Cara Mudah Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Pemerintah

modal usaha pemerintah

Ingin memulai usaha tapi bingung mendapatkan modal darimana? Jika iya ada baiknya Anda mulai mencari pinjaman modal usaha pemerintah. Karena ternyata pemerintah memang mempunyai gerakan kewirausahaan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah kewirausahaan Indonesia sehingga bisa membantu kemajuan perekonomian negara.

Lalu bagaimana cara mendapatkan modal usaha pemerintah? Berikut tipsnya ;

Buatlah Propsal Bisnis yang Menarik

Hal pertama dilakukan adalah membuat proposal dengan konsep dan tampilan yang menarik sehinga mereka (pemerintah) tertarik untuk mempelajari proposalnya. Setelah itu baru Anda mengirim proposal bisnis Anda.

HOT NEWS : bantuan pemerintah terbaru 2017 untuk UMKM Pemula 

Jemput Bola

Jika Anda ingin cepat mendapatkan modal usaha pemerintah maka ada baiknya Anda menggunakan metode jemput bola. Dengan cara meluangkan waktu mendatangi instansi pemerintah seperti dinas perindustrian dan perdagangan atau dinas kementerian koperasi dan UKM untuk menanyakan langsung adakah dana hibah yang cocok untuk modal usaha Anda.

Baca Artikel Terkait, Tips Mengakali Modal Usaha Minim

Rajin Buka Situs Pemerintah

Selain itu cara mudah mendapatkan modal usaha pemerintah dengan rajin mengunjungi situs-situs pemerintah terkait misalnya situs kemenperin.go.id milik dinas perindustrian dan perdagangan atau dinas kementerian koperasi atau depkop.go.id milik dinas kementerian koperasi dan UKM. Di kedua situs tersebut biasanya akan terpampang pengumuman hibah dari pemerintah.

Ikuti Pameran yang Diadakan Pemerintah

Biasanya pemerintah rutin minimal setahun sekali mengadakan pameran untuk para UKM atau pebisnis. Event seperti ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan modal usaha pemerintah. Apalagi jika banyak pejabat daerah yang datang ke stand pameran Anda. Ketika mereka sedang mengunjungi stand Anda itulah kesempatan Anda untuk memperkenalkan produk Anda dan jangan lupa sisipkan pula proposal untu mendapatkan modal usaha pemerintah.

Mengajukan Kredit Usaha Rakyat

Anda juga bisa  mengajukan proposal bisnis ke Kredit Usaha Rakyat (KUR). KUR sendiri merupakan layanan kredit atau pembiayaan yang diberikan oleh pemerintah melalui bank kepada UKM atau koperasi yang feasible tapi belum bankable.Adapun Bank yang melayani KUR yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Mandiri, Bank Bukopin, BNI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri (BSM).

1 COMMENT

  1. Kira-kira prosedur untuk dapat pinjaman modal usaha dari kementrian koperasi & UKM itu gimana, soal.a saya pengen ngembangin usaha jasa sewa tenda saya, karena sekarang saya kekurangan dana untuk penambahan alat-alat yang masih kurang

LEAVE A REPLY