Lima Poin dalam Analisis Facebook Fanpage, Agar Digital Marketing Menjadi Efektif

Kini sosial media adalah salah satu pondasi digital marketing. Hal ini dikarenakan sosial media adalah platform yang paling banyak dijangkau oleh banyak orang dan tidak ada biaya yang diperlukan untuk mengaksesnya. Bukan hanya itu, bila dimanfaatkan secara benar media sosial pun juga dapat jauh lebih bermanfaat bagi penggunaannya.  Nah, agar Anda dapat memaksimalkan media sosial sebagai digital marketing untuk bisnis Anda pada kesempatan kali ini GoUKM akan membahas mengenai beberapa tools atau alat bantu analisis sosial media yang bisa Anda gunakan. Namun sebelum itu mari ketahui seberapa besar peran sosial media dalam mengembangkan bisnis?

Apa sih manfaatnya sosial media pada bisnis? Apakah hanya untuk mengupdate informasi terbaru saja? Tidak hanya itu saja, nyatanya bila dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya fungsi sosial media memiliki beberapa keuntungan lainnya, misalnya beberapa hal berikut ini:

Sebagai identitas bisnis Anda

Sosial media adalah platform yang tepat untuk memperkenalkan bisnis Anda dan menyampaikan apa yang Anda tawarkan, dengan kata lain identitas Anda/bisnis Anda. Agar tidak salah menginterpretasikan diri/bisnis Anda ada beberapa hal yang perlu diperhatinkan, yaitu logo, gaya Bahasa dan pemilihan topik.

– Bila ingin brand Anda dikenal tentunya Anda memerlukan sebuah logo agar mudah diingat. Untuk itu, gunakan foto profil yang menunjukkan bisnis Anda dan mewakili identitas bisnis.

– Sementara pemilihan gaya Bahasa untuk memberikan karakter pada saat Anda berinteraksi dengan konsumen.

– Untuk bisnis pemilihan topik tidak bisa sembarangan. Berbeda jika Anda memanfaatkannya untuk keperluan pribadi, di mana Anda bisa bebas meng-share apa pun topik semau Anda. Hal ini karena Anda perlu menyesuaikan dengan identitas bisnis yang tengah Anda bangun. Misalnya begini, akun bisnis Anda adalah toko mesin, maka topik yang berhubungan dengan politik tidak relevan dengan identitas bisnis Anda yang seharusnya membahas tentang perawatan mesin yang baik atau yang lainnya.

Sosial media sebagai platform mengenal konsumen atau pelanggan Anda

Mengenal target yang dituju adalah salah satu kunci sukses yang selalu diajarkan dalam teori marketing. Sosial media membuat proses pendekatan ke konsumen jauh lebih mudah. Pengguna bisa mendapatkan feedback dan juga keinginan dari konsumen. Apalagi dengan tambahan perangkat pendukung seperti sosial media analytic, sehingga Anda bisa mengetahui dengan terperinci siapa saja konsumen, Bahasa apa yang mereka gunakan, rentang usia, bahkan jenis kelaminnya. Informasi-informasi tersebut dapat membantu proses branding dan promosi kepada target konsumen yang tepat.

Baca Juga : Mendapatkan 10 ribu follower Instagram

Membantu Anda melakukan pencarian konsumen baru

Sosial media dapat membantu Anda untuk mencari konsumen baru yang potensial. Mengapa bisa begitu? Karena kini kebanyakan sosial media sudah dilengkapi dengan fitur iklan yang bisa disesuaikan target konsumennya, misalnya seperti lokasi, umur, minat, bahkan jenis kelamin secara spesifik. Sehingga dari promosi atau iklan yang Anda lakukan dapat lebih efektif menjaring konsumen baru.

Memudahkan konsumen memberikan feedback

Dengan memanfaatkan sosial media untuk bisnis itu tandanya Anda memberikan akses bagi konsumen untuk memberikan respons atau feedback. Dengan begitu, artinya Anda juga akan lebih mudah melakukan survei ke konsumen.

Dapat meningkatkan brand awareness

Sosial media membantu Anda untuk meningkatkan brand awareness dengan biaya yang minim bahkan hampir tidak ada. Namun untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan brand Anda dibutuhkan tenaga, proses dan waktu yang tidaklah singkat. Dengan penyebaran merek melalui media sosial dapat membuat orang semakin mengetahui atau mengenal produk Anda. Dengan begitu, dari sanalah Anda dapat mengukur brand awareness atau kesadaran konsumen terhadap produk tersebut dari jumlah fans atau followers dan berapa kali merek Anda di mention dalam satu periode di media sosial.

Sosial media sebagai penunjang website

Keuntungan sosial media yang masih sedikit diketahui banyak orang adalah  dapat meningkatkan jumlah pengunjung website. Namun tidak hanya kunjungan apabila informasi yang ditemukan oleh konsumen pada website Anda bermanfaat, bisa jadi ini dapat mendorong pembaca website Anda untuk menshare kembali di sosial media mereka. Dengan begitu efeknya tidak hanya pada traffic website tapi juga bisa meningkatkan ranking website Anda.

Tools Analisis Social Media Facebook

Untungnya sekarang sudah banyak sosial media yang dilengkapi dengan tool analytic social media yang memiliki manfaat bagi para pelaku bisnis. Facebook misalnya, melalui Fans Page, Facebook memberikan fitur insight di mana. Ini dapat memungkinkan Anda untuk melakukan analisis demografi dan analisis kinerja page Anda dengan audiens. Sama halnya dengan Facebook, twitter juga memiliki tool analisis yang berguna untuk bisnis. Berikut ini hal-hal yang bisa diketahui dari tool analisis tersebut.

Monitoring Fans page

Monitoring ini bukan saja untuk mengetahui jumlah follower yang kita didapatkan, tapi seberapa besar pengaruh konten yang Anda bagikan di dalam akun Fans Page bisnis Anda. Anda bisa memonitoring kinerja Facebook Page melalui fitur Overview. Pilih periode atau waktu yang Anda inginkan misalnya sehari, seminggu atau sebulan terakhir.

Penjelasan

Action On Page: jumlah atau persentase pengujung fans page yang meng-klik tab call-to-action seperti book now, contact us, use app, shop now dan lain sebagainya.

Page view: jumlah atau persentase yang mengunjungi page Anda.

Page Like: jumlah atau persentase like baru.

Reach: jumlah atau persentase yang melihat, termasuk like, komen dan share post.

Post engagements: jumlah atau persentase yang berinteraksi dengan post Anda.

Video:  jumlah atau persentase yang melihat konten video Anda.

Baca Juga: Memilih Sosial Media yang Cocok

Traffic demografi audience

Uniknya selain kita bisa mengetahui ada berapa banyak orang yang mengunjungi akun media sosial bisnis, kita juga dapat mengetahui bagaimana karakter audiensnya. Cara melihatnya, masuk di fitur insight, pilihlah People. Dari halaman tersebut Anda bisa melihat bagaimana karakteristik audiens yang menyukai dan  melihat postingan dari Fans page bisnis Anda seperti umur, jenis kelamin dan lokasi pengguna.

Keuntungannya laporan trafik berdasarkan demografi ini akan membantu Anda untuk menentukan campaign serta materi yang pas berdasarkan audience. Misalkan jika audience Anda adalah 70% lelaki dengan rentang usia 25-34 tahun, nah setidaknya Anda bisa memperkirakan bagaimana produk yang akan Anda pasarkan? Apakah sudah mengena ke kriteria mereka. Ingat strategi marketing yang paling efektif adalah menawarkan produk yang tepat kepada calon pelanggan yang tepat.

Evaluasi berapa like dan unlike

Selain mengetahui seberapa besar pengaruh konten, di Facebook Fans page Anda juga bisa melihat jumlah like dan unlike melalui halaman Insight > Like.

Seperti yang tertera pada gambar di atas, Anda akan disajikan data like dan unlike dalam jangka waktu yang bisa Anda atur. Nantinya laporan tersebut berguna untuk mengevaluasi strategi marketing Anda. Jika jumlah unlikes lebih banyak, maka itu artinya Anda harus memikirkan strategi baru untuk menarik lebih banyak pengunjung dan likers.

Menetapkan jadwal postingan sesuai jam audience Anda online

Facebook menggunakan algoritma yang disesuaikan dengan profil audiencenya sehingga konten yang ada posting bisa memiliki kesempatan tampil di news feed penggemar kapan saja. Tapi, akan lebih baik jika Anda memilih waktu yang paling tepat untuk membagikan konten Anda.

Untuk mengetahuinya Anda bisa memanfaatkan fitur analisis Post. Dari sana Anda bisa melihat kapan saja audiens Anda online, mulai dari jam berapa hingga hari apa saja. Dengan begitu dapat memudahkan Anda membuat jadwal yang paling pas untuk berbagi konten di Facebook.

Page view

Melalui fitur ini pengguna bisa melihat bagaimana traffic view dalam kurun waktu tertentu. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat mengetahui ke halaman mana yang paling sering dikunjungi viewers, apakah ke profil, post, about, photo ataupun group. Anda pun juga bisa dapat mengetahui perangkat apa yang digunakan oleh viewer saat mengunjungi fans page Anda.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY