Asuransi Online Berikan Kemudahan Daftar dan Klaim Melalui Gadget Nasabah

Di jaman digital seperti saat ini, mau apapun Anda bisa menemukannya melalui online, tidak terkecuali produk asuransi online. Semakin pesatnya perkembangan teknologi digital, membuat dunia maya menjadi pasar yang potensial untuk dapatkan konsumen baru. Peluang ini dimanfaatkan oleh pelaku usaha di segala bidang. Di bidang asuransi misalnya, perusahaan-perusahaan yang menyediakan layanan jasa perlindungan ini pula tergugah untuk ikut melebarkan sayap dengan menyediakan layanan asuransi secara online.

Baca juga : Ingin Ajukan KTA Online? Ini Situs Pinjaman KTA Online dan Cara Mengajukannya

Produk asuransi online yang ditawarkan sama seperti pada umumnya hanya saja pengaplikasiannya saja yang berbeda di mana bisa dilakukan secara online. Berbagai jenis asuransinya seperti asuransi perjalanan online, mobil, asuransi motor, asuransi truk, asuransi kecelakaan diri, properti, kesehatan dan asuransi jiwa. Kalau begitu apa kelebihan yang membuat asuransi secara online lebih menguntungkan daripada konvensional?

Efesien dan lebih praktis

Beli asuransi online lebih efesien dan praktis. Apalagi akses yang diberikan 24 jam non stop sehingga dapat bantu Anda untuk mengakses layanan ini dimanapun dan kapanpun Anda butuhkan.

Nasabah bisa bandingkan promo yang diberikan setiap perusahaan asuransi

Informasi promo akan lebih mudah didapatkan oleh nasabah jika perusahaan menyediakan sistem online. Hal ini tentu saja menguntungkan bagi calon nasabah, karena dengan begitu Anda bisa memilih mana produk asuransi yang banyak menawarkan promosi-promosi khusus. Entah itu mendapatkan keuntungan dengan beberapa merchant atau kesempatan hadiah grand prize.

Sudah ada payung hukumnya jadi lebih aman

Kelebihan lainnya adalah layanan asuransi online lebih aman dan transparan karena setiap portal yang telah terdaftar online diawasi ketat oleh OJK. OJK sendiri adalah lembaga negara yang memiliki fungsi untuk mengatur serta mengawasi setiap kegiatan dalam sektor jasa keuangan bank maupun non-bank. Harga yang ditawarkan pun sudah tetap dan disesuaikan oleh OJK. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan peniupan. Tapi pastikan lagi kalau perusahaan asuransi online tersebut memiliki logo “diatur dan diawasi oleh OJK”.

Klaim premi hanya cukup satu jari

Keluhan klaim premi yang ribet dan menyulitkan mungkin pernah Anda rasakan. Akhirnya Anda memutuskan untuk tidak meneruskan tabungan asuransi. Kalau begitu sebaiknya coba gunakan layanan asuransi online. Tidak hanya proses pendaftarannya saja yang mudah, proses klaim bisa Anda lakukan kapan saja hanya dnegan membuka akses asuransi online melalui laptop atupun ponsel pintar Anda. Mekipun terbilang mudah, namun Anda tetap harus mengikuti semua prosedur standar yang berlaku ya agar proses klaim lebih cepat.

Baca jugaUsaha Taksi Online Lebih Menguntungkan Ketimbang Taksi Konvensional

Dengan kelebihan-kelebihan tersebut di antara Anda mungkin ada yang mulai mempertimbangkan untuk mendaftarkan diri Anda agar mendapatkan layanan asuransi online ini. Tapi kenapa kita harus memiliki asuransi? Bukannya cicilannya justru malah akan menjadi beban pengeluaran perbulannya? Inilah pola pikir yang harus diubah dengan cara mendalami pengetahuan Anda tentang asuransi.

Asuransi sebenarnya berperan dalam menanggung risiko jika terjadi hal yang tidak diinginkan terhadap barang atau sesuatu yang diasuransikan. Contohnya, seseorang mengasuransikan kesehatannya dan suatu saat ia mengalami kcelakaan. Sebaga pemegang asuransi, biaya perawatan orang tersebut tentu akan ditangggung oleh perusahaan asuransi sesuai kesepakatan atau pemegang asuransi tersebut dengan cara mengklaim premi yang selama ini dibayarkan ke perusahaan asuransi.

Klaim yang dilakukan pemegang asuransi harus tetap mengikuti persyaratan-persyaratan yang berlaku. Setidaknya terdiri dari laporan kejadian serta perhitungan kerugian yang dialami pemegang polis berikut data pendukungnya. Kewajiban pemegang polis atau nasabah asuransi adalah membayar premi dalam jumlah tertentu sesuai dengan ketentuan. Premi ini adalah biaya yang harus dibayarkan setiap bulan oleh nasabah asuransi yang sifatnya wajib selama masa asuransi. Sementara polis adalah perjanjian asuransi atau pertanggungan yang bersifat konsensual (terdapat kesepakatan). Nah, lalu apa yang manfaat utama memiliki sebuah polis asuransi?

– Membuat hidup lebih tenang

Sesuatu yang buruk dapat menimpa siapa saja dan kapan saja, ini lah alasan kenapa Anda harus memiliki asuransi untuk menjamin bila terjadi hal-hal yang tidak dinginkan ke barang atau sesuatu yang Anda asuransikan. Dengan memiliki asuransi, kerugian dapat diminimalkan. Sebab ada jaminan perlindungan dari setiap klaim yang dilakukan. Dengan begitu hidup Anda pun bisa jadi lebih tenang.

– Asuransi bisa jadi sarana investasi Anda

Ingin investasi tapi bingung di mana? Ada bisa mulai investasi dengan bergabung satu paket asuransi atau yang dikenal dnegan nama unit link. Investasi ini bukan untuk diri Anda tapi juga orang terdekat Anda, memiliki investasi ini juga akan membuat Anda memiliki keuntungan pada masa depan.

– Asuransi bisa untuk menabung dan menutupi kerugian Anda nantinya

Secara tidak langsung dengan membayarkan biaya asuransi perbulan sama saja Anda menabung dan baru mereasakan manfaatnya ketika Anda mengalami risiko. Memiliki asuransi akan bantu Anda untuk mengatasi segala risiko yang terjadi.

Apa yang dimaksud dengan risiko? Dalam defenisi umumnya risiko adalah bahaya, akibat, kosekuensi yang bisa terjadi yang disebabkan oleh proses yang sedang berlangusng maupun kejadian yang akan terjadi di masa mendatang. Di dunia asuransi risiko bisa disebabkan oleh aktivitas personal ataupun aktivitas bisnis/usaha. Contoh risiko pribadi adalah sakit, kecelakaan maupun risiko finansial yang disebabkan oleh meninggalnya seseorang.

Aset yang bisa diasuransikan

Untuk mendaftarkan asuransi tidak semua aset dapat diasuransikan. Hanya risiko yang menurut kita tidak bisa ditanggung sendiri saja yang perlu diasuransikan. Lalu apa kriteria aset yang bisa diasuransikan? Berikut ini persyaratan risiko yang bisa diasuransikan.

  1. Dapat dinilai secara finansial
  2. masuk ke dalam salah satu jenis asuransi yang ditawarkan perusahaan
  3. terdapat sejumlah orang dengan risiko yang sama
  4. layak untuk diasuransikan (memiliki nilai yang material dan kepentingan asuransi)

Jenis Asuransi yang tersedia

Umumnya ada 5 jenis asuransi online yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan asuransi di Indonesia yaitu:

  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Mobil
  • Asuransi Pendidikan
  • Asuransi Properti

Jenis-jenis asuransi ini wajib dimiliki karena memiliki risiko yang berat atau tinggi sehingga perlu dijamin oleh asuransi. Apa yang perlu diketahui menengai asuransi-asuransi ini, berikut penjelasannya.

#1 Asuransi jiwa, yang berikan asuransi risiko kematian

Asuransi ini adalah sebuah jenis asuransi yang memberikan ganti rugi terhadap tertanggung akibat resiko kematian. Untuk mendapatkan manfaat dari investasi ini, pihak penanggung diwajibkan membayar premi secara berkala kepada perusahaan asuransi dengan jumlah dan jangka waktu yang telah ditentukan.

#2 Asuransi kesehatan, proteksi untuk kesehatan nasabah asuransi

Asuransi kesehatan merupakan jenis asuransi yang bermanfaat untuk memproteksi kesehatan nasabah asuransi atau tertanggung. Asuransi ini ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan asuransi dnegan beragam pilihan mulai dari perlindungan biaya inap di rumah sakit hingga perawatan jalan pra dan pasca proses rawat inap di rumah sakit. Selain itu, asuransi ini juga dapat membiayaai proses melahirkan normal maupun sesar kepada tertanggungnya.

#3 Asuransi mobil, perlindungan untuk mobil

Asuransi ini memiliki 2 jenis yaitu TLO (Total Loss Only) yang hanya memberikan ganti rugi terhadap kerusakan berat saja. Dan All Risk merupakan jenis asuransi mobil yang memberikan perlindungan secara menyeluruh terhadap mobil Anda dari segala jenis risiko kerusakan baik itu kerusakan kecil maupun besar.

#4 Asuransi pendidikan, sama seperti tabungan perencanaan untuk pendidikan anak

Jenis asuransi ini memberikan jaminan biaya pendidikan kepada Anak. Orang tua akan membayarkan premi asuransi secara berkala untuk menjamin dan membayarkan biaya pendidikan mulai dari sekolah sampai kuliah sesuai dengan jumlah tabungan dan premi yang dibayarkan.

#5 Asuransi properti, jaminan ganti rugi bagi pemilik properti

Merupakan jenis asuransi yang digunakan untuk menjamin terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan, kerusakan, kebakaran, dan bencana alam terhadap properti pemilik asuransi. Tertanggung akan diberikan penggantian biaya perbaikan atau perawatan atas kerusakaan atau kerugian yang terjadi.

Syarat dan cara memperoleh asuransi online

Persyaratan dan cara pendaftaran asuransi secara online pada dasarnya sama seperti pada setiap perusahaan, yaitu sebagai berikut.

– Menyiapkan berkas yang diperlukan seperti KTP, kartu keluarga, NPWP, Akta kelahiran yang tertanggung dan sebagainnya.

– Mengisi formulir pendaftaran yang mencakup identitas diri serta pilihan kelas asuransi yang ditawarkan, alamat lengkap, dan sebagainya.

– Pilih biaya premi perbulan.

– Simpan data serta tunggu balasan notifikasi nomor registrasi email dan kemudian print lembar virtual accountnya.

– Lakukan pembayaran di bank yang telah ditunjuk perusahaan asuransi tersebut.

– Setelah menyerahkan uang serta nomor virtual pada teller bank nanti Anda akan mendapatkan bukti pembayarannya.

Pembayaran premi biasanya dapat dilakukan melalui bank yang telah disepkati oleh Anda dan pihak agen asuransi. Selain pembayaran melalui teller, beberapa perusahaan asuransi juga ada yang menawarkan layanan auto debet dari rekening untuk memudahkan pembayaran perbulannya.

Nah setelah mengetahui informasi di atas, apa Anda berniat untuk membeli asuransi secara online?  Bila diantara Anda ingin coba asuransi online. Berikut beberapa perusahaan asuransi online yang bisa pertimbangkan.

Axa Redefining/Insurance

Merupakan perusahaan asuransi yang sudah berdiri sejak 1992. AXA hanya memfokuskan 3 produk, yaitu asuransi jiwa, asuransi umum dan manajemen aset melalui beragam jalur distribusi di bawah PT Axa Mandiri Financial Service, PT AXA Financial Indonesia, PT AXA Life Indoensia, dan PT AXA Asset Management Indonesia.

Asuransi Raksa

Asuransi raksa online merupakan situs dari PT Asuransi Raksa Pratikara yang berikan kemudahan untuk nasabah membeli produk asuransi melalui internet. Produk asuransi yang tersedia di Raksa Online saat ini adalah asuransi kendaraan bermotor.

 Jasindo

Perusahaan BUMN satau ini dibentuk pemerintah sejak 1973 dan pembetukannya dilandasi atas Keputusan Menteri Keuangan No. 764/MK/IV/12/1972. Ada 2 kategori asuransi yang dapat dipilih oleh nasabah asuransi, yaitu ritel dan korporasi. Untuk kategori ritel terdapat jenis asuransi perjalanan, kendaraan, properti, pendidikan, kesehatan, dan asuransi pengiriman barang. Sementara kategori korporasi, ditujukan untuk asuransi perusahaan.

Jaga Diri

Jaga Diri merupakan perusahaan asuransi online yang didirikan oleh PT Central Asia Financial yang merupakan salah satu bagian dari Salim Group. Produk yang dihadirkan Jaga Diri meliputi asuransi hospital cash plan. Melalui produk  ini, Jaga Diri mengklaim akan memberikan manfaat perlindungan kesehatan dan jiwa nasabah asuransi sekaligus menawarkan pengembalian premi yang dibayarkan sebesar 50% setiap priode 3 tahun baik ada maupun tidak ada klaim.

Sequis Online

Sequis Online adalah produk berbasis internet perusahaan asuransi SequisLife. Di sini, nasabah bisa mendapatkan produk asuransi mudah dan dengan premi yang murah mulai dari Rp 33 ribu per bulan. Adapun produk asuransi yang ditawarkan adalah asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan asuransi penyakit kritis. Kini Sequis Online juga telah menyediakan aplikasi mobile, jadi bagi nasabah yang ingin daftar atau mengecek status asuransi bisa melalui aplikasi ini yang sudah bisa di unduh untuk smartphone berbasis Android maupun iOS.

iFWD Liberate

Layanan online dari FWD life Indonesia ini bertujuan untuk menyediakan akses bagi masyarakat untuk membeli produk kapan saja dan di mana saja melalui situs ifwd.co.id. FWD sendiri adalah perusahaan asuransi jiwa patungan dan merupakan bagian dari FWD group. iFWD menyediakan 2 jenis asuransi yaitu bebas aksi (asuransi kecelakaan diri) dan bebas rencana (asuransi jiwa berjangka).

MSIG Online

MSIG merupakan bagian dari PT Asuransi MSIG Indonesia, salah satu perusahaan asuransi umum terbesar di Indonesia dan juga anggota dari grup asuransi umum terbesar di Jepang. Perusahaan ini hanya fokus menawarkan satu asuransi, yaitu asuransi perjalanan.

Raja Premi

Raja Premi adalah marketplace yang menawarkan layanan pembading produk asuransi dari mitra yang telah bekerjasama dengan mereka. Situs ini berfokus pada layanan keuangan yang menyediakan berbagai asuransi seperti asuransi kendaraan, kecelakaan diri, properti, kesehatan, perjalanan dan asuransi jiwa untuk pasar Indonesia. Sampai saat ini, Raja Premi telah bermitra dengan cukup banyak perusahaan asuransi terkenal termasuk ACA, Sinar Mas, Asuransi Malacca, Asuransi BESS, Asuransi UMUM AVRIST, JAPRO, dan Zurich.

Asuransi88

Asuransi88.com adalah situs web yang komperehensif untuk membandingkan produk asuransi di Indonesia. Situs ini bermitra dengan agen asuransi yang telah bersertifikat dan terkemuka. Adapun produk asuransi yang bisa dicari melalui Asuransi88, meliputi asuransi mobil, motor, perjalanan, rumah, ruko, kesehatan, jiwa, kecelakaan dan perusahaan.

PasarPolis.com

Merupakan portal online yang bertujuan untuk memberikan kemudahan untuk masyarakat memilih perlindungan yang tepat bagi mereka sendiri maupun keluarga. Situs ini bermitra dengan berbagai perusahaan asuransi yang menyediakan opsi-opsi perlindungan untuk kesehatan, kendaraan, properti, kecelakaan diri, jiwa dan perjalanan. Pasarpolis.com juga didikung oleh tim insurance specialist yang bisa bantu Anda untuk mendaftar, membandingkan, klaim ataupun menjawab pertanyaan Anda lainnya.

Tokopedia Asuransi

Asuransi online berikutnya adalah Tokopedia Asuransi. Kini di Tokopedia Anda tidak hanya akan dapat mencari kebutuhan sehari-hari saja, tapi juga asuransi. Baru-baru ini, salah satu marketplace online terbesar di Indonesia ini meluncurkan layanan asuransi, dengan produk Health Insurance. Produk ini berikan proktesi maksimal untuk kesehatan nasabah. Manfaat yang akan didapatkan nasabah antara lain, dapat mengcover biaya perawatan rumah sakit, persalinan dan juga kesehatan.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY