Cara Mengembangkan Bisnis Frozen Food

Memulai bisnis frozen food atau makanan beku terbilang mudah karena produksinya bisa dilakukan di rumah dan tidak terlalu memerlukan banyak bahan dan peralatan. Selain itu, frozen food juga dapat bertahan lama sehingga bisa menekan biaya produksi.

Frozen food atau makanan beku telah menjadi alternatif makanan bagi mereka yang malas untuk memasak. Makanan ini banyak dicari karena praktis dan penyajiannya pun mudah serta banyak digemari oleh semua kalangan.

Baca Juga: Kursus Frozen Food GoUKM Training Center untuk Pengusaha Pemula

Banyak pelaku bisnis yang melihat peluang tersebut dan akhirnya membuka bisnis frozen food. Ditambah lagi dengan prospek dan peluang usaha bisnis frozen food terbilang sangat bagus karena konsumennya bertambah banyak. Selain itu, faktor kesibukan yang membuat frozen food semakin banyak dicari.

Frozen Food yang Dapat dikembangkan

Sebenarna banyak sekali frozen food yang bisa Anda kembangkan dalam bisnis yang Anda jalankan. Namun tak ada salahnya jika Anda fokus hanya pada beberapa jenis saja. Cara ini dilakukan agar Anda dapat mempertahankan kualitas dari produk yang Anda jual

Ada baiknya jika Anda membuat produk frozen food yang menggunakan satu jenis bahan utama seperti

Nugget Ikan

Nugget sebenarnya berbahan dasar ayam. Jika Anda menginginkan adanya spesialisasi pada frozen food yang Anda jual, silakan coba untuk mengganti bahan utamanya dengan ikan. Ikan yang bisa digunakan pun beragam seperti tenggiri, tuna, nila, bahkan lele.

Proses yang dilakukan pun mirip dengan cara pembuatan nugget ayam yang terdiri dari proses pemgolahan ikan, proses pembuatan nugget, dan proses pengemasan.

Otak-otak

Saat membuat otak-otak, perhatikan betul mengenai bagaimana cara agar otak-otak tersebut tidak berbau. Bahan dasar ikan yang biasanya berbau amis seringkali menjadi kendala. Perhatikan hal-hal penting saat mengolah ikan agar rasa otak-otak yang dihasilkan tetap berkualitas.

Sosis

Makanan berwarna merah ini juga bisa dijadikan referensi bisnis frozen food Anda. Ayam dan sapi merupakan bahan dasar utamanya.

Bakso

Frozen food yang satu ini sudah pasti dikenal oleh semua lapisan masyarakat. Berbahan dasar daging sapi dan dibnetuk bulat-bulat. Frozen food jenis ini biasanya dijadikan sebagai pelengkap makanan seperti nasi goreng atau sayuran.

Kaki Naga

Kaki naga sebenarnya merupakan makanan yang mirip seperti nugget. Hanya saja penyajiannya ditambah dengan tusuk sate. Bahan dasarnya adalah udang dan ikan.

Tips Mengembangkan Bisnis Frozen Food

Meskipun peluang dan prospeknya besar, masih banyak pelaku bisnis frozen food yang belum tahu bagimana caranya mengembangkan bisnis tersebut hingga akhirnya hanya berjalan di tempat. Sebelum mengalami kerugian, ada baiknya jika Anda melakukan beberapa hal ini

Pikirkan Baik-Baik Soal Modal

Meskipun bisnis Anda telah berjalan, Anda tetap harus memikirkan modal karena selain bahan, Anda memerlukan freezer dan alat packaging yang kedap udara. Maka dari itu, pikirkan matang-matang mengenai modal yang akan Anda keluarkan.

Baca Juga: Kekurangan Modal Usaha? 5 Cara untuk Dapatkan Modal Bisnis dengan Mudah

Tentukan Produk

Produk frozen food memang banyak sekali macamnya, usahakan anda fokus terhadap satu atau dua jenis produk yang memiliki kesamaan bahan utama agar nantinya Anda bisa tetap menjaga kualitas bahan tersebut. Misalnya seperti nugget ikan dan bakso ikan yang menggunakan satu bahan utama.

Pilih Metode Pemasaran

Agar bisnis frozen food semakin dikenal, Anda harus melakukan beberapa metode pemasaran. Tidak perlu membayar lebih, cukup dengan melakukan pemasaran secara online. Banyak sekali pilihan yang bisa Anda jadikan sebagai wadah pemasaran seperti Facebook, Twitter, Instagram. dan Blog.

Spesialis dan Nilai Tambah

Cara untuk membedakan frozen food Anda dengan frozen food lainnya adalah dengan membuat spesialis pada produk yang Anda jual. Misalnya dengan menambahkan keju atau bubuk cabai kedalam frozen food yang Anda buat atau pun dengan cara mengganti bahan utama nugget yang biasanya menggunakan ayam

Freezer untuk Frozen Food

Packaging dan freezer pada frozen food memang terbilang cukup mahal. Anda harus menyesuaikan keuangan Anda dengan jenis peralatan tersebut. Tak ada salahnya jika menggunakan kulkas pribadi terlebih dahulu sebelum menggunakan freezer khusus.

Namun jika Anda benar-benar membutuhkan freezer khusus, menemukan freezer yang berkualitas dan murah tidaklah sulit. Berikut beberapa freezer yang bisa Anda jadikan sebagai referensi

Mesin Pendingin Makanan (Mesin Chest Freezer) AB-396

Mesin ini memiliki panjang 128cm, lebar 65cm, dan tinggi 88cm. Memuat kapasitas beku 24kg setiap harinya dan kapasitas penyimpanan hingga 210kg.

Mesin Pendingin Makanan (Mesin Chest Freezer) AB-506-T-X

Mesin ini memiliki panjang 156cm, lebar 65cm, dan tinggi 88cm. Memuat kapasitas beku 26kg setiap harinya dan kapasitas penyimpanan hingga 280kg.

Mesin Pendingin Makanan (Mesin Chest Freezer) AB-600

Mesin ini memiliki panjang 170cm, lebar 65cm, dan tinggi 88cm. Memuat kapasitas beku 38kg setiap harinya dan kapasitas penyimpanan hingga 300kg.

Membuka Franchise Sebagai Jalan Untuk Kembangkan Bisnis

Agar bisnis frozen food Anda semakin berkembang, membuka franchise atau merawalabakan bisnis Anda dibeberapa lokasi dapat menjadi pilihan yang tepat. Tujuannya agar bisnis Anda semakin dikenali dan pelanggan pun bertambah banyak.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuka system kemitraan sebelum mengembangkan bisnis

Evaluasi Lokasi

Lokasi menjadi salah satu penentu dalam membuka waralaba. Lokasi yang tepat harus didapatkan agar penjualan bisnis yang Anda tercapai sesuai target yang telah ditentukan.

Paham Cara Negoisasi Sewa dan Properti

Selain lokasi, kemampuan  negoisasi sewa dan properti juga harus Anda perhitungkan. Jangan sampai biaya sewa dan properti yang Anda ajukan terlalu mahal atau pun justru terlalu murah.

Memiliki Sumber Bahan Baku yang Berkualitas dan Ekonomis

Kualitas bahan baku harus benar-benar diperhitungkan karena hal ini menyangkut nama baik bisnis yang Anda jalankan.

Mengetahui Sumber Tenaga Kerja yang Berkualitas

Pilihlah tenaga kerja yang berkualitas dan bisa mengikuti standar bisnis Anda. Pemilihan tenaga kerja yang tepat dapat mempermudah bisnis Anda dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.

Baca Juga: Ingin Bisnis Untung Besar dan Tidak Rugi? Ini Dia Kumpulan Tips dan Inspirasi Pengusaha Sukses

Memiliki Kemampuan Menjadi Trainer

Saat akan mewaralabakan bisnis Anda, pelatihan yang efektif dan berorientasi pada hasil harus Anda berikan agar terciptanya kesamaan visi dan misi antara Anda dengan mitra bisnis.

Memiliki Keahlian untuk Melakukan Monitoring dan Pengontrolan Bisnis

Selain kemampuan menjadi trainer, keahlian dalam monitoring dan pengontrolan bisnis juga harus Anda kuasai. Dengan mewaralabakan bisnis, artinya Anda sudah siap dengan monitoring dan pengontrolan bisnis.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis frozen food. Semoga dapat menjadi bahan referensi usaha makanan Anda.

SHARE

LEAVE A REPLY