Passive Income Sedikit bekerja, Penghasilan Jalan Terus. Ini Cara Memiliki Passive Income

Passive income adalah penghasilan yang diterima secara teratur, dengan sedikit usaha yang diperlukan untuk mempertahankannya. Mungkin bila Anda sebelumnya pernah mengenal MLM, bisa jadi Anda tidak asing lagi karena istilah ini sangat sering diulang berkali-kali oleh leader MLM untuk memprospek calon anggotanya. Apa sih sebenarnya passive income ini? Berdasarkan wikipedia,

Mungkin kalau mengandalkan gaji untuk memenuhi kebutuhan sendiri dan menabung kurang begitu terasa, untuk itulah Anda perlu memiliki penghasilan tambahan ini. Selain itu, dengan memiliki passive income Anda bisa mengerjakan hal lain sesuai dengan hobi Anda karena akan banyak sekali waktu luang. Berbeda dengan bekerja sebagai karyawan.

Secara umum passive income didapatkan dari investasi baik itu investasi berupa barang ataupun saham. Nah, apa saja sih jenis yang bisa menghasilkan passive income.

Aset untuk menghasilkan passive income

Bila Anda ingin memiliki passive income, yang harus dipersiapkan adalah aset. Aset apa saja yang bisa menjadi sumber penghasilan ini? Berikut kami rangkum 5 aset yang bisa jadi passive income.

Deposito

Alih-alih menabung dengan membuka rekening biasa lebih baik Anda gunakan layanan deposito. Deposito merupakan sebuah tabungan berjangka sesuai dengan tempo yang ditentukan dengan kelebihan Anda dapat menerima bunga setelah tanggal jatuh tempo. Jadi jika Anda menabung pada salah satu bank yang menawarkan program tersebut Anda bisa medapatkan uang investasi Anda kembali, ditambah bunga sebanyak 10 % (tergantung besarnya bunga masing-masing bank) dari jumlah tabungan Anda setelah jatuh tempo.

Poperti yang Bisa Disewakan

Sekarang ini property menjadi salah satu investasi yang sangat menjajikan terbukti banyak sekali pebisnis yang mengincar bisnis satu ini. Maka untuk mendapatkan passive income Anda bisa memulainya dengan menyewakan kamar kos-kosan atau kontrakan yang Anda buat di rumah Anda atau sekitaran rumah Anda. Hal ini bisa menjadi sumber passive income artinya Anda bisa mengasilkan cash flow harian, bulanan, bahkan tahunan. Tidak hanya itu, nilai jenis investasi ini juga akan terus meningkat tiap tahunya, oleh karena itu passive income Anda pun akan terus bertambah dari tahun ke tahun.

Royalti

Mempunyai karya cipta merupakan salah satu sumber penghasilan jangka panjang, di mana Anda akan mendapatkan royalti setiap pembelian atau penggunaan karya Anda. Misalnya adalah penulis yang menghasilkan buku, penulis akan mendapatkan bayaran dalam bentuk royalti atas buku-buku yang ia buat. Selain itu adalah photographer yang menjual hasil fotonya lewat agensi mikrostock yang melayani transaksi penjualan foto/vektor/video secara global atau untuk sebuah media massa. Nah, bila Anda kreatif dan memiliki hobi-hobi yang dapat membuat karya untuk menghasilkan royalti kembangkan saja.

Investasi saham

Sumber investasi untuk menghasilkan passive income yang lain adalah investasi saham. Mungkin cara ini cenderung beresiko jika Anda kurang memahami bidang tersebut. Untuk itu Anda perlu memahami seluk beluk saham itu sendiri. Jenis saham terbagi menjadi dua yaitu saham biasa dan saham preferen. Saham biasa adalah pemilik sebenarnya dari perusahaan, di mana mereka yang menanggung resiko dan mendapatkan keuntungan. Sedangkan saham preferen ini mendapatkan hak istimewa dalam pembayaran dividen (pembagian laba kepada pemegang saham berdasarkan banyaknya saham yang dimiliki).

Aset digital

Selanjutnya adalah aset digital, yaitu dengan mendaftarkan blog atau website Anda pada Google Adwords. Cara lainnya dengan menyewakan kolom pada halaman website Anda untuk orang lain beriklan. Dengan bermodalkan hobi dan pengetahuan mengenai SEO guna membangun website agar lebih berprofit Anda sudah dapat memiliki passive income.

Demikian langkah untuk mendapatkan passive income. Dapat disimpulkan bahwa untuk mendapatkan passive income Anda harus memiliki aset, jadi hal pertama yang harus Anda pikirkan mana aset yang sesuai dengan budget serta dapat menghasilkan untuk memenuhi kebutuhan Anda nantinya. Jika Anda sudah menemukan salah satu aset yang sesuai, tugas Anda selanjutnya adalah fokus pada salah satu aset tersebut dan tingkatkan agar nilainya lama kelamaan semakin besar. Semoga informasi di atas dapat berguna untuk Anda yang ingin menambah penghasilan untuk masa depan tanpa harus kerja rodi. Semoga sukses.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.