Istilah Dalam Dunia Bisnis Yang Sering Dipakai, Pengusaha Perlu Tahu!

Dalam dunia bisnis, pasti ada beberapa definisi istilah dunia yang masih asing ditelinga Anda, misalnya adalah B2B. Istilah untuk merujuk ke jenis model bisnis, pengertian B2B atau Business to Business adalah transaksi yang dilakukan secara elektronik maupun fisik dan terjadi saat penjualan produk atau jasa yang diberikan oleh bisnis tersebut. Bisnis model ini diperuntukan untuk bisnis lain, bukan kepada costumer.

Contohnya Anda mempunyai bisnis katering besar, tentunya Anda menentukan target pasar yang besar pula dan menargetkan perusahaan dengan jumlah karyawan besar. Nah, itulah yang disebut dengan B2B karena bisnis atau jasa Anda untuk perusahaan lainnya. Namun bila bisnis catering Anda untuk perorangan atau grup, itu berarti bisnis Anda adalah business to consumer atau B2C.

Baca Juga : pengusaha Terkaya di Dunia 2016

Nah selain itu, pasti masih banyak lagi istilah bisnis yang belum pernah Anda dengar dan ketahui artinya. Untuk itu, pada artikel kali ini kami akan membantu Anda untuk lebih mengetahui tentang istilah dunia bisnis dari segala bidang guna menambah wawasan Anda dan mungkin berguna untuk meningkatkan bisnis Anda.

Pengertian Istilah-istilah Bisnis

Bootstrap

Pengertian bootstrap adalah istilah yang digunakan ketika suatu perusahaan berusaha untuk berdiri sendiri tanpa bantuan eksternal dari investor. Bootstraping adalah pilihan yang sangat mudah dipilih untuk perusahaan yang memiliki cukup modal untuk memenuhi kebutuhan yang ada.

C2C (Consumer to Consumer)

C2C adalah jenis bisnis di mana pelaku bisnis menyediakan platform untuk menghubungkan konsumen dengan penjual.beberapa contoh penerapan C2C adalah website e-commerce seperti Tokopedia, Buka Lapak, dan Lamido. Di sana Penjual diperbolehkan langsung menjual produknya melalui website yang sudah ada.

C2B (Consumer to Business)

Pengertian C2B adalah kebalikan dari business to consumer, di mana konsumen akhir bertindak sebagai penjual sedangkan perusahaan bertindak sebagai pembeli dan aktivitas ini dilakukan secara online.

B2E (Business to Employee)

Pengertian B2E adalah perusahaan yang menggunakan e-commerce untuk mempromosikan produk/jasanya kepada karyawan-karyawan perusahaan bisanya dengan diskon.

B2C (Business to Consumer)

Berbeda dengan B2B, pengertian Business to Costemer (B2C) adalah bisnis yang melakukan penjualan atau pelayanan barang dan jasa langsung kepada kosnumen perorangan atau grup. Secara sederhananya adalah bisnis ini penjual langsung menawarkan dan berhubungan dengan konsumen bukan perusahaan atau bisnis lainnya.

Cloud Computing

Pengertian cloud computing atau biasa disebut dengan komputasi awan adalah layanan komputasi di mana informasi akan tersimpan secara permanen di dalam server dengan cara terhubung menggunakan internet dan informasi tersebut pun dapat tersimpan secara sementara di komputer pengguna atau (client). Sistem ini bisa digunakan untuk penyimpanan laporan penjualan, data karyawan, data penting lainnya.

Entrepreneur

Pengertian Entrepreneur adalah sesorang yang membawa inovasi, ide-ide bahkan aturan baru pada bisnis yang ia jalankan. Pada umumnya seorang entrepreneur berani menghadapi risiko dan ketidakpastian yang bertujuan untuk menerima keuntungan dan pertumbuhan usaha. seorang wirausaha atau entrepreneur mampu menjadi pioneer dalam bisnisnya  serta memiliki visi masa depan dan keungguln dalam berprestasi di bidang bisnis.

Baca Juga : Pengusaha Terkaya di Indonesia 2016

Franchise (Waralaba)

Pengertian waralaba adalah sistem kerja sama dalam bidang usaha antara pemilik waralaba dengan mitra dengan bagi hasil sesuai dengan kesepakatan yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.

Franchisee (Penerima Waralaba)

Pengertian franchisee atau penerima waralaba adalah badan usaha atau perorangan yang diberikan hak untuk memanfaatkan dan menggunakan hak atas penemuan kekayaan intelektual atau ciri khas yang dimiliki usaha yang diwaralabakan.

Franchisor (Pemilik Waralaba)

Pengertian franchisor adalah badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain atau mitra usaha untuk memanfaatkan dan menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan dan ciri khas yang dimiliki usaha tersebut.

Pengertian Kewirausahaan

Berdasarkan instruksi Presiden No.4/1995 pengertian kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya kerja teknologi dan produk baru dengan meingkatkan efesiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang baik dan keuntungan yang lebih besar.

Jadi kewirausahaan adalah sikap yang dimiliki oleh wirausaha atau entrepreneur dalam menenjalankan usaha yang bertujuan menghadirkan sesuatu yang baru dan inovatif melalui inovasi dan kreativitas mereka.

Profit

Pengertian Profit atau laba adalah hasil dari memangkas omzet. Penghasilan ini disebut juga dengan penghasilan bersih karena sudah dipotong dengan biaya oprasional dan lain sebagainya.

Peer-to-Peer (P2P)

Pengertian peer-to-peer adalah suatu teknologi (pemakian bersama) atau sistem terkomputerisasi Client-Server dimana suatu komputer berfungsi sebagai clinet sekaligus sebagai server. Sehingga memungkinkan komunikasi dan pertukaran resource antara kedua komputer secara langsung (real time).

Payment Gateway

Pengertian Payment gateway adalah suatu sistem pembayaran yang bisanya digunkan untuk transaksi secara online tanpa harus membuat rekening. Sistem pembayaran ini biasanya digunakan dalam dunia eCommerce oleh toko online terpercaya.

Wiraswasta

Pengertian wiraswasta adalah seorang pengusaha yang lebih memfokuskan pada peluang bukan risikonya. Jadi seorang wiraswasta lebih fokus pada objek dalam artian peluang usahanya sehingga mampu menjadi pengusaha yang mandiri.  Secara tujuannya wiraswasta memang tujuannya sama, yaitu membangun usaha sendiri, namun yang membedakannya adalah terletak pada sikap mental dan suatu bentuk gerak usaha dari perwujudan sikap itu sendiri.

Omzet

Pengertian omzet adalah pendapatan kotor yang dihasilkan pengusaha. Mengapa disebut dengan pendapatan kotor karena seluruh pendapatan yang dihasilkan dalam jangka waktu tertentu belum dipotong dengan biaya oprasional atau produksi dan manajemen.

Retail

Pengertian retail adalah salah satu pemasaran produk atau jasa secara langsung ke konsumen akhir untuk penggunaan pribadi dan bukan untuk bisnis. jenis penjual eceran atau retail dibedakan atas penjual eceran makanan, peranti keras seperti perabot rumah tangga, elektronik, mabel, alat olahraga, alat kantor dan alat kesehatan, serta peranti konsumsi seperti pakaian dan lainnya.

Revenue

Pengertian revenue adalah jumlah pendapatan atau uang yang diterima oleh perusahaan dari hasil penjualan produk barang atau jasa dari pelanggan dan tidak berasal dari penanaman modal sebelumnya.

Stakeholder

pengertian stakeholder adalah suatu kelompok, komunitas ataupun  individu yang memiliki hubungan atau minat terhadap suatu organisasi atau perusahaan. Istilah ini bisa saja menyangkut kepentingan finansial atau kepentingan lainnya. Jika kelompok tersebut terkena pengaruh dari apa yang terjadi pada perusahaan, baik itu dampak positif atau negatif maka kelopok aau individu tersebut dikatakan sebagai stakeholder.

Startup

Istilah startup ini digunakan untuk menyebutkan bisnis yang baru dirintis. Pada umumnya yang disebut dengan startup adalah perusahaan-perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam tahap pengembangan serta penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Wholesaler

Wholesaler adalah perantara pemasaran yang terlibat dalam membali dari produsesn dalam jumlah yang besar untuk dijual kemabali kepada pengecer atau pembeli dalam jumlah yang lebih kecil.

Angel Investor

Pengertian angel investor adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan kelompok atau individu yang menanamkan modal pada bisnis startup atau perusahaan-perusahaan yang tengah mengembangkan bisnis di tahap awal.

Cash Flow

Pengertian cash flow atau yang disebut juga dengan arus kas adalh pergerakan uang masuk dan keluar dari sebuah proyek, bisnis dan produk keuangan.

Investasi

Pengertian investasi adalah penanaman modal yang dimiliki pengusaha ataupun investor. Dengan harapan modal yang ditanamkannya tersebut bisa bertambah seiring dengan berkembangnya bisnis yang ia investasikan. Berdasarkan teori ekonomi investasi adalah pembelian dan produksi dari modal barang yang tidak dikonsumsi tetapi digunakan untuk produksi yang akan datang.

Baca juga : Agar di Approve , ini cara mengajukan KPR 

Investor

Pengertian investor adalah perorangan atau lembaga baik domestic atau non domestik yang  menanamkan investasi baik untuk jangka panjang maupun pendek. Terkandang istilah investor digunakan untuk menyebutkan orang yang melakukan pembelian properti, mata uang, komoditif, derivative, saham perusahaan, ataupun aset lainnya untuk memperoleh keuntungan.

KUR

Pengertian KUR adalah kredit atau pembiayaan usaha yang diberikan oleh perbankan kepada Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKMK) untuk menambah modal usaha. Namun tidak semua usaha yang bisa mengajukannya, UKM yang bisa menerimanya hanya yang feasible tapi belum bankable. Maksudnya adalah usaha tersebut memiliki prospek bisnis yang baik dan memiliki kemampuan untuk mengembalikan.

Modal Ventura

Pengertian modal ventura adalah investasi dalam bentuk pembiayaan berupa penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan swasta sebagai pasangan usaha untuk jangka waktu tertentu.

Brand Awareness

Pengertian brand awareness adalah kemampuan pembeli atau calon pembeli untuk mengenal dan mengingat salah satu merek atau produk. Ingatan pembeli tersebut bisa saja berdasarkan logo, kemasan, serta slogan yang digunakan pelaku pasar untuk mempromosikan produk tersebut.

Branding

Pengertian branding adalah proses dalam bisnis untuk memperkuat merek produk ataupun jasa sehingga suatu produk tersebut memiliki tempat di benak dan hati masyarakat. Untuk mencapainya perlu melalui berbagai macam cara dan strategi komunikasi.

CAC (Cash And Carry)

Pengertian Cash And Carry adalah metode pembayaran di mana barang dibayar terlebih dahulu sebelum bayar diterima. Pembayaran ini bisanya digunkan pada transasksi perdagangan kecil.

Ponit of Sales (POS)

Pengertian Point of Sales secara harifah adalah titik akhir penjualan atau Check Out di mana tempat transaksi pembelian barang dan jasa. Pada POS penjual akan menghitung total pembelian untuk melakukan pembayaran serta memberikan data berupa struk pemebelian kepada customer.

Definisi/Pengertian Istilah-istilah yang Digunakan Dalam Bisnis Online

Saat menentukan untuk terjun di dunia bisnis online kita pastinya sering menemukan istilah-istilah umum dan jarang kita dengar yang berkaitan dengan bisnis-bisnis online. Nah, oleh karena itu GoUKM akan menerangkanpengertian-pengertian dari beberapa istilah dalam bidang usaha online yang berguna untuk mengembangkan usaha online Anda.

Affiliate Marketing

Pengertian affiliate marketing adalah memesakan produk orang lain namun Anda harus mengikuti program affiliasi. Berbeda dengan menjadi reseller bisa, bisnis model ini Anda memesarkan produk orang lain dengan mempromosikan link affiliasi-nya. Jika dari link yang Anda share tersebut menghasilkan penjalaan, maka Anda akan mendapatkan komisi dari penjualan produk tersebut. Untuk penyebaran link affiliasi bisa menggunakan web, blog atau media sosial.

Broadcast

Dalam bisnis online broadcast adalah cara atau kegitan pemasaran dengan mengirimkan pesan secara masal menggunakan aplikasi messenger seperti, Whatsapp, Line, atau BBM.

C2C (Consumer to Consumer)

C2C adalah jenis bisnis di mana pelaku bisnis menyediakan platform untuk menghubungkan konsumen dengan penjual.beberapa contoh penerapan C2C adalah website e-commerce seperti Tokopedia, Buka Lapak, dan Lamido. Di sana Penjual diperbolehkan langsung menjual produknya melalui website yang sudah ada.

C2B (Consumer to Business)

Pengertian C2B adalah kebalikan dari business to consumer, di mana konsumen akhir bertindak sebagai penjual sedangkan perusahaan bertindak sebagai pembeli dan aktivitas ini dilakukan secara online.

B2E (Business to Employee)

Pengertian B2E adalah perusahaan yang menggunakan e-commerce untuk mempromosikan produk/jasanya kepada karyawan-karyawan perusahaan bisanya dengan diskon.

B2C (Business to Consumer)

Berbeda dengan B2B, pengertian Business to Costemer (B2C) adalah bisnis yang melakukan penjualan atau pelayanan barang dan jasa langsung kepada kosnumen perorangan atau grup. Secara sederhananya adalah bisnis ini penjual langsung menawarkan dan berhubungan dengan konsumen bukan perusahaan atau bisnis lainnya.

Call to Action

Pengertian call to action adalah sebuah kata-kata dalam promosi yang bertujuan untuk mendorong pembaca untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Bila Anda paham dengan dunia SEO pasti hal ini tidak terdengar asing.

Cash Payment

Pengertian cash payment adalah cara pembayaran secara tunai. Pembayaran tersebut dilakukan setelah konsumen atau pembeli melihat dan menerima barang yang dibeli.

Cash on Delivery

Adalah cara penjualan dengan mempertemukan penjual dan pembeli. Meskipun dipasarkan melalui online, masih ada penjual yang menawarkan sistem pembayaran dengan cara ini. Alasannya selain lebih praktis, cara ini juga dapat menguntungkan pembeli karena pembeli bisa mengecek terlebih dahulu kondisi barang sebelum di beli.

Pay Per Click (PPC)

Istilah ini ditemukan dalam kegiatan promosi atau iklan. Pay  per click adalah suatu sistem penempatan harga iklan online di mana pemilik website dibayar berdasarkan jumlah klik yang dilakukan oleh pengunjung situs miliknya.

Paid To Click (PTC)

Paid to click adalah sebuah program yang akan membayar Anda ketika mengklik sebuah iklan dan mengunjungi situsnya.

Blog

Pengertian blog adalah bentuk aplikasi web yang dapat diakses secara online yang memiliki fungsi utama memuat tulisan-tulisan dan gambar yang dimuat dalam postingan di halaman web.

Blogger

Blogger adalah sebutan bagi seseorang yang menulis atau mengisi konten dalam blog. Blogger bisa juga dikatakan pekerjaan bagi sesorang yang mengkomersilkan situs atau atau blog yang mereka miliki.

Distributor

Pengertian distributor adalah seseorang atau peusahaan yang menjadi preantara untuk menyalurkan produk dari pabrikan atau produsen ke pengecer atau yang disebut juga retailer. Jadi setelah produk diproduksi, selanjutnya dikirmkan dan biasanya juga sekaligus dijual ke salah satu distributor.

Digital Marketing

Digital marketing adalah suatu kegiatan mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara luas, tepat waktu, pribadi dan relevan.

Dropship

Pengertian dropship adalah sistem jualan online namun Anda sebagai dropshiping tidak perlu menyimpan stock barang. Jadi, Anda hanya cukup meminta reseller atau supplier untuk mengirimkan barang orderan customer kita. Sistem jualan ini jauh lebih menguntungkan karena tidak memerlukan modal yang besar untuk membeli stock barang dan tidak perlu repot mempacking serta mengirim produk.

E-book

Pengertian e-book atau buku elektronik adalah informasi digital yang hampir sama seperti buku pada umumnya, dalam artian berisikan teks dan gambar. Namun bedanya pembeli tidak akan menerima bentuk fisik sebuah buku namun hanya sebuah file buku yang dapat dibaca menggunakan gadget, seperti handphone, laptop, komputer atau tablet.

Email Marketing

pengertian email marketing adalah salah satu metode pemasaran yang diterapkan oleh pebisnis online dengan menggunakan email atau surat elektronik. Cara ini digunakan agar promosi yang dilakukan bisa langsung diterima oleh konsumen jadi dapat dengan cepat menjangkau pelanggan atau konsumen yang potensial.

E-commerce

Pengertian e-commerce adalah platform untuk kegiatan jual-beli produk dan jasa secara online. Untuk sistem pembayaran, toko elektronik ini pada umumnya menggunakan layanan transfer antar bank atau e-payment lainnya seperti paypal, doku dan lainnya.

L-Commerce

L-commerce adalah sistem perdagangan elektronik atau e-commerce yang menekankan pada pencarian informasi menggunakan GPS.

M-commerce

Pengertian M-commerce adalah e-commerce dan kegiatan dilakukan dalam lingkungan nirkabel seperti ponsel atau telpon genggam.

Online Presence

Online Presence adalah berbagai macam cara yang dapat digunkan untuk merepresentasikan bisnis online kita. Manfaat online presence adalah untuk membantu mengarahkan traffic website. Bila tidak diiring dengan online presence yang baik, maka website kita pun akan tertutup dengan jutaan website lain.

Online Advertising

Pengertian online advertising adalah bentuk promosi atau periklanan melalui internet dengan tujuan untuk menyampaikan pesan pemasran untuk menarik pelanggan.

Ongkir (Ongkos Kirim)

Pengertian ongkir adalah biaya tambahan yang harus dibayarkan oleh pembeli di luar harga produk. Biaya ini disebut juga sebagai biaya pengiriman apabila produk yang dibeli menggunakan perusahaan jasa pengiriman.

Referral

Pengertian referral adalah sistem atau pemasaran secara online di mana pemilik kode referral harus membawa pengunjung atau customer ke situs tertentu. Di sistem pemasaran ini Anad juga harus mengetahui downline dan upline. Yup Anda tidak salah ini. Sistem ini sama halnya dengan MLM (Multi Level Marketing) di mana pusat dari program affiliate diibaratkan sebagai kepala atau upline, sedangkan yang menjalankan program affiliate atau yang menyebarkan link referral adalah downline.

Reseller

Pengertian reseller adalah sebutan untuk penjual yang menjualkan barang orang lain.

SEO

Pengertian SEO atau (Search Engine Optimization) adalah beberapa proses atau aktifitas tertentu terhadap situs web atau halaman web agar ketika para pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengan isi dari situs web atau halaman web tersebut, situs yang di optimaliasi dapat tampil pada halaman pertama pada pencarian Google.

Supplier

Pengertian supplier adalah orang atau perushaan yang secara berkelanjutan menjual barang kepada bisnis lainnya. Misalnya supplier bayam memasok sayur bayam ke restoran-restoran atau supplier besi yang memasok besi ke pabrik-pabrik pengolahan besi.

Subscribe

Istilah ini digunakan dalam mailing list atau newsletter, subscribe adalah cara konsumen agar dapat masuk daftar mailing list pemilik website dengan cara memasukan nama dan email. Sehingga nantinya konsumen dapat menerima email berupa promo atau update terbaru mengenai produk yang ditawarkan oleh website tersebut. Dan istilah lainnya ada unsubscribe yang artinya berhenti atau memutuskan untuk keluar dari suatu mailing list. Maka konsumen tidak lagi menerima email promo atau apapun dari website terkait.

Tracking Resi

Pengertian tracking resi adalah kode unik yang diberikan oleh perusahaan jasa pengantaran kepada pengguna jasa untuk mengecek status pengiriman barang yang bisa dilihat langsung di situs perusahaan jasa pengantaran tersebut.

LEAVE A REPLY