Jenius Aplikasi Bank Digital Pintar yang Bisa Sekaligus Atur Keuangan Nasabah

Bingung atur keuangan? Aplikasi bank digital Jenius solusinya. Aplikasi ini dikembangkan oleh Bank Tabungan Pensiunan Negara (BPTN) dan telah diluncurkan pada 2016 lalu. Apa sih Jenius? Merupakan aplikasi perbankan digital yang memungkinkan nasabah untuk memiliki rekening bank dan mengelola keuangan dari ponsel, baik berbasis Android maupun iOS. Dalam kata lain, aplikasi ini dapat memenuhi kebutuhan nasabah akan layanan perbankan yang cepat dan mudah diakses.

Mungkin sebelumnya Anda sudah mengenal aplikasi bank digital Digibank milik DBS, nah layanan Jenius hampir serupa dengan aplikasi itu. Namun tentunya Jenius memiliki kelebihan yang membuat aplikasinya berbeda dengan perbankan digital lain. Pasalnya Jenius tidak hanya dikembangkan untuk layanan perbankan saja namun juga untuk memudahkan nasabah mengatur keuangan dengan bantuan fitur-fitur andalan yang dimiliki aplikasi ini, di antaranya adalah Send IT, Pay Me, Dream Saver, Card Center dan Split Bill.

Fitur di dalam aplikasi Jenius

Jenius disematkan beberapa fitur yang juga jenius untuk bantu mengatasi masalah keuangan penggunannya, salah satunya adalah Dream Saver. Layanan ini merupakan sebuah fitur perencanaan keuangan berupa deposito atau tabungan berjangka yang bisa dipersonalisasi. Jadi untuk nasabah yang ingin membuka tabungan berjangka dan dapat dilipatgadandakan namun tidak ingin bolak-balik ke bank untuk melakukan penyetoran, fitur ini dapat mereka manfaatkan. Tidak Dream Saver saja, ada fitur lainnya yang juga tidak kalah menarik, seperti:

Fitur Send It

Dengan menggunakan fitur ini Anda bisa dengan mudah mengirimkan dana kapan saja dan di mana saja. Cukup dengan memasukan jumlah uang yang akan dikirim, lalu tentukan tujuan pengiriman, uang akan langusng diterima ke rekening tujuan.

Tidak kalah menariknya lagi, pengguna juga bisa mengirim dana ke banyak penerima dalam waktu yang bersamaan. Hal ini memungkinkan karena di fitur Send It, ada pilihan pengiriman uang ke grup kontak Anda. Selain itu, pengguna juga bisa membuat jadwal pengiriman dana atau menjadwalkan pengiriman berulang sesuai dengan keinginan.

Dengan fitur ini Anda juga bisa melakukan pembayaran tagihan seperti tagihan air, kredit (khusus untuk bank penerbit yang menerima pembayaran melalui ATM Bersama) listrik, telepon, TV bahkan membeli pulsa telepon. Caranya juga sangat mudah, dengan masuk ke layanan Send It dan masukan nomor pelanggan dan tekan Tagihan Terakhir untuk nominal tagihan.

Apa itu Cashtag? Cashtag perannya sama saja seperti nomor rekening. Jenius menghindari penghapalan nomor rekening yang merepotkan dan menggantinya dengan nama nasabah sendiri.

Fitur Card Center

Setiap pengguna yang telah mendaftar di aplikasi Jenius akan diberi 2 kartu yaitu m-Card adalah kartu utama yang dapat digunakan untuk semua transaksi dan e-card adalah kartu yang digunakan untuk belanja online secara aman. Nah, fitur Card Center dapat dimanfaatkan nasabah untuk memblokir kartu sementara atau permanen dan mengaktifkannya kembali, terbitkan kartu baru , batalkan kartu, top-up uang atau redeem uang.

Fitur Split Bill

Dengan menggunakan fitur ini memungkinkan Anda untuk membagi bon dengan teman-teman yang ada di histori transaksi Anda yang dimasukan secara manual dengan teman-teman yang ada di daftar kontak Anda. Jumlah bon yang diinput akan dibagi secara rata atau bisa diatur sesuai keinginan pengguna.

Fitur Pay Me

Tidak hanya membagi tagihan saja loh, ternyata dengan Aplikasi ini Anda juga bisa mengirimkan permintaan sejumlah uang kepada teman dengan secara otomatis mengirimkan notifikasi pembayaran kepada teman yang ada di kontak Anda bahkan ke yang belum bergabung dengan Jenius sekalipun (melalui notifikasi SMS). Jadi misalnya setelah membagi bon, teman Anda ada yang lupa membayar, cara mengingatkannya gampang cukup kirimkan notifikasi. Bila teman Anda menyetujui nominalnya maka akan secara otomatis diambil dari saldo mereka yang kemudian akan dikirimkan ke rekening Jenius Anda.

Fitur Dream Saver

Fitur ini membantu Anda untuk mencapai impian Anda. Caranya bagaimana? Dengan menggunakan fitur ini Anda bisa membuat tabungan rencana untuk beberapa tahun ke depan. Jenius menawarkan layanan tabungan deposito berbunga 5% per tahun. Dream Saver ini terpisah dengan Saldo Aktif (saldo rekening utama) sehingga tabungan Anda akan aman dari transaksi harian. Penyetoran tabungan ini bisa secara otomatis setiap hari/minggu/bulan sesuai keinginan pengguna dengan dana yang ditarik dari saldo aktif.

Selain Dream Saver, Jenius juga memiliki layanan Maxi Sever dan Flexi Sever. Maxi Sever yaitu deposito berjangka yang menawarkan bunga sampai dengan 6% dan pilihan tenor mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan. Layanan ini ditujukan bagi pengguna yang ingin menyimpan dan menumbuhkan tabungan yang simpan tersebut.  Sedangkan Flexi Sever adalah tabungan setara deposito yang bisa ditarik atau disetor kapanpun tanpa terikat periode waktu tertentu.

Itu semua fitur dan layanan yang dimiliki oleh Jenius dan bisa diakses langsung pengguna. Menariknya lagi, Jenius tidak membebankan biaya administrasi bulanan, biaya kartu, biaya pembukaan dan penutupan akun dan juga tidak ada saldo minimum dan maksimum.

Persyaratan dan cara membuka rekening Jenius

Pada dasarnya untuk membuat rekening tabungan Jenius, calon nasabah harus memenuhi persyaratan yang berlaku, yaitu:

– Berkewarganegaraan dan berdomisili di Indonesia.

– Berusia minimal 17 tahun atau lebih.

– Memiliki wewenang untuk mengambil tindakan hukum menandatangani perjanjian mengikat dengan bank dan tidak dilarang untuk melakukannya di bawah umur yang berlaku.

Bila memenuhi persyaratan di atas, calon nasabah dapat membuka rekening Jenius nasabah tanpa perlu datang ke kantor cabang BTPN. Calon nasabah hanya cukup mengunduh aplikasi Jenius dari Google Play Store atau Apple Store, lalu melakukan registrasi akun dengan mencantumkan biodata, mengunggah foto wajah dengan selfie, serta foto KTP dan NPWP. Setelah itu, nasabah bisa mengisi nama rekening atau yang disebut dengan $Cashtag. ID ini akan menjadi identitas pribadi sebagai alternatif nomor rekening.

Setalah calon nasabah menyelesaikan tahap registrasi, layanannya masih belum bisa digunakan karena perlu aktivasi terlebih dahulu. Untuk itu calon nasabah harus membuat janji pertemuan dengan Jenius Crew untuk membantu proses mengaktifkan akun Jenius. Untuk keperluan verifikasi, calon nabasah hanya perlu menyiapkan KTP asli dan tanda tangan. Kemudian bila kartu telah aktif, akan ada e-mail notifikasi yang akan dikirimkan oleh Jenius dan kartu debit Jenius akan dikirim ke alamat koresponden di dalam aplikasi.

Namun yang disayangkan proses verifikasi ini hanya bisa dilakukan calon nasabah di Jabodetabek. Sementara untuk calon nasabah yang berdomisili di luar wilayah Jabodetabek harus menyelesaikan proses aktivasi dengan mengunjungi Kantor BPTN Sinaya dan Purna Bakti terdekat dan membawa KTP asli.

Cara top up akun Jenius

Ada banyak pilihan untuk mengisi saldo akun Jenius, bisa melalui ATM atau secara tunai service point. Bila Anda memilih isi saldo melalui ATM, Anda bisa memilih menu transfer ke bank lain lalu masukan kode bank BPTN (213) dan nomor rekening Jenius Anda. Untuk top up menggunakan service point Anda bisa melakukannya di bank-bank mitraan Jenius, seperti Bank BTPN, BCA, Mandiri, BRI, BNI, Permata Bank, CIMB Niaga, Bank BTN, dan bank lainnya yang berlogo ATM bersama dan Prima.

Baca juga: Apa itu internet banking 

Jenius Gunakan Otentikasi 2 Tingkat pada Sistem Keamanan

Sebagai layanan perbankan digital, sistem keamanan Jenius juga didukung oleh regulasi yang telah terjamin. Sistem keamanan yang telah mendukung aplikasi ini adalah pemanfaatan sistem acak password sebanyak enam digit, sistem ini telah disetujui oleh OJK.

Sementara itu, Jenius juga menghadirkan sistem keamanan otentikasi 2 tingkat pada layanannya. sistem ini akan menampilkan pemberitahuan terkait validasi pada aplikasi nasabah saat terjadi transaksi yang tidak lazim.

Dan bagi nasabah yang kehilangan ponsel yang sudah didaftarkan rekening Jenius juga tidak perlu khawatir. Anda bisa melakukan unlink ponsel melalui web app Jenius yang bisa diakses melalui website Jenius. Secara otomatis akun jenius Anda tidak akan lagi terhubung dengan ponsel yang hilang tersebut.

Sampai saat ini BPTN Jenius sudah bekerjasama dengan beberapa merchant yang menerima pembayaran lewat akun jenius, di anataranya adalah The Good Dept, Brightspot, Go-Jek, Spotify, Elevenia, Dinomarket, Tokopedia, Telkomsel, XL dan masih banyak lainnya. Banyak penawaran khusus yang diberikan merchant untuk pengguna Jenius, seperti cashback, potongan harga, dan promo buy 1 get one setiap pembelian produk milik merchant menggunakan debit Jenius.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY