Tahun Baru 2017, Perbarui Strategi Bisnis Agar Tambah Maju

Tahun baru sudah tinggal hitungan hari. Bagi para wirausaha pergantian tahun ini bak pertaruhan baru yang akan menentukan bisnisnya bisa ekspansi atau malah gulung tikar. Maka dari itu inilah saat yang tepat melakukan evaluasi dan berbenah untuk menyongsong tahun yang akan datang.

Kegagalan yang kita hadapi di masa lalu, anggaplah sebuah pelajaran yang tidak akan kita ulangi di masa yang akan datang. Dan untuk menghadapi tahun 2017 nanti susunlah strategi bisnis baru yang tepat mulai dari skarang. Dengan begitu, kemungkinan kita akan siap menghadapi apapun rintangan yang akan kita hadapi. Nah, apakah sahabat GoUKM sudah membuat perencanaan baru di tahun 2017? Jika belum kami akan berbagi beberapa strategi agar bisnis lebih sukses dari pada tahun-tahun sebelumnya.

Melakukan evaluasi SDM

Anda tentu setuju bahwa di dalam bisnis pemasaran yang sukes bertumpu pada tim yang solid. Bisnis yang kuat dan tim yang solid akan menghasilkan penjualan yang memenuhi target bila tidak yang harus dilakukan adalah mengevaluasi tim yang ada. Sebagai penggerak sebuah bisnis, Anda bertugas untuk memberikan evaluasi serta motivasi untuk mengembalikan semangat tim sehingga dapat bekerja dengan baik.

Buat Rencana Pemasaran Baru

Jika saat evaluasi penjualan Anda menemukan beberpa produk yang kurang sekali peminatnya, Anda berhak untuk mengurangi jumlah produksinya. Memang tidak bagus, namun ini juga tidak bisa dipaksakan. Kalau konsumen kurang minat terhadap produk tersebut cara menyisatinya mengembangkan produk tersebut atau mengurangi jumlah produknya. Bila Anda memiliki keterbatasan modal mungkin mengembangkan produk jadi hal yang sulit, maka jalannya hanya dengan menguranginya. Sebaliknya, jika Anda memiliki produk dengan permintaan yang lumayan tinggi. Anda bisa menambahkan jumlah produksi untuk produk tersebut.

Baca Juga : Peluang usaha 2017 

Perluas Pendistribusian

Semua pengusaha tentu menginginkan pemasaran dengan jangkauan yang lebih luas, maka dari itu untuk tahun berikutnya buatlah perencanaan untuk memperluas pendistribusian. Caranya bisa melakukan promosi ke berbagai wilayah atau menawarkan kerjasama dengan retail atau franchisee di tanah air bahkan luar negeri. Atau jika Anda memiliki modal tambahan, bisa membuat cabang usaha.

Tingkatkan promosi bisnis

Di tahun mendatang pasti akan mulai banyak muncul saingan-saingan baru yang mungkin bisa membuat bisnis Anda tenggelam. Promosi bisa jadi jalan keluarnya agar bisnis Anda tetap gagah berdiri di tengah gencaran rival baru tersebut. Meski banyak sekali promosi gratis yang bisa Anda pilih, namun ada baiknya tingkatkan lah kembali dengan menggunakan promosi berbayar agar produk Anda bisa dipromosikan secara professional.

Buat Konsumen Lebih Nyaman dan Mudah Berbelanja

Kenyamanan dan kemudahan adalah dua hal yang dicari oleh kosumen setelah kualitas produk itu sendiri. Semakin berkembangnya teknologi internet di dunia menjadi perhatian oleh sebagian pengusaha. Di mana mulai banyak perusahaan yang mulai berjualan melalui online daripada offline. Hal ini juga disebabkan konsumen lebih nyaman dan mudah berbelanja online, maka banyak yang beralih ke cara belanja tersebut. Nah oleh karena itu mengoptimalkan usaha secara online harus Anda lakukan di tahun 2017, dan pastikan website yang Anda miliki mobile friendly agar konsumen tidak langsung meninggalkan website Anda.

Lebih Responsive dalam Menanggapi Konsumen

Masih menyangkut tentang kenyamanan konsumen tanggapan yang lebih responsif juga harus Anda sematkan dalam SOP pekerja. Konsumen tentunya menginginkan jawaban yang cepat, tepat dan akurat jadi jangan sampai konsumen menunggu jawaban Anda sampai berhari-hari. Bila saja Anda tidak memperbaiki hal ini, tidak akan mengherankan jika banyak konsumen yang beralih ke produk lain yang cepat memberikan informasi dan solusi untuk mereka.

Evaluasi Manajemen Keuangan

Bila usaha tidak juga berkembang di tahun sebelumnya, evaluasi kembali manajemen keuangan Anda untuk tahun kedepan. Perhitungkan kembali jumlah pemasaukan dan pengeluaran Anda. Bila dirasa ada yang tidak wajar maka mulailah untuk buat perencanaan baru. Buatlah rincian anggaran untuk pengeluaran 1 tahun mendatang, siapkan dana bulanan untuk hal hal yang tidak terduga semisal Tabunglah uang anda, ya menabung adalah cara yang sangat baik untuk tetap membuat keuangan anda terjaga, setidaknya sisakan 15% – 30% uang anda untuk masa depan. Jika memungkinkan, anda dapat menginvestasikan uang anda untuk usaha lainnya yang berpotensi, ini sangat baik untuk membantu keuangan anda supaya lebih banyak pemasukan dari pada pengeluaran.

Lengkapi Kebutuhan Bisnis

Kita semua pasti menyadari bahwa jalan untuk menuju kesuksesan tidak selalu mudah dan lancar, semakin lama pasti akan menemui berbagai macam kendala dan masalah. Misalnya dengan bertambahnya permintaan produk tentu tidak bisa mengharapkan tenaga manusia untuk mengerjakannya. Mau tidak mau harus ada mesin pendukung agar dapat mempercepat produksi. Setidaknya Anda harus mempersiapkan dan memiliki alat-alat khusus agar bisnis Anda tetap mampu bertahan. Dan untuk memperolehnya harus memiliki jaringan bisnis yang sangat kuat, perencanaan bisnis yang matang serta memiliki kekuatan finansial yang baik.

Semoga beberapa tips di atas bisa berguna untuk dijadikan pertimbangan dalam memperbaiki strategi bisnis di tahun 2017. Ingat untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis bukan hanya ditentukan dari produk yang ditawarkan saja namun banyak hal lainnya, seperti kinerja tim, pelayanan konsumen, cara pemasaran dan promosi, manajemen keuangan, serta penambahan teknologi untuk usaha. Jadi di tahun 2017 nanti kami harap sahabat UKM sudah mulai berbendah dan menyiapkan strategi-strategi baru agar lebih baik dan siap melewati rintangan yang akan menerpa. Selamat tahun baru dan semoga tambah sukes sahabat UKM.