12 Bisnis Olahan Buah, Cukup Dengan Modal Kecil dan Bisa Dikerjakan di Rumah

Buah-buahan memang sudah dikonsumsi meski tanpa diolah. Namun karena buah-buahan lebih cepat membusuk sehingga jika tidak laku terjual akan mengalami kerugian. Maka ada baiknya buah-buahan diolah terlebih dahulu. Sehingga lebih awet selain itu bisa meningkatkan nilai ekonomis buah.

Meski begitu tak mudah dalam mengolah buah meski ada teknik khusus meski bisa Anda kerjakan di rumah. Dan menggunakan alat yang sederhana. Selain  Itu mesti ada juga yang diperhatikan dalam bisnis olahan buah ini. Baik rasa, kualitas, variasi, pengemasan, pengurusan izin untuk memudahkan dalam pemasaran.

Berikut 15 Bisnis Olahan Buah dengan Modal Kecil dan Untung yang Besar

  1. Bisnis Olahan Buah Menjadi Sirop atau Jus

bisnis olahan buah

Jika menikmati sirop pastinya kita akan menemukan kesegaran dari rasa buah bukan? Sirop memang kebanyakan diolah dari buah-buahan. Jenis buah yang bisa diolah menjadi sirop beraneka macam seperti jeruk, jeruk nipis, markisa, leci, srikaya, mangga, anggur, melon, apel, jambu, terong Belanda, Tomat, strawbery dan lain-lain.

Hampir semua buah-buahan bisa diolah menjadi jeruk namun tak semua buah-buahan akan terasa enak jika diolah menjadi sirop apalagi jika tak mengerti teknik pengolahannya. Salah satu bisnis olahan buah menjadi sirop yang bisa kita oleh sendiri di rumah adalah bisnis olahan buah jeruk.

Buah yang satu ini memang terkenal sebagai buah yang menghasilkan sirup yang sangat menyegarkan dan menghilangkan rasa dahaga. Salah satu contoh pebisnis yang berhasil mengolah buah menjadi jus segar yang dia beri nama Jus Jeruk Furisuka.

Nama brand tersebut berasal dari nama pendirinya, Adit Furisuka, seorang pengusaha asal Malang Jawa Timur. Bisnis olahan buah jeruk yang dia kelola sejak tahun 2002 ini awalnya hanya bisnis olahan buah jeruk sederhananya yang dia buat di rumah saja. Namun, kini usahanya bisa menghasilkan omzet hingga Rp15juta per bulannya dengan laba bersih sekitar 35% dari total omzetnya.

  1. Bisnis Olahan Buah Menjadi Keripik Buah

Salah satu bisnis olahan buah yang memiliki daya tarik para pembeli adalah bisnis olahan buah menjadi keripik. Karena keripik buah biasanya menjadi salah satu produk yang menjadi oleh-oleh suatu daerah misalnya malang dengan keripik apelnya, Lampung dengan keripik pisangnya dan lain-lain.

Selain itu keripik banyak dicari karena nutrisinya tinggi, sehingga bukan hanya bagus untuk kesehatan namun juga bagus jika dikonsumsi sehingga memiliki nilai tambah tersendiri untuk bagi yang mengolah buah menjadi sebuah. Serupa dengan sirop, hampir semua buah bisa dijadikan sebagai olahan keripik baik buah yang kadar airnya rendah maupun tinggi.

Karena saat ini telah ada alat yang bisa meniriskan kadar minyak dan air pada buah. Sehingga meskipun buah tersebut memiliki kadar air yang tinggi seperti melon dan semangka namun bisa diolah menjadi keripik buah.

  1. Bisnis Olahan Buah Menjadi Sambal

Bisnis Olahan Buah

Sambal meski bukan menjadi makanan pokok namun menjadi makanan yang menambah selera makan. Sehingga jika Anda ingin membuka bisnis rumah makan, biasanya yang satu ini tak boleh ketinggalan. Bahkan beberapa rumah makan justru menjadikan sambalnya menjadi icon andalan.

Nah, Anda pun bisa melakukan demikian. Menjadikan sambal menjadikan icon rumah makan Anda. Sambal yang terbuat dari bahan baku tomat seperti sudah banyak di pasaran. Mengapa Anda tidak mencoba untuk membuat sambal yang terbuat dari bahan baku buah-buahan. Karena masih jarang kemungkinan akan laku di pasaran.

Salah satu sambal buah yang mungkin bisa Anda coba adalah sambal mbacang. Sambal khas Palembang ini terbuat dari buah mangga, yang rasanya lebih dominan asam baik saat matang maupun mentah. Buah ini kemudian dipadukan dengan sambal dan terasi bakar yang kemudian ditambahkan dengan bawang, gula dan garam.

Selain sambal mbacang, sambal olahan buah lainnya seperti sambal nanas yang bisa ditambahkan cabai dan teri. Sambal yang satu ini juga tak kalah enak dengan sambal mbacang. Selain itu ada juga sambal yang terbuat dari buah durian yang telah difermentasi yang lebih dikenal dengan tempoyak. Sambal ini selain untuk makanan tambahan bisa juga sebagai bumbu tambahan pepes ikan patin. Sambal ini populer di beberapa daerah di Sumatera seperti Lampung, Bengkulu, Palembang dan Jambi, Bahkan makanan ini kini populer hingga Kalimantan dan negeri Jiran, Malaysia.

  1. Bisnis Olahan Buah Menjadi Dodol

Bisnis Olahan Buah

Indonesia terkenal dengan dodol buahnya, Makanan tradisional ini terbuat dari ketan, kelapa, gula merah dan ditambahkan dengan buah tertentu. Sehingga enak dinikmati. Dodol biasanya memiliki cita rasa yang legit dan manis.

Biasanya makanan satu ini dicari untuk oleh-oleh.  Beberapa buah yang bisa digunakan sebagai bahan baku pembuat buah seperti dodol nanas, dodol jeruk, dodol pisang, dodol buah naga, dodol mangga, dodol durian (lempok), dodol apel malang, dodol nangka, dodol sirsak dan lain-lain.

Meski di beberapa daerah lebih populer dengan nama dodol namun di Hawa Tengah dan Jawa Timur, lebih dikenal dengan nama Jenang. Namun, jenang lebih basah, berminyak dan dijual dalam ukuran besar dibandingkan dengan dodol. Hingga saat ini dodol bukan hanya populer di Indonesia namun juga di Brunei Darussalam, Singapura dan Malaysia.

  1. Bisnis Olahan Buah Menjadi Selai

Bisnis Olahan Buah

Jika Anda penikmat roti pastinya tahu yang satu ini, selai atau akrab dengan nama selai. Makanan yang terbuat dari awetan sari buah atau buah-buahan yang sudah dihancurkan, ditambah gula dan dimasak hingga kental atau berbentuk setengah padat.

Selai tidak dimakan begitu saja melainkan dioleskan di atas roti tawar atau sebagai roti isi manis. Dan bisa juga digunakan pada kue-kue kering seperti nastar, Selai juga bisa digunakan sebagai pemanis pada minuman seperti yoghurt dan es krim.

Buah-buahan yang dijadikan sebagai selai biasanya adalah buah-buahan yang sudah masak tapi tidak terlalu matang dan memiliki rasa yang sedikit masam. Biasanya buah-buahan tersebut adalah strawbery, bluberry, aprikot, jeruk, nanas, anggur, aprikot dan tin.

  1. Bisnis Olahan Buah Menjadi Puding Buah

bisnis olahan buah

Jika Anda penikmat puding tentu Anda tak awam dengan puding buah ini. Makanan yang terbuat dari bahan baku agar-agar ini dijadikan sebagai makanan yang melancarkan pencernaan. Makanan ini biasanya dijadikan sebagai dessert tersebut sangat mudah dibuat. Sehingga cocok bagi Anda yang ingin membuat olahan buah yang bisa dibuat di rumah.

Selain mudah dibuat, puding buah juga waktu pengerjaannya sangat singkat hanya saja butuh kesabaran untuk menunggu pudingnya membeku. Agar lebih segar dan cepat membeku maka Anda bisa memasukkan puding ke dalam lemari es.

Buah yang bisa dijadikan sebagai bahan baku puding beragam seperti mangga, strawberry, nanas, jeruk dan lain-lain. Anda bisa mengkreasikan sendiri buah-buahan tersebut. Anda juga bisa menambahkan fla sebagai penambah cita rasa. Mudah bukan membuat puding buah tersebut? Sangat cocok bagi Anda pebisnis pemula. Untuk memasarkan dengan mudah Anda bisa mencetak dengan ukuran kecil-kecil.

  1. Bisnis Olahan Buah Menjadi Manisan Buah

Manisan Buah

Bagi Anda yang sulit makan, ada baiknya Anda memakan manisan buah yang merupakan penambah nafsu makan alami. Manisan ini biasanya dikonsumsi sebagai hidangan Bisnis Olahan Buah Menjadi Asinan pelengkap. Manisan buah ini merupakan salah satu makanan yang menggunakan teknologi dengan cara mengawetkan.

Meskipun hanya teknologi yang sederhana namun manisan ini bisa ampuh untuk mengawetkan buah.  Apalagi saat musim hujan tiba yang membuat buah-buahan cepat membusuk sayang jika tidak dikonsumsi. Sehingga mau tak mau harus diawetkan.

Selain untuk mengawetkan biasanya manisan juga dibuat untuk memperbaiki cita rasayanhya.

  1. Bisnis Olahan Buah Menjadi Gorengan Buah (Fruit Fritters)

bisnis olahan buah

Siapa bilang hanya buah pisang saja yang bisa digoreng. Nyatanya kini beragam buah bisa digoreng  dan sedang trend. Buah yang digoreng atau disebut dengan fruit fritter ini kini sedang trend di negara barat. Hanya saja mereka bukan menggunakan buah-buah tropis seperti pisang dan nangka namun semua buah mereka bisa goreng seperti apel, strawberry, ceri merah, hingga jeruk.

Serupa dengan menggoreng pisang yang menggunakan bahan seperti tepung terigu, gula, dan telur. Dan buah digoreng hingga matang. Hanya saja Fruit Fritters ditambahkan gula bubuk pada permukaan gorengan buah sehingga rasanya lebih manis dan tetap segar. Bahan tambahan lainnya adalah dari saus buah seperti saus strawberry atau saus mangga sehingga lebih segar ketika dikonsumsi.

Nah mumpung Fruit Fritters sedang trend namun jarang di Indonesia. Anda bisa menjajal bisnis olahan buah yang satu ini.

  1. Bisnis Olahan Buah Menjadi Sate Buah

bisnis olahan buah

Jika biasanya sate terbuat dari daging yang dipanggang ini berbeda. Sate yang satu ini terbuat dari buah yang dipotong kecil-kecil yang kemudian diberi saus coklat. Sate buah ini trend dengan nama sate pelangi karena terdiri dari beberapa potongan daging buah yang jika dipadukan akan berwarna-warni seperti pelangi.

Sate pelangi terdiri dari beberapa buah seperti anggur, kiwi, nanas, melon, semangka tanpa biji dan strawberry. Sausnya tak mesti saus coklat namun bisa menggunakan saus yang terbuat dari perasan air jeruk medan yang ditambahkan dengan daun mint yang diiris tipis, Cara membuat sat buah pelangi cukup dengan memotong buah menjadi potongan dadu kemudian ditusuk dengan tusuk sate, Setelah itu disiram dengan saus jeruk. Selain sate pelangi, sate buah juga bisa berasal dari potongan buah pisang yang dicelupkan dengan saus coklat kemudian dibekukan sehingga tidak tampak seperti sate buah karena warnanya yang coklat.

Sate buah satu ini memang jarang ditemui di pasaran, biasanya Anda bisa menemuinya di kafe atau di kuliner hotel tetapi tak ada salahnya jika Anda mencoba membuatnya. Dan menjualnya di kantin sekolahan atau perkantoran. Karena harga buah pisang tidak terlalu mahal bukan? Selain itu membuat sate buah yang satu ini cukup gampang hanya dengan memotong-motong buah pisang kemudian ditusukkan dan diberi saus coklat.  Mudah bukan?

  1. Pizza Buah

bisnis olahan buah

Pizza buah memang terdengar asing saat ini namun di beberapa negara di bagian Barat telah berhasil mempopulerkannya. Tak ada salahnya jika Anda menjadi pelopor usaha pizza buah ini. Tak perlu ribet seperti membuat Pizza seperti biasanya yang memerlukan banyak waktu untuk memanggangnya di oven. Karena Pizza yang satu ini tidak membutuhkan proses tersebut.

Cukup menjadikan buah-buahan tersebut sebagai topping pada roti pizza yang telah matang. Anda bisa memadu-madankan beberapa buah-buahan tersebut seperti strawberry Kiwi Pizza, Cherry Cheesecake Pizza, Strawbery Berry Cheese Pizza, Apel Karamel Pizza dan lain sebagainya.

Untuk saus sendiri tergantung selera Anda. Bisa dibuat saus dari buah-buahan, saus coklat atau saus tomat dan saus sambal seperti pizza pada umumnya. Bagaimana tidak sulit bukan membuka bisnis olahan buah yang satu ini? Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

  1. Bisnis Olahan Buah Menjadi Yoghurt Buah

Bisnis Olahan Buah

Yoghurt hasil dari olahan susu yang difermentasikan ini kini sedang menjamur di Indonesia, Meski terbuat dari susu, namun yoghurt lebih aman dikonsumsi oleh orang yang alergi susu.  Selain itu kandungan gizi yoghurt pun tinggi dan tidak kalah dengan jenis produk lainnya.

Apalagi jika yoghurt dikonsumsi secara rutin akan menghambat kadar kolesterol  yang ada di dalam darah karena yoghurt memiliki kelebihan seperti meningkatkan daya tahan tubuh karena memiliki kandungan bakteri yang sangat baik yang mampu menyeimbangkan bakteri yang jahat pada tubuh.

Bahan baku membuat yoghurt adalah susu cair yang murni yang bisa dengan mudah didapatkan di supermarket. Bahan lainnya adalah buah yang beraneka rasa. Anda bisa menyajikannya dalam berbagai bentuk seperti potongan buah atau bisa juga dalam bentuk cairan.

Selain buah-buahn utuh, Yoghurt bisa juga menggunakan bahan baku kulit buah naga yang bisa digunakan sebagai penurun obesitas. Selain itu yoghurt ini juga bermanfaat untuk penyakit lainnya seperti asma, diabetes, kencing manis, kanker usus, mencegah kanker dan lain-lain.

Anda bisa membuat usaha yoghurt di rumah dengan peralatan yang sederhana. Berikut caranya

Bahan;

  • 600 ml susu full cream
  • 2 sendok makan susu bubuk full cream
  • 3 sendok makan plain yoghurt sebagai starter

Cara Membuat

  • Keluarkan yoghurt plain dari dalam kulkas dan biarkan hingga di suhu udara minimal 1 jam
  • Rebus wadah yang akan digunakan untuk membuat yoghurt di dalam air mendidih selama 2-3 menit kemudian angkat dan biarkan mendingin.
  • Kemudian siapkan panci kecil dan masukkan susu cair full cream dan susu bubuk. Kemudian di aduk rata hingga susu bubuk larut.
  • Setelah itu masak susu dengan api yang kecil sambil diaduk-aduk hingga mulai muncul gelembung-gelembung kecil dan busa.
  • Jaga jangan sampai susu mendidih. Bila telah muncul gelembung kecil maka segera matikan kompor dan biarkan susu mendingin.
  • Setelah itu letakan panci yang telah berisi susu di atas baskom yang berisi air es, cara ini akan membuat proses pendinginan akan lebih cepat. Jika susu telah cukup hangat, test dengan memasukkan ujung jari ke dalamnya saja, sehingga jika sudah hangat maka sudah cukup dan bisa langsung mencampurnya dengan kultur bakteri.
  • Kemudian ambil tiga sendok makan yoghurt plain dan masukkan ke dalam wadah yang telah Anda persiapkan sebelumnya. Setelah itu tuangkan sekitar 200 ml susu cair hangat dan aduk perlahan (jangan mengaduk dengan kuat) kemudian tambahkan lagi 200 ml susu cair dan aduk hingga lembut,
  • Masukkan sisa susu cair dan aduk hingga rata.
  • Kemudian tutup wadah hingga rapat dan bungkus dengan handuk tebal dan simpan ke dalam tumpukan kain atau tempat hangat di ruangan Anda biarkan selama minimal 7 jam.
  • Jangan terlalu lama memfermentasikan yoghurt karena akan mempengaruhi rasanya semakin lama akan semakin asam.
  • Setelah jadi masukkan yoghurt ke dalam kulkas di bagian yang paling terdingin namun bukan di freezer. Esok harinya Yoghurt siap disantap.

12. Bisnis Es Krim Buah

bisnis olahan buah

Olahan buah yang satu ini memang sudah tidak asing lagi di masyarakat Indonesia. Sajian yang biasa untuk dessert ini memang tak bisa tergantikan meskipun kini telah ada es krim yang lainnya. Rasa susu bercampur dengan buahnya memang sangat lezat terasa.

Sebut saja es krim durian, es krim strawberry, es krim mangga dan lain-lain. Anda pun bisa membuat es buah tersebut di rumah baik dengan mesin es krim ataupun manual. Sehingga cocok untuk pebisnis yang baru memulai bisnisnya. Sebagai contoh membuat es krim durian

Bahan-bahan

  • 100 gram daging durian
  • 500 ml susu cair (UHT Plain)
  • 75 gram gula pasir
  • 25 gram maizena, larutkan dengan 4 sdm air matang
  • ¼ sdt garam

Cara Membuat

  • Daging durian diblender dengan sebagian susu cair
  • Siapkan panci kemudian campur sisa susu cair dengan gula pasir kemudian rebus dengan api kecil.
  • Kemudian blender durian, kemudian tambahkan garam, larutan maizena, aduk rata, masak hingga meletup. Kemudian matikan api, angkat dan biarkan agak dingin.
  • Masukkan ke cetakan, kemudian simpan di freezer hingga beku. Setelah beku bisa ditambahkan dengan topping yang kita suka.

LEAVE A REPLY