APJII Ingin Memasyarakatkan Internet Lewat IIXS 2016

IIXS dibuka oleh beberapa petinggi Asosisasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan juga para tamu undangan pada hari Selasa (22/11) di Balai Kartini, Kuningan. Pameran dan konfrensi internet terbesar ini digelar sekaligus memperingati 20 tahun APJI terbentuk dan juga untuk menjalin silaturahmi dan membuka peluang untuk yang ingin bergabung sebagai keanggotaan.

“Tak terasa APJII sudah berumur 20 tahun. Mulai tahun ini, APJII juga membuka luas keanggotaan bukan hanya untuk komunitas ISP saja tapi non-ISP juga bisa bergabung. APJII untuk semua anggota internet Indonesia,” jelas Jamalul selaku ketua APJII pada saat membuka acara IIXS 2016.

Di indonesia sendiri pertumbuhan e-commerce sudah kian pesat namun sayangnya pelakunya banyak didominasi oleh pemain luar. ini lah yang menjadi fokus APJII. Di mana tujuan digelarnya acara ini adalah untuk memasyarakatkan internet indonesia dan sebagai wadah bagi pelaku bisnis telekomunikasi dan digital untuk meningkatkan performa serta memperluas ranah business to business dan juga business to consumer.

Pada kesempatan Itu pula Jamalul Izza juga mengatakan saat ini APJII menjalin kerjasama dengan Mastel yaitu sebuah lembaga niralaba yang membawahai selurus pelaku usaha, peminat dan pengamat bidang telekomunikasi di Indonesia untuk membuat digital koperasi milik dan untuk rakyat Indonesia.

“APJII bersama Mastel hanya memberikan dorongan pertama untuk melahirkannya, selanjutnya marilah kita sukseskan bersama, karena Koperasi Digital ini adalah milik rakyat Indonesia. Satelit yang dimilikinya adalah satelit rakyat, dan Smartphone yang diproduksi adalah Smartphone rakyat, mari kita sukseskan bersama”, himbau Jamalul Izza

Beliau juga menambahkan bahwa langkah dan terobosan ini, memastikan APJII untuk terus berkontribusi terhadap industri internet Indonesia, bukan hanya di area infrastruktur yang terkait dengan penyelenggara jasa akses internet, namun secara luas juga memastikan bahwa pertumbuhan ekonomi digital bangsa kita bukan hanya sebagai pasar bangsa lain, tetapi juga untuk kepentingan bangsa kita sendiri.

APJII merangkul berberapa anggota dan non anggota untuk ikut meramaikan IIXS 2016 seperti internet servixe provider (ISP), perusahaan penyedia teknologi (vendor), application development, cloud service, connectivity modules, data center, data analitics, mobilr solutions, M2M system & platforms dan masih banyak perusahaan telekomunikasi lainnya.

Selain pameran pengunjung juga dapat menghadiri workshop & sharing session dari komunitas filmmaker, game developers, makerspace,IoT/robotics, Liga Digital dan para startup digital serta panggung hiburan dari para artis yang besar melalui internet. Dan menariknya lagi ada juga pemilihan Duta Internet 2016 yang akan mengemban tugas untuk mengkampanyekan Gerakan Internet Bersama (Besih, Tertib dan Aman). Pengumuman siapa yang terpilih menjadi Duta Internet Indonesia 2016 akan diumumkan pada penutupan IIXS apada 26 November 2016. Sedangkan untuk agenda pada tanggal 24 November akan berlangsung koferensi yang akan menghadirkan pembicara-pembicara di bidang Internet.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY