Tak Perlu Uang Cash Atau ATM Untuk Membayar Transaksi, Cukup dengan eMoney Pembayaran Jadi Lebih Simple

eMoney

eMoney adalah alat pembayaran digital atau alat pembayaran yang menggunakan media elektronik yakni jaringan komputer dan jaringan internet. Nama lain eMoney memiliki sebutan lain seperti Electronic Cash, Digital Money. Digital Cash, Electronic Money ataupun Digital Currency.

Pada eMoney, nilai uang nasabah akan tersimpan dalam media elektronik tertentu. Menurut Ilmu Kriptografi, dibandingkan dengan uang cash, menggunakan eMoney jauh lebih aman dan sangat sulit untuk dibajak.

Kini Bank Indonesia juga telah menerbitkan Surat Edaran (SE) No 18/22/DKSP yang merupakan relaksasi dari peraturan Bank Indonesia (PBI) No 18/17/PBI/2016 yang bertujuan meningkatkan kemudahan pada layanan keuangan digital (LKD)

Sejak Kapan Ada eMoney?

eMoney hadir di Indonesia sejak tahun 2009 yang disahkan dalam Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/12/PBI/2009 tentang uang elektronik (Elektronic Money). Kini data Bank Indonesia per Juli 2016 telah mencatat bahwa sudah ada 20 penerbit eMoney di Indonesia yang terdiri dari 9 bank dan 11 lembaga selain bank.

Baca Juga : Digicoop, Digital Koperasi 

Sebenarnya eMoney hadir sejak April 2013, dengan jumlah e Money yang bererdar mencapi lebih dwti 3juta. Saat itu pererdar mencapai lebih dari  125 milar dan jumlah transaksi 9,6 juta transaksi tersebut.

Apa Manfaat eMoney?

  1. Dengan menggunakan eMoney maka transaksi yang Anda lakukan akan semakin mudah, cepat dan praktis tanpa harus repot melakukan transaksi pembayaran. Sehingga tak perlu lagi repot untuk menyiapkan uang tunai untuk setiap pembelian.
  2. Tidak perlu menunggu pengembalian dan tak perlu khawatir pengembaliannya dalam bentuk permen karena menggunakan eMoney seperti menggunakan kartu debit sehingga saat pembelian merchant hanya perlu melakukan kliring langsung melalui jaringan komputer.
  3. Bisa digunakan untuk transaksi massal bernilai kecil misalnya untuk naik Trans Jakarta, Kereta Rel Listrik, bayar tol, parkir dan fast food dan lainnya.

PREPAID CARD

Prepaid card atau elektronik purches merupakan eMoney yang nilainya disimpan dalam sebuah chip yang ditanamkan dalam sebuah kartu. eMoney jenis sudah banyak warga yang memiliki bahkan di DKI Jakarta, untuk angkutan umum seperti Trans Jakarta atau KRL diwajibkan untuk menggunakan eMoney jenis ini.

eMoney jenis prepaid card lebih fleksible dibandingkan jenis prepaid software. Karena semua orang bisa membelinya tanpa harus memenuhi syarat apapun termasuk harus memiliki rekening perbankan. Meski telah beredar luas di masyarakat namun eMoney jenis ini hanya bisa dikeluarkan oleh perbankan yang sudah mengantongi izin khusus dari Bank Indonesia.

Batas nilai uang elektronik yang bisa disimpan dalam media uang elektronik untuk jenis kartu unregistered atau tidak terdaftar maksimal Rp 1 juta sedangkan uang elektronik untuk eMoney yang terdaftar bisa mencapai Rp5juta. Sedangkan batas minimum untuk mengisi eMoney adalah Rp20.000. Beberapa bank yang menerbitkan kartu eMoney seperti Bank Mandiri (eMoney/e-Toll Card), BRI (BRIZZI), BNI (Tap Cash), Bank DKI (Jak Card) dan Bank Mega (Mega Cash).

Berbeda dengan kartu debit yang jika terdapat saldo maka bisa berbunga, eMoney tidak berbunga meski saldonya mencapai satu juta. Tak hanya itu eMoney juga tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Sehingga jika kartu ini hilang maka saldonya tak bisa diselamatkan. Namun kelebihan kartu ini mudah untuk diisi ulang baik di ATM penerbit, mesin EDC, maupun di gerai Alfamart maupun Indomaret.

PREPAID SOFTWARE

Prepaid software atau nama lain dari digital cash merupakan eMoney yang nilainya tersimpan di dalam sebuah PC sehingga untuk memindahkan dananya membutuhkan jaringan internet. Prepaid Software disebut juga eWallet ini memberikan pelayanan berupa aplikasi online sehingga perusahaan non bank pun bisa mengeluarkannya. Bahkan perusahaan telekomunikasi seperti telkomsel pun turut menerbitkannya.

eWallet bisa didapatkan dengan cara mendaftarkannya lewat aplikasi online dengan mengisi identitas pribadi Anda.

Dengan eWallet seseorang bisa melakukan pembayaran dengan aman tanpa harus mengatakan berapa jumlah data keuangan pribadi Anda. Serta bisa mengiri dan menerima transfer uang hanya dengan menggunakan alamat email Anda atau log dalam rincian atau bisa jug a ke dalam log rincian atau melalui telepon untuk mendaftarkan ponsel Anda.

Cara Menggunakan eMoney untuk Commuter Line (KRL)

Jika ingin naik Kereta Listrik Jabodetabek atau disebut dengan KRL biasanya penumpang harus berdesak-desakn untuk membeli tiket yang harganya hanya Rp3000 untuk 1-25 Km pertama. Namun penumpang diwajibkan untuk menambah Rp 10 ribu untuk jaminan, dan jika sudah sampai stasiun tujuan biasanya uang 10 ribu tersebut bisa dikembalikan dengan menukarkan tiket digital KRL.

Namun jika menggunakan eMoney, Anda tak perlu repot berdesakan dan tak mesti menukarkan tiket dengan uang 10 ribu rupiah karena tiket Anda adalah milik pribadi. Selain itu kartu eMoney hanya berlaku untuk satu orang dan jika ingin digunakan maka eMoney harus memiliki saldo minimal Rp11ribu.

Disarankan mengisi eMoney lebih karena jika kurang biasanya akan dikenakan denda. Dan sebelum menggunakan eMoney sebaiknya tenpatk e_money Anda pada tap mesin berwarna merah untuk melakukan aktivasi. Aktifasi ini dilakukan saat pertama kali akan menggunakan e-Money. Setelah melakukan aktivasi kita bisa tap lagi pada pintu masuk ke stasiun. Saat sampai di stasiun tujuan bisa mentap lagi pada pintu keluar disinilah saldo eMoney akan dipotong sesuai tarif tiket commuter line.

Kelebihan dan Kekurangan eMoney

  • Dengan menggunakan alat pembayaran ini maka secara otomatis nilai yang telah tersimpan secara elektronik baik pada server maupun pada kartu.
  • Kartu eMoney bisa digunakan untuk transaksi pembayaran di internet maupun merchant-merchant yang telah berkerja sama dengan bank penerbit kartu eMoney,
  • eMoney bisa digunakan untuk membayar baik secara online maupun offline
  • Bisa bertransaksi lebih cepat tanpa harus membawa banyak uang fisik sehingga tinggal mengurangi nilai di eMoney sesuai dengan nilai transaksi tanpa perlu menghitung berlembar uang.
  • Bisa mengelola anggaran secara digital dengan cara membagi-bagi amlpop digital sesuai dengankeperluan Anda misalnya amplop untuk bayar tol, amplop untuk biaya transportasi umum dan amplop untuk membayar berbagai tagihan rumah tangga.
  • Namun karena eMoney baru dan hanya dibeberapa kota besar saja, sehingga harus menggunakan uang tunai juga.
  • Risiko seluruh uang akan hilang jika pengguna kehilangan kartu atau piranti yang dipakai untuk menyimpan eMoney.
  • Disarankan bagi Anda untuk untuk tidak terlalu banyak mengisi eMoney sebab eMoney mestinya Anda gunakan untuk membatasi pengeluaran. Dan sebaiknya uang yang diletakan dalam kartu ini tidak lebih dari 1 juta hingga 2 juta rupiah per bulannya. Atau sebisa mungkin dibatasi sesuai dengan kebutuhan saja.

Tak Semua Orang Tahu dan Ingin Menggunakan eMoney

Meski penggunaan eMoney di beberapa daerah mulai digencarkan. Bahkan di Jakarta, penggunaan eMoney untuk transportasi masal seperti Trans Jakarta diwajibkan namun tak semua warga mematuhinya. Bahkan di beberapa terminal busway ada yang menyediakan calo eMoney untuk para warga yang ingin naik busway namun tak memiliki eMoney.

Para calo tersebut menyewakan eMoneynya hingga para penumpang bisa masuk ke dalam tempat penungguan busway. Harga sewa eMoneynya perorangnya ditarif Rp 5000 padahal sekali masuk busway hanya Rp3500 untuk tarif siang atau melebihi pukul 07.00 pagi. Jadi si calo untung Rp 1500 rupiah per orangnya. Alasan para calon penumpang tak membeli eMoney sendiri karena harga cukup mahal satu tiket eMoney seharga Rp40.000 dengan saldo Rp20.000.

Berikut Beberapa contoh eMoney dalam Bentuk Prepaid Card

E-Money Bank Mandiri

Bank mandiri mengeluarkan eMoney yang dia berinama sama yakni e-Money. Pt Bank Mandiri (persero) Tbk merupakan salah satu bank yang sangat serius untuk menggeluti eMoney. Rata-rata jumlah transaksi eMoney Bank Mandiri mencapai 36 juta transaksi perbulannya. Transaksi yang paling banyak digunakan adalah transaksi eMoney untuk transportasi yang mencapai 90 persen, dengan rincian 82 persen untuk transaksi tol.

baca Juga : Pengusaha Sukses Berbasis Digital 

eMoney jenis ini bisa dimiliki oleh nasabah bank mandiri maupun non bank mandiri.  Jika ingin membeli kartu perdana eMoney bisa langsung di bank mandiri, merchaint retail seperti Indomaret, Alfamart, Seven Eleven,Alfamidi, Lawson, Superindo, Circle-K hingga hypermart. Saldo maksimal pada kartu ini adalah satu juta rupiah bisa dan bisa dipindah tangankan.

Kartu yang tidak memiliki masa berlaku ini bisa juga dicek saldonya juga bisa dicetak history transaksinya jika dilakukan di Mandiri ATM yang memiliki tanda eMoney, Cabang mandiri dan merchaint retail yang telah bekerjasama dengan Mandiri.

Cara Mengisi isi Ulang eMoney Lewat ATM Mandiri, Bank dan Langsung Beli ke Merchant

  1. Isi Ulang Mandiri e-Money di ATM Mandiri 
  • Menggunakan kartu mandiri debit
    • Masukkan kartu mandiri debit di mesin atm
    • Masukkan PIN mandiri debit
    • Pilih menu Uang Elektronik
    • Pilih menu mandiri e-money
    • Pilih menu isi ulang
    • Pilih nominal isi ulang yang tersedia pada tombol atau jumlah lainnya
    • Konfirmasi jumlah nominal isi ulang, jika sudah sesuai tekan “Ya”
    • Tempelkan kartu mandiri e-money pada reader bertanda
    • Transaksi berhasil, kertas struk keluar dan saldo kartu mandiri e-money bertambah
    • Simpan struk sebagai bukti transaksi
  • Menggunakan kartu debit berlogo ATM Bersama
    • Masukkan kartu mandiri debit di mesin atm
    • Masukkan PIN mandiri debit
    • Pilih menu Uang Elektronik
    • Pilih menu mandiri e-money
    • Pilih menu isi ulang
    • Pilih nominal isi ulang yang tersedia pada tombol atau jumlah lainnya
    • Konfirmasi jumlah nominal isi ulang, jika sudah sesuai tekan “Ya”
    • Tempelkan kartu mandiri e-money pada reader ber
    • tanda
    • Transaksi berhasil, kertas struk keluar dan saldo kartu mandiri e-money bertambah
    • Simpan struk sebagai bukti transaksi
  1. Cara Isi Ulang eMoney Lewat Kantor Cabang dan Merchant Lainnya

Kartu mandiri debit

 Tekan Menu

  • Pilih Prepaid, tekan OK
  • Pilih Top Up, tekan OK
  • Pilih nominal isi ulang yang tersedia pada tombol atau jumlah lainnya
  • Gesek kartu mandiri debit pada mesin mandiri edc
  • Cek kebenaran transaksi, jika sudah sesuai masukkan PIN mandiri debit
  • Tempelkan kartu mandiri e-money pada reader
  • Transaksi berhasil, kertas struk keluar dan saldo kartu mandiri e-money bertambah.

Tunai

  • Sampaikan jumlah nominal isi ulang kepada petugas cabang Bank Mandiri/kasir merchant retail yang telah bekerja sama (Indomaret, Alfamart, Alfamidi, dan Lawson)
  • Serahkan uang tunai sejumlah nominal isi ulang
  • Tempelkan kartu mandiri e-money pada reader
  • Transaksi berhasil, kertas struk keluar dan saldo kartu mandiri e-money bertambah

eMoney BCA, FLAZZ

Selain Mandiri, eMoney juga dikeluarkan oleh Bank Central Asia (BCA) hanya saja namanya bukan eMoney melainkan Flazz. Dengan menggunakan Flazz, Anda tak perlu memegang uang receh hasil dari kembalian. Kartu multifungsi ini bisa diisi ulang di Bank maupun 57 outlet merchant. Isi ulang Flazz juga bsa57 ribu waraklaba d Indonesia.

Transaksi Flazz BCA hingga September 2016, mencapai 500 miliar rupiah dengan jumlah Flazz yang beredar di masyarakat adalah 9,5juta kartu dengan jumlah transaksinya mencapai 80 juta transaksi. Sedangkan outlet yang menyediakan kartu Flazz kini telah mencapai 79 ribu. Dengan rincian 90 persen untuk transportasi,8-10 persennya di merchant.

Sama dengan eMoney milik Bank Mandiri, Flazz memiliki multifungsi karena bisa digunakan untuk pembayaran di Tol Cipali, food and beverage, minimarket, supermarket, hypermary SPBU, parkir, toko buku, tempat rekreasi, transportasi umum (Trans Jakarta, KRL dan Trans Jogja), Hingga toll subaya Gresik dan Makasar serta berbagai jenis merchantnya lebih dari 57ribu.

Selain mendapatkan kemudahan dalam bertransaksi, menggunakan flazz juga bisa mendapatkan berbagai macam promo yang menarik. Misalnya mendapatkan minuman ringan gratis, promo pay 1 for 2 di Hop-Hop,Lotteria, Dunkin Donuts,Water Bom, Snow Bay, Jungeland, Amazone, Amazin World, Kidzania, Junggeland dan lain-lain.

Brizzi, e Money Milik BRI

Transaksi Brizzi di kuartal ke tiga tahun 2016 pertumbuhannya mencapai 132 persen. Pertumbuhan transaksinya naik dari yang sebelumnya di tahun 2015 hanya 8,67 transaksi kini telah menjadi 11,464 juta transaksi. Tumbuh 2,794 juta transaksi pertahunnya atau 132 persen year on year. Sementara jumlah kartu yang beredar hingga September 2016 tumbuh 136 persen atau 1.383.450 kartu dari 3.859.222 kartu pada september 2015 menjadi 5.242.972 kartu pada september 2016.

Kartu Prepaid BRIZZI yang diimplementasikan di sistem e-Ticketing KCJ disamping sebagai alat pembayaran, kartu ini juga terintegrasi sebagai media bayar di transportasi umum lainnya seperti TransJakarta, TransJogja, Batik Solo Trans dan Trans Pekan Baru,

Selain itu BRIZZI juga bisa digunakan sebagai media pembayaran untuk belanja kebutuhan sehari-hari seperti di Carefour, Hypermart, Indomaret,Lawson, alfamart,Foodcourt,SPBU, Pertamina, Jasa Transportasi, Pembayaran Toll, sebagai alat pembayaran parikan ISS, pembayaran saran public airport tax, resto, dan merchant-merchant lainnya yang telah berkerjasama dengan BRI.

E-money, Telkomsel TCASH

Tcash adalah layanan uang elektronik yang dikeluarkan oleh Telkomsel. Berbeda dengan pulsa dana yang diisikan dalam TCASH bisa digunakan untuk membayar merchant, belanja online, kirim uang, bayar tagihan, isi pulsa dan masih banyak lainnya.

Pengisian TCASH bisa melalui jarinan ATM bersama, Indomaret, serta GRAPARI Telkomsel untuk bisa bertransaksi menggunakan ponsel dimana dan kapan saja. Hanya dengan menekan *800# maka Ana bisa mengetahui infomasi dan bertransaksi.

Bagi pelanggan Telkomsel baik Simpati maupun kartu AS bisa menikmati layanan TCASH cukup dengan menghubungi *800# atau mengirim SMS ke 2828. Selain untuk transaksi online TCAS juga bisa digunakan untuk mentransfer uang dengan menggunakan jaringan ATM bersama

Cara Transfer uang dengan TCAS Melalui  ATM Bersama

  • Pilih menu TRANSFER di ATM yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama
  • Pilih menu KE REKENING ATM BERSAMA sebagai rekening tujuan transfer
  • Masukkan kode Bank (911) diikuti dengan nomor ponsel sebagai nomor rekening tujuan transfer.
  • Masukkan nominal yang akan ditransfer

LEAVE A REPLY