Tips Jualan Online; Cara & Tips Foto Produk yang Bisa menarik Perhatian Pembeli

Saat ini semua pelaku usaha sudah banyak beralih ke dunia digital untuk berjualan. Berkembangnya media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter hingga Youtube mengubah fungsinya yang tadinya adalah media untuk bersosialisasi secara online menjadi tempat berjualan yang dapat menjanjikan konsumen potensial. Khususnya adalah Instagram dan Facebook, keduanya selalu jadi pilihan pelaku usaha online dalam memasarkan produknya. Mengapa? Jika dilihat dari penggunanya, kedua media sosial ini memiliki karakter pengguna yang sesuai dengan target konsumen online shop.

[Baca juga : Toko Online Internasional ]

Meski memiliki potensi pasar yang besar, namun banyak online shop yang tidak mendapatkan hasil yang mereka inginkan. Banyak alasan yang menyebabkan hal tersebut, bisa saja karena harga, reputasi online shop, atau mungkin kualitas gambar yang tidak menarik. Mengapa foto juga berpengaruh? Sama seperti berjualan secara offline, konsumen pastinya akan tertarik jika melihat tampilan produk yang ingin dibelinya. Untuk itu, menampilkan foto produk yang eye catching sangat perlu untuk menarik minat konsumen yang tadinya hanya melihat-lihat hingga membeli produk Anda.

Nah, untuk Anda yang masih bingung bagaimana mengambil foto produk yang menarik kali ini Go UKM akan berbagi tips dan trik mengambil foto produk yang baik untuk toko online yang mudah Anda praktikan.

Tak Perlu Kamera Mahal untuk Hasil Foto Berkualitas

Untuk mendapatkan foto produk yang bagus tidak selalu harus dengan peralatan yang professional kok. Anda tetap bisa melakukannya dengan kamera ponsel asalkan teknik pengambilan gambarnya benar dan tidak asal jepret saja. Selain itu, Anda juga bisa dibantu dengan aplikasi editing gambar yang bisa mengolah foto Anda menjadi lebih baik.

Gunakan Background

Mengambil foto produk bisanya dilakukan di studio foto agar hasilnya maksimal. Tidak juga loh! Kita bisa buat studio mini sederhana yang dari alat-alat yang murah, seperti, kertas HVS, kardus, lampu belajar dan kain putih sebagai background. Selain warna putih, Anda bisa mencoba menggunakan kain dengan warna yang berbeda atau dengan motif bila ingin foto lebih menonjol. Namun sebaiknya pertimbangkan lagi. Bila Anda ingin menampilkan detail produk sebaiknya gunakan background berwarna polos. Pemilihan warna ini juga dapat membuat produk Anda lebih cerah.

Selain itu yang perlu Anda ingat adalah jangan sampai gunakan background dengan warna yang membuat objek foto menjadi tidak terlihat. Misalnya bila produk Anda berwarna hitam, jangan gunakan background yang juga berwarna hitam ini dapat membuat beberapa detail produk jadi tidak tampak di foto.

Pencahayaan yang Cukup

Untuk menghasilkan foto produk yang berkualitas pencahayaan sangat perlu diperhatikan. Pencahayaan yang buruk akan membuat foto produk Anda terkesan kurang menarik, selain itu kemungkinan juga akan membuat warna produk terlihat lebih gelap.

Bila Anda menggunakan kamera dari ponsel ambillah gambar di ruangan terbuka dengan pencahayaan yang cukup, seperti di halaman. Namun bila Anda tetap ingin melakukannya di dalam ruangan, selain lampu ruangan tambahkan juga pencahayaan tambahan.

Dalam memberikan pencahayaan Anda perlu mengetahui teknik pencahayaannya.

– Pencahayaan depan dan atas, biasanya digunakan untuk membuat objek lebih flat.

Pencahayaan samping, akan memunculkan sisi-sisi yang jarang terlihat dari sebuah objek dan akan memunculkan gradasi.

Pencahayaan Belakang, cahaya dari arah belakang bisa digunakan apabila kita mau ada berkas-berkas cahaya di tepian obyek.

– Pencahayaan Bawah, cahaya dari arah bawah ini bermanfaat untuk teknik flatlay obyek yang mengkilat.

Setting kamera ponselmu semaksimal mungkin

Gunakanlah resolusi paling tinggi agar foto yang dihasilkan akan terlihat lebih detail. Pada umumnya smartphone sudah memiliki resolusi 5 megapixel, artinya sudah bisa mengambil foto yang cukup baik. Selain itu, agar foto yang diambil berkualitas tinggi aturlah settingan pada kamera hpmu, mulai dari ISO, White Balance, ukuran gambar dan lain sebagainya. Karena hasil foto tergantung dengan kamera Anda maka ketahui lah cara kerja kamera Anda untuk hasil yang memuaskan.

Gunakan Peralatan Tambahan

Untuk menghasilkan foto yang tajam dan fokus tidaklah mudah. Gerakan tangan Anda kadang Anda mengganggu kamera dalam menghasilkan foto yang tajam. Untuk itu peralatan tambahan dalam mengambil foto produk lebih baik gunakan Tripod.

Foto Produk dari Beberapa Sudut Potret atau Angle

Angle yang pas untuk memfoto sebuah objek tentunya berbeda-beda. Agar pelanggan Anda bisa melihat detail produk, fotolah produk dari berbagai macam sudut potret, seperti depan, belakang, dan samping. Sedangkan bila produk Anda berupa makanan, akan lebih menarik bila diambil dari atas. Untuk menentukan angle yang tepat, maka kamu harus berlatih sesering mungkin dengan berbagai objek foto.

Jangan gunakan zoom pada saat pengambilan gambar produk

Kekurangan mengambil foto dengan kamera ponsel adalah objek akan terlihat lebih kecil sehingga kita perlu memperbesarnya menggunakan fitur zoom. Pada saat mengambil foto produk sebaiknya lakukan langkah ini karena akan membuat resolusi gambar menjadi berkurang. Jika Anda ingin objek terlihat lebih besar, dekatkanlah objek dengan lensa ponsel Anda atau gunakan lensa tambahan khusus untuk kamera ponsel agar objek terlihat lebih dekat.

Ciptakan Konsep di Foto Produk Anda

Buatlah konsep untuk foto produk Anda. Dalam kata lain bila Anda ingin menjual sepatu olahraga dari pada hanya memfoto sepatu saja, Anda bisa tambahkan properti lainnya seperti bola atau baju jersey. Bila diperlukan Anda pun bisa menggunakan model. Dengan menggunakan gambar tematik seperti itu, calon pembeli akan lebih mudah membayangkan apakah produk yang mereka ingin beli cocok digunakan oleh mereka. Tentunya jika cocok, dorongan untuk klik tombol “beli” akan semakin besar.

Itulah tadi beberapa tips mengambil gambar produk untuk berjualan online. Tidak sulit bukan? Ditambah lagi Anda tidak perlu ke studio foto atau menggunakan jasa fotografer professional untuk mengambilnya jadi bisa menghemat biaya. Nah jadi mulai sekarang sering-seringlah terapkan saat tips dan trik ini saat mengambil gambar produk milik Anda. Nantinya kalau Anda sudah bena-benar menguasainya, pasti usaha jualan online Anda bakal beberapa tingkat lebih menarik konsumen. Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk visual yang cenderung melihat sesuatu dari tampilan fisiknya.

LEAVE A REPLY