Jelang Harbolnas 2016, Inilah 7 Strategi e-Commerce

Melihat antusias para konsumen jelang hari Harbolnas, semakin banyak pemain e-commerce besar yang ikut terlibat pada event tersebut, sebut saja seperti Tokopedia, Buka Lapak, Lazada. Selain itu moment ini pun juga dimanfatkan oleh para industri jual beli online lainnya. Apa yang diincar konsumen di hari penting belanja online yang akan berlangsung tanggal 12-14 Desember 2016 tersebut? Diskon dan promo yang gila-gilaan.

Kurang lebih sekitar 77.1 persen konsumen tertarik untuk melakukan aktivitas berbelanja pada Hari belanja Online Nasional yang akan berlangusng tanggal 12-14 Desember 2016. Dari presentase tersebut diketahui 43.4 persen memilihvocher potongan 37.5 tertarik oleh harga special, 18.1 persen dengan pemasaran menarik, 0.3 berkat undian, dan 0.4 persen terpicu karena produk/barang edisi terbatas. Sehingga hal ini diharapkan pemain dapat memperhatikannya lebih serius baik dari faktor, logistik, payment dan pelayanannya. Karena hal ini akan mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan.

Produk-produk apa saja yang biasanya dicari oleh konsumen pada sat event ini? menurut analisa ShopBak produk-produk gadget dan aksesoris masih jadi kategori yang paling diincar pada saat Harbolnas 2016. Selain gadget, fashion juga masuk ke dalam 3 besar produk yang paling dicari, yaitu dengan presentase 52.3 persen.

Strategi untuk e-commerce saat Harbolnas 2016

Berdasarkan dari data-data tersebut sudah terbayang strategi apa yang ingin Anda lakukan untuk ikut meramaikan hari Harbolnas? Bila belum GoUKM akan membagi bocoran strategi bagaimana yang bisa diterapkan.

Promo dan Diskon menarik

Salah satu strategi yang menjadi daya tarik pada saat hari belanja online nasional adalah memberikan promo serta potongan harga atau diskon. Memperingati hari Harbolnas tentu saja tidak lengkap jika tidak menawarkan diskon dan promo yang menarik. Anda bisa buat promo vocher belanja untuk siapapun konsumen yang mempromosikan lapak Anda atau memberikan diskon sampai 70 persen.

Strategi Penetapan Diskon

Memberikan diskon bukan berarti Anda harus merugi bukan? Maka buatlah strategi penetapan harga sebelum memberikan potongan atau promo. Strategi-strategi diskon sangat bervariasi, misal beli 2 gratis 1, diskon 70% off, diskon 25%, beli ukuran 500ml gratis ukuran 100ml, minimal belanja Rp50.000,00 mendapatkan voucher senilai Rp10.000,00, dan lainnya.

Benahi kapasitas server

Untuk antisipasi pelonjakan konsumen pada saat hari H, pastikan sudah meningkatkan kapastitas server website. Hal ini demi meningkatkan kenyamanan pelanggan saat berbelanja di website Anda.

Pilih Kategori

Seperti yang sudah disampaikan pada saat Harbolnas kategori yang paling banyak dicari konsumen adalah gadget. Maka unggulkan lah yang masuk ke dalam kategori tersebut. Atau bila Anda memiliki produk yang paling laris Anda bisa memberikan promosi dan sikon pada produk tersebut.

Buat website Anda mobile friendly

Tahu kah Anda bahwa 85 persen masyarakat Indonesia yang mengakses internet melalui mobile atau smartphone. Sementara 56 persen pengguna internet berbelanja dengan smartphone, sehingga peluang ini seharusnya juga Anda pertimbangkan. Mulailah kembangkan laman toko online Anda agar bisa diakses mobile.

Gunakan sosial media

Menjangkau konsumen sebenarnya bisa melalui promosi apapun. Tapi sebaiknya gunakan lah media sosial. Mengapa? Karena cara ini dapat memungkinkan Anda untuk menggarap konsumen baru. Selain media sosial, Anda juga bisa menggunakan email marketing. yaitu sebuah metode pemasaran promosi melalui email pelanggan atau calon pelanggan.

Mudahkan transaksi dan logistik

Selain hal-hal penting di atas, yang tidak boleh Anda lewati adalah transaksi dan logistiknya. Kedua ini juga tidak kalah penting. Nantinya pasti akan banyak sekali permintaan yang Anda terima, maka dariitu permudah lah transaksinya agar konsumen bisa merasa nyaman berbelanja di situs belanja online Anda. Dan berikan pelayanan pengiriman yang cepat serta aman. Ingat meskipun pemesanan bertambah banyak Anda harus tetap jaga kredibilitas toko online Anda.

Tips Belanja Saat Harbolnas

Pada saat Harbolnas, ini menjadi ajang para pencinta belanja online agar berkesempatan mendapatkan barang keinginannya dengan harga yang sangat miring. Bagaimana tidak, kabarnya banyak e-commerce yang menawarkan produk dengan potongan harga sampai 90 persen.  Nah, berikut ini adalah kiat-kiat agar bisa mendapatkan penawaran terbaik pada saat hari belanja online nasional 2016.

– Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah membuat daftar wishlist atau barang-barang yang ingin dibeli dan masuk kedalam daftar kebutuhan dalam skala prioritas. Jangan lupa untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Dengan daftar belanja ini, maka Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran dana yang Anda miliki.

– Cek terlebih dahulu harga produk yang ingin dibeli di toko online lain. Cara ini bertujuan agar Anda tidak tertipu. Setelah itu peseiapkan dana yang sesuai dengan barang yang akan dibeli.

– Persiapkan beberapa barang alternatif sebelum Harbolnas dimulai. Tujuannya untuk menghindari kesalahan pembelian barang yang tidak sesuai dengan kebutuhan Anda di karenakan waktu yang terlalu singkat.

– Persiapkan gadget atau laptop Anda dan pastikan Anda memiliki koneksi internet yang baik.

– Pastikan Anda telah membaca syarat dan ketentuan yang berlaku secara seksama sebelum Anda melakukan pembayaran. Agar terhindar dari bahaya penipuan dan kemungkinan kesalahan pembelian barang.

Nah, bila semuanya sudah Anda persiapkan selamat merayakan hari belanja online nasional!!

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY