Pentingnya Kualitas Pelayanan dalam Mengembangkan Suatu Bisnis

Kualitas pelayanan merupakan salah satu strategi marketing yang paling efektif untuk mengembangkan dan mempertahankan suatu bisnis. Hal ini tentu akan sangat mempengaruhi keputusan pelanggan agar tetap menggunakan layanan jasa atau produk yang ditawarkan dimasa yang akan datang.

Tidak hanya itu, dengan memberikan kualitas pelayanan terbaik akan tercipta pelanggan loyal yang biasanya akan memberikan rekomendasi kepada orang terdekatnya bahkan kepada orang yang baru dikenal untuk menggunakan jasa atau produk yang Anda tawarkan.

Baca Juga: Tips Bisnis Online: Tips Memilih Smartphone untuk Menunjang Bisnis Daring

Dengan begitu, Anda selaku pelaku bisnis akan merasa sangat diuntungkan karena dapat menghemat cukup biaya promosi.

Cara Meningkatkan Kualitas Pelayanan dalam Bisnis

Tapi untuk membuat pelayanan yang bagus dalam bisnis tidaklah mudah. Dibutuhkan strategi-strategi khusus untuk bisa menciptakan kualitas pelayanan yang mampu membuat bisnis Anda berkembang. Berikut cara tepat yang harus Anda lakukan

Berikan Pelayanan Cepat dan Tanggap

Pelayanan yang tidak cepat menandakan Anda belum siap menghadapi pelanggan. Hal ini akan menjadi nilai pelayanan yang sangat buruk dihadapan pelanggan.

Tidak hanya cepat, pelayanan yang diberikan pun harus tanggap. Tanggap dalam artian apa yang Anda sampaikan harus sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pelanggan. Jangan asal cepat tetapi tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pelanggan.

Dengarkan Keluhan Pelanggan

Mendengarkan keluhan pelanggan merupakan salah satu kegiatan yang cukup sulit untuk dilakukan. Seorang pelanggan yang menyampaikan keluhan sebenarnya sedang memberikan kesempatan kepada Anda sebagai pelaku binis untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Anda cukup mendengarkan pelanggan tersebut dengan penuh perhatian agar mereka merasa dihargai. Setelah pelanggan selesai menyampaikan keluhannya, cobalah berikan tanggapan yang baik dan solusi yang menjawab kebutuhan mereka.

Menjaga Kesabaran

Kesabaran itu ada batasnya. Itulah salah satu ungkapan yang banyak digunakan ketika kita merasa tersudut dan sudah tidak sanggup untuk mengahadapi suatu keadaan.

Di dalam menghadapi pelanggan, kesabaran itu sangat penting. Jangan sampai Anda terpancing emosi sehingga mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas untuk didengar. Hal inilah yang nantinya akan memperburuk keadaan menjadi lebih rumit, sehingga memberikan kesan citra negatif di mata para pelanggan.

Dalam menanggapi keluhan pelanggan, cobalah hadapi dengan pikiran yang jernih. Karena dengan pemikiran yang jernih nantinya akan menghasilkan suatu hal yang positif.

Menjaga Kesopanan

Sikap sopan dan satun di dalam dunia bisnis juga sangat penting untuk diterapkan dan tentunya akan meningkat kualitas pelayanan di mata para pelanggan. Kesopanan harus selalu di kedepankan, walaupun yang dihadapi adalah pelanggan yang membuat Anda kesal.

Pelayanan prima tentunya akan menciptakan hubungan yang baik dengan para pelanggan maupun mitra bisnis, dengan begitu reputasi Anda sebagai pelaku bisnis akan naik dan selalu diingat.

Mencari Solusi Tepat

Keluhan pelanggan biasanya datang dari mereka yang merasa tidak puas atau dirugikan dengan kualitas pelayanan yang diberikan.

Menangani keluhan pelanggan belumlah selesai sampai Anda benar-benar menerapkan solusi yang tepat atas keluhan yang disampaikan. Oleh karena itu, Anda harus bisa memberikan solusi yang baik kepada pelanggan sehingga kedua belah pihak tidak ada yang dirugikan baik materiil maupun non materiil.

Akui kesalahan

Akuilah jika Anda memang melakukan kesalahan. Jika ada pelanggan yang merasa dirugikan, maka segeralah berikan solusi.

Dan jangan lupa untuk segera meminta maaf atas ketidaknyamanan yang telah disebabkan oleh kesalahan tersebut. Dengan begitu, Anda dapat mengembalikan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis yang Anda jalankan.

Baca Juga: 5 Usaha Tanpa Modal Kekinian dengan Memanfaatkan Internet

Keluhan dari pelanggan merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap bisnis. Yang terpenting adalah kesungguhan Anda dalam menangani keluhan tersebut dan memastikan bahwa kesalahan serupa tak terjadi lagi

Minta Feedback dari Pelanggan

Feedback memiliki peran yang penting dalam keberlangsungan sebuah bisnis. Dengan adanya feedback, Anda bisa mengetahui sejauh mana pelayanan yang sudah Anda berikan kepada pelanggan, apakah sudah baik atau masih ada kekurangan. Mintalah pelanggan memberikan feedback atas pelayanan yang telah diberikan oleh Anda.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan bisnis Anda. Salah satu keuntungan dari meningkatkan pelayanan adalah bertambahnya pelanggan yang bisa membuat profit bisnis yang Anda jalankan ikut bertambah.

Semoga bermanfaat.

SHARE

LEAVE A REPLY