Peluang Usaha Keripik Buah Pisang di Indonesia

0
313
Keripik Buah

Siapa yang tak menyukai keripik, makanan ringan yang cocok dikonsumsi di setiap suasana ini menjadi salah satu makan favorit di Indonesia. Apalagi jika lebaran tiba, makanan ini paling banyak dicari untuk oleh-oleh keluarga. Apalagi jika keripik buah-buah, selain rasanya enak tentunya lebih bergizi dibandingkan dengan keripik biasa.

Sehingga jika dikembangkan tentunya akan lebih berpotensial. Apalagi di Indonesia kaya akan buah-buahan. Buah-buahan sebenarnya jika dikonsumsi secara segar sudah enak namun tak tahan lama. Sehingga lebih baik diolah sebelum dijual ke pasaran. Sehingga lebih baik diolah menjadi keripik buah. Banyak buah yang bisa diolah menjadi keripik seperti nanas, semangka, pepaya, apel, nangka, pisang dan lain-lain.

Namun ternyata tak mudah untuk mengolah buah menjadi keripik butuh keahlian khusus. Bukan berarti bagi pemula tak bisa mengolah keripik menjadi buah.

Lalu bagaimana cara mudah memulai usaha keripik buah, berikut caranya.

Tentukan Lokasi yang Startegis

Untuk berbisnis keripik buah hal penting yang harus dipikirkan adalah lokasi yang startegis. Karena lokasi ternyata sangat berpengaruh bagi keberlangsungan bisnis Anda. Pilihlah lokasi dekat dengan keramaian misalnya pusat perbelanjaan, sekolahan, tempat wisata, pelabuhan, stasius atau airport. Ketika liburan atau lebaran menjelang perbanyaklah pasokan keripik di stasiun, pelabuhan atau airport karena di sanalah tempat lalu lalang pemudik Sehingga banyak yang akan membeli keripik Anda.

Perhatikanlah Kemasan

Meski sering dilupakan ternyata kemasan menjadi sangat penting untuk menjalankan bisnis ini. Pilihlah kemasan yang bukan hanya untuk mengemas keripik namun juga membuatnya lebih tahan lama. Pilih juga kemasan yang tidak membuat hancur keripik.

Pilihlah Buah yang Mudah Diolah Menjadi Keripik

Biasanya buah yang mudah diolah menjadi keripik adalah buah yang tingkat kandungannya airnya rendah. Sehingga ketika diolah menjadi keripik lebih krispi dan tidak mudah melempem. Biasanya buah tersebut adalah buah pisang atau nangka.

Namun bukan berarti selain buah tersebut buah yang tingkat kandungan airnya tinggi tidak bisa diolah menjadi keripik. Buah yang tingkat kandungannya airnya tinggi setelah diiris-iris bisa dimasukkan ke dalam freezer terlebih dahulu kemudian baru digoreng dengan menggunakan mesin keripik buah. Seperti mesin vacum frying yang bisa membuat krispi meski terbuat dari buah yang tingkat kandungan airnya tinggi.

Analisis Usaha Keripik Buah

Serupa dengan gorengan, membuka peluang usaha keripik sepertinya menguntungkan. Dengan modal sedikit mendapatkan untung besar. Cemilan ini biasa dicari untuk acara santai, resmi bahkan oleh-oleh. Bahkan beberapa daerah sudah memiliki sentra keripik. Untuk membuka peluang usaha ini Anda bisa menjualnya di mana saja menitip di warung, kantin sekolah atau tempat-tempat wisata.

Resep Membuat Keripik Harga Bahan Baku Estimasi Harga untuk 5 Kg
Pisang 1 sisir @Rp12.000 10 sisir Rp 120.000
Garam 1 Bks @Rp1000 Rp1000
Minyak @Rp 20.000 3 liter Rp60.000
Bumbu (Rasa pedas, Keju,BBQ dll) Rp 4 Kg Rp 50.000
Gas Rp15.000
Plastik Rp.15.000
Total Rp263.000

Keripik dibungkus kecil-kecil dengan ukuran 250 gram Rp 25.000

10.000/250 = 40 bks

Rp 20.000 x 40 =1.000.000

Keuntungan Rp 1.000.000-Rp263.000 = Rp 737.000/hari

Harga Vacum Frying ukuran 5 kilogram adalah Rp 19.500.000 Jika ingin balik modal maka dalam setahun usaha Anda akan balik modal sekitar 8,8 bulan maka Anda akan balik modal dalam pembelian mesin.

Cara Membuat Keripik Pisang

  • 10 sisir pisang kepok yang masih hijau
  • 10 sdt kapur yang telah direndam bersama 10 liter air bersih
  • Garam halus secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Keripik Pisang

  • Kupas kulit pisang kemudian iris tipis sesuai dengan selera Anda.
  • Setelah itu rendam pisang ke dalam air kapur selama 1 jam, kemudian angkat dan cuci hingga bersih.
  • Setelah itu taburi pisang dengan garam hingga rata, lalu diamkan selama 10 menit.
  • Berikutnya goreng pisang pada minyak yang sudah dipanaskan hingga matang dan garing.
  • Campurkan bumbu pada pisang yang telah digoreng kemudian aduk rata. Setelah itu masukkan pada kemasan.

Bagaimana Cara Mendapatkan Modal Usaha Keripik Pisang

  1. Tabungan

Untuk memulai usaha keripik buah pisang tentunya membutuhkan modal usaha. Jika masih dalam skala kecil anda menggunakan tabungan Anda untuk memulai usaha ini.

  1. Jual Aset

Jika memiliki harta berharga seperti perhiasan atau alat elektronik anda bisa menggadaikannya atau menjualnya untuk dijadikan modal usaha.

  1. Kerabat

Anda bisa berkerjasama dengan kerabat atau teman Anda untuk memulai usaha ini. Dia sebagai pemodal sedangkan Anda menjadi orang yang menjalankan usahanya. Untuk keuntungan sendiri nantinya bisa disepakati.

  1. Pinjaman

Jika Anda kebingungan ternyata aset, tabungan hingga kerabat Anda tak bisa memberikan modal Anda bisa meminjamnya modal lewat lembaga keuangan atau teman.

  1. Proposal Kewirausahaan

Anda juga mengikuti bisnis kewirausahaan untuk memulai usaha ini. Biasanya jika proposal kewirausahaan Anda disetujui maka Anda akan mendapat suntikan dana.

Cara Memasarkannya

Mulut ke Mulut

Diawali dengan memberikan tester keripik buah Anda ke beberapa teman, setelah itu tawarkan produk tersebut. Biasanya jika rasanya enak mereka akan membelinya.

Media Sosial

Jika Anda belum berani memasarkannya Anda bisa memasarkan lewat media sosial seperti instagram, facebook dan twitter. Atau membuat website produk Anda. Bisa juga dengan situs-situs online yang menyediakan iklan gratis seperti tokopedia, bukalapak, kaskus dan lain-lain.

Bazar

Sesekali ikutilah bazar, pameran atau expo lainnya selain untuk memancing produk Anda terjual, biasanya event ini juga efektif untuk mendapatkan link untuk memasarkan keripik buah selanjutnya.

LEAVE A REPLY