Usaha & Bisnis Tahu Bulat, Rahasia cara Membuatnya

Bisnis Tahu bulat, akhir-akhir ini menjadi fenomenal bukan hanya karena menjadi jajanan yang unik nan murah meriah. Namun karena usahanya nya yang menjadi inspirasi.

Kali ini Go UKM akan mengajak pembaca untuk mengupas tuntas bagaimana bisnis Tahu bulat hingga bisa melambung tinggi. Padahal jika dipikir-pikir apakah bisa menguntungkan dengan harga tahu bulat yang setengah dari harga gorengan biasa yaitu Rp 500 per buah sedangkan gorengan Rp 1000 per buahnya.

Apalagi biaya operasional besar, butuh mobil, bensin, sopir, koki hingga batre speaker. Namun toh, bisnis tahu bulat ternyata berkembang.

APA RAHASIANYA? GO UKM AKAN MEMBUKA RAHASIA BISNIS TAHU BULAT YANG SEMAKIN BERKEMBANG?  

Sejak bisnis tahu bulat menjamur, turut menjamur juga artis You Tube tahu bulat, game tahu bulat hingga makanan yang menggunakan konsep jualan tahu bulat. Di mobil dan menggunakan speaker.

Cara memasak tahu bulat yang dimasak dadakan pun sepertinya jadi trik pemasaran sendiri. Karena biasanya para pembeli memang lebih memilih makanan yang hangat untuk dibeli. Dan uniknya berjualan di mobil sambil memasak tahu dalam minyak panas. Bisa dibayangkan bagaimana sulitnya. Tapi itulah yang membuat menarik. Karena bisnis ini kreatif.

Padahal sebenarnya mobil memang dijadikan sebagai alat transportasi tapi ditangan orang-orang yang kreatif sebuah pick up terbuka dijadikan outlet berjalan salah satunya oleh penjual tahu goreng bulat.

Cara pemasarannya yang Door to Door dari  rumah ke rumah dari gang ke gang perumahan sehingga konsumen sangat diuntungkan tidak perlu keluar rumah. Jika dipikir-pikir mampukah pedagang bisnis goreng untung atau mengalami kerugian karena hanya menggoreng tahu yang harganya lima ratus rupiah padahal harga gorengan umumnya seribu rupiah. Selain itu menggunakan mobil untuk berkeliling. Padahal harga mobil tentunya mahal, belum lagi untuk membeli bensin untuk berkeliling. Jadi apakah usaha ini menguntungkan?

Namun jika dilihat bisnis tahu goreng justru semakin berjalan hingga sekarang. Bahkan penjualnya sudah berjamuran. Bisa dibilang bisnis tersebut pastinya menguntungkan jika tidak maka tidak mungkin penjual tahu bulat justru jumlahnya meningkat.

LALU BAGAIMANA CARA MEMBUAT TAHU BULAT YANG FENOMENAL INI. BERIKUT RESEP TAHU BULAT YANG DIAMBIL DARI SITUS MASAKAN.

  • 10 bh tahu putih
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt baking powder
  • minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Tahu Bulat Kopong dan Mengembang

  • Hancurkan tahu menggunakan ulekan hingga halus. Setelah itu, bungkus tahu dengan kain bersih kemudian peras airnya sebanyak mungkin hingga tahu menjadi agak kering seperti ampas.
  • Masukkan kembali tahu kedalam wadah. Bubuhkan garam, kaldu bubuk, bawang putih halus dan baking powder. Aduk hingga merata.
  • Bentuk adonan tahu menjadi bulatan-bulatan menyerupai bola sebagaimana bentuk tahu bulat.
  • Masukkan tahu bulat mentah kedalam lemari es selama 1-2 jam agar tahu menjadi dingin dan baking powder yang terkandung didalamnya hanya berekasi saaat digoreng saja. Setelah itu, tahu bulat siap untuk digoreng kapan saja.
  • Untuk menggorengnya, goreng tahu bulat pada minyak panas diatas api kecil hingga mengembang dan warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan.
  • Sajikan tahu selagi hangat bersama dengan saus sambal atau bumbu tabur pedas.

Lalu bagaimana membuat tahu bulat menjadi kopong di dalam? Sebenarnya tak ada teknis khusus. Namun saat kita memeras air dari tahu. Jadi semakin banyak air yang keluar, maka semakin sedikit kadar air yang terkandung pada tahu. Sehingga semakin kopong. Untuk menambah selera bisa juga ditambah cabe rawit, saus sambal, atau bubuk cabe. Atau di dalam tahu yang kopong tersebut diberi sayuran atau daging lumat.

SEJARAH NYANYIAN TAHU BULAT

“Tahu Bulat, digoreng dadakan, 500an, anget-anget …, gutih-gurih…, Enyooooiiii …”

Sepertinya lirik lagu tahu bulat bukan sekedar lirik. Namun dijadikan trik untuk membuat tertarik pembeli. Bagaimana tidak, karena saat musik dimainkan semua mata tertuju pada sebuah mobil box tempat berjualan tahu bulat.

Karena penasaran untuk membeli. Dan ternyata nyanyian yang mengenai tahu bulat beranek ragam. Namun hingga sekarang baru 5 lirik yang sering didendangkan saat berjualan

  1. “Tahu bulat, digoreng, dadakan, lima ratusan, halawww…”
  2. “Tahu bulat, digoreng, dadakan, lima ratusan, anget anget, gurih gurih nyoyyy”
  3. “Tahu bulat, digoreng dadakan, lima ratusan, haraneut keneh. Bapa mana wakwaw, hellooo helloo…
  4. “Tahu bulat, tahu hangat, digoreng di atas mobil, cuma lima ratus, gope,gopee, gopeee, ketahuan,ketahuan…”
  5. “Tahu bulat,digoreng,di mobil, dinaaa katel,dadakan, lima ratusan, gurih gurih enyoi”

Kelima lagu diatas berbeda-beda, karena penjual tahu bulat memiliki grup-grup sendiri. Dan setiap grup memiliki lirik lagu atau jingle masing-masing. Jika jinglenya sama maka grupnya sama. Masing-masing grup biasanya terdiri dari 7 mobil pedagang tahu bulat.

1 JUTA GAME TAHU BULAT TELAH DIDOWNLOAD DI GOOGLE STORE

Fenomena tahu bulat yang sedang naik daun, ternyata membawa berkah sendiri bagi developer games asal Bandung, Own Games. Game ini mampu mengalahkan kepopuleran Clash of Clans di Indonesia.

Padahal tema yang diangkat hanya sebuah tema yang sederhana. Pemain game diajak untuk berbisnis tahu bulat dengan cara menjualnya melalui mobil bak terbuka.

Selain itu terdapat iklan baris Own TV, yang menampilkan informasi mengenai kabar yang tentang proses penjualan berlangsung. Selain itu informasi tersebut berfungsi untuk mengingatkan gamer agar meningkatkan peralatan, seperti speaker, wajan dan tenda.

Tak hanya itu,  di bagian bawah terdapat lima tab yang terdiri dari Mobil, Resep, Promo, Barang dan Pengaturan. Disana gamer dapat menemukan peralatan pendukung aktivitas berjualan pada tab Mobil, sedangkan Resep berisi bahan makanan untuk tahu bulat. Tab Promo berisi media promosi yang dapat Gamer manfaatkan, sementara Barang berisi benda untuk membantu mempercepat perolehan penghasilan.

Ada juga tab pengaturan dengan ikon tiga titik bergaris, di tab ini gamer bisa  mengetahui informasi statistik penjualan tahu bulat, seperti total penghasilan. jumlah penggandaan, jeda waktu antar pembeli, rekor penjualan per menit, dan sebagainya. Pada tab ini, gamer bisa mengetahui pencapaian yang berhasil diperoleh.

Sedangkan speaker akan menyuarakan kalimat promosi, yaitu “Tahu bulat, digoreng di mobil, dina katel, dadakan, gurih gurih nyoi” Kemudian para

Gamer diharuskan untuk mengumpulkan uang via ketukan hingga bar berwarna kuning di bawah iklan baris Own TV terisi penuh. Setelahnya itu gamer akan mendapatkan waktu bonus, memungkinkan penjualan digandakan sesuai dengan level saat game dimainkan.

Menarik bukan ? Jadi wajar jika data dari AppAnnie menunjukkan bahwa game Tahu Bulat berhasil mencapai satu juta unduhan mengalahkan Clash of Clans di Google Play Store sejak diluncurkan pada 14 Mei 2016.

LALU BAGAIMANA CARA MEMULAI BISNIS TAHU BULAT ?

Perhitungkan Modal

Sebelum memulai bisnis ini ada baiknya Anda memperhitungkan modal usaha. Karena saat ini persaingan tahu bulat memang ketat. Jika Anda belum memiliki modal, Anda bisa mengajukan proposal kewirausahaan kepada pemerintah, swasta atau bisa juga mengikuti event kewirasusahaan.

Buat Tahu Bulat yang Unik

Saat ini sudah banyak yang berjualan Tahu bulat yang rasanya asin atau pedas. Buatlah rasa tahu bulat yang lain misalnya buat tahu bulat dengan isi daging, sayur, mie atau coklat.

Alat Penggorengan

Meski Terkesan sepele, namun alat penggorengan harus diperhatikan dalam bisnis ini jangan sampai salah memilih alat karena akan fatal. Pilihlah alat penggorengan yang aman, karena berdagangan tahu bulat biasanya dilakukan di atas mobil yang berjalan sehingga bisa membahayakan.

Pilihlah penggorengan yang berbentuk panci, sehingga minyak panas tak akan keluar meski mobil berjalan. Selain itu kompor juga harus diperhatikan, pilihlah kompor yang benar-benar aman.

Tentukan Tempat Strategis

Meski berjualan dengan cara berkeliling,namun harus menentukan pula rute penjualan. Jangan sampai berjualan ke tempat yang memang sepi pembeli. Pilihlah perumahan yang memang ramai penduduknya biasanya di perumahan menengah ke bawah jadi tahu Anda banyak pembelinya.

Franchise dan Waralaba

Jika Anda ingin berbisnis Tahu Bulat namun tak memiliki modal ada baiknya Anda berkerjasama dengan franchise atau waralaba gulali. Biasanya mereka akan menyediakan paket-paket tertentu sesuai dengan bugjet yang Anda punya. Selain itu tak perlu khawatir tak laku pasaran karena franchise atau waralaba biasanya telah memiliki merk dagang yang sudah dikenal.

Bagaimana apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis tahu bulat setelah GO UKM membuka rahasia sukses mereka? Jika iya, seperti pengusaha sukses Bob Sadino katakan, “Ayo silakan mencoba jangan terlalu membuat rencana. Mulai Saja Bisnis Anda!

SHARE
Mengawali karir dari lembaga Pers Mahasiswa. Bergabung denga tim riset untuk menulis berbagai buku. Hobi Photography punya Moto Hidup “Berbagi itu Kesenangan”

LEAVE A REPLY