Daging ayam merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena di dalam nya mengandung protein hewani yang cukup tinggi.
Perihal itulah yang membuat permintaan terhadap daging ayam berbalut tepung atau fried chicken sangat tinggi di Indonesia sekarang ini.
Bisnis ayam goreng krispi atau ayam kentucky bisa jadi pilihan agar tetap cuan selama new normal ini. Modal untuk memulai usaha inipun cukup terjangkau. Anda hanya perlu menyiapkan modal Rp 5 jutaan dan bisnis pun siap dijalankan.
Menjamurnya gerai bisnis ayam goreng tepung, baik berupa usaha mandiri maupun franchise. Menjadi bukti nyata bahwa menu kuliner ayam kentucky banyak pengemarnya. Tak hanya ayam kentucky dengan brand luar negeri saja.
Sejumlah pedagang ayam kentucky lokalpun mulai bermunculan dipinggiran jalan untuk ikut menikmati untung daari bisnis ayam goreng bertepung ini sendiri.
Beberapa orang yang peka melihat peluang bisnis yang ada dan mengetahui prospek usaha fried chicken sangat cerah kemudian mereka membuka usaha fried chicken secara grobak kaki lima, kedai hingga dengan cara franchise.
Bagi seorang pemula tentu akan merasakan kebingungan ketika hendak memulai sebuah usaha fried chicken secara mandiri, meliputi berapa modal usaha yang dibutuhkan, bagaimana cara pembuatan fried chicken yang enak dan renyah, berapa keuntungan, kiat sukses dan lain sebagainnya.
Anda harus mempersiapkan usaha fried chicken Anda dengan matang agar mampu bersaing dengan kompetitor dan unggul daripada mereka. Pasalnya banyak sekali kompetitor yang harus dihadapi.
Sebelum memulai usaha ini, tentukan beberapa tahap yang harus Anda evaluasi untuk membangun usaha ini. Berikut, beberapa hal yang harus diperhatikan :
Memilih konsep usaha
Tidak harus terpaku dengan menu fried chicken pada umumnya. Sesuaikan saja dengan lokasi dan target konsumen. Tentukan terlebih dahulu konsep usaha yang ingin dibuat, apakah ingin konsep yang lebih family friendly atau restoran pada umumnya.
Konsep usaha ini nantinya akan dihubungkan dengan menu fried chicken seperti apa yang yang ingin Anda jual. Perhatikam trend pasar, kira – kira menu fried chicken seperti apa yang lebih disukai.
Perhatikan lokasi sekitar, lokasi seperti tempat wisata, kampus dan sekolah akan lebih strategis bila anda membuka usaha fried chicken dengan menggunakan grobak. Untuk daerah perumahan dan pemukiman akan lebih cocok membuat sebuah rumah makan.
Temukan konsep usaha yang paling sesuai agar bisa menentukan image brand yang dimiliki.
Lokasi yang akan digunakan untuk memulai usaha.
Lokasi yang kebanyakan diambil atau digunakan oleh para penjual ayam goreng tepung adalah dipinggir jalan raya yang ramai.
Bahkan jika memungkinkan sebaiknya membukanya berdekatan dengan kumpulan pedagang makanan lain seperti nasi goreng, sate ayam, atau martabak. Lokasi seperti itu tidak diragukan lagi keramainnya. Sehingga lebih berpeluang mendapatkan pembeli dalam jumlah yang besar.
Gerai usaha fried chicken memerlukan lokasi usaha yang sangat strategis untuk meningkatkan penjualan perhari. Dengan lokasi usaha yang strategis maka masyarakat akan mengenal keberadaan bisnis fried chicken yang sedang Anda jalani.
Menyediakan modal operasional usaha yang mencukupi
Adapun mdoal usaha operasional yang dibutuhkan untuk membuka usaha fried chicken dari awal hingga buka sekiranya sebesar Rp 10 juta. Modal usaha sebesar itu digunakan untuk biaya operasional. Seperti membeli franchise, gaji pegawai, sewa lokasi selama sebulan dan lainnya.
Mengapa modal untuk fried chicken franchise bisa dibilang murah? Karena untuk pemula cobalah cari paket franchise dengan harga paling rendah dan memiliki isi menu yang komplite. Dengan berbagai merk bisa Anda pilih yang sesuai budget.
Penentuan harga jual fried chicken
Untuk menentukan harga jual maka anda bisa menyesuaikan dengan harga pasaran saat ini. Harga fried chicken bagian sayap, paha dan dada sama sekitar harga Rp 8.000 samapai Rp 10.000.
Namun jika ingin usaha fried chicken laris manis bisa menjual lebih banyak maka Anda harus menjual fried chicken lebih murah sedikit dari pesaing. Tetapi tetap harus di perhitungkan modal dan keuntungan.
Promosi yang efektif dan konsisten
Promosi yang gencar perlu dilakukan untuk memperkenalkan usaha fried chicken yang Anda jalani. Dengan penawaraan menarik membuat orang tertarik untuk membeli ayam fried chicken yang Anda jual.
Ada berbagai jurus promosi yang bisa anda pakai, antara lain promosi lewat sosial media. Di era modern ini sangat penting untuk membuat usaha Anda dikenal luas secara online. Buatlah konten – konten menarik yang menunjukan kelezatan menu fried chicken Anda.
Menggunakan akun sosial media, Anda juga bisa mengumumkan promo – promo yang sedang berlangsung kepada para followers. Lebih untung apabila Anda membuat promosi khusus bagi pelanggan yang sudah mengikuti akun Anda.
Dengan begitu usaha fried chicken Anda semakin luas, dan juga semakin ramai.
Memberikan layanan terbaik
Ditengah persaingan bisnis fried chicken yang semakin ketat membuat anda harus unik dan lebih memperhatikan pelayanan usaha. Harga ayam fried chicken mungkin sama tapi Anda harus memberikan kualitas pelayanan berbeda.
Memberikan pelayanan prima yang mampu memuaskan konsumen. Seperti menjaga kebersihan lingkungan gerai usaha fried chicken, pegawai selalu tampil bersih, rapi dan selalu tersenyum. Sehingga membuat pembeli nyaman.
Anda akan menghadapi berbagai kendala dan rintangan selama membuka usaha fried chicken. Namun hal tersebut jangan membuat Anda suruh kebelakang. Hadapilah masalah tersebut dan cari solusi sehingga anda bisa mengatasi masalah yang menghambat bisnis fried chicken Anda.