Friday, June 21, 2024
spot_img
HomeTips UKMMau Mulai Usaha Minuman Kekinian? Ini Dia Tips dan Triknya

Mau Mulai Usaha Minuman Kekinian? Ini Dia Tips dan Triknya

Memulai usaha kuliner kekinian kini menjadi pilihan favorit di masyarakat dalam memulai usahanya sendiri. Ini terlihat dari kian beragamnya jenis-jenis makanan atau minuman yang muncul di industri ini. Terus berkembang dan berinovasi.

Hal ini terjadi pada jenis minuman kekinian yang semakin bervariasi. Meskipun peluang usahanya terlihat besar, namun tak sedikit orang yang masih kesulitan untuk memulai usaha minuman ini. Apalagi jika melihat banyaknya kompetitor. Namun, tidak usah dijadikan sebagai penghalang. Anda bisa melakukan tips dan trik ini untuk mulai usaha minuman kekinian.

Jangan Lupa Untuk Menggunakan Bahan yang Berkualitas

Menjadi unik karena mengedepankan inovasi memang penting. Namun, ada hal yang tidak kalah penting dan menjadikan salah satu jalan kesuksesan untuk usaha minuman Anda. Ya, dalam segi pemilihan bahan yang tentunya harus berkualitas.

Sebelum memulai, Anda harus perbanyak riset terlebih dahulu. Semisal saat hendak memulai bisnis minuman kopi, perhatikan jenis-jenis kopi yang Anda pilih, pilih yang berkualitas dan sesuaikan dengan ketersediaan modal yang Anda punya.

Kembangkanlah Inovasi dan Kreasi

Setelah selesai menentukan bahan yang berkualitas, jangan lupa juga untuk berkreasi dengan mengembangkan inovasi baru, guna menjadikan kombinasi produk Anda berbeda dari yang lain, meskipun pada dasarnya sama dalam hal produk.

Meski sama-sama terjun di jenis produk yang sama, seperti bubble tea, namun produk yang Anda jual sebaiknya ditambahkan kombinasi yang memang hasil resep Anda sendiri. Contohnya tambahan topping unik atau kombinasi buah dan lain-lain. Variasi ini akan membuat produk Anda berbeda dari pelaku bisnis minuman kekinian yang lain.

Gunakan Kemasan yang Menarik

Banyak produk minuman yang hadir di tengah masyarakat namun tidak berlangsung lama. Selain karena rasanya yang kurang, juga dari segi kemasannya yang kurang menarik dan seadanya. Kemasan yang menarik akan menjadikan bisnis Anda mudah diingat orang lain, bahkan jika terlihat instagramable mereka akan senantiasa mengupload foto produk Anda ke sosial media.

Dirikan di Lokasi yang Strategis

Dalam menjalani bisnis apapun termasuk bisnis minuman kekinian, pemilihan lokasi juga penting untuk menentukan akan laku atau tidaknya produk Anda. Dengan begitu, pilihlah lokasi yang ramai dikunjungi orang-orang.

Saat ini lagi-lagi teknologi memberi kemudahan dalam hal berbisnis, misalnya dengan adanya metode penjualan online melalui aplikasi antar jemput membuat banyak pelaku bisnis kuliner yang tidak memiliki lokasi berjualan bisa tetap menjalankan bisnisnya.

Lakukan Promosi Online

Karena zaman yang serba canggih, Anda harus mampu memanfaatkan sosial media sebagai sarana untuk promosi, misalnya di facebook, instagram, whatsapp, dll. Tidak hanya melakukan penjualan, promosi produk Anda juga harus dilakukan secara tertata dan memiliki konsep.

Mulai dari jenis postingan, foto produk, hingga caption yang ditulis. Semuanya bisa Anda lakukan sendiri dan gratis.

Namun, Jika Anda memiliki budget lebih, tak ada salahnya untuk memberikan endorsement kepada influencer di media sosial seperti selebgram ataupun food blogger untuk mempromosikan bisnis minuman kekinian Anda.

Itulah beberapa tips dan trik memulai usaha minuman kekinian. Selamat mencoba dan salam sukses!

RELATED ARTICLES