Daftar Kompetisi Bisnis 2017-2018 Untuk Mengembangkan Usaha & Ide Bisnis

Kompetisi Bisnis 2017-2018

Ajang kompetisi bisnis memang sangat menarik apalagi bagi mereka yang memiliki karya. Dengan sebuah kompetisi maka karya tersebut akan diberikan apresiasi. Baik dalam bentuk materi, penghargaan maupun pengembangan. Bagi Anda yang memiliki karya tak ada salahnya mengikuti kompetisi bisnis 2017-2018. Sebelum kita ke jenis-jenis kompetisi bisnis  ada baiknya Anda menyimak tips agar bisa lolos lomba business plan 2017-2018. Berikut Caranya

  1. Ide Bisnis yang Dilombakan Adalah yang Inovatif dan Kreatif
  2. Memiliki kemampuan Analisa Pasar dan Perencanaan, pemasaran,
  3. Memiliki keunggulan strategi penjualan
  4. Pemahaman Aspek Keuangan
  5. Potensi Pengembangan Bisnis
  6. Personalitity dan Lingkungan sosial peserta

Apa saja sayembara Bisnis 2017-2018 yang bisa Anda ikuti, berikut listnya :

The Big Start Indonesia

Kompetisi Bisnis 2017-2018

Kompetisi Bisnis ini merupakan sebuah creativpreneur webseries reality show pertama di Indonesia. Kompetisi ini tak fokus pada pemberdayaan para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) namun juga para penggerak industri kreatif di Indonesia.

Baca Juga : 10 Ide Usaha Kreatif dan Unik ini Terbukti Menghasilkan Banyak Duit. Yuk Coba!

Perlombaan ini pertama kali dicanangkan oleh Blibli.com pada tahun tahun 2016. Berarti ini kedua kalinya kompetisi akan dilaksanakan. The Big Start Indonesia sendiri memiliki misi menanamkan jia inovasi dan kreativitas dengan memberikan pengetahuan, pelatihan, modal, network, dan suber daya yang dibutuhkan oleh para UKM peserta program The Big Start Indonesia. Konsep acara Big Start sendiri dikemas dalam bentuk kompetisi yang berisikan beragam tantangan mendidik, menantang dan tentu saja menghibur sehingga cocok ditonton untuk semua kalangan masyarakat.

Bagaimana cara mendaftar kompetisi The Big Start Indonesia?

  1. Akses situs thebigstart.blibli.com kemudian klik tombol Daftar/login yang ada di pojok atas kanan atas.
  2. Klik Daftar Sekarang lalu isi, nama, email dan captcha
  3. Cek email kamu karena, kamu akan menerima username dan password
  4. Jika sudah cek kembali email kamu karena kamu akan menerima username dan password.
  5. Login ke akun kamu , isi dan lengkapi data pada form yang tersedia.
  6. Jangan lupa uploud minimal 2 SKU (Stock Keeping Unit) produk kamu yang siap jual.
  7. Jika sudah, tunggu approval dan konfirmasi selanjutnya dari tim The Big Start Indonesia Season 2
  8. Selama proses approval kamu punya 7 hari untuk mengubah jumlah SKU atau juga mengubah open question.

Bussiness Idea Competition 2017

Kompetisi Bisnis 2017-2018

saah satu Kompetisi Bisnis 2017-2018 ini merupakan kompetisi yang diadakan oleh Garudapreneur bekerja sama dengan Gramedia. Kompetisi ini dipercaya bisa meningkatkan peluang kesuksesan untuk kamu yang akan memulai berbisnis ataupun yang sudah berbisnis. Kompetisi ini merupakan kompetisi nasional dan terbuka untuk semua siswa yang terdaftar di seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia.

Kompetisi ini biasanya diadakan pada bulan April  dengan ada beberapa tahapan dalam kompetisi. Misalnya tahap 1 yaitu pendaftaran, tahap seleksi dengan mengirimkan proposal bisnis sesuai dengan template yang telah diberikan. Tahap 3 merupakan babak final dimana ide bisnis berupa presentasi dan desain produk dari bisnis yang Anda kembangkan.

Bussines Model Canvas

Kompetisi Bisnis 2017-2018

Satu lagi kompetisi bisnis 2017-2018  yakni Young Creative Entrepreneur. Kompetisi ini mengajak semua remaja kreatif untuk mengasah kemampuan berbisnisnya dengan menggali kreativitasnya dan menuangkannya menjadi ide bisnis yang berhasil.  Selain itu kompetisi ini juga dimaksudkan agar anak remaja yang kreatif bisa bersaing secara sehat dengan sesama remaja kreatif melalui inovasi-inovasi bisnis lewat business model canvas (BMC).

Baca juga :Prediksi Peluang Usaha di Tahun 2018

BMC sendiri merupakan salah satu metode untuk bisa merencanakan dan menjelaskan bagaimana sebuah bisnis bisa beroperasi. BMC sendiri merupakan template atau visual chart (canvas) yang di dalamnya terdiri dari 9 kotak/blok yang memiliki penjelasan masing-masing namun masih saling berkaitan  satu dengan yang lainnya.

BMC dan Business Plan itu berbeda secara sederhana Business Model Canvas adalah penjelasan mengenai bisnis Anda menghasilkan uang dan lebih berfokus kepada bagaimana menangkap value di dalam pasar.  Sedangkan Business Plan Lebih terfokus pada bagaimana tujuan dan cara-cara mencapai tujuan tersebut.

Lomba bisnis 2017-2018 ini menggunakan business model canvas karena  merupakan metode yang paling tepat untuk mendapatkan ide-ide inovasi bisnis baru dan lebih mudah untuk mengetahui kekuatan atau kekurangan bisnis tersebut.

The Vorment Day 2017, Business Plan Competition

Lomba business plan 2017-2018 ini diselenggarakan rutin setiap tahunnya. Biasanya diselenggarakan setiap bulan September dan tahun ini kompetisi ini diselenggarakan dengan tenggat waktu hingga 15 September 2017.

Lomba ide bisnis ini 2017-2018 ini total hadiahnya mencapai Rp 10 juta dengan beberapa tahapan kompetisi. Ada enam tahapan dalam kompetisi ini yaitu registrasi, pengumpulan proposal, pengumuman lima besar, technical meeting 5 besar, presentasi Business Plan dan Pengumuman & Talk Show Entrepreneurship.

EURECA 2017

lomba Bisnis 2017-2018

Lomba Ide Bisnis 2017-2018 yang sering diselenggarakan di Indonesia salah satunya adalah EURECA 2017. Kompetisi bisnis ini bertujuan agar bisa mengasah generasi mudah untuk bisa meningkatkan jiwa enterpreneur melalui inovasi khususnya di bidang digital dan teknologi.

eureca untuk kompetisi bisnis yang spesifik bernama Business Plan Competition (BPC).

BPC merupakan kompetisi business plan dan ajang pengembangan ide bisnis di mana para peserta akan membuat ide bisnis kreatif dan mempresentasikannya.

Bagaimana Cara Mendaftar EURECA?

  1. Cara Mendaftarnya melalui website eurecaid.com
  2. Kemudian pilih kompetisi yang akan diikuti oleh (BPC, MPC, dan MDC)
  3. Mengisi Formulir Pendaftaran yang berisi data pribadi secara lengkap
  4. Setelah proses pendaftaran terpenuhi dan pembayaran sudah dilakukan maka peserta akan kembali email konfirmasi dan telah resmi menjadi peserta EURECA 2017.
  5. Setelah itu peserta melakukan transfer, peserta harus melampirkan foto bukti pembayaran ke website EURECA.
  6. Terakhir peserta akan mendapatkan email konfirmasi bahwa sudah terdaftar dan selanjutnya bisa mengirimkan dokumen foto 3×4 dan foto KTM.

Tahapan Perlombaanya

  • Registrasi
  • Pengumuman 15 semi finalis
  • Field trip
  • Final Presentation Gala Dinner & Awarding Night

Diplomat Succes Challenge 2017

sayembara Bisnis 2017-2018

Kompetisi bisnis 2017-2018 ini bernama Diplomat Success Challenge (DSC). Kompetisi ini merupakan program kompetisi kewirausahaan yang memberikan kesempatan kepada kaum muda Indonesia yang berani berwirausaha untuk

  • Memperoleh hibah modal usaha, edukasi dan pendampingan.
  • Mewujudkan dan mengembangkan ide-ide bisnis yang kreatif.
  • Bergabung dalam jaringan alumni Diplomat Enterpreneur Network (DEN).
  • Berpeluang menjadi seorang wirausaha sukses yang tangguh dan bermanfaat.

Lomba bisnis plan 2017-2018 ini diselenggarakan sejak tahun 2010 dan diselenggarakan tahun 2010. Berarti sudah 7 tahun kompetisi ini dilaksanakan. Jika ternyata tahun lalu Anda pernah mengikuti kompetisi bisnis ini namun tidak lolos Anda bisa mengikutinya lagi dengan syarat menggunakan karya yang baru untuk dikompetisikan atau dengan karya yang lama namun sudah diperbaharui.

Kompetisi ini hanya bisa diikuti oleh perorangan. Jika ternyata karya Anda hasil kelompok maka pilihlah anggota kelompok yang memiliki kemampuan dan memahami ide bisnis untuk menjadi wakil sebagai peserta.  Untuk proposal bisnis yang diserahkan ke panitia telah memiliki templatenya sendiri sehingga peserta hanya tinggal mengisi data dan informasi yang sesuai dengan ide bisnis yang diajukan.

Berikut Tahapan-tahapan Kompetisi Bisnis DSP 2017-2018

  1. Audisi, 30 proposal yang terpilih akan melakukan audisi ide proposal bisnis mereka di setiap masing-masing region.
  2. Final Region, setiap region akan terpilih 10 proposal terbaik untuk mengikuti tahapan selanjutnya di final region dan akan dilaksanakan di Surabaya, Yogyakarta dan Bandung.
  3. Grand Final, pemenang finalis region akan mengikuti grand finalis di Jakarta untuk melakukan pithing proposal bisnis dan mendapatkan.

Wirausaha Muda Mandiri

Kompetisi Bisnis 2017-2018

Lomba Business Plan 2017-2018 merupakan program  dari Bank Mandiri untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diwujudkan secara berkesinambungan dan fokus pada generasi muda yang merupakan generasi penerus bangsa.  Selain itu kompetisi bisnis  ini memang memerlukan kontribusi dari berbagai pihak dalam membentuk ekosistem yang baik bagi tumbuh kemnbang wirausahawan di Indonesia.

Wirausaha Muda Mandiri  ini bukan sekedar sebuah ajang kompetisi namun setelah menjadi pemenang akan ada pendampingan wirausaha dalam bentuk program pendampingan usaha, pelatihan skill manajerial, pameran maupun publikasi sebagai kesempatan untuk mempromosikan usaha.

Peserta program WMM juga diberikan kesempatan untuk berjejaring dengan Bank Mandiri Group dan nasabah korposasi Bank Mandiri guna mengembangkan bisnis. Melalui lomba bisnis 2017-2018 ini juga peserta WMM akan diberikan kesempatan mengenai informasi dan pengalaman yang sangat berharga untuk pengembangan diri dan mendukung bisnisnya.

Selain itu para alumni WMM akan tergabung dalam organisasi ikatan alumni program WMM yang bisa memberikan kesempatan business matching dan persaudaraan sesama pengusaha muda dari seluruh Indonesia. Salah satu bentuk pembinaan kepada pemenang atau finalis wirausaha muda mandiri adalah dalam bentuk dukungan publikasi.

Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia 2017

Kompetisi Bisnis 2017-2018 ini sebenarnya diselenggarakan setia[ tahunnya. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Ditjen Belmawa, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Kompetisi ini membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk mengajukan proposal Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PMWI) di bidang Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) 2017. Tujuan diadakan kompetisi bisnis ini adalah untuk menumbuhkan karakter bisnis, membangun keterampilan wirausaha baru.

Adapun kriteria dan persyaratan pengusul adalah sebagai berikut

  • Peserta Program KBMI adalah kelompok mahasiswa yang sedang  aktif dan terdaftar mengikuti program pendidikan S-1 atau Diploma.
  • Anggota Kelompok Pengusul 3-5 orang.
  • Mahasiswa pengusul bisa berasal dari berbagai program studi yang berbeda atau dari satu program studi yang sama di UT.
  • Keanggotaan di setiap kelompok program KBMI mahasiswa berasal minimal dari dua angkatan yang berbeda.
  • Besarnya dana kegiatan per judul Rp10.0000.000 (sepuluh juta rupiah) sampai dengan Rp 40.000.000 (empat puluh juta rupiah).
  • Cara mengusulkan kompetisi bisnis ini adalah sebagai berikut
  • Mengajukan proposal bisnis  diawali dengan penyiapan proposal oleh mahasiswa bersama dengan odesn pendamping dari Fakultas atau UPBJJ-UT
  • Penyusunan proposal mengacu pada panduan PMWI 2017
  • Keseluruhan proposal disimpan dalam satu file format PDF dengan ukuran file maksimum 5 MB dan diberi label <nama ketua peneliti_NIM_universitas terbuka_judul program rencana bisnis mahasiswa. Pdf>;
  • Proposal mahasiswa dikirim sebelum batas akhir pengajuan ke bidang kemahasiswaan Kantor PR II ke http://sim-pkmi.ristekdikti.go.id

Program Mahasiswa Wirausaha

Program Mahasiswa Wirausaha merupakan program pengembangan ketrampilan mahasiswa dalam berwirausaha yang tujuannya untuk mendapatkan laba. Program ini bisa dikatakan sebagai sebuah kompetisi antar mahasiswa. Dan setiap universitas pasti mengadakan setiap tahunnya,

PMW ini melombakan komoditas usaha yang dihasilkan mahasiswa bisa berupa barang maupun jasa yang selanjutnya bisa menjadi salah satu modal dasar mahasiswa dalam berwirausaha dan memasuki pasar. Komoditas tim PMW sebaiknya tidak menjadi kompetitor produk sejenis yang merupakan penghasilan masyarakat. Pameran utama berwirausaha dalam hal ini adalah mahasiswa bukan masyarakat  ataupun mitra lainnya.

Program PMW sendiri bertujuan untuk menghasilkan karya kreatif inovatif dalam membuka peluang usaha yang berguna bagi mahasiswa setelah menyelesaikan kuliahnya.

SHARE

LEAVE A REPLY