Henry Ford.

Jujur dan Kepercayaan adalah Modal

Cara Memulai Usaha

Chairul Tanjung pengusaha yang masuk ke dalam 5 orang terkaya di Indonesia, memberikan tips kepada para pebisnis agar bisnis untung besar dan tidak rugi. Karena jujur dan kepercayaan adalah sebuah modal. Tanamkanlah sifat yang jujur. Dengan sifat itu, Anda bisa mendapatkan kepercayaan dari semua pihak.

Dan tentunya klien akan merasa senang jika bekerja sama dengan pengusaha sukses yang jujur. Mereka akan kembali lagi untuk menggunakan barang atau jasa dari pengusaha yang selalu jujur. Sekali saja kita berbohong, maka pelanggan tak akan percaya selamanya dan ragu untuk membeli kembali barang kita.

Think Outside The Box

Cara Memulai Usaha

Berpikir dari sudut pandang yang berbeda merupakan salah satu cara yang diambil oleh para pengusaha. Jadi berpikir yang berbeda dengan orang lain sehingga dia kreatif, tidak menjiplak. Dengan begitu, Anda menjadi orang yang berbeda. Lalu bagaimana agar bisa berpikir seperti itu. Anda harus keluar zona nyaman. Dan tak semua orang bisa melakukan hal tersebut. Sehingga beranikan menjadi orang yang unik.

Jalani Bisnis dengan Serius

Cara Memulai Usaha

Kalau bisnis sudah jadi jalan hidup maka harus dijalani dengan serius. Supaya hasilnya maknyus. Dan jangan dijalankan asal-asalan, nanti  membuat kantong pas-pasan. Itulah yang dikatakan dari pebisnis Indonesia, yaitu Dewa Eka Prayoga, dia pun mengatakan bahwa, hasil maksimal dari sebuah bisnis hanya didapat dari action yang maksimal.

Jangan Berhenti Belajar

Cara Memulai Usaha

Edvan M. Kautsar, mengatakan jangan pernah berhenti belajar untuk menjadi orang yang bijak. Karena setiap pilihan kehidupanmu akan ditentukan oleh kebijakanmu. Bob Sadino pun mengajarkan yang sama, meski sudah sukses menjadi pengusaha, dia tetap mau mendengar ilmu dari orang yang baru. Dia mengatakan bahwa, setiap bertemu dengan orang yang baru, dia akan mengosongkan gelas.

Kamu Membutuhkan Orang yang Baik Untuk Menemani

Cara Memulai Usaha

You need the right people with you not the best people. Kamu membutuhkan orang yang tepat untuk menemanimu, bukan orang yang terbaik. Itulah kata yang diusung oleh Jack Ma. Karena seorang partner atau seorang karyawan yang dibutuhkan untuk membantu bisnis mu berkembang, bukanlah orang yang terbaik namun orang yang tepat. Dia tidak akan melakukan hal-hal yang curang sehingga membuat bisnis yang Anda rintis hancur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here