Internet Marketing Solusi Usaha Mandek!

Internet marketing

Menjalankan UKM tentu saja tidak langsung mulus menuju kesuksesan. Ada berbagai halangan yang muncul dan keadaan yang menuntut kekuatan mental yang kuat. Namun bagaimana jika memang usaha yang kita jalani sedang mandek? Rasanya segala upaya peningkatan penjualan tidak memberikan hasil yang signifikan. Sehingga diperlukanlah langkah lainnya yang efisien untuk mendapatkan hasil tersebut.

Meningkatkan pendapatan sangatlah sulit

Apakah Anda ingat pelajaran ekonomi saat sekolah dulu? Walaupun sebenarnya saya juga malas untuk mengingat-ingatnya kembali, tapi kita akan bahas sedikit.

Dalam meningkatkan pendapatan ada tiga jenis cara, intensifikasi, ekstensifikasi, dan difersifikasi. Namun saat ini, melakukan ketiga hal ini belum tentu dapat mengkatkan pendapatan usaha Anda. Mengapa? Karena zaman sudah berubah. Mari kita bahas satu per satu.

Intensifikasi selalu mencapai titik jenuh

Melakukan intensifikasi, yaitu meningkatkan segala spesifikasi dan kapasitas internal di dalam usaha. Misalkan saja, meningkatkan jumlah produksi, meningkatkan kualitas, memperbanyak cetak iklan untuk pemasaran, dll. Memang benar ada peningkatan pendapatan, tapi, apakah pengeluaran untuk intensifikasi ini akan setimpal dengan pendapatannya? Belum tentu.

Suatu saat ada suatu titik jenuh di mana produk Anda sudah dicoba hampir seluruh penduduk di wilayah itu. Sekalipun Anda menambah kembali dana untuk intensifikasi, peningkatan pendapatan yang Anda dapatkan tidak terlihat nyata.

Ekstensifikasi? Malah lebih buruk lagi

Selanjutnya adalah ekstensifikasi, yaitu memperluas usaha menjadi lebih besar. Kalau bahasa yang lebih mudah dimengerti adalah: buka cabang. Membuka cabang baru di tempat lain yang belum dijangkau oleh produk Anda. Ekstensifikasi memang akan meningkatkan pendapatan. Apalagi jika produk Anda sudah diintensifikasi sebelumnya, sehingga kualitas produk sangat disukai oleh konsumen. Namun semudah itukah melakukan ekstensifikasi? Tentu saja tidak.

Membuka cabang baru berarti Anda harus mempersiapkan dananya. Semua biaya operasioal hampir menyamai cabang yang lama. Itu sebabnya, banyak bisnis yang mempertimbangkan masak-masak sebelum membuka cabang baru. Karena selain biayanya besar, keputusan buka cabang baru belum tentu memberikan pendapatan yang besar.

Awalnya diversifikasi terlihat inovatif

Diversifikasi adalah memperbanyak sumber pendapatan. Contohnya dengan membuat produk baru, atau bahkan perusahaan baru. Hal ini sering disebut dengan inovasi radikal, dan sangat di’dewa’kan oleh banyak entrepreneur saat ini. Namun tidak mesti tiap melakukan diversifikasi itu adalah penyelamat pendapatan suatu usaha. Peluncuran produk/jasa baru belum tentu diterima oleh pasar. Banyak trial and error yang menyedot biaya besar untuk mendapatkan produk sukses.

Internet marketing untuk akselerasi usaha anda

Cara menanggulangi masalah pada ketiga proses di atas adalah dengan Internet marketing. Pemasaran digital tidak mempunyai batasan jarak dan waktu. Sehingga dapat memperluas jangkauan pemasaran tanpa harus membuka cabang. Anda tetap akan mendapatkan peningkatan pendapatan karena calon konsumen Anda sangat banyak. Bahkan saat  membuat produk baru, Anda tidak perlu banyak mengeluarkan biaya untuk mengetes pasar, karena semuanya diproses secara digital.

Tentu saja melakukan Internet marketing tidak semudah membalikkan telapak tangan. Para pelaku usaha dituntut untuk belajar dan memahami seluk beluk pemasaran digital. Karena memasarkan produk di dunia maya jauh berbeda dengan pemasaran tradisional. Namun, sekali terjun ke dunia Internet marketing, maka Anda akan lebih mudah menjalaninya. Anda hanya perlu memulai untuk mencobanya, membiasakan diri dan terus berkembang dengan Internet marketing.

LEAVE A REPLY